Apa Itu Landing Page? Ketahui Fungsi, Jenis dan Contohnya

landing page

Daftar Jadi Reseller Evermos

Apakah Anda punya toko online? Sudah punya landing page belum? Sayang sekali jika belum. Karena landing page punya peranan penting untuk membantu toko online Anda menjadi lebih menarik sehingga dapat meningkatkan penjualan produk.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang landing page, mulai dari pengertian, fungsi, jenis hingga contohnya, simak ulasan artikel berikut ini yuk!

Apa Itu Landing Page?

landing page
Sumber: pexels.com

Landing page adalah halaman dalam website yang didesain khusus dengan mindset marketing. Halaman inilah yang ditampilkan ketika pengunjung mengakses website dari hasil pencarian berbayar (paid search).

Fungsi Landing Page

Berdasarkan jenisnya, ada dua fungsi utama antara lain:

  1. Bisa untuk mengumpulkan data pengunjung potensial atau leads. Leads inilah yang dijaga oleh bisnis. Kemudian calon pelanggan ini diharapkan melakukan pembelian di masa mendatang.
  2. Bisa berfungsi untuk mempercepat transaksi. Halaman ini minim distraksi dari menu dan tombol navigasi lainnya. Dengan kata lain, memberikan jalan khusus bagi pengunjung untuk mengakses produk atau layanan yang ingin dibeli.

Jenis-Jenis Landing Page

landing page
Sumber: pexels.com

Daftar Jadi Reseller Evermos

Secara umum, ada dua jenis, antara lain:

  1. Lead generation landing pages, berfungsi untuk mengumpulkan data calon pelanggan. Utamanya, data dalam bentuk nama dan alamat email. Kedua data ini kemudian akan disimpan dan dipakai bisnis untuk merawat hubungan dengan calon pelanggan.
  2. Click-through landing pages, biasanya dipakai dalam e-commerce atau model marketing B2C. Halaman yang ditampilkan biasanya hanya membuat satu tombol sederhana. Tombol tersebut sering memuat tulisan semacam “Pilih Sekarang”, “Beli Sekarang”, “Shop Now” dan sebagainya.

Contoh Landing Page

Berikut contoh yang dapat Anda ketahui. Salah satunya adalah UNIQLO.

UNIQLO

landing page
Sumber: google/bersosial

Uniqlo merupakan clothing brand internasional yang banyak peminatnya, terutama anak muda. Ia terkenal dengan model pakain yang simpel, versatile, bersih, sekaligus cocok untuk perempuan dan laki-laki.

Kepopuleran clothing brand dari Negeri Sakura ini pun merambah ke banyak negara. Mulai dari Kanada, Bangladesh, Cina, Jerman, India, Indonesia, dan 17 negara lainnya. Di Indonesia sendiri, sudah ada 15 toko yang terbesar di seluruh wilayahnya.

Untuk landing page-nya sendiri, Uniqlo konsisten mengusung nuansa yang simpel. Dengan latar putih, Uniqlo menempatkan logonya di paling atas. Kemudian, terdapat kalimat ajakan untuk mengisi kolom email.

Seperti biasanya, dari situlah Uniqlo mendapatkan data untuk mengirimi Anda berita dan promosi terbaru dari produk-produknya.

Tips Membuat Landing Page ala Uniqlo

  • Sesuaikan tampilan landing page dengan branding usaha Anda.
  • Tampilkan logo jika desain sudah sangat sederhana. Setidaknya, logo akan membuat tampilan lebih mudah untuk orang ingat.
  • Berikan opsi promosi untuk calon pelanggan. Dengan begitu, calon pelanggan hanya akan mendapatkan info yang paling relevan.
  • Opsi “laki-laki” dan “perempuan” yang Uniqlo pakai juga bisa Anda adaptasi.

Demikianlah informasi mengenai landing page yang dapat Anda ketahui. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Jangan lupa kunjungi situs panduan Evermos untuk membaca artikel istilah marketing lainnya.

 

Panduan Penting Lainnya

 

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Panduan Terbaru

×