Terbukti Laris! Berikut Cara Berjualan di Facebook Marketplace

Cara Berjualan DI Facebook Marketplace

Jika Anda bingung bagaimana bisa memulai berjualan di facebook, artikel berikut ini akan membagikan tips, trik, dan cara berjualan di facebook marketplace dengan mudah dan cepat.

Semakin meningkatnya minat masyarakat dalam berbelanja online beriringan dengan berkembangnya media untuk promosi dari produk-produk yang dijual, salah satunya Facebook.

Sebagai salah satu media sosial yang paling diminati.

Selain menyediakan layanan sosial sebagai fungsi utamanya, kini, Facebook juga terus bergerak ke ranah bisnis. Hal ini ditandai dengan hadirnya fitur Facebook Marketplace.

Layanan Facebook Marketplace sendiri dapat diakses di aplikasi Facebook secara gratis. sehingga dengan Facebook Marketplace, kamu dapat menjual produk secara gratis tanpa harus memiliki website sendiri.

Lalu bagaimana cara kerja dan pemanfaatan dari Facebook Marketplace?

Nah, artikel ini akan mengupas tuntas cara berjualan di Facebook Marketplace mulai dari cara penggunaannya hingga tips dan trik agar penjualan dari produk jualan kamu semakin laris.

Cara Posting Jualan di Facebook Marketplace

Secara umum, cara berjualan di Facebook Marketplace hampir sama dengan marketplace lainya, dimana kamu perlu menampilkan produk yang kamu jual di Beranda (Home) serta Kolom Pencarian (Search) agar dapat dilihat oleh calon konsumen.

Sebelum kamu memulai untuk posting produk untuk dijual, pastikan bahwa fitur Facebook Marketplace sudah teraktivasi dan muncul di perangkat dan akun Facebookmu.

Sebab, tidak semua akun memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan oleh Facebook untuk dapat memunculkan fitur Facebook Marketplace.

Berikut ketentuan yang perlu kamu penuhi agar dapat memunculkan fitur Facebook Marketplace:

  • Pastikan bahwa jumlah pertemanan di akun Facebook mencapai 300 atau lebih. Jika kurang, kamu bisa menambah pertemanan secara perlahan karena jika kamu melakukannya ke banyak akun sekaligus, akun Facebookmu beresiko mendapat banned dari pihak Facebook.
  • Tergabung dalam komunitas grup jual beli di Facebook. Jika kamu belum sama sekali tergabung dalam komunitas grup jual beli di Facebook, kamu bisa mengawalinya dengan bergabung di komunitas-komunitas jual beli yang ada di kotamu. Sama halnya dengan menambah pertemanan, untuk bergabung di Grup Facebook juga harus dilakukan secara perlahan agar akunmu terhindar dari resiko spam.
  • Setelah kamu bergabung ke beberapa grup jual beli di Facebook, cobalah untuk aktif di dalam grup tersebut dengan posting produk yang kamu jual serta memberi tanggapan terhadap postingan anggota lain di grup tersebut.

Cobalah untuk melakukan ketentuan-ketentuan tersebut secara konsisten setiap hari, biasanya Facebook akan memberi tanggapan terkait fitur Facebook Marketplace dalam akunmu selama 10-30 hari.

Jika ketentuan-ketentuan tersebut sudah dipenuhi dan fitur Facebook Marketplace sudah dapat dimunculkan di akun facebookmu, ini saatnya kamu untuk posting produk jualan di Facebook Marketplace dengan tahapan-tahapan sebagai berikut:

  1. Setelah login di akun facebook kamu, Klik pilihan “Marketplace” di bagian menu sebelah kiri.
  2. Setelah berada di halaman marketplace, klik “jual” atau “sell”, lalu pilih “item” untuk melanjutkan.
  3. Pilih kategori yang sesuai dengan produk.
  4. Masukkan foto produk serta isi semua data keterangan dengan lengkap.
  5. Pilih tempat untuk posting produk jualan kamu, baik itu hanya di marketplace, profil, grup, maupun ketiganya.
  6. Klik “terbitkan” untuk melakukan posting produk jualan kamu.
  7. Untuk memastikan produk jualan kamu sudah berhasil diposting, kamu bisa cek dibagian “profil” lalu pilih “penawaran anda”.

Jika Anda sedang mencari cara jualan di instagram yang ampuh dan terbukti efektif di tahun 2021

Cara Agar Facebook Marketplace dilihat Banyak Orang

Cara berjualan barang agar laris di Facebook Marketplace, tentunya tidak cukup hanya dengan memposting produknya saja. Langkah selanjutnya kamu harus buat strategi agar akun Facebook Marketplace kamu dilihat banyak orang.

Berikut adalah cara yang bisa kamu tiru agar Facebook Marketplace dilihat banyak orang:

1. Pastikan Akun Facebook Kamu Tidak di Privasi

Jika akun facebook kamu masih dalam keadaan privasi, maka tidak semua orang bisa mengunjungi atau melihat produk jualan kamu yang telah di posting di Facebook Marketplace.

Maka, ubahlah pengaturan privasi akun profil facebook kamu menjadi publik, agar Facebook Marketplace kamu dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

2. Isilah Facebook Marketplace Kamu dengan Konten yang Menarik

Agar semakin banyak orang yang tertarik melihat Facebook Marketplace milikmu, maka kamu dituntut untuk menyiapkan konten yang menarik sebagai pembeda antara tokomu dengan para kompetitor.

Disini kamu bisa menambahkan foto produk jualan dengan kualitas terbaik serta menambahkan deskripsi produk yang lengkap namun juga mudah dimengerti.

Dengan konten yang menarik inilah, yang akan membuat Facebook Marketplace milikmu dilihat banyak orang bahkan betah untuk berbelanja, sehingga dapat membuat produk jualan kamu semakin laris.

3. Adakan Promo

Tidak ada satupun konsumen yang tidak menyukai adanya promo, maka trik jualan di Facebook Marketplace selanjutnya adalah mengadakan promo. 

Kamu bisa mengadakan promosi seperti diskon, buy 1 get 1, hingga adanya produk-produk gratis untuk membuat Facebook Marketplace dilihat oleh semakin banyak orang.

4. Bagikan Facebook Marketplace Milikmu ke Komunitas Jual Beli atau Media Sosial Lain

Facebook Marketplace milikmu tidak akan dilihat banyak orang jika kamu enggan untuk memperkenalkannya. Oleh karena itu membagikan tautan Facebook Marketplace ke grup komunitas jual beli di facebook sudah menjadi trik promosi yang wajib dilakukan.

Selain itu kamu bisa mempromosikannya juga melalui media sosial lain atau membuat pesan broadcast melalui WhatsApp.

Dengan begitu, akan banyak orang yang mengenal Facebook Marketplace milikmu sehingga kemungkinan untuk dilihat lebih banyak orang akan semakin besar.

Tips dan Trik Jualan di Facebook Marketplace

Setelah mengetahui cara agar Facebook Marketplace dilihat banyak orang, langkah selanjutnya adalah memikirkan bagaimana cara jualan agar produk kamu laris di Facebook Marketplace. Untuk kamu yang sudah siap banjir orderan, berikut tips dan triknya.

1. Rutin Melakukan Posting dan Promosi

Agar produk kamu bisa terletak dipermukaan dan dipromosikan oleh Facebook, kamu harus melakukan posting dan promosi secara rutin setiap hari.

Buatlah rencana secara terjadwal untuk melakukan posting dan promosi produk jualanmu. Agar lebih efektif, jadwal ini dapat kamu buat berdasarkan data rata-rata waktu dari pengguna facebook itu sendiri.

2. Mengoptimalkan Penggunaan Cover dan Judul Pada Setiap Postingan

Perlu diketahui jika beberapa postingan menggunakan gambar cover yang sama, tidak akan disetujui oleh facebook.

Ini dikarenakan Facebook menganggap postingan tersebut merupakan duplicate konten.

Hal ini juga berlaku pada penggunaan judul. Maka, kamu harus menyiapkan foto cover dan judul yang berbeda pada setiap postingan dari produk yang akan kamu jual.

3. Tentukan Lokasi yang Tepat

Agar produk yang kamu jual cepat dikenal banyak orang, kamu bisa menyiasatinya dengan memilih lokasi yang berbeda setiap kali posting.

Namun perlu jadi catatan, lokasi yang dipilih tidak terlalu jauh dari lokasi dimana target market kamu. Pilihlah jarak maksimal 12-16 km, jarak yang terlalu jauh akan justru akan membuat kompetitormu semakin banyak.

4. Fokus Pada Marketplace, Bedakan dengan Promosi Pada Grup

Meskipun Facebook Marketplace memiliki fitur yang dapat share produk ke banyak grup dalam satu kali share, namun ada baiknya kamu cukup fokus pada marketplace saja.

Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya laporan spam, mengingat setiap grup memiliki peraturan yang berbeda-beda.

Untuk tetap memaksimalkan penjualanmu agar semakin laris, kamu bisa bisa membuat promosi pada grup secara terpisah sesuai dengan peraturan dari masing-masing grup itu sendiri.

5. Sediakan Kategori Produk yang Bervariasi

Agar produk jualan kamu naik ke permukaan pada pencarian, sediakanlah kategori produk yang bervariasi untuk diposting kedalam akun Facebook Marketplace.

Jika Anda  sedang mencari ide usaha modal kecil untung besar yang sudah terbukti menjanjikan, yuk simak artikel mengenai 11 Usaha Modal Kecil Untung Besar, Terbukti Menjanjikan!

6. Sertakan Kontak di Setiap Keterangan Produk

Menyertakan kontakmu sebagai penjual dalam setiap keterangan produk, akan memudahkan calon konsumen untuk menghubungimu jika ada pertanyaan lebih lanjut. Dengan ini pertanyaan atau permasalahan akan bisa diselesaikan dengan lebih cepat.

7. Miliki Layanan Customer Service yang Baik

Meskipun tampilan katalog di Facebook Marketplace milikmu sudah menarik, konsumenmu akan sulit tertarik untuk melanjutkan proses transaksi jika layanan customer service mu tidak baik. 

Maka tanggapilah konsumenmu dengan baik, solutif dan cepat. Dalam fitur inbox atau Facebook Messenger, kamu bisa memanfaatkan aplikasi autotex.

8. Pilihlah Produk Tepat, Berkualitas dan Sesuai Target Pasar

Meskipun semua cara dan tips yang telah dijelaskan sebelumnya sudah kamu lakukan dengan baik, hal tersebut tidak akan berhasil jika kamu keliru dalam hal pemilihan produk.

Karena kualitas produk jualan milikmulah yang akan menentukan kesuksesan penjualanmu di media manapun.

Jual lah produk yang berkualitas sehingga bisa menghasilkan omset harian lebih tinggi melalui repeat order.

Jika kamu merupakan pemula yang belum memiliki produk sendiri, ada baiknya kamu mencoba Aplikasi Evermos.

Melalui aplikasi Evermos, kamu bisa menjual ribuan pilihan produk lokal berkualitas dari UMKM dan Brand ternama tanpa modal dan terjamin kehalalannya.

Selain produknya yang berkualitas dan variatif, aplikasi Evermos juga sangat mudah digunakan sehingga sangat cocok bagi para pemula.

Jika kamu tertarik untuk sukses berjualan di Facebook Marketplace, mulailah sekarang juga bersama Evermos, GRATIS!

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

On Key

Related Posts