Apa Itu Marketing? Kenali Artinya, Tugas dan Strateginya Disini!

marketing

Daftar Jadi Reseller Evermos

Istilah marketing mungkin tidak asing lagi bagi Anda yang menyelami dunia bisnis. Terlebih banyak hal kegiatan yang berhubungan antara penjual dan pembeli.

Nah, dalam artikel ini, akan disuguhi informasi mulai dari pengertian, tugas hingga strategi marketing yang patut Anda ketahui.

Langsung saja simak ulasannya pada penjelasan di bawah ini!

Pengertian Marketing

Apa Itu Marketing

Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan.

Selain itu, pengertian dari marketing juga bisa disebut sebagai beberapa aktivitas yang saling berhubungan guna memenuhi apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari apa yang dibeli oleh konsumen.

Marketing ini dapat dikatakan berkaitan langsung dengan masyarakat dan dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Marketing ini tentu melibatkan banyak hal lain seperti distribusi produk, promosi, perancangan dan pembuatan materi seperti halaman arahan dan konten media sosial, membangun pengalaman pelanggan, melakukan riset pasar dan menetapkan pasar sasaran, dan banyak lagi.

Tugas Marketing

marketing
Sumber: pexels.com

Tugas marketing adalah memastikan bagaimana agar bisnis tetap bisa berjalan.

Ada beberapa tugas seorang marketing antara lain:

  1. Sebagai orang yang pertama kali mengenalkan produk yang dimiliki perusahaan kepada masyarakat, terutama pada produk-produk baru yang membutuhkan banyak promosi.
  2. Bertugas menjadi orang yang menjualkan produk perusahaan kepada konsumen sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang terjual.
  3. Mencari informasi dan menyampaikannya kepada perusahaan mengenai kelebihan dan kekurangan dari sebuah produk yang dijual.
  4. Menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan konsumen.
  5. Menjadi penghubung antara perusahaan dengan lingkungan sekitar.

Strategi Marketing

Strategu marketing tentu berbeda-beda, sehingga dalam cara pengimplementasiannya pun berbeda pula.

Berikut beberapa strategi marketing dari berbagai sisi, antara lain:

1. Berdasarkan Target Pasar

Salah satu hal penting yang mempengaruhi marketing strategy dan marketing plan adalah target pasar di dalam sebuah bisnis.

Hal ini dikarenakan dalam merencanakan dan proses pembuatan sebuah produk perusahaan harus memahami terlebih dahulu target pasar sehingga produk yang dibuat dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang dituju.

Berdasarkan target pasarnya, marketing dibagi menjadi empat jenis yaitu adalah:

  • Business to Business (B2B) adalah teknik pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk menargetkan perusahaan lain atau bisnis kepada bisnis lainnya dengan menawarkan produk yang dapat memajukkan bisnis lain tersebut.
  • Business to Consumer (B2C) adalah teknik pemasaran yang dilakukan untuk menargetkan konsumen masyarakat pada umumnya.
  • Consumer to Consumer (C2C) adalah teknik pemasaran yang ditujukan dari konsumen untuk konsumen lainnya.
  • Business to Government (B2G) adalah teknik pemasaran yang dilakukan dari bisnis untuk instansi pemerintah.

Daftar Jadi Reseller Evermos

2. Berdasarkan Teknik Pemasaran

Seperti hal nya target pasar, teknik pemasaran juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat strategi maupun rencana pemasaran.

Hal ini dikarenakan teknik pemasaran menentukan persepsi konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan.

Berikut jenis strateginya berdasarkan teknik pemasaran, antara lain:

  • Word of Mouth (WOM) adalah jenis marketing ini mengutamakan lisan sebagai teknik pemasaran.
  • Guerrilla Marketing adalah teknik pemasaran gerilya yang tidak konvensional, memiliki potensi untuk menjadi pemasaran yang interaktif dan sengaja ditempatkan di tempat-tempat yang tidak terduga.
  • Affiliate Marketing adalah teknik pemasaran dimana suatu bisnis atau perusahaan memberikan reward jika suatu afiliasi dapat membawa konsumen pada bisnis tersebut.
  • Database Marketing adalah pemasaran dengan memanfaatkan database konsumen yang berpotensi untuk kemudian mempromosikan produk dengan komunikasi pribadi.

3. Berdasarkan Alat yang Digunakan

Selain target pasar dan teknik pemasaran, alat yang digunakan untuk melakukan pemasaran juga merupakan hal penting yang dapat mempengaruhi strategi dan rencana pemasaran.

Marketing dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan alat yang digunakan, antara lain:

  • Telemarketing adalah model pemasaran menggunakan telepon dimana penjual mengumpulkan sejumlah calon konsumen untuk membeli suatu barang atau jasa.
  • Digital Marketing adalah pemasaran yang menggunakan saluran digital untuk mempromosikan produknya seperti televisi, internet, sosial media dan website.
  • Direct Mail Marketing adalah teknik pemasaran langsung menggunakan brosur, surat promosi dan iklan jalanan.

Selain itu, ada beberapa daftar strategi pemasaran penting untuk pasar lebih luas yang harus Anda ketahui, antara lain:

  • Email Marketing (Pemasaran Email) adalah salah satu teknik yang paling menguntungkan dan efektif dalam hal pengembalian. Biasanya, ini terdiri dari mengirim email ke audiens Anda, tetapi pastikan untuk mendefinisikan segmen Anda dengan baik agar efektif.
  • Viral Marketing (Memiliki sesuatu yang viral adalah impian setiap perusahaan). Viral Marketing menyebar dari satu orang ke orang lain dan mampu berjalan sangat jauh dengan sangat cepat.
  • Mobile Marketing (Pemasaran Seluler) adalah konsep luas yang menyatukan semua kampanye dan tindakan pemasaran yang berfokus secara eksklusif pada platform dan aplikasi seluler (yaitu ponsel cerdas dan tablet).
  • Performance Marketing (Performance Marketing) adalah metodologi yang menerapkan berbagai metode dan teknik pemasaran dan menjamin pengiklan bahwa mereka hanya perlu membayar untuk hasil yang dicapai.
  • Inboud Marketing Metode pemasaran ini berfokus pada pembuatan konten yang berharga untuk menarik lalu lintas yang berkualitas dan bekerja menuju penjualan akhir.

Strategi Pemasaran 4P 

marketing
Sumber: pexels.com

Menurut E. J. McCarthy, strategi pemasaran 4P adalah rumus sederhana untuk mengidentifikasi dan bekerja dengan elemen penting dari strategi pemasaran Anda. Berikut ulasannya:

1. Product (Produk)

Dengan memiliki produk adalah kunci dan merupakan akar dari semua hal pemasaran. Produk bisa menjadi apa saja yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan.

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah memutuskan produk atau layanan Anda berdasarkan kebutuhan dan motivasi konsumen dan bagaimana produk tersebut akan bermanfaat bagi konsumen, bukan pada karakteristik fisik atau atribut objek.

2. Place (Tempat)

Lokasi penjualan yang strategis dapat berupa apa saja mulai dari toko online hingga saluran toko fisik di berbagai kota atau negara.

Tujuan dari strategi distribusi adalah untuk memungkinkan klien potensial memiliki akses mudah ke produk/layanan Anda serta menawarkan pengalaman yang baik selama proses pembelian.

3. Price (Harga)

Bagaimana menentukan harga produk dan layanan kami adalah bagian yang sangat penting dari strategi pemasaran.

4. Promotion (Promosi)

Strategi ini mengacu pada semua tindakan pemasaran dan komunikasi yang Anda lakukan untuk menyebarkan manfaat dan karakteristik produk atau layanan Anda di pasar sebagai cara meningkatkan penjualan.

Sekian informasi seputar marketing yang dapat Anda ketahui. Bagaimana, sudah ada gambaran bukan terutama untuk strateginya? Jangan lupa ingat poin-poin nya ya!

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, bisa Anda bagikan pada yang lain yang membutuhkan informasi ini.

Untuk membaca artikel istilah marketing yang menarik lainnya, jangan lupa kunjungi situs panduan Evermos.

 

Panduan Penting Lainnya

 

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Panduan Terbaru

×