Ide Bisnis Online untuk Pelajar yang Mudah untuk Dilakukan

bisnis online untuk pelajar

Siapa bilang bisnis hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa? Pelajar juga bisa kok berbisnis, apalagi bisnis online. Anda bisa dengan mudah menjalankannya meskipun masih bersekolah. Simak ide bisnis online untuk pelajar berikut ini.

Umur bukanlah suatu penghalang untuk berbisnis. Justru, banyak sekali pengusaha-pengusaha yang sudah terbukti sukses telah masuk ke dunia bisnis dan wirausaha semenjak masih duduk di bangku sekolah atau kuliah.

Hasil yang didapat dari berbisnis online pun bisa sangat menguntungkan. Hitung-hitung bisa menambah uang jajan tanpa harus meminta kepada orang tua. Pasti bangga sekali kan jika sudah bisa menghasilkan uang dari semenjak duduk di bangku sekolah?

Tanpa berlama-lama, mari simak ide bisnis online untuk pelajar yang mudah di bawah ini.

Ide Bisnis Online untuk Pelajar

Walaupun masih duduk di bangku sekolah, ada banyak ide bisnis online untuk pelajar yang bisa Anda coba. Bisnis-bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar, dan juga bisa tergolong mudah untuk dilakukan. Jadi untuk Anda seorang pelajar yang ingin memulai bisnis, simak ide bisnis online untuk pelajar yang mudah untuk dilakukan di bawah ini.

1. Bisnis Online Reseller

Pasti Anda sudah sering mendengar bisnis online yang satu ini. Semenjak pandemic melanda, model bisnis yang satu ini memang semakin menjamur di kalangan pebisnis online di Indonesia. Memang apa sih reseller itu? Reseller adalah bisnis online yang dilakukan dengan menjual kembali produk yang sebelumnya sudah dibeli dari pihak supplier.

Dengan menjadi seorang reseller, Anda pun tidak perlu memproduksi barang dari awal. Anda hanya perlu membeli stok barang pada supplier, lalu menjualnya kembali dengan harga yang bisa Anda tentukan sendiri. Oleh karena itu, model bisnis ini cocok sekali lho bagi pelajar. Lalu, bagaimana sih cara kerja seorang reseller?

Baca Juga:Cara Mendapatkan Uang dengan Cepat dan Halal melalui Internet

  • Menentukan produk yang dijual

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan sebagai seorang reseller adalah menentukan produk yang dijual. Anda harus memikirkan dengan matang dan juga telah melakukan riset menyeluruh mengenai potensi penjualan produk tersebut.

  • Mempersiapkan modal

Karena Anda harus menyetok barang, maka modal perlu dipersiapkan untuk memulai bisnis ini. Untuk awal-awal, Anda boleh saja kok menggunakan modal yang tidak terlalu banyak. Anda bisa melakukan tes penjualan dengan produk-produk baru tersebut, jika ternyata laku keras, baru lah selanjutnya Anda menyiapkan modal yang lebih besar dan menyetok produk lebih banyak.

  • Bekerja sama dengan supplier

Salah satu kunci keberhasilan seorang reseller bisa ditentukan dengan cara Anda bekerja sama dengan supplier. pastikan selalu menjaga komunikasi yang baik kepada supplier Anda. Anda juga harus bisa memilih supplier yang terpercaya dan bisa diandalkan.

  • Melakukan pemasaran dan penjualan

Setelah ketiga proses di atas selesai dilakukan, maka Anda sudah bisa memulai memasarkan produk Anda. Anda bisa menjual produk-produk Anda melalui marketplace dan juga media sosial milik Anda. Dengan menggunakan platform-platform tersebut, Anda bisa memiliki kesempatan untuk menjangkau konsumen dengan lebih luas.

2. Bisnis Online Dropshipper

Selain reseller, model bisnis online lain yang sedang naik daun adalah bisnis dropship. Biasanya, bisnis reseller dan dropship seringkali disandingkan. Sehingga banyak orang yang akhirnya keliru mengira bahwa keduanya merupakan model bisnis yang sama. Padahal sama sekali berbeda.

Jika bisnis reseller memerlukan modal untuk melakukan stock barang, dengan menjadi pebisnis dropship, Anda pun tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali karena bisnis dropship tidak memerlukan stok barang.

Bisnis dropship merupakan bisnis yang dilakukan tanpa perlu memiliki produk atau stock barang yang akan dijual. Fungsi seorang dropshipper bisa dikatakan lebih seperti perantara, jadi dropshipper hanya menjual barang dengan menawarkan informasi produk. Lalu barang atau produknya akan langsung dikirimkan oleh supplier ke tangan konsumen.

Bisnis dropship ini cocok sekali dilakukan oleh pelajar. Karena tidak membutuhkan modal sama sekali, dan juga tidak menghabiskan waktu yang banyak. Anda bisa tetap fokus belajar, sembari mengurus bisnis dropship Anda.

Anda tertarik? Sebelum mencobanya, simak dulu cara kerja bisnis dropship.

Baca Juga: Jualan Online Paling Laris yang Banyak Dicari

  • Mencari supplier barang

Pada tahap pertama ini, Anda harus harus mencari supplier dengan ketentuan mau dan bisa melayani order dropship, lalu cari produk dengan harga jual yang cukup rendah namun berkualitas.

  • Memasarkan barang

Jika Anda sudah menemukan produk yang ingin dijual, Anda bisa Menyusun rencana pemasaran dan kemudian langsung memasarkan produk tersebut. Pada tahap ini, pastikan Anda sudah melakukan riset pelanggan terlebih dahulu ya.

  • Memproses orderan

Jika sudah ada orderan yang masuk, maka sekarang saatnya Anda memproses orderan tersebut dengan meneruskannya kepada supplier agar supplier bisa langsung mengirimkannya kepada pelanggan.

3. Marketing affiliate

Jika Anda ingin bisnis online yang lebih mudah lagi, Anda bisa mencoba marketing affiliate. Dengan menjadi seorang affiliate marketer, Anda hanya cukup membagikan link suatu produk dari salah satu platform e-commerce atau sejenisnya di sosial media Anda, dan mengajak orang untuk melakukan transaksi atau pembelian produk pada link tersebut. Anda akan memperoleh keuntungan dari transaksi yang dilakukan oleh orang yang mengklik link tersebut.

Agar bisa menarik lebih banyak orang untuk mengklik link yang Anda bagikan, Anda bisa coba membeli beberapa produk dan membuat konten-konten kreatif seperti unboxing produk, review outfit, tutorial memasak, dan lainnya. Pada konten tersebut, jangan lupa untuk sertakan ajakan untuk membeli produk-produk yang Anda gunakan dengan memasukkan link affiliate produk tersebut.

Jika Anda pintar menarik perhatian orang untuk mengklik link affiliate yang Anda bagikan, Anda bisa meraih keuntungan hingga jutaan lho dengan bisnis marketing affiliate ini.

4. Influencer

Anda punya banyak followers di sosial media? Mungkin saatnya Anda mencoba menjadi seorang influencer. Sering dengar istilahnya, tapi sebenarnya apakah itu influencer? Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh kepada masyarakat. Biasanya seorang influencer memiliki pengikut atau followers ribuan hingga jutaan di media sosial.

Seseorang bisa disebut menjadi seorang influencer media sosial ketika apa yang Ia bagikan bisa menginspirasi atau memberikan pengaruh besar kepada followersnya. Jadi, meskipun orang tersebut memiliki followers di bawah seratus ribu, tetapi memiliki pengaruh yang besar pada followersnya, maka orang tersebut bisa disebut sebagai influencer.

Bidang-bidang yang digeluti oleh influencer bisa berbagai macam. Ada influencer kecantikan, Pendidikan, fashion, lifestyle, gadget, kesehatan, kesehatan mental, kuliner, dan masih banyak lagi. Platform media sosial yang dipakai pun bisa berbagai macam, seperti Instagram, Youtube, TikTok, Twitter, atau Facebook.

Dengan menjadi seorang influencer, Anda bisa meraih keuntungan dengan bekerja sama dengan brand-brand yang berkolaborasi dengan Anda. Kerja sama yang dilakukan antara influencer dan brand bisa dalam bentuk review produk, paid promote, kolaborasi pembuatan produk, juga jadi pembicara.

Semakin bagus konten serta semakin banyak followers yang tertarik akan produk yang Anda bagikan, maka keuntungan yang Anda dapatkan nantinya pun akan semakin besar pula.

Sebagai seorang pelajar, Anda bisa mencoba berbagai macam bidang influencer sesuai dengan hobi atau kesenangan yang sedang Anda lakukan saat ini. Jika Anda tertarik pada bidang kecantikan, Anda bisa melakukan review produk skincare tau make up, lalu buat konten semenarik mungkin dan unggah video atau fotonya ke media sosial Anda.

Dengan portofolio yang bagus, Anda pun bisa mendapatkan banyak kerja sama dengan berbagai pihak. Bahkan Anda bisa juga menjadi seorang influencer komedi, lho. Di media sosial twitter, banyak sekali lho orang yang menjadi influencer karena tweet yang dibagikan bisa menghibur banyak orang.

Bagaimana? Tertarik menjadi seorang influencer?

5. Jasa pembuatan artikel

Buat Anda yang senang menulis, Anda bisa mencoba membuka jasa penulisan artikel. Sekarang ini, sudah cukup banyak website yang membutuhkan artikel untuk mengisi halamannya. Selain untuk mengisi halaman, artikel-artikel ini juga berfungsi sebagai media untuk berjualan, lho.

Biasanya, artikel yang disajikan seputar bisnis yang dikelola oleh perusahaan pemilik website tersebut, atau artikel-artikel umum dengan akhiran kalimat ajakan untuk bertransaksi atau melihat bisnis yang mereka kelola.

Banyak sekali lho artikel-artikel yang bisa ditulis oleh pelajar. Namun sebelumnya, Anda juga perlu mengerti cara membuat artikel yang banyak dicari, menarik, dan bermanfaat bagi mereka yang membacanya. Sehingga blog atau website tempat artikel Anda diunggah pun bisa dikunjungi oleh lebih banyak pengunjung setiap harinya.

Agar bisa menemukan calon konsumen yang ingin memakai jasa penulisan artikel Anda, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah bergabung pada platform freelancer. Saat ini sudah banyak sekali platform-platform freelancer yang bisa Anda gunakan untuk mencari klien bisnis online. Jadi, tinggal pilih saja yang sesuai dengan preferensi Anda.

6. Jual pulsa online

Pulsa atau paket data merupakan kebutuhan yang sudah menjadi dasar di zaman moden ini. Bagaimana tidak? Hampir semua komunikasi serta kegiatan dilakukan menggunakan internet dan handphone. Jadi, pasti kebutuhan akan pulsa pun semakin tinggi.

Apalagi bagi pelajar yang saat ini kegiatan belajarnya sedang dilakukan secara online dan dari rumah. Paket data menjadi hal yang haram hukumnya kalau sampai habis. Melihat hal ini, Anda bisa mencoba berjualan pulsa secara online dan menawarkannya kepada teman-teman Anda.

Selain itu, kini banyak sekali anak muda yang sedang keranjingan game online. Menjual pulsa dan paket data kepada anak-anak yang memiliki hobi bermain game online pun bisa sangat menguntungkan.

Setelah mengetahui ide bisnis online untuk pelajar, apakah Anda sudah terbayang ingin memulai bisnis apa? Jika Anda masih ragu untuk memulai bisnis online, Anda bisa membaca manfaat berbisnis di usia muda di bawah ini.

Manfaat Berbisnis di Usia Muda

1. Belajar manajemen waktu

Pelajar belum memiliki tanggung jawab sebanyak yang dimiliki oleh orang dewasa. Tanggung jawab pelajar hanya sebatas untuk mengurus diri sendiri, serta tugas sekolah. Akan lebih baik jika waktu luang yang ada di luar sekolah dipakai untuk hal-hal yang berguna seperti berbisnis online.

Dengan memulai bisnis online, Anda pun bisa mulai belajar mengatur waktu antara belajar dan mengurus bisnis online. Sehingga nanti jika sudah dewasa dan sudah harus terjun ke dunia bisnis atau pekerjaan yang sesungguhnya, Anda pun sudah bisa mengatur waktu dengan sangat baik.

2. Masih memiliki energi yang besar

Saat masih muda dan masih duduk di bangku sekolah, kondisi kesehatan dan energi seseorang sedang dalam keadaan yang sangat prima. Karena tubuh Anda masih dalam kondisi yang sehat dan segar bugar, maka energi yang Anda miliki pun cocok sekali jika disalurkan untuk memulai bisnis. Karena berbisnis sendiri membutuhkan energi yang cukup besar, jadi Anda pun bisa mengerahkan energi yang besar untuk membangun bisnis Anda.

3. Jaringan pertemanan semakin luas

Menjadi pebisnis di usia pelajar akan membuka kesempatan bagi Anda untuk bertemu dengan banyak orang baru. Dengan banyak bertemu orang baru, jaringan pertemanan Anda pun akan menjadi semakin luas.

Tidak hanya teman yang menjadi konsumen saja, tetapi Anda bisa membangun relasi dengan sesama pebisnis muda yang sedang merintis bisnisnya seperti Anda. Siapa tahu, kan? Nanti teman tersebut pun bisa menjadi partner bisnis atau berkolaborasi bisnis dan menghasilkan keuntungan yang menguntungkan.

4. Kesempatan belajar dari kegagalan

Tidak ada bisnis atau usaha yang bisa langsung sukses saat awal mula berdirinya. Proses jatuh-bangun ini memang jarang terlihat dari pengusaha-pengusaha sukses, tetapi di balik kesuksesan tersebut pasti mereka sudah pernah mengalami berbagai kegagalan yang akhirnya justru membuat mereka belajar dan bangkit untuk sukses. Memulai bisnis di usia muda membuat Anda punya banyak kesempatan untuk gagal dan belajar dari kegagalan tersebut. Anda pun masih memiliki banyak waktu untuk mencoba berbagai cara untuk membuat rencana bisnis yang bisa menguntungkan bagi Anda.

5. Pikiran masih segar

Tidak seperti orang dewasa yang sudah memiliki banyak beban pikiran mulai dari biaya hidup sampai urusan rumah tangga, pelajar masih terbilang memiliki beban pikiran yang sedikit. Sehingga pada umumnya, pikiran anak muda pun akan lebih terbuka dan kreatif. Sehingga bisa menemukan berbagai inovasi-inovasi serta ide-ide bisnis yang cemerlang.

6. Lebih menguasai teknologi

Anak-anak pelajar sekarang lahir di zaman yang serba teknologi, tumbuh pun bersama teknologi. Umumnya, anak muda dna pelajar pun jadi lebih menguasai teknologi dan internet ketimbang orang tua, karena teknologi sendiri sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-harinya, jadi, memulai bisnis online pun bukan hal yang sulit lagi bagi pelajar. Anda pun bisa lebih siap menghadapi perkembangan dan persaingan bisnis dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

7. Memupuk kepercayaan diri

Membangun bisnis di usia muda bisa menjadi ajang untuk memupuk kepercayaan diri Anda. Dengan berbisnis, Anda akan menemui banyak orang dan juga banyak tantangan. Jika Anda bisa melaluinya dengan baik, maka seiring berjalannya waktu kepercayaan diri Anda pun akan terbentuk dengan sendirinya.

8. Menambah uang jajan

Sebagai seorang pelajar, pemasukan utama yang didapatkan Biasanya hanya dari orang tua. Namun dengan berbisnis, Anda pun bisa mendapatkan uang jajan Anda secara mandiri. Anda bisa mulai belajar mencukupi kebutuhan finansial Anda sendiri sedari dini dengan mengatur dan juga menabung. Jika sudah terbiasa sejak dini, maka ketika Anda dewasa pun Anda sudah terbiasa dengan pengaturan finansial yang baik.

Demikianlah artikel mengenai ide bisnis online untuk pelajar. Setelah membaca artikel ini, apakah Anda sudah terpikirkan akan memulai bisnis online yang mana?

Selain ide bisnis online untuk pelajar yang sudah dijabarkan di atas, Anda juga bisa mencoba berbisnis halal dengan menjadi reseller atau dropshipper di Evermos. Dengan menjadi reseller atau dropshipper di Evermos, Anda pun tidak perlu repot-repot mengeluarkan modal untuk memulai bisnis.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan modal dari Evermos, lho. Jika masih belum mengerti mengenai cara berjualan, Anda bisa mengikuti berbagai pelatihan bisnis online yang diadakan oleh Evermos secara gratis. Menarik sekali, bukan? Tunggu apa lagi, yuk mulai berikhtiar dengan gabung di Evermos!

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts