5+ Perbedaan Dropshipper dan Reseller yang Wajib Anda Tahu

perbedaan dropshipper dan reseller
KEY TAKEAWAY ARTIKEL PANDUAN PERBEDAAN DROPSHIPPER DAN RESELLER

  • Anda akan lebih mengenali bisnis dropship dan reseller
  • Mengetahui kesamaan dan perbedaan antara bisnis dropship dan reseller
  • Anda akan mengetahui apa saja produk cepat laku untuk bisnis dropship dan reseller

Daftar Jadi Reseller Evermos

Kecanggihan internet kini tidak berupa memberikan informasi saja tetapi dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan bisnis online yaitu sebagai reseller dan dropshipper. Namun tahukah Anda apa perbedaan dropshipper dan reseller?

Pada umumnya, kedua bisnis tersebut merupakan model bisnis yang relatif mudah untuk dikerjakan serta hanya menggunakan modal yang minim.

Reseller berperan sebagai jembatan antara produsen dengan pembeli produk akan memudahkan berjalannya bisnis dan akan mendapatkan imbalan dari harga produk yang reseller jualkan.

Sedangkan dropshipper menjadi perantara bagi produsen untuk mempromosikan produknya kepada konsumen agar penjualan produk semakin laris tanpa perlu menyetok produk di rumah.

Artikel kali ini akan membahas bagaimana persamaan dan perbedaan mengenai dropshipper dan reseller, pastikan Anda menyimak artikel berikut sampai habis ya!

Persamaan Dropshipper dan Reseller

Jika sebelumnya memutuskan untuk bekerja memerlukan keahlian atau membutuhkan lulusan dengan spesifikasi khusus kini tanpa hal tersebut siapa saja bisa melakoni bisnis online.

Mulai dari reseller, dropship, affiliate, hingga content creator menjadi peluang yang empuk terutama kaum millenial.

Fokus pembahasan artikel kali ini menunjuk kepada dropship dan reseller, lalu apa sajakah persamaan yang terdapaat dalam kedua bisnis tersebut?

Inilah persamaan dropshipper dan reseller sebagai bisnis online yang menggiurkan.

1. Cara Kerja Sebagai Penjual Produk

Baik bisnis dropship maupun reseller sama sama memiliki cara kerja sebagai penjual produk.

Kedua model bisnis tersebut merupakan bagian daari saluran distribusi produk yang kemudian menjualkan kepada konsumen dan artinya tidak memproduksi barang sendiri.

2. Sistem Fleksibel

Sebagai dropshipper maupun reseller sama-sama dapat mengerjakan bisnis ini melalui gadget dan selama ada koneksi internet yang tersedia. Sebab sudah marak platform yang menyediakan jasa bisnis dropshipper dan reseller seperti Evermos sehingga tidak perlu repot mencarinya lagi.

3. Modal Relatif Minim

Seperti halnya menjualkan produk tanpa memproduksi barang sendiri menjadi persamaan kedua model bisnis tersebut, sehingga modal yang mereka perlukan untuk menjalani juga relatif minim.

4. Siapa Saja Bisa Menjalankannya

Adapun persamaan antara dropship dan reseller untuk menjalankannya yakni siapa saja dapat memulai bisnis tersebut.

Hal ini karena memutuskan untuk merintis usaha merupakan hak siapa saja untuk melakukannya, tidak membutuhkan keterampilan khusus maupun melibatkan latar belakang khusus.

Oleh karenanya, bisnis online seperti reseller dan dropship dapat dilakukan oleh siapa saja tidak memandang agama, ras, suku, maupun latar belakang pendidikan.

Perbedaan Dropshipper dan Reseller

Setelah mengetahui persamaan kedua model bisnis dropship dan reseller, terdapat perbedaan dropshipper dan reseller yang patut kita ketahui agar tidak menimbulkan miskonsepsi.

Inilah perbedaan dropshipper dan reseller sebagai bisnis online yang relatif mudah dan fleksibel kita kerjakan:

1. Dropshipper Lebih Untung Modal

Perbedaan yang patut kita ketahui adalah dari segi modal, untuk menjadi dropshipper relatif lebih mudah dan modal relatif rendah.

Hal ini karena seorang dropshipper dalam kerjanya tidak perlu melakukan stok produk di rumah baik di gudangnya, akan tetapi dapat langsung menjual produk dengan mengkonfirmasi kepada produsen untuk mendistribusikan produk tersebut.

Sedangkan untuk reseller, mereka harus membeli terlebih dahulu produk yang akan mereka tawarkan kepada konsumen, yang artinya harus memiliki modal yang cukup untuk menyetok produk terlebih dahulu.

2. Dropshipper Lebih Unggul Operasional

Perbedaan selanjutnya dropshipper dan reseller adalah dropship tidak perlu mengerjakan hal bersifat operasional seperti menyetok, mengemas produk dan mengirim barang.

Sehingga, dropshipper dapat berfokus keuntungannya kepada transaksi sebanyak-banyaknya dengan konsumen.

Sementara reseller harus memproses pesanan yang datang dengan mempersiapkan stok produk, mengemas produk, dan mengirimkan produk hingga sampai ke tangan konsumen.

Belum lagi reseller harus mempersiapkan modal operasional barang.

3. Dropshipper Lebih Minim Risiko

Perbedaan berikutnya terletak pada risiko yang di hasilkan dari kedua model usaha dropshipper dan reseller.

Melalui cara kerjanya, dropshipper yang tidak menyetok produk atau barang tidak akan mengalami kerugian karena tidak menanggung risiko tidak lakunya produk tersebut kepada konsumen.

Sebaliknya, bagi reseller akan menanggung risiko bagi simpanan stok produk yang sedang mengalami tidak laku dalam waktu yang panjang.

4. Reseller Lebih Fleksibel Pemasaran

Dari perbedaan pertama dapat kita simpulkan bahwa produk yang reseller miliki dapat di jual kembali baik secara offline maupun online. Bahkan hingga membuka toko sendiri sebagai penyedia produk.

Berbeda dengan dropshipper yang hanya bisa memasarkan produk melalui media sosial maupun marketplace, karena berperan sebagai pemasaran produk.

5. Reseller Dapat Menentukan Harga Jual

Perbedaan berikutnya dropshipper dan reseller adalah dari segi harga jual produk yang mereka tawarkan.

Alasannya seorang reseller memiliki modal untuk membeli produk dengan jumlah yang besar kemudian dapat mereka jual dengan harga sesuai keinginan reseller.

Sementara dropshipper, mereka tidak dapat menentukan harga jual produk kepada konsumen sebab mereka tidak memiliki stok produk akan tetapi dapat meningkatkan penghasilannya dengan melakukan sistem Unique Selling Product (USP).

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Manakah yang lebih menguntungkan antara dropship atau reseller?

Dropshipper lebih untung dari segi operasional karena tidak membutuhkan tempat penyimpanan atau gudang untuk stok produk, tidak perlu mengemas produk, dan melakukan pengiriman. Sedangkan reseller bisa mendapatkan keuntungan jika mendapatkan stok barang dengan harga relatif murah.

Dropship apa yang paling menguntungkan?

Rekomendasi produk dropship yang menguntungkan mulai dari produk perawatan bayi dan anak-anak, makanan sehat, produk perawatan wajah dan tubuh, produk busana, sepatu, aksesoris, perlengkapan rumah tangga, dan produk kesehatan.

Jadi Reseller Apa yang paling Menguntungkan?

Reseller yang mendapatkan keuntungan dengan menawarkan produk ragam pakaian, produk sepatu dan tas, produk riasan, suplemen diet, gadget, aksesoris gadget, produk pulsa, paket data dan internet serta produk PPOB.

Daftar Jadi Reseller Evermos

Produk yang Cepat Laku Terjual Online

Kendati demikian, sebenarnya kedua model bisnis tersebut tetap relatif mudah untuk menjalankannya.

Salah satu cara yang efektif untuk menjadi orang yang berpenghasilan sukses dari bisnis online adalah dengan menyediakan produk yang tepat.

Berikut ide produk yang cepat laku terjual secara online yang bisa Anda coba:

1. Produk Perawatan

Keunggulan menjual produk perawatan adalah merupakan produk yang dapat kita jual dalam jangka panjang sehingga tidak akan menimbulkan dampak kerugian yang berarti.

Disamping, produk perawatan seperti body care, skin care, merupakan produk yang cepat laku terjual karena peminatnya dari waktu ke waktu semakin meningkat. 

Selain itu, produk perawatan tersedia dari harga yang terjangkau, seperti produk face mask, body lotion, body scrub, creambath, serum, paket kecantikan dan lainnya.

2. Busana Muslim

Produk selanjutnya adalah busana muslim yang kerap di gunakan sebagai busana sehari-hari bagi masyarakat Indonesia.

Terdapat beragam model dan bahan yang di gunakan sebagai pembuatan produk serta meningkatnya kebutuhan pasar akan produk busana muslim menjadi produk yang laku cepat terjual.

Busana muslim seperti gamis, tunik, kemeja, stelan busana muslim, dan lainnya.

Masih Berhubungan Dengan Dropship

3. Peralatan Rumah Tangga

Kini orang-orang tidak perlu lagi mengeluarkan ongkos untuk keperluan berbelanja. 

Selain menghemat biaya pengeluaran, produk yang di tawarkan pada marketplace umumnya juga relatif terjangkau bagi pembeli.

Reseller dan dropshipper juga akan mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit dengan menjual produk peralatan rumah tangga karena selisih harga yang menguntungkan.

Produk tersebut antara lain seperti sprei, bantal, blender, oven, mixer, dekorasi rumah, dan sebagainya.

4. Aksesoris dan Dekorasi Rumah

Produk berikutnya yang cepat laku terjual secara online adalah produk macam-macam aksesoris.

Tidak hanya terbatas aksesoris gadget, namun produk seperti dekorasi rumah juga menjadi incaran pembeli.

Terutama dalam masa pandemi seperti saat ini banyaknya orang yang beraktivitas di rumah sehingga mereka mudah bosan dan kegiatan mendekorasi cukup ampuh untuk membangkitkan mood produktif.

Tawarkan produk dekorasi rumah seperti lampu LED, lampu tumblr, lampu kelap-kelip, wall sticker, dan sebagainya.

5. Produk Kesehatan

Kebutuhan masyarakat akan produk kesehatan semakin meningkat terutama pada masa genting pandemi seperti saat ini.

Banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga kebersihan dan menjaga imunitas tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

Rangkaian produk kesehatan menjadi barang yang cepat laku untuk kita jual secara online.

Produk kesehatan seperti madu, suplemen kesehatan, masker, face shield, hand sanitizer dan disinfektan kerap menjadi incaran masyarakat.

6. Peralatan Kebugaran

Olahraga menjadi kegiatan yang digemari oleh masyarakat sebagai gaya hidup baru yang lebih sehat.

Berbagai kebijakan yang diluncurkan oleh pemerintah seperti Work From Home juga memberikan peluang bagi para pegawai untuk melaksanakan rutinitas berolahraga.

Kebutuhan tersebut meningkatkan peluang pembelian produk peralatan kebugaran seperti pakaian olahraga, matras, bola yoga, tali skipping, dan sebagainya.

7. Camilan

Produk camilan atau makanan ringan menjadi barang yang cepat laku terjual secara online.

Sebab camilan merupakan produk yang kerap di sukai oleh semua kalangan baik usia muda maupun dewasa.

Pilihlah produk yang ekonomis, serta banyak peminatnya agar para pembeli mau melakukan order kembali.

Apabila Anda ingin mendaftar sebagai reseller dan dropshipper, inilah waktu yang tepat mewujudkan sukses bersama Evermos.

Dapatkan kemudahan berikhtiar Anda dengan mendaftar sebagai reseller secara gratis serta bimbingan marketing langsung dari ahlinya.

Demikian artikel mengenai perbedaan dropshipper dan reseller, semoga dapat membantu Anda.

Sebarkan juga artikel berikut melalui link artikel kepada orang-orang terdekat Anda agar lebih bermanfaat.

Untuk membaca informasi menarik lainnya mengenai panduan, silahkan kunjungi halaman artikel panduan berikut.

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

 

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Panduan Terbaru

×