Apa Itu Brand Awareness? Kenali Fungsi, Jenis dan Contohnya

brand awareness

Daftar Jadi Reseller Evermos

Sering mendengar istilah Brand Awareness? Istilah ini mungkin sering Anda jumpai di dunia bisnis.

Nah, daripada penasaran, yuk cari tahu pengertiannya, fungsi, jenisnya, cara mengukur dan contoh dari brand awareness pada ulasan artikel berikut ini.

Apa Itu Brand Awareness?

Brand awareness atau kesadaran merek adalah sejauh mana merek dikenali oleh kelompok sasaran dan dikaitkan dengan produk atau kategori produk.

Brand awareness atau dalam bahasa Indonesia yang berarti kesadaran merek adalah istilah pemasaran yang menggambarkan tingkat pengakuan konsumen terhadap suatu produk dengan namanya.

Mempromosikan produk baru atau mengidupkan kembali merek yang lama adalah langkah yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan kesadaran merek.

Fungsi Brand Awareness

Pelanggan lebih menyukai merek yang terkenal ketimbang merek yang tidak terkenal. Kesadaran merek adalah langkah pertama untuk membuat merek bisa terkenal.

Berikut ini ada beberapa fungsi dengan adanya kesadaran merek antara lain:

  1. Menciptakan persepsi
  2. Menciptakan jaringan
  3. Menumbuhkan kepercayaan
  4. Membangun ekuitas merek
  5. Menciptakan asosiasi

Cara Mengukur Brand Awareness

brand awareness
Sumber: pexels.com

Berikut adalah beberapa cara untuk mengukur apakah strategi kesadaran merek Anda berhasil atau tidak, antara lain:

1. Survei

Cara terbaik untuk mengukur kesadaran merek Anda adalah menjangkau kelompok sasaran dan mengajukan pertanyaan tentang merek Anda. Anda dapat melakukan outsourcing ke ahlinya atau melakukannya sendiri melalui kontak langsung atau dengan bantuan alat online seperti SurveyMonkey, Google Formulir, dan sebagainya.

2. Pengukuran Trafic & Analisis

Pengukuran trafic bisa menjadi ukuran yang bagus untuk kesadaran merek. Gunakan analytic untuk mencari tahu dari mana Anda mendapatkan lalu lintas paling banyak.

Strategi kesadaran merek Anda bekerja dengan baik jika Anda mendapatkan sebagian besar lalu lintas Anda baik secara langsung (orang mengetik URL Anda dan mengunjungi situs web Anda), melalui rujukan (situs web lain yang menyebutkan merek), atau melalui berbagi sosial (Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest dan platform social media lainnya).

Gunakan alat seperti Google Analytics, Semrush, Ahrefs untuk menganalisis kemajuan bisnis Anda.

3. Google Alerts

Google Alerts adalah cara yang baik untuk mendapatkan pemberitahuan setiap kali seseorang menyebut merek Anda. Ini adalah alat pengukuran kesadaran merek gratis yang mengirimi Anda email setiap kali nama merek Anda disebutkan di situs web.

Daftar Jadi Reseller Evermos

4. Social Mentions & Shares

Social Mentions & Shares organik juga merupakan ukuran kesadaran yang baik. Banyak alat seperti Buzzsumo dan Twitcount. Tools tersebut dapat membantu Anda mengukur sebutan dan pembagian sosial.

5. Keterlibatan Sosial

Peningkatan organik dalam jumlah pengikut media sosial juga merupakan hasil dari kesadaran merek yang baik. Ini adalah cerminan dari seberapa banyak orang yang menyadari merek dan ingin bersosialisasi dengannya.

6. Analisis Media yang Diperoleh

Media yang diperoleh pada dasarnya adalah dari mulut ke mulut dan promosi merek dilakukan secara sukarela oleh pihak ketiga seperti saluran berita, influencer, orang-orang yang termasuk dalam kelompok sasaran, dan lain-lain.

Hubungan masyarakat atau PR perusahaan yang baik dapat membantu Anda memanfaatkan dan mengukur kesadaran merek melalui media yang diperoleh.

 

Masih Berhubungan Dengan Istilah Marketing

 

Contoh Brand Awareness

brand awareness
Sumber: pexels.com

Berikut adalah dua perusahaan yang menggunakan cara kreatif untuk membangun dan meningkatkan kesadaran merek mereka.

1. Burger King

Perusahaan telah mulai memanfaatkan perang Burger King vs McDonald’s yang tak pernah berakhir untuk meningkatkan kesadaran mereknya. Mereka meluncurkan ‘unhappy meal’ untuk mengolok-olok makanan bahagia McDonald’s dan untuk berkontribusi pada bulan kesadaran kesehatan mental.

2. Durex

Durex mencuri perhatian dalam hal meningkatkan kesadaran melalui media sosial. Perusahaan memanfaatkan tren saat ini dan menciptakan materi iklan yang dapat dibagikan yang senang berinteraksi dengan audiens target.

Sekian informasi tentang brand awareness yang perlu Anda ketahui. Semoga dapat membantu Anda untuk menciptakan brand atau produk yang berkualitas.

Untuk membaca artikel tentang istilah marketing atau bisnis menarik lainnya, silahkan untuk mengunjungi situs panduan Evermos. 

 

Panduan Penting Lainnya

 

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Panduan Terbaru

×