Pemasaran : Tujuan, Fungsi, Aspek, dan Strategi Pemasaran

pemasaran

Daftar Jadi Reseller Evermos

Istilah pemasaran mungkin tidak asing lagi di telinga kita. Terlebih jika Anda adalah seseorang yang terjun pada bidang marketing.

Dalam hal ini, tentu banyak hal informasi yang perlu Anda ketahui. Mulai dari pengertian, tujuan, fungsi, aspek, strategi hingga contoh dan jenis pemasaran.

Untuk memahami lebih detail tentang pemasaran, keputusan yang tepat bagi Anda untuk membaca ulasan artikel berikut ini.

Definisi Pemasaran

Apa itu Pemasaran?

pemasaran
Sumber: pexels.com

Pemasaran adalah suatu kegiatan yang menyeluruh dan terencana yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau lembaga untuk melakukan berbagai upaya agar dapat memenuhi permintaan. Tujuan utamanya adalah untuk memaksimalkan keuntungan dengan membuat strategi penjualan.

Tujuan Umum Pemasaran

  • Memperkenalkan produk kepada masyarakat
  • Mencapai tujuan penjualan
  • Memastikan kepuasan pelanggan
  • Membuat strategi lanjutan untuk produk
  • Bekerja dengan mitra
  • Membuat rekap penjualannya

Fungsi Pemasaran

pemasaran
Sumber: pexels.com

1. Fungsi Pertukaran

Pemasaran memungkinkan konsumen untuk mengetahui dan membeli produk yang dipromosikan oleh produsen dengan uang atau barang berharga lainnya. Produk yang dibeli dapat digunakan untuk penggunaan pribadi atau dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Fungsi distribusi fisik terjadi ketika aktivitas dilakukan dengan menyimpan dan mendistribusikan produk. Proses transportasi bisa melalui laut, darat atau udara. Pergudangan produk dilakukan dengan menjaga ketersediaan stok pada saat dibutuhkan.

3. Fungsi Perantara

Penyampaian produk dari produsen ke konsumen melalui perantara pemasaran/pemasaran yang menggabungkan kegiatan barter dengan distribusi fisik. Dalam proses ini terdapat kegiatan pembiayaan, pencarian informasi dan klasifikasi produk.

Strategi Pemasaran

pemasaran
Sumber: pexels.com

Strategi pemasaran adalah seperangkat rencana untuk mencapai sasaran market dan mengubahnya menjadi konsumen dari produk yang diproduksi oleh suatu perusahaan.

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menerapkan strategi yang baik:

1. Lakukan Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah upaya untuk membagi market menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil. Pembagian kelompok ini berdasarkan letak geografis, demografi, perilaku dan psikografis.

2. Penentuan Target Pasar (Market Targeting)

Market targeting adalah segmen tertentu yang bertujuan untuk menjual suatu produk. Target market yang berbeda memerlukan konten iklan dan sarana komunikasi yang berbeda.

3. Posisi Pasar (Market Positioning)

Market positioning adalah strategi pemasaran untuk menunjukkan bahwa produk Anda berbeda dari yang lain. Salah satu caranya adalah dengan membangun brand awareness atau kesadaran merek. Kesadaran merek dapat memberikan beberapa manfaat seperti kemudahan menarik pelanggan baru untuk menciptakan basis pelanggan yang loyal.

Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah alat untuk menganalisis, merencanakan, menerapkan, dan mengendalikan program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan untuk mencapai tujuan utama perusahaan dalam menghasilkan laba.

Aspek Pemasaran

Hal ini menyangkut segala sesuatu yang menyangkut ada tidaknya peluang bagi produk suatu perusahaan. Jadi aspek ini baik untuk bisnis dan bisa menjadi kunci sukses dalam menentukan target.

Beberapa di antaranya antara lain:

1. Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi dan mengidentifikasi berdasarkan karakteristik konsumen. Subdivisi ini meliputi distribusi demografi, tingkat pendapatan, psikografis, karakteristik regional dan kelas sosial, dan keadaan konsumen khusus.

Breakdown atau segmen ini memberikan gambaran spesifik perusahaan tentang produk yang perlu diproduksi sesuai dengan kondisi.

Selain itu, kegiatan ini juga dapat mengoptimalkan sumber daya perusahaan, sehingga produk yang dihasilkan efisien dan yang terpenting tepat sasaran.

Sehingga hal ini mengarah pada kenyataan bahwa peternakan dan perusahaan dapat mencapai keuntungan yang maksimal dan strateginya dapat berjalan dengan lancar.

2. Analisis Kondisi Pasar

Hal ini sangat penting dilakukan karena dapat membuat pemasaran lebih terarah. Kondisi ini digunakan untuk mengidentifikasi kecenderungan konsumen terhadap produk atau jasa tertentu. Dengan menganalisisnya, bisnis atau perusahaan dapat memahami daya beli konsumen dalam memenuhi kebutuhannya untuk mencapai kepuasan.

Analisis ini dapat berjalan secara efektif apabila dilakukan dalam lingkup yang cukup luas, terukur, terjangkau, dan mencakup seluruh program yang direncanakan oleh perusahaan.

Dengan cara ini, kebutuhan konsumen dapat diidentifikasi secara spesifik dan dipenuhi secara tepat dan optimal oleh perusahaan, dan penjualan, permintaan dan keuntungan bisnis atau perusahaan dapat ditingkatkan.

Daftar Jadi Reseller Evermos

3. Analisis Kompetitif

Dengan analisis pesaing, suatu perusahaan atau perusahaan dapat mengetahui posisi produk dalam suatu pasar.

4. Strategi Periklanan

Periklanan adalah upaya penjual untuk menawarkan suatu produk atau jasa kepada calon konsumen agar mereka melakukan pembelian.

Periklanan dapat Anda lakukan dengan memberikan informasi yang lengkap tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan, menggunakan kata-kata atau tindakan persuasif, dan menarik perhatian konsumen.

Dengan cara ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan, meningkatkan penjualan, permintaan, keuntungan dan nilai dari produk yang diproduksi.

Jenis Jenis Pemasaran

pemasaran
Sumber: pexels.com

Saat ini ada banyak jenisnya, antara lain:

1. Branding (Merek)

Produk dan layanan harus memiliki nama atau “merek” untuk dikenali. Branding adalah bentuk pemasaran yang memiliki fungsi sebagai iklan jangka panjang.

Ini sangat membantu untuk membuat produk atau layanan Anda lebih menarik dan populer. Branding sering kali mencakup nama, slogan, dan logo.

2. Iklan Siaran

Menggunakan radio sebagai media pemasaran adalah salah satu bentuk iklan berbayar yang paling umum. Melakukannya kepada pelanggan sangat potensial ketika menggunakan radio karena pendengar radio benar-benar mendengar apa yang si pembicara katakan.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan media TV untuk menjangkau pelanggan secara luas.

3. Pemasaran Multi Level (MLM)

MLM ini adalah suatu bentuk penjualan langsung dengan banyak orang yang mana suatu perusahaan merekrut dan menjual produknya.

Dalam hal ini, dapat kita kenal juga sebagai pemasaran jaringan karena penjual menerima komisi atas produk yang mereka jual, serta komisi penjualan dari jaringan.

4. Internet atau Online

Internet telah menjadi salah satu media pemasaran yang paling populer. Hampir setiap orang perlu menggunakan internet, sehingga target marketnya sangat luas.

Anda dapat melakukannya dengan berbagai cara, misalnya melalui email, situs web atau iklan. Targetnya juga bisa Anda tentukan, karena banyak penyedia jasa periklanan yang memiliki fungsi ini.

Demikianlah informasi mengenai istilah marketing yang dapat Anda ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda untuk mengembangkan bisnis Anda.

Jangan lupa untuk kunjungi artikel istilah marketing menarik lainnya pada situs panduan Evermos.

 

Panduan Penting Lainnya

 

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Panduan Terbaru

×