Brand Ambassador Adalah : Jenis, Manfaat dan Tugasnya

brand ambassador

Daftar Jadi Reseller Evermos

Salah satu strategi perusahaan untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan penunjukan brand ambassador.

Brand Ambassador adalah orang yang berperan besar dalam perusahaan karena menyangkut keberhasilan atau kegagalan pemasaran produk.

Itulah sebabnya banyak perusahaan akhirnya bersaing untuk mendapatkan duta merek terbaik dengan keterampilan yang mumpuni.

Pengertian Brand Ambassador 

Apa Itu Brand Ambassador?

brand ambassador
Sumber: pexels.com

Jika Anda berkecimpung di dunia bisnis, Anda mungkin sudah tahu apa itu brand ambassador. Arti dari brand ambassador adalah duta merek.

Oleh karena itu, diyakini bahwa ia adalah sosok promotor yang ditandatangani oleh perusahaan sebagai ikon sebuah merek.

Posisi duta merek sebagai ikon memiliki beberapa tanggung jawab yang menantang, termasuk membangun citra perusahaan yang lebih positif, memperluas jaringan pasar merek, dan meningkatkan nilai ritel produk tertentu.

Duta merek biasanya adalah orang yang dipekerjakan oleh perusahaan sebagai promotor karena mereka memiliki jumlah pengikut di atas rata-rata. Salah satu alasan terpenting untuk merekrut seorang duta merek adalah untuk meningkatkan kesadaran, citra, dan nilai penjualan.

Saat ini, banyak konsumen memeriksa ulasan dari orang yang mereka kenal sebelum membeli suatu produk. Oleh karena itu, merekrut duta merek merupakan salah satu strategi utama perusahaan untuk memfasilitasi awareness masyarakat terhadap produknya.

Namun, pemilihan duta merek tidak boleh sembarangan. Beberapa contoh orang yang cocok menjadi brand ambassador adalah Youtuber, sosialita, penyanyi, milenial influencer dan orang terkenal lainnya.

Pentingnya Brand Ambassador Bagi Perusahaan

Setelah mengetahui apa itu duta merek, Anda mungkin masih ragu apakah orang ini cukup penting bagi sebuah perusahaan.

Salah satu alasan penting bagi perusahaan untuk memiliki brand ambassador adalah untuk meningkatkan nilai penjualan dan awareness produk di mata konsumen.

Kehadiran duta merek dapat menjadi inovasi dalam strategi pemasaran untuk mendorong permintaan. Singkatnya, duta merek bertindak sebagai ikon merek sekaligus memperluas jaringan pemasaran merek.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa alasan utama mengapa kehadiran brand ambassador dapat memberikan keuntungan bisnis yang signifikan.

  • Dapat meningkatkan lalu lintas pelanggan yang mengunjungi situs web pemasaran perusahaan. Itu karena brand ambassador selalu menyertakan link untuk memudahkan calon pembeli.
  • Dapat menjadi pilar dan pendukung penting dalam pertumbuhan perusahaan. Alasannya adalah karena sering kali berisi ulasan positif tentang merek dan juga perusahaan yang menampungnya.
  • Memainkan peran penting dalam membangun atau meningkatkan citra publik. Sehingga ketika sesuatu yang buruk terjadi dan citra perusahaan terancam, seorang brand ambassador dapat membantu membersihkan gengsi dan mengembalikan reputasi baik perusahaan.

Jenis Brand Ambassador

brand ambassador
Sumber: pexels.com

Meskipun brand ambassador secara umum didefinisikan sebagai ikon merek, beberapa jenis brand ambassador telah muncul saat ini, dibedakan berdasarkan jenis dan perannya.

1. College Brand Ambassador

Seperti namanya, duta merek jenis ini berada dalam wilayah dan ruang lingkup yang sempit, yakni antar mahasiswa. Dengan demikian, perusahaan yang menggunakan brand ambassador jenis ini cenderung menargetkan siswa sekolah menengah hingga mahasiswa.

Brand ambassador college ini adalah promotor yang tugasnya meningkatkan kesadaran merek di antara rekan-rekan mereka. Hal ini biasanya dilakukan dengan memperkenalkan produk, membagikan sampel, memasang poster, mendirikan stan dan banyak lagi.

2. Influencer Brand Ambassador

Brand Ambassador influencer adalah orang yang lebih berpengaruh di mata publik sehingga bisa menjangkau masyarakat atau konsumen yang lebih luas.

Bisnis umumnya mempekerjakan duta merek influencer dengan melakukan semacam kolaborasi atau dengan memasarkan produk dengan memposting konten media sosial influencer dalam jangka waktu yang disepakati bersama.

Jangkauan komunitas yang dicapai oleh duta merek influencer juga tidak main-main. Oleh karena itu, perusahaan cenderung memiliki protokol yang ketat dalam perjanjian kerjasama sebelum menandatanganinya.

3. Affiliate Brand Ambassador

Duta merek afiliasi adalah promotor yang menggunakan pemasaran afiliasi sedemikian rupa sehingga kedua belah pihak mendapat manfaat yang signifikan dari rantai proses pemasaran.

Perusahaan umumnya merekrut orang-orang berpengaruh seperti influencer atau blogger untuk mempromosikan produk dengan menyebarkan tautan ke halaman penjualan. Dari proses ini, affiliate marketer langsung mendapatkan komisi untuk setiap konsumen yang melakukan pembelian melalui link.

Dengan proses seperti itu, semua penjualan yang didampingi oleh duta merek dapat dengan mudah dilacak, karena tercatat secara detail di sistem. Proses ini dianggap mudah karena perusahaan dapat membatasi pengeluaran hanya dengan membayar afiliasi terdaftar.

Daftar Jadi Reseller Evermos

4. Informal Brand Ambassador 

Jenis duta merek berikutnya adalah informal dan berjiwa bebas. Menjadi duta merek seperti itu mudah. Dengan cara ini, orang-orang dari semua lapisan masyarakat dapat secara tidak sengaja menjadi duta merek.

Secara umum, duta merek informal adalah penggemar yang senang dengan sebuah merek dan karena itu merekomendasikan produk tersebut kepada teman atau kerabat dekat mereka. Meskipun tidak terikat kontrak dan dibayar, duta merek informal akan terus mempromosikan barang-barang ini secara sukarela.

Tugas Seorang Brand Ambassador

brand ambassador
Sumber: pexels.com

Ada beberapa tugas selama menjadi duta merek, yaitu:

  • Menjaga dan bahkan meningkatkan citra positif suatu merek di mata publik
  • Konsisten dengan visi dan misi perusahaan kontraktor
  • Aktif membuat konten untuk memasarkan produk
  • Meningkatkan lalu lintas dan permintaan konsumen
  • Memimpin opini publik tentang merek yang dipromosikan
  • Berikan rating atau review positif terhadap brand yang dipromosikan

Ini adalah beberapa tugas duta merek yang perlu dipertimbangkan ketika mendaftar dengan sebuah perusahaan. Jika ternyata tugas duta merek tidak terpenuhi secara optimal, perusahaan berhak menjatuhkan sanksi kepada orang tersebut.

Keterampilan Penting

Jika Anda ingin menemukan duta merek terbaik, Anda perlu mempertimbangkan beberapa persyaratan dan keterampilan. Beberapa keterampilan yang harus Anda miliki jika ingin menjadi seorang duta merek, antara lain:

  • Memiliki jiwa kepemimpinan untuk berani menyuarakan review
  • Dapat membangun jaringan yang kompleks untuk jangkauan pasar yang lebih luas
  • Memiliki pengaruh besar di media sosial
  • Dapat memberikan ulasan positif tetapi tidak dapat mencium bias
  • Profesional
  • Anda memiliki pengetahuan dasar tentang dunia pemasaran
  • Memiliki jiwa kreatif yang tinggi untuk membuat konten baru
  • Orisinalitas tinggi

Pemilihan duta merek suatu perusahaan tidak boleh sembarangan. Karena orang yang “terpilih” menjadi ikon atau wajah dari sebuah brand. Jadi pikirkan baik-baik tentang kandidat Anda sebelum Anda memutuskannya.

Demikianlah informasi mengenai brand ambassador yang dapat Anda ketahui. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, boleh share artikel ini kepada yang lain.

Untuk membaca artikel istilah marketing menarik lainnya, silahkan kunjungi situs panduan Evermos.

 

Panduan Penting Lainnya

 

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Panduan Terbaru

×