11 Syarat Shopee Affiliate Mesti Anda Patut Ketahui Sebelum Mendaftar!

syarat shopee affiliate
KEY TAKEAWAY PANDUAN SYARAT SHOPEE AFFILIATE

  • Anda akan mengenali lebih dalam mengenai bisnis afiliasi di Shopee
  • Mengetahui apa itu Shopee Affiliate Program dan syarat Shopee Affiliate
  • Anda dapat mengetahui ketentuan dan persyaratan Shopee Affiliate

Daftar Jadi Reseller Evermos

Program afiliasi dari Shopee memberikan penawaran yang menggiurkan, pasalnya siapa saja dapat mendaftar dan bergabung jadi Affiliates dari Shopee.

Bisnis afiliasi juga memberikan manfaat bagi Anda yang ingin berbisnis secara online namun tidak memiliki produk sendiri atau ingin miliki penghasilan lebih.

Saat ini Shopee telah bekerjasama lebih dari 2.000 affiliates, diantaranya merupakan mahasiswa dan pelajar.

Sebelum mendaftar program Shopee Affiliate, Anda harus memastikan persyaratan Shopee Affiliate terlebih dahulu dan bagaimana kerja sama yang di tawarkan.

Jika Anda saat ini sedang mencari tahu apa saja syarat Shopee Affiliate, maka Anda sudah berada di artikel yang tepat.

Apa itu Shopee Affiliates

Bisnis afiliasi Shopee menawarkan mereka yang ingin memiliki penghasilan secara mandiri tanpa perlu repot melakukan stok produk, melakukan pengemasan dan pengiriman barang.

Shopee Affiliates merupakan kegiatan untuk memasarkan produk yang ada di Shopee, dengan menyebarkan link tautan agar dapat di klik oleh customer dan melakukan pembelian barang dari Shopee.

Setiap link produk yang berhasil mendapatkan klik dan melakukan transaksi pembelian, Anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan ketetapan komisi dari pihak Shopee.

Di platform Shopee sendiri, ada rentang komisi dari 0% hingga 10%.

Bisnis afiliasi sendiri cocok bagi Anda yang memiliki jumlah lebih dari 2.000 followers sebagai syarat utama dari Shopee Affiliate.

Syarat Shopee Affiliate Program

Mengenai syarat dan ketentuan dari Shopee Affiliate Program sendiri, Anda dapat membaca informasinya di bawah berikut merangkum dari laman resmi Shopee.

1. Punya Akun Media Sosial

Para Affiliates Shopee yang bergabung dalam program affiliasi wajib memiliki akun media sosial yang aktif dan bukan private di YouTube, Instagram, Twitter, Facebook, TikTok dan lainnya.

Maka dari itu, Anda wajib memiliki akun di media sosial serta aktif di dalamnya untuk dapat melakukan pemasaran afiliasi secara meluas.

2. Akun Pribadi

Syarat Shopee Affiliate program berikutnya adalah akun yang Anda gunakan untuk program afiliasi harus merupakan akun pribadi.

Anda dilarang menggunakan akun online shop (olshop) atau akun penjual, dan lainnya.

Hal ini juga dapat membantu meningkatkan engagement antara audience dan berpotensi semakin banyak dilirik oleh orang lain.

3. ShopeePay Aktif

Agar Anda dapat menerima bayaran komisi dari keberhasilan program afiliasi, maka wajib memiliki akun ShopeePay aktif.

Jika tidak, Anda akan sulit mendapatkan imbalan berupa komisi penghasilan dari produk yang masuk.

Sebagai syarat Shopee Affiliate, Anda akan dibayar dengan menggunakan saldo ShopeePay apabila saldo yang masuk kurang dari Rp1.000.000 rupiah.

4. Minimal 2.000 Subsciber/Followers untuk Influencer

Syarat Shopee Affiliate Program selanjutnya yaitu memiliki minimal followers atau subscriber lebih dari 2.000 di media sosial.

Sebenarnya ada 3 kategori afiliasi yang ada di Shopee dan hanya influencers serta partner yang wajib memiliki 2.000 followers di media sosial.

Sementara untuk seorang affiliates saja tidak di wajibkan untuk memiliki mininum followers dalam media sosialnya.

5. Konten Original Bukan Milik Orang Lain

Tautan link yang akan di sematkan oleh affiliates berada dalam konten original atau asli buatan affiliates itu sendiri.

Penggunaan konten milik orang lain dapat berpotensi menyebabkan pemutusan kontrak antara Shopee dengan affiliates.

Anda perlu membuat konten yang orisinil dan tidak akan merugikan pihak lainnya.

Ketentuan Pembayaran Shopee Affiliate Syarat

Sementara untuk ketentuan pembayaran komisi, melansir dari laman resmi Shopee yaitu tentang syarat dan ketentuan program Shopee Affiiliates ada beberapa hal yang patut Anda ketahui.

1. Istilah Tarif Komisi

Pengertian dari “Tarif Komisi” yang tercantum dalam akun seorang affiliates di situs web platform Shopee berarti biaya yang harus di bayarkan oleh Shopee kepada Affiliasi.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Apakah shopee affiliate harus punya rekening?

Seorang affiliasi mesti memberikan informasi apa pun yang diminta oleh Shopee yang dapat berhubungan dengan persyaratan afiliasi.
Jika seorang affiliasi ingin melakukan penarikan pada uang hasil pembayaran komisi, maka Shopee akan memerlukan informasi rekening akun bank seorang affliliasi.

Kapan pembayaran shopee affiliate?

Pembayaran Shopee Affiliate akan di lakukan dalam kurun waktu di minggu ke-1 dan minggu ke-3 dalam setiap bulannya.
Untuk minimal nominal pembayaran komisi akan di bayarkan apabila saldo sudah mencapai Rp10.000.
Jika belum mencapai Rp10.000, maka saldo belum dapat melakukan tarik tunai, dan Anda perlu menunggu periode berikutnya hingga jumlah mencapai minimum.

Apakah shopee affiliate harus punya NPWP?

Disarankan untuk memiliki NPWP, apabila pendaftar tidak memilikinya maka tetap saja biaya komisi akan di kenakan pajak PPh 21.

Daftar Jadi Reseller Evermos

Atau bisa jadi tarif tersebut telah menjadi kesepakatan antara Affiliasi dan Shopee dalam bentuk yang telah tertulis.

2. Total Biaya Komisi

Biaya komisi berarti juga seluruh biaya yang mencakup atau terhitung sebagai imbalan kepada afiliasi Shopee, sudah termasuk dengan pajak pertambahan nilai.

Seluruh biaya tersebut akan di bayar oleh Shopee kepada afiliasi melalui transfer bank ke rekening bank terdaftar milik afiliasi.

3. Jadwal Pembayaran Komisi

Persyaratan Shopee Affiliate juga mencakup dengan adanya ketentuan jadwal pembayaran komisi.

Biaya komisi yang sudah terutangkan kepada Afiliasi harus di tambah ke saldo akun afiliasi setiap dua minggu.

Shopee juga akan membayar affiliasi di minggu ke-1 atau minggu ke-3 setiap bulannya, dengan ketentuan saldo akun pada tanggal pembayaran minimal sudah ada Rp 10.000 atau sepuluh ribu rupiah.

Jika saldo belum mencukupi maka Shopee berhak untuk menahan jumlah yang harus mereka bayarkan kepada afiliasi hingga saldo telah memenuhi pembayaran minimal.

4.  Saldo Capai 1 Juta Rupiah

Ketentuan pembayaran Shopee Affiliate berikutnya, yaitu jika pemilik akun atau Affiliates telah memiliki saldo sebesar Rp1.000.000 maka akan mendapatkan bayaran dengan metode bank transfer ke rekening bank tersebut.

Namun, jika saldo belum mencapai Rp1.000.000 maka Shopee berhak untuk memberikan bayaran kepada Affiliates melalui saldo ShopeePay.

5. Ketentuan Pajak

Pihak Shopee dan Affiliates tetap akan membayar seluruh pajak yang terutangkan berdasarkan syarat Shopee Affiliates dan ketentuannya.

Hal ini berlaku jika undang undang mewajibkan Shopee memotong pajak dari jumlah yang harus di bayarkan kepada Affiliasi.

 

 

6. Pembebanan Transaksi ChargeBack 

Shopee tidak akan melakukan pembayaran komisi kepada Affiliates apabila Affiliates mendapatkan transaksi yang termasuk dan tidak terbatas pada transaksi yang tidak memenuhi syarat pembelian selesai.

Kemudian transaksi pembelian dari Affiliasi sendiri, yang menggunakan tautan afiliasi.

Selanjutnya transaksi penipuan yang teridentifikasi secara manual atau dari proses pemeriksaan pesanan yang curang oleh Shopee.

Transaksi yang bersekongkol antara afiliasi dengan penjual, dan afiliasi membeli produk melalui tautan afiliasi.

Kemudian ada transaksi yang batal, tidak lengkap, retur barang atau retur dananya.

Dan ketentuan lain-lainnya.

Nah, itu dia beberapa syarat dan ketentuan yang mesti Anda penuhi dan ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melangkah menjadi Affiliates dari Shopee, semoga dapat memberikan inspirasi!

Mau Bisnis yang Halal dengan Modal Minim? Dapatkan Komisi Hingga 35%, Bisa Sambil Rebahan Hanya di Evermos!

Jika Anda ingin menjadi reseller yang hebat dan sukses tanpa perlu repot mencari supplier, dijamin halal dan sesuai dengan syariat Anda bisa mencoba usaha reseller di Evermos.

Raih komisi hingga Rp170.000 per produk dan wujudkan kesuksesan Anda bersama Evermos, untuk pendaftaran Anda bisa klik button hijau di bawah berikut.

Sekian artikel mengenai bisnis Shopee affiliate, semoga bermanfaat bagi Anda dan Insya Allah kerja keras Anda tidak akan mengkhianati hasilnya.

Sebarkan link artikel berikut kepada orang terdekat Anda yang membutuhkannya.

Untuk membaca artikel panduan informatif dan menarik lainnya Anda dapat mengunjungi halaman panduan berikut.

 

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Panduan Terbaru

×