Cara Daftar Dropship Lazada, Pilihan Praktis Untuk Usaha Pemula

Cara daftar Lazada Affiliate Program
KEY TAKEAWAY DAFTAR DROPSHIP LAZADA

  • Mengetahui cara daftar dropship Lazada
  • Mengetahui keuntungan dropship di Lazada
  • Anda bisa mengetahui Tips sukses untuk mulai usaha menjadi dropship
Sebagaimana kita tahu bahwa saat ini, sistem bisnis telah bergeser dari konvensional menjadi penjualan secara online.
Ada banyak kelebihan dalam berbisnis online salah satunya yakni target dan sasaran pasar nya yang jauh lebih luas.
Anda bisa menjual barang di luar kota dengan cepat kapanpun dimanapun. Salah satu bukti dan contoh kemudahan berbisnis online ini adalah dengan menjadi dropshipper.
Dropshipper adalah konsep bisnis dengan menjual kembali barang dari supplier atau produsen tanpa modal atau stok barang terlebih dahulu. Hal ini diiringi oleh fenomena online shop yang semakin merajalela.
Salah satu faktor utama kenapa para pembeli barang lebih suka dengan online shop karena barang yang di tawarkan jauh lebih banyak dari pada toko konvensional.
Lihat saja beberapa orang yang tinggal di kota kecil, tentu tidak semua barang yang mereka cari tersedia,
Jadi salah satu alternatif terbaik yaitu mencari barang di E-commerce. Salah satu penyedia E-commerce terlengkap adalah Lazada.
Selain bisa untuk berbelanja, di Lazada ini pun kita bisa memulai usaha menjadi seorang dropship.
Tertarik mencoba bisnis tanpa modal yang menguntungkan ini? Kira-kira bagaimana caranya ya? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Cara Jadi Dropshipper di Lazada

Untuk menjadi seorang dropship banyak alternatifnya cukup memilih produk barang yang ingin di post melalui media yang anda punya, afau alternatif lainnya yakni mempromosikan barang tersebut melalui marketplace.
Calon pembeli yang tertarik dengan barang yang anda post nantinya akan mengirimkan pesan.
Selanjutnya anda cukup menghubungi Lapak yang mempunyai barang tersebut, jika lapak ternyata memiliki stok barang. Maka barang tersebut siap untuk dikirim sesuai dengan lokasi pembeli. Barangnya dikirim oleh lapak atas nama Anda.

Cara Daftar Dropship Lazada

1. Install Aplikasi Lazada dan Lazada Seller Center

Bagi Anda yang ingin dropship menggunakan smartphone, maka perlu menginsall 2 aplikasi yang saya sebutkan di atas.

Aplikasi Lazada digunakan untuk mencari supplier yang produknya akan di dropship, sekaligus untuk melakukan pembelian.

Tapi, Anda juga bisa mencari supplier di pihak lain untuk dipasarkan di Lazada. Jadi, Lazada Seller Center gunanya untuk berjualan.

Aplikasi tersebut khusus dibuat oleh Lazada untuk memudahkan para seller dalam berjualan.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Dropship Lazada biasanya mengambil untung berapa?

Keuntungan dari dropship lazada ini nantinya bergantung terhadap selisih harga yang Anda pasang dengan harga dari supplier. selisihnya ini nanti akan jadi keuntungan Anda.

Berapa persen keuntungan untuk dropship Lazada?

Keuntungannya ini nanti akan menjadi urusan Anda dengan pihak dari supplier. Jadi, oleh karena itu akan sangat penting jika Anda mencari supplier yang bisa memberikan komisi tinggi dari tiap produknya. Seperti salah satunya Evermos ini. Evermos menyediakan komisi hingga 35% dari tiap transaksi produknya. Jadi, Anda berkesempatan mendapatkan komisi hingga jutaan rupiah perbulannya.

Apakah alamat dropship harus sama dengan supplier?

Iya, Anda perlu menyamakan alamat toko Anda dengan supplier agar mudah untuk menentukan ongkos pengiriman ke pembelinya.
Untuk daftar dropship di lazada dan memiliki akun berjualannya, tentunya ada beberapa langkah yang perlu diikuti. Berikut tata cara lengkapnya.
  1. Buka aplikasi Lazada atau bisa mengunjungi situs resminya.
  2. Setelah itu akan muncul di pilihan opsi “jual beli” pada aplikasi Lazada. Petunjuk tersebut biasanya akan ada dibagian menu utama Lazada.
  3. Kemudian daftarkan informasi tentang diri Anda.
  4. Isilah kolom tersebut dengan benar dan  sesuai dengan petunjuk yang sudah diberikan oleh pihak Lazada.
  5. Selanjutnya Anda pilih nama toko yang sudah sesuai dengan produk yang akan dijual.
  6. Jika anda sudah mendaftar akun melalui website atau aplikasi Lazada, maka akan ada muncul informasi yang selanjutnya.
  7. Setelah selesai, nantinya pihak Lazada akan meminta aktivasi akun seperti meminta nomor HP, alamat lengkap dan harus sesuai dengan alamatnya yang di KTP.
  8. Jangan lupa menghubungkan rekening Bank anda, supaya bisa melakukaan transaksi jual beli online.

2. Cari Produk dan Supplier

Setelah berhasil memiliki akun, maka selanjutnya Anda harus mencari produk yang ingin dipasarkan. Carilah produk yang sedang laris di pasaran.

Dalam mencarinya, kamu tidak harus mencari di Lazada saja. Anda bisa mencarinya di marketplace lain, seperti Tokopedia atau Shopee.

Setelah menemukan produknya, selanjutnya kamu harus mencari supplier. Supplier yang harus Anda termukan adalah yang memiliki banyak penjualan, rating yang baik, menyediakan COD (kalau bisa), dan melayani resi otomatis. Seperti contohnya website khusus untuk supplier reseller dan dropship ternama seperti Evermos.

3. Upload Produk

Setelah berhasil menemukan produk yang ideal untuk dijual, selanjutnya Anda tinggal mengupload produk tersebut di toko Anda. Setelah gambar berhasil diedit atau dipercantik, Anda harus melakukan riset kata kunci.

Caranya adalah dengan mengetik nama produk tersebut di mesin pencari Lazada.

Di sana Anda bisa melihat referensi judul produk yang digunakan orang lain.

Hal ini bisa membantu mempengaruhi pencarian produk di toko Anda.

4. Optimasi Produk dan Toko

Selanjutnya, Anda perlu mengoptimasi toko dengan baik, mendekorasikannya dengan baik sehingga terlihat menarik, dan menggunakan promosi berbayar jika bisa ada dananya.

Belum tahu cara memproses orderan dropship di Lazada? Pada dasarnya, setiap marketplace memiliki proses menerima orderan yang sama. Semua hal itu akan Anda pelajari saat toko Anda sudah ada pembelinya. Jadi, jangan khawatir ya, yang penting jualan dulu aja.

Intinya, Anda harus membeli produk tersebut di toko yang Anda jadikan supplier. Tentu saja alamat yang Anda berikan adalah alamat pembeli. Setelah itu, Anda tinggal bayar uangnya dan input resi (jika belum resi otomatis).

Dropship di mana pun memang menguntungkan, terutama di marketplace. Tapi, Anda harus mempelajari caranya dulu dengan baik. Jika ada yang belum mengerti, silahkan bertanya di kolom komentar.

5. Proses Pesanan

jika Anda melakukan sistem dropshipnya melalui supplier di Lazada, maka langkah-langkahnya akan lebih mudah yakni sebagai berikut :

  1. Pilih produk yang anda inginkan.
  2. Tekan”Beli”, isi jumlah sesuai dengan jenis produk yang Anda inginkan.
  3. Isi penerima dengan pembeli/konsumen Anda.
  4. Cek keranjang belanja, pastikan item dan data Anda sudah benar.
  5. Lalu centanglah pilihan “Dropshipper”.
  6. Lakukan pembayaran.

Selain bisa bertransaksi dropship dari Lazada, maka Anda juga bisa lakukan transaksi dari pihak supplier lainnya. Nantinya, proses tugas dari seorang dropshipper yaitu menangani penerimaan pembayaran dari pembeli.

Maka Anda harus memiliki rekening di bank untuk memproses transfer pembayaran.

Sesudah pembayaran dari pembeli anda telah diterima, kemudian Anda dapat memesan barang ke supplier dengan harga khusus dropshipper. Dari selisih inilah ada biaya dari pembeli yang akan Anda simpan sebagai keuntungan Anda.

Nantinya barang yang dikirim akan mengatasnamakan toko online Anda.

Tips Sukses Dropship Lazada

Teknik dropship di tiap marketplace berbeda-beda. Jika Anda jago banget dropship di marketplace lain, maka belum tentu dengan di website lainnya.

Alasannya adalah karena algoritma setiap marketplace sangat berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Lalu, bagaimana caranya agar sukses dropship di Lazada? Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba aplikasikan.

Daftar Jadi Reseller Evermos

1. Optimasi Kualitas Produk

Informasi produk, terutama judul dan gambar, merupakan 2 hal yang paling pertama dilihat oleh pengunjung. Jadi, Anda harus betul-betul mempersiapkannya dengan baik.

Contohnya, dalam judul, gunakanlah kata kunci yang relevan dengan produk yang akan dijual.

Gunakan minimal 2 kata kunci, dan gabungkanlah sehingga lebih enak dibaca.

Kata kunci yang relevan juga akan mempermudah algoritma mesin pencari untuk mengidentifikasi produk yang Anda jual. Sehingga, produk tersebut akan ditampilkan kepada pengunjung yang sedang mencarinya.

Gambar produk juga merupakan faktor penting dalam dropship di Lazada. Oleh Karena itu, tugas Anda di sini adalah mempercantik gambar produk.

Anda bisa mengganti background-nya, menambahkan ikon, atau menambahkan figura. Sesuaikan semua itu dengan selera Anda.

Satu hal yang membuat semua menjadikan dropship terlihat profesional adalah karena barang yang telah dikirim oleh supplier ke pembeli akan menggunakan nama toko online anda.

Oleh karena itu, berikanlah nama yang terbaik, agar toko online Anda akan menjadi populer dan memiliki arti baik.

2. Dekorasi Toko dengan baik

Jangan lupa juga untuk mendekorasi toko online Anda. Meskipun hal ini tidak mempengaruhi performa toko online di mesin pencari, tapi bukan itu tujuan utamanya.

Pembeli cenderung akan lebih percaya terhadap toko yang memiliki tampilan baik. Oleh karena itu, tujuan dari dekorasi toko adalah untuk meningkatkan kepercayaan, sehingga bisa menghasilkan banyak penjualan.

Beberapa hal yang harus Anda dekor adalah seperti header toko, banner, dan juga hal lainnya.

Jika toko Anda memiliki tampilan yang baik, tentu saja pembeli bisa menjadi betah untuk berbelanja di toko Anda.

Hal ini tentu saja bisa meningkatkan repeat order terhadap toko Anda.

3. Manfaatkan Fitur Promosi

Menggunakan fitur promosi yang disediakan oleh Lazada merupakan cara terbaik dalam mendongkrak penjualan.

Lazada menyediakan fitur promosi gratis dan juga berbayar. Untuk yang gratis, Anda bisa menggunakan fitur “naikkan produk”. Tapi, ada beberapa syarat harus dipenuhi untuk bisa menggunakan fitur ini.

Untuk yang berbayar, setidaknya ada 4 jenis promosi yang bisa Anda gunakan. Diantaranya adalah afiliasi bersponsor, pencarian bersponsor, seller voucher, dan gratis ongkir. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mencari informasinya di tempat lain.

4. Mengetahui Product Knowledge

Sebagai seorang dropshipper biasanya akan langsung berhubungan dengan konsumen. Oleh karena itu, ketika konsumen bertanya mengenai kondisi barang, variasi warna dan lainnya, maka Anda perlu bisa menjawabnya.

Namun biasanya supplier pun telah memiliki informasi yang bisa menjawab pertanyaan seputar product knowledge tersebut kepada calon konsumen online Anda.

Demikianlah ulasan mengenai cara mendaftar dropship Lazada. Bagaimana, mudah untuk ditiru bagi pemula kan? Jadi untuk Anda yang ingin memiliki bisnis online jangan khawatir lagi karena saat ini ada solusi berbisnis mudah tanpa modal.

Hal yang perlu diingat sebagai dasar menjadi seorang dropshipper adalah Anda perlu mencari supplier/produsen terlebih dahulu. Hal ini menjadi dasar dan krusial bagi para dropshipper karena inilah yang akan menentukan kesuksesan seorang dropshipper.

Dengan menjual produk-produk berkualitas, maka toko Anda bisa menjadi laris dan pembeli akan terus berdatangan.

Jika Anda ingin mencari supplier produk ternama yang sudah terpercaya, yuk coba ambil produk di Evermos.

Ada lebih dari 65 ribu produk unggulan yang bisa Anda manfaatkan untuk berjualan.

Mulai dari fashion, kosmetik, skincare, hingga perlengkapan ibadah ada disini.

Margin keuntungannya pun bisa mencapai 35% dari tiap produknya. Jadi, Anda bisa mendapat keuntungan hingga jutaan rupiah perbulannya.

Anda bisa mencoba jadi reseller yang hebat bersama Evermos, hanya dengan modal minim Anda sudah bisa mengakses seluruh produk yang terdapat di katalog Evermos. Harga jualnya pun sudah ditentukan dan margin keuntungannya pun cukup besar.

 

 

Penasaran bagaimana cara daftarnya? Simak berikut cara menjadi reseller yang mudah dan terpercaya di Evermos.

  • Daftarkan diri dengan klik button hijau pada pojok bawah laman untuk lakukan pendaftaran atau bisa meminta kepada teman yang sudah terdaftar jadi reseller di Evermos.
  • Masuk ke halaman pendaftaran, isilah data diri berupa nomor aktif, nama, kata sandi dan area domisili.
  • Berikutnya centang pernyataan “Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan sebagai Reseller Evermos”, bila Anda mendapatkan undangan dari teman Anda centang juga “Punya Kode Referall” dan masukkan beserta kode referralnya.
  • Kemudian klik ” Lanjutkan Pendaftaran”.
  • Anda akan mendapatkan kode verifikasi OTP melalui Whatsapp.
  • Masukkan kode OTP berikut pada kolom “Masukkan Kode Verifikasi” dan klik “Verifikasi”.
  • Selamat, Anda telah berhasil mendaftar sebagai Reseller Evermos dan dapat mengakses seluruh katalog serta fiturnya di website atau aplikasi Evermos.

Akun yang Anda daftarkan merupakan akun Freemium atau akun gratis yang dapat bisa langsung untuk Anda gunakan untuk melakukan transaksi penjualan produk.

Anda juga bisa mengubah status akun menjadi Reseller Premium sesuai keinginan untuk mendapatkan lebih banyak fasilitas dan panduan menjadi reseller.

Demikian artikel mengenai cara daftar dropship lazada, semoga informasi ini dapat membantu Anda.

Sebarkan juga dengan membagikan link artikel berikut kepada kerabat, teman-teman, keluarga dan orang terdekat yang membutuhkannya.

Untuk membaca informasi menarik lainnya mengenai panduan, silahkan kunjungi halaman artikel panduan berikut.

 

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Panduan Terbaru

×