Apa Itu COD? Berikut Kelebihan, Kekurangan dan Caranya

Apa Itu COD

Daftar Jadi Reseller Evermos

Saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa itu COD atau kepanjangan dari “Cash On Delivery”. Bahkan ada saja viral video masyarakat yang melakukan belanja online menggunakan metode pembayaran cash on delivery, tetapi tidak mau membayar padahal barang sudah dibuka.

Hal ini menunjukkan masih banyak masyarakat yang belum memahami arti COD dalam metode pembayaran transaksi online. Nah, supaya Anda mengetahui lebih detail mengenai sistem COD ini, berikut informasi tentang COD, mulai dari pengertian hingga kelebihan dan kekurangan serta cara COD di salah satu marketplace. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Apa Itu COD?

apa itu cod
Sumber: pexels.com

COD merupakan singkatan dari Cash On Delivery. Istilah ini memang sering kita jumpai saat sedang melakukan transaksi pembelian secara online. COD artinya melakukan pembayaran barang pesanan pada saat barang diterima di tempat sesuai dengan alamat pengiriman.

Memang banyak sekali metode pembayaran dalam dunia online yang disediakan, mulai dari transfer antar bank dan lain sebagainya. Namun dengan adanya sistem COD ini, konsumen dan penjual bertemu secara bertatapan langsung di suatu tempat yang sudah disepakati sebelumnya.

Apabila penjual online biasanya menyediakan jasa pengantaran menggunakan kurir yang pada nantinya konsumen bisa melakukan pembayaran lewat kurir yang sudah mengirimkan barang pesanan Anda ke alamat yang dituju.

 

Masih Berhubungan Dengan Istilah Marketing

 

Kelebihan Sistem Transaksi COD (Cash On Delivery)

Berikut ini ada beberapa kelebihan jika Anda menggunakan sistem transaksi COD, antara lain:

  1. Pembelian produk dapat dikontrol sendiri apakah barang sesuai dengan yang diinginkan atau tidak.
  2. Terhindar dari penipuan.
  3. Barang yang tidak sesuai dapat dikembalikan dan transaksi dapat dibatalkan, dengan begitu Anda tidak perlu menyesal telah membelinya jika barang tidak sesuai.
  4. Dapat melakukan pembayaran dengan langsung atau cash.
  5. Lebih banyak mengundang pembeli karena metode ini terpercaya dan sangat aman.
  6. Membuktikan kualitas toko dan produk dengan metode COD.

Daftar Jadi Reseller Evermos

Kekurangan Sistem Transaksi COD

Tak hanya memiliki kelebihan saja, namun sistem transaksi COD ini juga memiliki kekurangan. Apalagi kekurangan tersebut sering dirasakan oleh banyak kurir. Berikut beberapa kekurangannya:

  1. Kerugian dirasakan oleh para kurir, seperti contohnya pada saat pengiriman diantarkan rumah dari calon pembeli kosong, atau tidak menepati janji pada saat ingin melakukan pertemuan. Apalagi dengan sistem COD, harus konsumen itu sendiri yang menerima barang, karena ketentuan dari sistem ini pembayaran harus dilakukan langsung secara cash, sehingga pertemuan tidak bisa diwakilkan.
  2. Melakukan tawar menawar memang merupakan definisi dari COD itu sendiri, namun untuk metode COD yang dilakukan bukan dengan penjual tentu melakukan tawar menawar tidak bisa dilakukan. Masih banyaknya calon konsumen yang menawar harganya tentu perlu edukasi lebih lanjut agar tidak menyusahkan para kurir yang sudah mengantarkan barangnya.
  3. Konsumen tidak mengaku karena barang tidak sesuai dengan yang diinginkan. Bayangkan bila kurir sudah jauh-jauh mengantarkan barang besar yang belum tentu akan dibayarkan dan diambil oleh konsumen, tentu akan menyusahkan kurir dan menghambat pengiriman lainnya.
  4. Metode cash yang tujuannya agar membuat konsumen percaya dengan barang yang dibelinya kadang suka disepelekan sehingga banyak kurir yang sudah datang ke rumah namun konsumen sendiri tidak memegang cash sehingga mereka harus mengambil uang tunai dulu ke ATM, tentu hal itu akan merugikan kurir yang harus melanjutkan perjalanan.

Cara COD di Tokopedia

Untuk cara COD di Tokopedia ini cukup mudah langkahnya. Berikut penjelasannya:

  • Masuk ke halaman Seller Tokopedia, klik ‘Pengaturan Toko’
  • Kemudian klik menu ‘Layanan’.
  • Pada bagian Bayar di Tempat, centang kolom Syarat dan Ketentuan, lalu klik Aktifkan Layanan
  • Selamat! Fitur Bayar di Tempat Anda telah aktif.
apa itu cod
Sumber: tokopedia.com

Jika toko Anda bisa mengaktifkan Kurir Rekomendasi, kini pembeli yang menggunakan Kurir Rekomendasi juga bisa menggunakan COD sekaligus! Aktifkan SiCepat, Anteraja, JNE, dan Lion Parcel di toko Anda ya!

Fitur COD (Bayar di Tempat) Tersedia di Berbagai Daerah

Kini fitur bayar di tempat sudah dapat dinikmati oleh calon pembeli di beberapa daerah.

Dengan mengaktifkan layanan COD (Bayar di Tempat), Otomatis layanan logistik Sicepat di Toko Anda juga langsung aktif. Anda juga bisa memilih untuk mengaktifkan layanan logistik AntarAja agar bisa memberikan layanan COD (Bayar di Tempat) di toko Anda.

Rata-Rata Hanya 2-4% Transaksi COD yang Mengalami Retur di Tokopedia

Ketentuan retur produk kepada Seller:

1. Retur dapat dilakukan jika pembeli belum membuka barang
Proses retur dapat dilakukan oleh pembeli dengan memberitahukan secara langsung kepada kurir. Barang akan dikembalikan kepada Seller maksimal 8x24jam (tergantung rute). Jika tidak ada informasi mengenai proses retur selama 8×24 jam sejak Seller mengajukan klaim, maka produk akan otomatis terklaim dan Seller akan mendapatkan pengembalian biaya produk*.

2. Ongkos kirim retur ditanggung oleh Tokopedia
Seller tidak perlu mengeluarkan ongkos kirim atau biaya apapun karena ongkos kirim retur ditanggung oleh Tokopedia

3. 100% ditanggung oleh asuransi jika terjadi kerusakan selama perjalanan
Segala bentuk kerusakan atau kehilangan produk yang terjadi selama perjalanan retur akan ditanggung 100% oleh asuransi.

Produk yang rusak dan hilang, 100% dilindungi asuransi dan proses klaimnya pun mudah!

Seller dapat melakukan klaim asuransi terhadap produk yang rusak dan hilang melalui Pusat Resolusi. Berdasarkan data Tokopedia, kasus ini hanya terjadi pada kurang dari 0.2% transaksi dengan fitur Bayar di Tempat. Produk yang rusak akan ditanggung asuransi* dan produk yang hilang 100% diganti oleh asuransi.

Nah, demikianlah informasi mengenai apa itu COD, kelebihan dan kekurangan serta contoh cara transaksi COD di salah satu marketplace yaitu Tokopedia.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk kunjungi artikel menarik lainnya tentang istilah-istilah marketing pada situs panduan Evermos. 

Panduan Penting Lainnya

 

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Panduan Terbaru

×