Daftar Isi

Tips Sukses Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

Bisnis-Online-Tanpa-Modal-Untuk-Pelajar

Daftar Isi

Bisnis online memang semakin hari semakin diminati oleh banyak orang. Baik laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda, semua orang seakan berlomba-lomba untuk memulai bisnis online. Tidak terkecuali dengan pelajar, sekarang ini banyak sekali bisnis online tanpa modal untuk pelajar.

Namun, tidak semua pelajar mengetahui cara yang tepat memulai bisnis. Memulai bisnis online tanpa modal untuk pelajar memang bisa terbilang cukup menantang. Karena sebagai seorang pelajar, mereka masih memiliki kewajiban untuk belajar.

Selain karena kewajibannya yang masih terikat untuk belajar, seorang pelajar pun memiliki modal yang terbatas karena masih dibiayai oleh orang tua. Oleh karena itu, satu-satunya pilihan adalah dengan memulai bisnis online tanpa modal untuk pelajar.

Walaupun cukup menantang, jika seorang pelajar mengetahui tips-tips dan langkah yang tepat untuk memulai bisnis online, bukan tidak mungkin bisnis tersebut bisa menjadi sukses. Sudah banyak sekali lho pebisnis-pebisnis muda yang mengawali bisnisnya dari usia sekolah dan telah menjadi pebisnis sukses.

Lalu, kenapa sih pelajar harus memulai bisnis? Yuk, simak alasan kenapa Anda harus memulai bisnis online tanpa modal untuk pelajar di bawah ini.

Alasan Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

1. Memupuk kemandirian dan tanggung jawab

Memupuk kemandirian dan tanggung jawab

Usia remaja merupakan usia dimana karakter masih bisa dibentuk dengan mudahnya melalui kebiasan-kebiasaan tertentu. Dengan memulai bisnis online tanpa modal untuk pelajar, Anda pun bisa membangun karakter yang tangguh, mandiri, dan bertanggung jawab di usia Anda saat ini.

Belajar membangun bisnis di usia pelajar akan membuat Anda bisa menjadi lebih mandiri karena melalui bisnis, Anda bisa mulai mengatur banyak hal sendiri. Mulai dari mengatur keuangan, melakukan promosi, dan belajar bertanggung jawab akan barang dagangan Anda dan kepuasan pelanggan Anda.

Selain itu, Anda pun akan memegang tanggung jawab penuh akan risiko-risiko yang mungkin saja terjadi. Hal ini pun bisa menjadi pembelajaran yang baik untuk membentuk karakter mandiri, bertanggung jawab, dan tangguh pada diri Anda.

2. Melatih sifat pekerja keras

Melatih sifat pekerja keras

Tidak ada bisnis yang bisa langsung sukses begitu dimulai. Memulai bisnis berarti harus siap menerima tantangan, masalah, serta kegagalan yang mungkin saja terjadi. Masalah-masalah ini tidak akan bisa selesai jika Anda tidak memiliki sifat pantang menyerah dan terus bekerja keras. Dengan berbisnis di usia pelajar, Anda pun akan bisa melatih sifat pekerja keras Anda dengan mengelola seluruh proses bisnis Anda.

3. Cenderung berisiko rendah

Rendah Resiko

Memulai bisnis saat Anda masih duduk di bangku sekolah bisa dibilang memiliki risiko yang sangat kecil. Kegagalan mungkin saja menghampiri Anda, namun kegagalan tersebut tidak akan menjadi kegagalan yang besar. justru kegagalan tersebut wajar dan bisa jadi pembelajaran untuk Anda.

Apalagi bagi seorang pemula yang baru memulai bisnis pertamanya, jika menemukan kegagalan, Anda masih memiliki banyak waktu untuk mencoba berbagai macam bisnis online tanpa modal untuk pelajar lainnya.

Anda bisa terus mencari dan mencoba jenis bisnis online tanpa modal untuk pelajar mana yang cocok dan benar-benar sesuai dengan hobi serta passion Anda.

Tidak perlu berlama-lama menunggu sampai lulus kuliah, karena semakin dini Anda memulai bisnis Anda, semakin cepat Anda bisa menemukan jenis bisnis yang cocok dan Anda sukai untuk terus dikembangkan.

4. Mendapatkan pengalaman di dunia nyata

Mendapatkan pengalaman di dunia nyata

Belajar tidak melulu harus duduk di dalam kelas, mendengar paparan dari guru. Dengan memulai bisnis online tanpa modal untuk pelajar, Anda bisa menemukan pembelajaran dari dunia nyata.

Banyak sekali yang bisa Anda dapatkan dari memulai bisnis, yang tidak bisa Anda dapatkan di bangku sekolah. Karena pembelajaran-pembelajaran ini tidak terdapat di materi dan konsep yang ada di kelas.

Karena dengan menjadi pebisnis muda, Anda akan bertemu dan bekerja sama dengan banyak orang, Anda bisa belajar menghadapi berbagai macam sifat orang baik itu rekan bisnis atau pelanggan.

Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan pemikiran Anda dengan merancang ide, melakukan promosi, serta membangun teamwork dengan rekan bisnis Anda. Pengalaman-pengalaman dunia nyata yang tidak bisa Anda dapatkan di sekolah ini pun bisa membantu membentuk Anda menjadi sosok yang kuat sehingga Anda pun bisa dengan mudah menghadapi tantangan di masa depan Anda baik itu tantangan dalam berbisnis maupun dalan kehidupan Anda.

5. Memiliki target pelanggan yang cukup mudah diakses

Memiliki target pelanggan yang cukup mudah diakses

Saat menjadi pelajar, lingkaran pertemanan masih sangat luas. Apalagi jika Anda merupakan seorang siswa yang aktif dalam kegiatan organisasi di dalam maupun luar sekolah. Anda bisa mengenal begitu banyak teman dengan karakteristik usia yang sama.

Teman-teman Anda inilah yang berpotensi menjadi target market Anda. Anda bisa mencari tahu tren yang sedang dibutuhkan, barang-barang apa yang sedang viral dan disukai oleh teman-teman seusia Anda.

Jika Anda bisa menemukan jenis barang yang memang benar-benar banyak dibutuhkan dan disukai oleh mereka, mereka pun tidak akan ragu untuk membelinya. Namun, Anda harus pastikan untuk menentukan harga jual yang pas di kantong pelajar, sehingga tidak akan sulit bagi teman-teman Anda untuk membelinya.

6. Membangun karier

Nilai plus dari memulai bisnis online untuk pelajar di usia muda adalah Anda bisa menjadikannya sebuah pelajaran, dan juga bisa menjadi nilai jual bagi diri Anda jika Anda ingin melamar pekerjaan di masa depan.

Memulai bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang masih duduk di bangku sekolah menunjukkan bahwa Anda memiliki motivasi yang kuat untuk bekerja, memiliki kreativitas, serta motivasi yang kuat. Karakter tersebut merupakan karakter yang banyak dicari oleh perusahaan. Perusahaan akan memilih kandidat yang memiliki sikap mandiri dan bermotivasi tinggi.

7. Mendapatkan tambahan uang saku dari penghasilan sendiri

Mendapatkan tambahan uang saku dari penghasilan sendiri

Alasan kenapa Anda harus memulai bisnis online tanpa modal untuk pelajar adalah Anda bisa mendapatkan tambahan uang saku dari keuntungan bisnis Anda. Biasanya, pemasukan uang saku utama seorang pelajar berasal dari orang tuanya.

Dengan memulai bisnis online tanpa modal, Anda bisa mendapatkan penghasilan sendiri, tanpa perlu meminta orang tua Anda lagi. Namun Anda pun harus bisa mengatur penghasilan tersebut. Jangan sampai Anda menghabiskannya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Usahakan untuk tetap menabung dari uang tersebut, dan juga pakai penghasilan Anda untuk mengembangkan bisnis Anda.

Apakah alasan-alasan di atas sudah membangkitkan semangat Anda untuk memulai bisnis online tanpa modal untuk pelajar? Ternyata berbisnis di usia muda bisa mendatangkan banyak keuntungan bagi diri seorang pelajar.Setelah mengetahui alasannya, mari simak langkah-langkah serta tips untuk menjalankan bisnis bagi pelajar berikut ini.

Langkah dan Tips Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

1. Pilih bisnis yang disukai dan nyaman dilakukan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan bisnis apa yang akan Anda lakukan. Memulai bisnis tentu saja tidak bisa sembarangan. Agar bisnis bisa Anda jalankan dengan enjoy dan nyaman, Anda bisa mencoba menemukan ide bisnis dari hal-hal yang Anda sukai.

Jika Anda sudah menyukai sedari awal, maka Anda pun akan dengan mudah juga mengelolanya karena tidak ada paksaan apapun.

2. Susun rencana keuangan

Masalah keuangan seperti modal mungkin bisa menjadi hal yang sering dikhawatirkan ketika akan memulai bisnis. Tapi Anda tidak perlu memusingkan hal ini jika Anda memilih bisnis online tanpa modal untuk pelajar.

Dengan memilih jenis bisnis yang tepat, Anda pun tidak perlu menyediakan modal sama sekali. Anda hanya perlu merencanakan bagaimana akan mengelolanya. Jika Anda berbisnis bersama teman, Anda pun bisa membicarakan terlebih dahulu bagaimana pembagian hasilnya.

Jangan sampai hal ini menjadi permasalahan yang bisa mengancam keberlangsungan bisnis Anda. Dengan mengatur perencanaan keuangan di awal bisnis, Anda pun bisa mengelolanya dengan lebih mudah dan maksimal ke depannya.

3. Kenali pasar

Memulai bisnis berarti Anda harus terlebih dahulu mengenali pasar Anda. Cari tahu apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar Anda, dan berpotensi untuk laris terjual. Jika barang atau jasa yang Anda tawarkan sesuai dengan tren yang sedang viral di pasar, maka kemungkinan bisnis Anda akan berkembang pun menjadi lebih besar.

4. Atur waktu antara bisnis dan belajar

Salah satu hal yang terpenting yang harus Anda lakukan jika ingin berbisnis saat masih sekolah adalah Anda harus bisa mengatur waktu antara bisnis dan belajar. Jangan sampai Anda terlalu asik mengelola bisnis, lalu akademik Anda pun terabaikan.

Anda harus bisa mengelola waktu dengan baik agar keduanya bisa berjalan beriringan secara lancar. Apalagi jika Anda memiliki kegiatan lain di luar sekolah seperti organisasi, Anda pun harus bisa menentukan prioritas, mana yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Jika perlu, Anda bisa membuat daftar kegiatan apa saja yang menurut Anda mendesak, penting, dan kurang mendesak.

5. Jalin relasi

Membangun bisnis tidak akan ada artinya jika Anda tidak bisa menjalin relasi baik dengan pelanggan maupun dengan sesama pebisnis. Dengan memperbanyak relasi, Anda pun bisa dengan mudah menemukan pelanggan.Selain itu, Anda juga bisa bertukar pikiran dengan relasi Anda yang juga sedang menjalankan bisnis.

Banyak sekali lowongan bisnis online yang bisa Anda coba untuk memperbanyak koneksi dan relasi.

6. Manfaatkan media sosial

Di zaman yang serba digital ini, semua orang pasti memakai media sosial, terutama pelajar. Anda bisa memanfaatkan media sosial Anda untuk memulai bisnis Anda.

Media sosial bisa dijadikan sarana bisnis yang sangat menguntungkan jika Anda bisa mengelolanya dengan baik. Apalagi dengan banyaknya fitur yang disediakan, Anda pun bisa dengan mudah memakainya untuk berjualan.

7. Jangan lupakan usaha dan doa

Usaha yang keras memang sangat penting untuk dilakukan, namun hal yang tidak kalah penting adalah doa. Selalu lakukan keduanya secara bersamaan. Karena usaha yang diiringi oleh doa bisa menjadi faktor yang sangat menunjang keberhasilan bisnis Anda.

8. Jangan malu untuk cari mentor atau pembimbing

Ketika memulai bisnis, terkadang kita menemukan keraguan atau kebingungan mengenai suatu hal. Pada saat-saat seperti ini, mentor atau pembimbing sangatlah dibutuhkan untuk sekadar berbagi keluh kesah mengenai bisnis sampai mencari solusi untuk kebingungan yang sedang dialami.

Memiliki seorang mentor atau pembimbing merupakan salah satu cara belajar mengenai bisnis yang sangat mudah. Karena dengan bantuan seorang mentor, Anda pun bisa mendapatkan banyak cerita dan tips sukses dari mereka.

Tak hanya cerita suksesnya, namun Anda juga bisa mengetahui cerita-cerita kegagalan dan menjadikannya sebagai pelajaran agar Anda bisa mengetahui apa yang harus dan tidak harus Anda lakukan ke depannya.

Maka dari itu, jangan pernah malu untuk meminta seseorang yang Anda hormati atau kagumi untuk menjadi mentor Anda. Tapi jangan lupa untuk memintanya dengan sopan, ya. Karena jika Anda sopan, mereka pun akan dengan senang hati berbagi pengetahuan serta wawasan mengenai bisnisnya kepada Anda.

9. Jangan takut gagal

Bagi seorang pebisnis, kegagalan merupakan sebuah risiko yang bisa terjadi kapan saja. Namun, jangan sampai pikiran akan kegagalan ini membuat Anda takut untuk memulai bisnis Anda.

Demikianlah artikel mengenai tips bisnis online tanpa modal untuk pelajar. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sedang ingin membangun bisnis di usia muda. Jika Anda ingin membaca artikel-artikel serupa mengenai bisnis lainnya, Anda bisa mengunjungi halaman Panduan pada website Evermos.

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×