Brand Image Adalah : Manfaat, Cara Meningkatkan dan Contohnya

brand image adalah

Daftar Jadi Reseller Evermos

Dalam dunia bisnis, brand image adalah sebuah konsep yang dapat menentukan bagaimana konsumen memandang suatu produk.

Oleh karena itu, banyak perusahaan berlomba-lomba membangun brand image yang baik untuk merebut hati pelanggan.

Namun, perlu dicatat bahwa ini bukan proses yang singkat, tetapi serangkaian upaya harus dilakukan untuk meningkatkan brand image produk itu sendiri.

Lalu apa penjelasan lengkap tentang apa itu brand image? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Apa Itu Brand Image?

brand image adalah
Sumber: pexels.com

Yang dimaksud dengan brand image adalah citra konsumen terhadap suatu produk. Dari sudut pandang pelaku bisnis, mengelola citra merek merupakan langkah awal dalam memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada pelanggan. Kemudian menjadi strategi pemasaran untuk tetap kompetitif dan menjaga ketahanan perusahaan.

Pengertian Brand Image Menurut Para Ahli

Brand image adalah salah satu bidang dalam ilmu komunikasi bisnis manajemen. Menurut para ahli, ada juga sejumlah definisi brand image yang dapat memperkuat penerapan konsep ini di dunia bisnis. Baca selengkapnya di poin-poin berikut.

Menurut Philip Kotler, pengertian citra merek adalah suatu gagasan, kesan atau bahkan kepercayaan seseorang terhadap suatu merek (brand).

Definisi citra merek Cellar adalah cara berpikir yang konsumtif tentang sebuah merek dilihat dari asosiasi merek di benak mereka.

Pentingnya Brand Image

Mengapa brand image penting bagi perusahaan? Hal ini dikarenakan kesan pertama konsumen terhadap suatu merek tertentu sangat mempengaruhi minat mereka untuk membeli produk itu sendiri.

Dengan pemilihan ini, faktor kesinambungan produk lainnya seperti poin-poin berikut juga menunjukkan bahwa brand image adalah sesuatu yang perlu dipupuk dengan baik.

  • Bedakan diri Anda dari pesaing
  • Langkah awal untuk selalu meningkatkan kualitas produk
  • Teknik untuk meningkatkan nilai produk, mempengaruhi peningkatan harga jual di pasar
  • Menarik konsumen baru
  • Menjaga loyalitas pelanggan

Cara Meningkatkan Brand Image

Sebelumnya disebutkan bahwa membentuk citra merek adalah proses yang panjang. Sejak awal harus ada interaksi yang dibangun antara produk dan konsumen.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan adalah periklanan, sosialisasi produk, atau bahkan pemberian sampel.

Bukan itu saja, citra merek merupakan aspek produk yang perlu ditingkatkan selama periode waktu tertentu untuk menciptakan persepsi yang baik di benak konsumen.

Cara untuk meningkatkan brand image adalah:

1. Implementasi USP dalam desain produk dan periklanan

Teknik pertama yang paling umum adalah memaksimalkan metode pemasaran ini melalui desain dan promosi produk yang ditawarkan.

Seperti yang kita ketahui, semakin banyak pesaing nasional dan internasional yang memasuki pasar Indonesia akhir-akhir ini.

Sebagai solusi, perusahaan bisa membuat terobosan baru dengan menonjolkan unique selling proposition (USP) produk andalannya.

Hal ini tercermin dari desain barang yang berbeda dalam kategori yang sama dibandingkan dengan kompetitor.

Di sisi lain, iklan produk juga dapat dibuat sesuai dengan karakter unik produk dan perusahaan. Ini menciptakan setidaknya satu kesan khusus yang tercetak di benak pengiklan.

2. Penggunaan interaksi timbal balik melalui media sosial

Selain itu, upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan brand image untuk membangun komunikasi dengan pelanggan. Misalnya membuat akun yang berkaitan dengan karakter produk, serta mendapatkan feedback pelanggan melalui kolom komentar. Dengan cara ini, mereka belajar lebih banyak tentang bagaimana citra perusahaan dibangun untuk produk tertentu.

Daftar Jadi Reseller Evermos

3. Terdiri dari evaluasi dan pengembangan produk

Seperti yang kita ketahui, konsumsi memiliki sifat yang berbeda-beda. Beberapa dari mereka sensitif terhadap penilaian hingga ke detail produk.

Perlu dicatat bahwa citra merek tidak hanya dinilai dari penampilan luar suatu produk, tetapi juga dari kualitasnya. Untuk memenuhi permintaan produk yang memenuhi preferensi konsumen tertentu, perusahaan harus secara teratur mengevaluasi dan berinovasi produk baru.

Contoh Brand Image

brand image adalah
Sumber: pexels.com

Nah, sekarang Anda telah belajar banyak dari mendefinisikan brand image hingga langkah-langkah untuk memperbaikinya.

Banyak usaha mikro internasional yang telah menggunakan konsep pentingnya citra merek selama usahanya berjalan.

Berikut ini contoh yang paling populer di kalangan masyarakat:

1. Apple

Perusahaan teknologi Amerika ini secara konsisten membangun brand image dengan merancang sistem operasi perangkat lunak yang berbeda dari merek lain. Sehingga persepsi masyarakat terhadap brand ini selalu berkisar pada kesan mewah, elegan dan modernitas.

2. Hyundai

Hyundai dikenal sebagai merek mobil yang selalu berinovasi dengan teknologi canggih. Maka tidak heran jika Hyundai dipandang sebagai merek yang menuntut kualitas dan harga produk yang tinggi.

3. Coca-Cola

Dari awal kemunculan Coca-Cola hingga tahun 2021, perusahaan ini selalu kreatif dalam membuat iklan yang khas untuk membangun citra merek.

Namun, jika Anda melihat semua iklan yang dilakukan Coca-Cola, ada nilai yang identik dan mereka terus meningkatkannya, yaitu kebahagiaan bersama.

Dengan ini dapat dikatakan bahwa Coca-Cola merupakan minuman yang cocok untuk dinikmati saat bahagia bersama kerabat.

Singkatnya, brand image adalah aspek produk yang perlu dipertahankan secara konsisten dalam jangka panjang. Hal ini berfungsi untuk membangun persepsi produk yang baik di masyarakat. Siapa yang tahu dari kesan ini bahwa mereka akan menjadi salah satu pelanggan setia produk Anda.

Sekian artikel tentang brand image yang dapat Anda ketahui. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan bisa Anda implementasikan dalam membangun brand Anda.

Jangan lupa untuk selalu kunjungi situs panduan Evermos untuk membaca artikel menarik lainnya.

 

Panduan Penting Lainnya

 

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Panduan Terbaru

×