Campaign : Definisi, Manfaat, Contoh, dan Cara Membuatnya

campaign adalah

Daftar Jadi Reseller Evermos

Bagi Anda yang memiliki bisnis atau ingin memulai bisnis baru, kata campaign tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Campaign sendiri memiliki peran yang sangat penting sebagai pembeda antara bisnis Anda dengan bisnis lainnya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui apa itu campaign, manfaatnya, contoh dan cara membuatnya yang baik, baca penjelasannya di bawah ini!

Definisi Campaign

Apa Itu Campaign?

Campaign adalah cara mempromosikan produk atau layanan melalui berbagai saluran seperti surat kabar, radio, televisi, platform media sosial online, atau saluran lainnya. Hitu dilakukan untuk memaksimalkan dampak pada masyarakat luas.

Campaign, atau yang biasa disebut dengan campaign pemasaran, juga dapat berupa demonstrasi produk. Hal ini dilakukan agar calon pembeli bisa tertarik untuk membeli karena sudah memiliki pengalaman dengan produknya.

Saat menjalankan campaign, ada satu tujuan yang perlu dicapai, yaitu AIDA atau Attention, Interest, Desire dan Action.

Manfaat Campaign

campaign adalah
Sumber: pexels.com

1. Peningkatan Kesadaran Merek

Salah satu manfaat menjalankan campaign adalah membuat brand perusahaan Anda dikenal masyarakat, terutama di pasar sasaran perusahaan Anda.

Ketika merek tersebut dikenal masyarakat luas, calon konsumen akan lebih memperhatikan dan membeli jika tertarik. Itu berarti peluang Anda untuk meningkatkan penjualan terus meningkat, bukan?

2. Membawa Prospek 

Ketika brand Anda sudah dikenal masyarakat, dengan sendirinya mereka akan tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang produk Anda, baik melalui website atau media sosial.

Oleh karena itu, salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan sebelum membuat campaign adalah memastikan footage siap untuk situs web dan media sosial.

Buatlah materi semenarik mungkin agar calon konsumen langsung tertarik dengan produk Anda.

3. Meningkatkan Penjualan

Setelah brand Anda dikenal banyak orang dan leadnya meningkat, hampir bisa dipastikan penjualannya juga akan meningkat. Pada titik ini, Anda perlu memastikan bahwa produk dan toko yang Anda tawarkan benar-benar siap dan bermanfaat bagi pelanggan agar mereka tidak kecewa.

Pikirkan juga tentang proses pembelian, pencatatan dan hal-hal lain agar Anda lebih siap untuk memproses pesanan yang masuk.

4. Buat Pelanggan Setia

Ketika brand Anda sudah memiliki pelanggan setia. Bukan berarti semuanya sudah berakhir, Anda tetap perlu mempertahankan pelanggan dengan terus meningkatkan kualitas dan inovasi produk.

Misalnya, jika Anda seorang pemilik bisnis F&B, Anda dapat mempublikasikan menu baru dengan harga promosi khusus untuk pelanggan setia. Jika Anda adalah pemilik toko ritel, coba jalankan penjualan kilat pada waktu tertentu atau berikan kupon gratis khusus kepada pelanggan yang ulang tahunnya jatuh dalam bulan tertentu.

Bagi Anda yang menjalankan bisnis jasa, Anda dapat membuat program loyalitas, misalnya untuk 10x order akan mendapatkan 1x free service.

Terus tingkatkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan Anda. Jangan sampai mereka kecewa dan tidak mau lagi membeli produk Anda atau menggunakan jasa bisnis Anda lagi.

Daftar Jadi Reseller Evermos

Contoh Campaign yang Berhasil

campaign adalah
Sumber: pexels.com

Apakah Anda mengetahui campaign McD yang menampilkan BTS (Bangtan Boys, boy band asal Korea)? Kolaborasi McD dan BTS ini sempat membuat heboh pecinta BTS bernama ARMY. Hal ini menyebabkan semua gerai McD yang menjual makanan BTS menjadi sangat ramai.

Pembeli sedang booming, baik online maupun offline. Diskusi di media sosial juga ramai dengan diskusi tentang McD dan BTS.

Tujuan dari campaign tersebut bukan hanya untuk mencari keuntungan, tetapi untuk mempererat ikatan atau engagement dengan konsumen.

Keterlibatan yang erat menciptakan ikatan emosional yang membuat pelanggan enggan beralih ke merek pesaing.

Cara Praktis untuk Membuat Campaign

campaign adalah
Sumber: pexels.com

1. Tetapkan tujuan atau sasaran campaign

Hal ini penting karena memiliki tujuan yang jelas akan memudahkan Anda di fase selanjutnya. Misalnya McD BTS Meal, McD bertujuan untuk memperkuat hubungan dan memperkuat merek mereka sebagai nomor satu di kelasnya. Jadi ini bukan hanya tentang keuntungan dari campaign.

2. Lakukan social listening

Social listening ini memiliki tujuan untuk lebih mengenal selera target pasar Anda. Ini akan membuat campaign Anda lebih efektif dan efisien. Ini sangat menghemat biaya campaign.

3. Lakukan secara berulang-ulang dan teratur

Untuk mencari potion campaign yang maksimal, tidak hanya dari satu campaign saja. Anda dapat menjalankan beberapa untuk menemukan formula yang tepat dan cara kerjanya.

Tetapi begitu Anda menemukan formula yang tepat untuk merek Anda, itu akan sangat bermanfaat bagi Anda dan merek di masa depan, karena Anda sudah tahu mana yang paling cocok untuk tujuan bisnis Anda.

Sekian artikel tentang campaign yang dapat Anda ketahui. Bisa Anda terapkan langkah-langkah untuk membuatnya ya, agar dapat membantu mengembangkan bisnis Anda.

Untuk membaca artikel istilah marketing menarik lainnya, silahkan untuk mengunjungi situs panduan Evermos.

 

Panduan Penting Lainnya

 

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Panduan Terbaru

×