Daftar Isi

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal, Mudah dan Layak Dicoba!

Bisnis Online Tanpa Modal

Daftar Isi

Bisnis online memang sedang sangat menjamur seiring makin banyaknya orang yang senang berbelanja melalui internet. Melihat peluang tersebut, banyak juga akhirnya yang mulai melirik bisnis online tanpa modal.

Bisnis online tanpa modal memang menjadi favorit banyak orang karena prosesnya yang mudah dan terkesan tidak ribet, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menjalankannya, juga keuntungannya yang cukup menggiurkan.

Selain itu, bisnis online tanpa modal bias dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Dengan bisnis online, Anda tidak terpaku oleh jarak dan lokasi, Anda pun bisa menjangkau pelanggan dari berbagai macam kota di Indonesia.

Usia pun bukan menjadi halangan lagi bagi Anda yang ingin berbisnis online. Dari mulai usia sekolah atau kuliah, pekerja kantoran, bahkan ibu rumah tangga pun bisa memulai bisnis online tanpa modal dengan sangat mudahnya.

Anda hanya perlu menyediakan dua hal, yaitu gadget dan koneksi internet. Hanya dengan handphone saja pun Anda sudah bisa memulai bisnis online tanpa modal. Namun, Anda harus memastikan koneksi internet selalu terjaga dengan menggunakan wifi atau menyediakan paket data.

Keuntungan Bisnis Online Tanpa Modal

1. Mudah Dikerjakan

Mudah Dikerjakan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bisnis online tanpa modal merupakan jenis bisnis yang sangat mudah untuk dijerkajan. Pasalnya, Anda tidak perlu membutuhkan toko dan bisa dikerjakan kapan saja dan dimana saja.

Hal ini tentunya menjadi keuntungan yang besar karena Anda tidak perlu menyewa toko, serta bisa selalu mengecek bisnis kapan pun Anda mau. Meskipun Anda sedang bepergian, Anda tetap bisa mengecek dan menjalankan bisnis Anda karena semuanya dilakukan secara online.

2. Bisa menjangkau pasar lebih besar

Bisa menjangkau pasar lebih besar

Dengan mengandalkan internet, Anda bisa mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas, lho. Berbeda dengan membuka toko biasa yang pelanggannya hanya di sekitar lokasi Anda, dengan bisnis online Anda bisa mendapatkan pelanggan dari berbagai pelosok Indonesia.

Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan pelanggan dari luar negeri jika Anda gencar melakukan promosi dan tentunya produk yang Anda miliki memiliki kualitas yang bagus.

3. Cocok bagi yang memiliki modal minim

Cocok bagi yang memiliki modal minim

Jika berbicara soal bisnis, kebanyakan orang akan mengkhawatirkan modal. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi soal modal jika ingin membuka bisnis online tanpa modal. Bagi Anda yang memiliki modal minim atau bahkan tidak memiliki modal sama sekali, bisnis online ini sangat cocok untuk Anda.

Walaupun tidak mengeluarkan modal sama sekali di awal, tapi jangan salah, keuntungannya bisa sangat menggiurkan lho. Keuntungan dari bisnis online tanpa modal bisa mencapai jutaan rupiah. Oleh karena itu, jenis bisnis ini sangat digandrungi oleh banyak orang.

Menarik sekali bukan keuntungan-keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memulai bisnis online tanpa modal? Nah, setelah mengetahui keuntungannya, apakah Anda sudah tertarik untuk membuka bisnis online?

Jika Anda tertarik, ketahui dulu cara yang benar memulai bisnis online tanpa modal. Jangan sampai Anda salah langkah, ya! Yuk, simak caranya berikut ini.

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

1. Lakukan riset kecil

riset

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin memulai bisnis online tanpa modal adalah melakukan riset. Tidak perlu riset besar-besaran, cukup lakukan riset berskala kecil mengenai peluang bisnis yang akan Anda lakukan.

Riset sangat penting untuk Anda lakukan, karena dengan riset, Anda bisa mengetahu kebutuhan pasar, hingga target pemasaran bisnis Anda. Untuk memulai riset, Anda bisa mulai dengan mencari tahu barang atau tren apa yang sedang diminati serta dibutuhkan oleh pasar.

Selain itu, Anda perlu melakukan riset mengenai target bisnis Anda. Target bisnis ini mencakup jenis kelamin, usia, dan lain-lain.  

2. Lakukan perbandingan harga pasaran

Lakukan perbandingan harga pasaran

Jika Anda sudah melakukan riset dan menentukan produk atau jasa yang akan Anda jual, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan perbandingan harga produk di pasaran.

Hal ini penting untuk Anda lakukan sehingga Anda bisa mengetahui patokan harga yang cocok bagi produk Anda. Selain itu, dengan mengetahui harga pasaran, Anda pun dapat merancang strategi yang cocok dan sesuai agar produk Anda memiliki keunggulan dibandingkan competitor Anda, atau produk-produk lain yang banyak tersedia di pasaran.

Anda dapat melakukan perbandingan harga dengan melakukan survey kecil-kecilan baik dengan mendatangi langsung toko, atau dengan mencari di toko online shop. Satu hal yang perlu Anda ingat adalah hindari untuk mematok harga yang lebih mahal daripada produk di toko lain. Sehingga pelanggan pun akan lebih tertarik dengan produk Anda.

Namun, Anda bisa mematok harga yang lebih tinggi jika produk yang Anda jual memiliki kualitas yang lebih baik atau memiliki keunggulan lainnya yang tidak ada pada competitor. Anda bisa memunculkan keunggulan tersebut sehingga pelanggan pun masih akan tertarik dengan produk Anda.

3. Manfaakan media sosial

Manfaakan media sosial

Cara ini merupakan cara yang paling banyak dilakukan oleh pebisnis online. Anda bisa membuat akun media social khusus untuk toko atau produk Anda, dan menjadikannya sebagai wadah untuk berjualan produk tersebut.

Saat ini, pengguna media social di Indonesia sudah sangat banyak. Mulai dari anak remaja hingga oran tua, mereka semua rata-rata memiliki media social. Oleh karena itu, menggunakan media social sebagai sarana berjualan merupakan salah satu strategi yang cukup menguntungkan.

Anda juga bisa langsung menjangkau dan berinteraksi langsung dengan banyak calon konsumen Anda. Dengan berbagai fiturnya, Anda pun bisa memanfaatkannya sebagik mungkin untuk mengenalkan produk hingga menjualnya.

Selain media social, Anda juga bisa menjual produk-produk Anda di situs marketplace atau situs jual beli online yang sudah terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan menaruh produk Anda di marketplace, produk Anda pun akan semakin mudah dicari dan ditemukan oleh banyak orang karena pengguna marketplace yang sudah sangat banyak.

4. Cantumkan kontak Anda

Cantumkan

Jika Anda sudah membuat media social khusus toko atau produk yang Anda jual, maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mencamtumkan kontak Anda pada profil media social Anda.

Cantumkan kontak Anda baik itu nomor telepon atau nomoe WhatsApp yang sering Anda gunakan, sehingga mudah dihubungi oleh pelanggan. Atau Anda juga bisa membuat kontak khusus untuk bisnis Anda. Setelah itu, buatlah WhatsApp bisnis yang digunakan khusus untuk bisnis Anda.

WhatsApp bisnis ini sangat cocok digunakan oleh pebisnis karena banyak sekali fitur-fitur yang memudahkan pebisnis dalam berjualan dan berkomunikasi dengan pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan email bisnis Anda.

Mencantumkan kontak Anda di media social bertujuan agar konsumen mengetahui kemana harus menghubungi Anda. Sehingga komunikasi yang Anda lakukan dengan konsumen pun bisa dengan mudah dilakukan.

Jika konsumen memiliki kendala atau keluhan terkait produk atau pelayanan, Anda pun bisa langsung mengetahuinya dari konsumen yang menghubungi Anda. Komunikasi yang baik dengan konsumen merupakan hal yang penting dalam dunia bisnis. Karena kita tidak hanya mencari konsumen yang sekali beli saja, tetapi kita pasti mengharapkan konsumen yang setia dan akan melakukan pemesanan kembali di toko kita.

Jangan lupa juga untuk mencantumkan cara pemesanan hingga cara pembayaran produk. mencantumkan cara pemesanan hingga cara pembayaran harus Anda lakukan karena jika tidak, calon pelanggan Anda pun akan kebingungan mencari cara untuk mendapatkan produk Anda.

5. Konsisten dalam memasarkan produk

Konsisten dalam memasarkan produk

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka Anda sudah siap untuk mulai mempromosikan produk Anda. Karena Anda berjualan secara online, maka Anda bisa mulai untuk membuat foto produk dan mengunggahnya di media social atau di marketplace Anda.

Pastikan untuk membuat dan memilih foto produk semenarik mungkin. Foto produk yang menarik akan menarik minat para calon konsumen untuk melirik produk Anda. Biasanya, konsumen seringkali menanyakan tentang foto asli produk.

Anda juga bisa menyediakan foto asli produk setelah Anda mengunggah foto katalog produk Anda. Dengan mengunggah foto asli produk, konsumen pun akan bisa menilai sendiri apakah kualitas produk yang Anda tawarkan memang benar adanya.

Ketika mengunggah foto produk, jangan lupa juga untuk memberikan keterangan yang lengkap dan jelas mengenai detail produk Anda. Keterangan ini bisa mencakup harga, bahan/material produk, ukuran, warna, dan sebagainya.

Usahakan agar konsumen tidak perlu bertanya lagi kepada Anda mengenai detail produk, karena semua informasi produk sudah Anda tuliskan di deskripsinya. Hal ini pun akan memudahkan Anda dalam membalas chat konsumen.

6. Lakukan promosi yang menarik

promosi

Agar produk yang Anda jual bisa terus disukai oleh konsumen, tidak ada salahnya untuk membuat strategi promosi yang menarik secara berkala. Promosi sangat penting dalam bisnis, karena bisa meningkatkan antusiasme para calon konsumen untuk membeli produk Anda.

Anda bisa memberikan promosi dalam bentuk diskon, atau cashback. Anda bisa memberikan diskon tersebut dalam momen-momen tertentu seperti tanggal kembar, hari kemerdekaan, dan lain-lain, serta dengan batas waktu tertentu.

Nah, selain diskon, jika Anda ingin menarik minat konsumen lebih jauh lagi, Anda bisa memberikan giveaway dengan beragam hadiah, mulai dari saldo e-wallet, produk milik Anda sendiri, sampai barang-barang elektronik. Dengan melakukan give away, Anda pun bisa menjangkau lebih banyak konsumen lagi. Namun, Anda harus membuat peraturan yang bisa menguntungkan Anda, seperti harus membagikan posingan Anda di profil konsumen Anda, melakukan tagging ke beberapa orang teman konsumen Anda, dan sebagainya.

7. Minta bantuan relasi dan kerabat

Minta bantuan relasi dan kerabat

Saat Anda baru membuka bisnis, word of mouth bisa menjadi suatu cara untuk mengenalkan bisnis Anda. Tidak ada salahnya lho untuk meminta bantuan relasi atau kerabat untuk turut mempromosikan bisnis Anda. Karena konsumen bisa dating dari mana saja.

Anda dapat meminta teman atau saudara Anda untuk mencoba produk Anda terlebih dahulu lalu mereview nya di media sosial mereka. Dengan begitu, followers-followers teman atau kerabat Anda pun bisa mengetahui produk Anda. Dan siapa tahu salah satunya bisa menjadi konsumen Anda.

Demikianlah artikel mengenai “Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal, Mudah dan Layak Dicoba!”. Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang sedang ingin mulai menjalankan bisnis online tanpa modal.

Jika Anda ingin mengetahui panduan-panduan dalam berbisnis lainnya, Anda bisa mengunjungi halaman “Panduan” pada website Evermos. Terdapat banyak panduan bisnis yang bisa Anda temukan dan pelajari untuk membantu Anda dalam memulai bisnis online.

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×