Apa Itu Franchise? Berikut Contoh Ide Usaha & Keuntungannya

Apa Itu Franchise? Berikut Contoh Ide Usaha & Keuntungannya

Daftar Jadi Reseller Evermos

Bisnis franchise merupakan usaha yang sedang banyak peminatnya belakangan ini. Banyak brand-brand produk makanan dan minuman yang melebarkan usaha mereka dengan membuka sistem franchise.

Selain itu, cara bisnis waralaba ini dinilai efisien bagi Anda yang ingin memulai bisnis tanpa harus memikirkan ide baru.

Pada artikel ini, Anda akan mengetahui apa itu franchise, contoh ide usahanya serta keuntungannya. Yuk, simak penjelasannya hingga tuntas!

Apa itu Franchise

franchise
Sumber: pexels.com

Franchise adalah sebuah metode membuka bisnis dengan nama, merek dagang hingga produk dan bahan dari bisnis yang sudah ada. Bisnis waralaba memiliki berbagai aturan, sistem dan memerlukan keterampilan yang berbeda.

Secara umum waralaba atau franchise merupakan cara bisnis dengan memperluas dan mendistribusikan barang atau jasa dengan lisensi dagang. Pemegang waralaba membayar biaya awal dan royalti kepada pemilik merek waralaba untuk menggunakan merek dagang, logo, sistem bisnis waralaba serta hak untuk menjual produk dan mendapat dukungan dari pemilik waralaba.

Ada dua bentuk bisnis franchise, pertama produk dan merek dagang dimana pemilik franchise menjual atau melisensikan hak untuk menggunakan merek dagang tertentu. Jenis lainnya, franchise dengan format bisnis yaitu pemilik bisnis menyediakan layanan dan dukungan kepada pemegang franchise. Akan tetapi, umumnya bisnis franchise menggabungkan kedua bentuk franchise ini.

Jenis-Jenis Franchise

1. Franchise Asing atau Luar Negeri

Franchise yang berasal dari luar negeri, cenderung lebih disukai karena sistemnya yang lebih jelas, dan mereknya pun sudah lebih dikenal oleh masyarakat. Contohnya seperti Pizza Hut, MC Donalds, dan lainnya.

2. Franchise Dalam Negeri

Franchise yang berasal dari dalam negeri ini juga tak kalah bagus dan telah menjadi pilihan investasi untuk orang yang ingin cepat memiliki usaha namun belum punya pengetahuan yang memadai untuk menjadi pengusaha.

Ide Peluang Bisnis Frachise

1. Bisnis Franchise Makanan 2022

franchise
Sumber: pexels.com

Kuliner dipercaya sebagai salah satu bentuk bisnis yang tidak akan pernah mati. Setiap orang membutuhkan makan dan tidak sedikit juga orang yang senang untuk membeli makan di luar karena sangat praktis dan tidak repot untuk dilakukan.

Ada banyak sekali jenis makanan atau kuliner yang menawarkan kerjasama franchise yang bisa Anda coba ikuti seperti yang ada di bawah ini:

  • Bisnis Franchise Ayam Goreng

Siapa yang tidak menyukai ayam goreng? Tentu banyak orang yang menyukainya. Seperti yang dilansir dari Koch Foods, ayam adalah salah satu makanan yang sangat populer dan paling banyak dikonsumsi dibandingkan dengan jenis daging yang lainnya.

Anda bisa mencoba untuk menjalankan bisnis franchise ayam goreng yang terkenal seperti Ayam Pak Gembus, Hisana, Sabana Fried Chicken, dan lainnya.

  • Bisnis Franchise Kebab

Kebab adalah salah satu cemilan terkenal yang berasal dari Turki. Pada awalnya, keberadaan kebab di Indonesia sangatlah asing dan tidak banyak yang menyukainya. Namun sejak kemunculan Kebab Turki Baba Rafi membuat semakin banyak yang menyukai kebab.

Anda juga bisa memulai franchise kebab dengan membuka pada pusat perbelanjaan yang ramai untuk memulainya. Namun saat ini franchise kebab sudah mulai banyak seperti Kebab Monster, Kebab Baba Rafi, dan lainnya.

  • Bisnis Franchise Pecel Lele

Pecel lele adalah salah satu kuliner favorit bagi banyak orang. Pecel lele sangat disukai karena rasanya yang gurih dan sangat tepat untuk dinikmati bersama sambal yang lezat.

Anda bisa mencoba untuk mengambil kesempatan emas dengan mengikuti franchise pecel lele dan membukanya di dekat rumah Anda. Salah satu contoh franchise pecel lele yang sedang naik daun adalah Pecel Lele Lela yang sangat terkenal dan laku sekali.

  • Bisnis Franchise Snack Taiwan

Sejak kehadirannya di Indonesia pada tahun 2008, Shihlin telah berhasil menjadi salah satu kuliner snack Taiwan yang berhasil memancing untuk memunculkan berbagai jenis kuliner serupa lainnya.

Ada banyak sekali kuliner snack Taiwan yang membuka franchise agar Anda bisa bekerja sama, seperti Popchop Chicken, ChicLin, D’Crispy Taiwan Street Snack, dan lainnya.

  • Bisnis Franchise Crepes

Crepes adalah salah satu cemilan manis maupun asin yang sangat disukai oleh banyak orang. Isi dari crepes juga sangat beraneka ragam mulai dari yang manis hingga asin yang bisa disesuaikan dengan selera.

Jangan lewatkan kesempatan untuk membuka franchise crepes seperti D’Crepes, O’Crepes, Candy Crepes, dan lainnya.

2. Bisnis Franchise Minuman 2022

franchise
Sumber: pexels.com

Selain makanan, bisnis kuliner minuman juga adalah hal yang sangat menguntungkan. Modal yang perlu Anda keluarkan untuk bisnis minuman umumnya lebih sedikit dan proses pembuatannya juga tidak serumit pada saat membuat makanan.

Daftar Jadi Reseller Evermos

Berikut ini ada beberapa bisnis franchise minuman yang bisa Anda coba ikuti, antara lain:

  • Bisnis Franchise Boba

Meskipun minuman bubble drink atau dikenal sebagai boba sudah ada sejak lama, tren minum boba mulai mengalami peningkatan drastis sejak tahun 2019 silam.

Memasuki tahun 2020 bahkan hingga saat ini, sudah semakin banyak sekali waralaba kuliner yang menjual boba menjadi terkenal seperti Xi Bo Ba, Xing Fu Tang, dan lainnya.

  • Bisnis Franchise Minuman Mangga

Buah mangga sangatlah menyenangkan, akan tetapi minuman mangga yang dibuat semenarik mungkin adalah salah satu peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Anda bisa mencoba untuk mencari waralaba minuman mangga kekinian yang terkenal seperti King Mango Thai dan berjualan pada beberapa pusat perbelanjaan.

 

Masih Berhubungan Dengan Istilah Marketing

 

  • Bisnis Franchise Minuman Teh

Dikutip dari We Are Tea, teh adalah minuman yang sangat menyehatkan dan membantu Anda untuk menurunkan stress. Di Indonesia, popularitas dari teh sendiri sangatlah tinggi dan hampir semua orang setidaknya minum segelas teh dalam sehari. Manfaatkanlah peluang ini untuk membuka franchise minuman teh seperti Teh Poci, Teh 2Tang, dan lainnya.

  • Bisnis Franchise Kopi

Pada awalnya, hanya penikmat kopi saja yang benar-benar menyukai kopi dan meminumnya secara rutin. Namun saat ini kopi seolah telah menjadi salah satu minuman yang naik daun dan menjadi tren yang terus berkembang.

Ada banyak sekali gerai kopi terkenal yang membuka franchise seperti Kopi Kenangan, Kopi Tuku, Kopi Janji Jiwa, dan lainnya.

  • Bisnis Franchise Minuman Coklat

Minuman coklat sangatlah menyegarkan dan disukai oleh banyak orang. Rasanya yang pahit dan manis berhasil memikat hati bagi siapapun yang meminumnya.

Ada beberapa waralaba minuman coklat yang menawarkan kerjasama franchise yang bisa Anda coba ikuti, seperti Passion of Chocolate, Soklat Banget, dan lainnya.

Keuntungan Bisnis Franchise

franchise
Sumber: pexels.com

Seperti bentuk atau jenis bisnis pada umumnya, bisnis waralaba menawarkan keuntungan bagi setiap pihak yang menjalankannya baik sebagai pemilik, atau pembeli hak bisnis waralaba sendiri.

1. Perkembangan Bisnis yang Relatif Cepat

Di Indonesia sendiri, bisnis waralaba merupakan salah satu investasi yang baik untuk dilaksanakan jika Anda memiliki keinginan untuk berkarier sebagai seorang pengusaha. Dengan memilih bisnis waralaba sebagai usaha awal, Anda tidak perlu memusingkan hal-hal seperti strategi bisnis.

Pasalnya, dari segi perencanaan, sistem operasi serta strategi bisnis waralaba telah lebih dulu ditentukan oleh pemilik bisnis atau franchisor. Sehingga, Anda hanya perlu menjalankan sistem operasional dan prosedur yang telah diinformasikan oleh Anda ketika menyetujui kerja sama bisnis waralaba tersebut.

Maka dari itu, besar kemungkinan bahwa bisnis Anda akan berkembang dalam waktu yang relatif cepat. Keuntungan lainnya adalah, Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan produk untuk membantu meningkatkan valuasi bisnis waralaba Anda.

Pihak pemilik bisnis waralaba biasanya akan memenuhi kebutuhan berjalannya usaha. Kerap kali Anda hanya diminta untuk menyediakan tempat untuk menjalankan bisnis waralaba yang telah disepakati.

2. Memiliki Rekan Bisnis Profesional

Ketika Anda membeli hak pengelolaan bisnis franchise oleh franchisor, secara otomatis pemilik bisnis waralaba tersebut akan menjadi rekan bisnis Anda. Memiliki rekan bisnis yang berpengalaman dan profesional merupakan salah satu keuntungan yang bisa Anda raih saat menjalankan bisnis franchise.

Bersama franchisor sebagai rekan kerja, kebutuhan fasilitas atau sistem operasi dalam pengembangan bisnis Anda biasanya telah tersedia lebih dahulu. Maka, Anda hanya perlu fokus dalam menjalankan bisnis waralaba demi meraih keuntungan serta pengembangan bisnis yang stabil dan kuat.

Selama menjalankan bisnis waralaba, Anda pun bisa mulai memerhatikan aspek-aspek pengetahuan terhadap menjalankan bisnis untuk pengembangan diri Anda sebagai seorang pengusaha di kemudian hari.

3. Minim Branding

Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan sebagai franchise yang menjalankan bisnis waralaba adalah melakukan branding atau promosi secara minimal. Biasanya, bisnis waralaba telah lebih dulu memiliki branding yang kuat di masyarakat, sehingga mudah dikenal dan kerap kali jadi pilihan favorit bagi para konsumen.

Dengan minimnya kebutuhan promosi berkat brand awareness yang kuat, Anda akan mendapatkan keuntungan untuk menjalankan bisnis waralaba lebih mudah dan relatif cepat dalam mengembangkannya.

4. Sebagai Tempat Pembelajaran Bisnis

Anda dapat menjadikan bisnis waralaba sebagai tempat pembelajaran bisnis untuk menambah pengetahuan serta keahlian yang Anda butuhkan sebagai seorang pengusaha. Dengan menjalankan bisnis waralaba sebagai usaha awal, anda bisa mempelajari berbagai aspek bisnis seperti promosi, marketing, pembentukan sistem operasi, pengelolaan uang, dan masih banyak lainnya.

Ilmu-ilmu yang telah Anda dapatkan selama menjalankan bisnis waralaba nantinya bisa Anda adopsi dan modifikasi demi kebutuhan pengembangan bisnis lanjutan yang Anda buat sendiri di kemudian hari.

Demikianlah informasi mengenai bisnis franchise, mulai dari pengertian, jenis, contoh dan keuntungannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya seputar bisnis atau marketing pada situs panduan Evermos. 

Panduan Penting Lainnya

 

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Panduan Terbaru

×