Apa Itu Affiliate Marketing? Inilah Jenis, Tips, dan Cara Kerjanya

Apa Itu Affiliate Marketing? Inilah Jenis, Tips, dan Cara Kerjanya

Daftar Jadi Reseller Evermos

Mungkin masih ada orang yang awam terkait dengan affiliate marketing. Jenis model bisnis ini bisa Anda coba sebagai metode pemasaran digital.

Nah, untuk mengetahui lebih detail seputar affiliate marketing. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing merupakan salah satu dari banyak model bisnis Internet marketing yang menjadi salah satu strategi yang paling sering banyak orang gunakan dalam hal bisnis.

Pemasaran afiliasi artinya salah satu metode pemasaran digital, dan seseorang akan mendapatkan penghasilan ketika terjadinya penjualan terhadap suatu produk maupun jasa yang Anda promosikan melalui link afiliasi yang telah Anda buat.

Affiliate marketing merupakan sistem bisnis yang dijalankan dengan membayar jasa orang lain hanya ketika orang tersebut berhasil menjual produk maupun jasa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan maupun organisasi melalui pemasaran yang dilakukan secara online serta membutuhkan bantuan orang lain agar produk yang ditawarkan dapat terjual.

Kelebihan & Kekurangan dari Affiliate Marketing

affiliate marketing
Sumber: pexels.com

Kelebihan Affiliate Marketing

Berikut kelebihan dari model bisnis affiliate marketing, yaitu:

  1. Model bisnis ini hanya membutuhkan modal yang relatif kecil, atau bahkan kadang tidak membutuhkan modal sama sekali bagi yang ingin melakukannya.
  2. Model bisnis affiliate marketing sangat mudah untuk dimulai, terutama bagi pemula yang relatif baru dalam dunia bisnis.
  3. Affiliate marketing saat ini merupakan salah satu industri dengan keuntungan yang sangat besar.
  4. Model ini memiliki sistem yang fleksibel sehingga tidak mengikat dan menyesuaikan dengan diri masing-masing.
  5. Dengan adanya model bisnis ini dapat memberikan kesempatan kepada setiap orang yang menekuninya untuk mendapatkan penghasilan dalam jumlah besar.
  6. Model bisnis ini merupakan bentuk bisnis yang dapat dilakukan kapan dan dimana saja.
  7. Dengan semakin banyaknya bisnis yang menggunakan model ini, produk yang ditawarkan pun semakin banyak.

Kekurangan Affiliate Marketing

Berikut kekurangan dari model bisnis affiliate marketing, yaitu:

  1. Karena mendapatkan penghasilan berdasarkan komisi maka pemasukan yang diterima tidak tetap bergantung pada produk yang dijual.
  2. Model bisnis ini membutuhkan kesabaran serta kerja keras agar produk yang ditawarkan dapat sukses diterima.
  3. Karena semakin populer maka persaingan juga semakin besar dengan berbagai produk yang menggunakan model bisnis ini.
  4. Dengan banyaknya produk yang dijual maka semakin sulit untuk menemukan produk yang sesuai dengan keinginan kita.

Jenis Afiliasi dalam Affiliate Marketing

affiliate marketing
Sumber: pexels.com

Berikut ini merupakan berbagai jenis afiliasi yang dapat kamu pilih menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang Anda miliki. Simak informasi berikut.

1. Influencer

Influencer merupakan seseorang yang memiliki kekuatan atau kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dalam melakukan keputusan pembelian terhadap suatu produk maupun jasa.

Dengan memiliki jumlah pengikut yang besar dan loyal terhadap orang tersebut, seorang influencer dapat dengan mudah mempengaruhi pengikutnya untuk membeli atau bahkan mempromosikan produk yang ditawarkan tersebut.

Yang termasuk ke dalam influencer bisa berupa selebriti, pakar atau ahli suatu bidang, hingga pengguna sosial media dengan jumlah pengikut yang besar dapt digunakan sebagai strategi pemasaran afiliasi yang kamu lakukan.

2. Blogger

Blogger memiliki keunggulan dalam meningkatkan konversi penjualan dari sebuah produk ataupun jasa.

Dengan menggunakan blogger sebagai salah satu strategi pemasaran, dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dikarenakan pada umumnya seorang blogger dapat melakukan uji coba terhadap produk maupun jasa yang ditawarkan beserta dengan ulasan yang diberikannya sebagai salah satu bentuk promosi.

Selain itu, banyak orang lebih percaya terhadap blogger ketimbang dengan influencer, karena pada umumnya blogger memiliki pengetahuan atau pemahaman mengenai suatu produk atau jasa yang lebih luas ketimbang dengan influencer yang seringkali tidak sesuai dengan bidang produk atau jasa.

Daftar Jadi Reseller Evermos

3. Media Massa

Dengan menggunakan media massa, suatu produk akan mendapat awareness dari masyarakat luas dalam jumlah yang besar. Namun, karena biayanya yang terbilang jauh lebih mahal ketimbang dengan jenis afiliasi lainnya, jarang yang menggunakan media massa.

Namun, dengan menggunakan media massa sebuah produk maupun jasa dapat dengan mudah mendapatkan perhatian serta promosi yang dibutuhkan dalam jangka waktu yang lebih cepat. Hal ini karena jumlah penonton atau audience dari media massa yang relatif lebih besar.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Ketika seseorang ingin menjalankan model bisnis affiliate marketing ini secara maksimal, maka orang tersebut harus dapat mendaftarkan diri kepada perusahaan atau organisasi web afiliasi dimana dari situ orang tersebut akan mendapatkan sebuah link afiliasi.

Melalui link afiliasi tersebut, seseorang dapat mempromosikan barang maupun jasa melalui berbagai platform yang tersedia, baik media sosial seperti Instagram, Facebook, dan sebagainya, melalui website ataupun blog, hingga berbagai forum online yang tersedia. Jika terjadi pembelian melalui link afiliasi tersebut terhadap produk maupun jasa, maka orang yang mendaftar tersebut baru mendapatkan komisi.

Pendapatan komisi oleh setiap sendiri berbeda tergantung pada produk, jasa, maupun barang. Affiliate Marketing sendiri merupakan bentuk model bisnis yang dapat mendatangkan penghasilan pasif, serta caranya yang relatif mudah sehingga para pemula pun dapat melakukannya karena tidak memerlukan website atau produk miliknya sendiri.

Tips dalam Affiliate Marketing

affiliate marketing
Sumber: pexels.com

 

Masih Berhubungan Dengan Istilah Marketing

 

Berikut ini beberapa tips yang dapat meningkatkan kesuksesan Anda dalam menjalankan model bisnis affiliate marketing ini. Simak informasi berikut.

1. Pelajari Informasi Produk

Membiasakan diri untuk mempelajari segala informasi yang ada mengenai produk serta jasa yang akan Anda tawarkan dan promosikan. Dengan begitu Anda dapat memutuskan apakah ingin melakukan affiliate marketing pada produk tertentu.

2. Miliki Produk Minat Masyarakat

Memiliki produk yang saat ini masyarakat dan pasar secara general. Dengan begitu, ketika Anda menawarkan produknya secara tidak langsung Anda juga bisa mendapatkan kesenangan dari melakukan kegiatan promosi tersebut.

3. Membuat Website Atau Blog

Membuat website maupun blog untuk mempromosikan bisnis yang Anda miliki. Hal ini harus Anda lakukan karena merupakan salah satu langkah penting dalam menjalankan affiliate marketing ini.

4. Coba Menjual Produk

Mencoba terlebih dahulu produk yang ingin Anda jual, dengan begitu Anda bisa mengetahui apa yang Anda promosikan. Selain itu, saat ini masyarakat dan calon konsumen sudah semakin pintar dan tidak mungkin termakan dengan janji palsu yang Anda berikan mengenai suatu produk.

Dengan membagi pengalaman pribadi juga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk tersebut.

5. Membuat Konten Bermanfaat

Memberikan konten yang bermanfaat dan bukan hanya mempromosikan barang saja. Hal ini karena untuk menciptakan citra produk yang baik maka Anda harus membangun hubungan dengan konsumennya.

Dengan adanya hubungan yang kuat maka terciptanya loyalitas pula yang dalam jangka panjang akan sangat bermanfaat bagi sebuah brand.

6. Menerapkan Model Bisnis

Mampu mengatur keuangan dengan baik dalam menerapkan model bisnis affiliate marketing ini. Hal tersebut karena penghasilannya yang tidak tetap dapat membuat Anda kesulitan dalam mengatur pengeluaran serta pemasukan.

Dengan memiliki pengelolaan uang yang baik, maka pemasukan yang didapatkan Anda gunakan untuk meningkatkan diri serta bisnis yang dimiliki menjadi seorang reseller. Menjadi seorang reseller berarti menandakan bahwa Anda memiliki jumlah produk dalam jumlah besar dengan begitu orang-orang akan lebih tertarik untuk membeli melalui Anda karena lebih cepat.

Demikianlah informasi seputar affiliate marketing yang dapat Anda ketahui. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan membantu Anda jika ingin menjadi seorang affiliator.

Jangan lupa untuk mengunjungi situs panduan Evermos, jika ingin membaca artikel seputar bisnis atau marketing.

Panduan Penting Lainnya

 

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Panduan Terbaru

×