Search Engine Optimization : Pengertian, Manfaat dan Cara Kerja

search engine optimization

Daftar Jadi Reseller Evermos

Search Engine Optimization – Website merupakan salah satu media atau platform yang banyak digunakan oleh para pebisnis dalam digital marketing saat ini.

Website juga dijadikan sebagai tempat atau wadah untuk mempromosikan berbagai produk dalam bentuk barang atau jasa.

Nah, Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu cara untuk dapat mempromosikan dan mengenalkan produk atau profil website perusahaan dan bisnis Anda.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang SEO, mulai dari pengertian, manfaat hingga cara kerja, mari simak ulasan artikel berikut ini.

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, dan dalam bahasa Indonesia, arti Search Engine Optimization adalah Optimasi Mesin Pencari.

Pengertian SEO adalah langkah atau upaya yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan peringkat website Anda di search engine, khususnya Google.

Dengan demikian, website Anda pun akan dikunjungi oleh lebih banyak orang, yang tentunya juga bisa turut meningkatkan penghasilan dari website.

Manfaat SEO (Search Engine Optimization)

search engine optimization
Sumber: pexels.com

1. Target Menjadi Lebih Jelas

Dengan SEO target yang lebih jelas, karena mesin pencarian akan mengarahkan pengunjung ke tujuan yang mereka inginkan.

Misalnya saja mereka ingin mencari tempat penjualan hosting murah, maka mereka akan mencari keyword yang sesuai.

Jika Anda memperjual belikan hosting murah dan keyword yang Anda gunakan sejalan, maka otomatis pengunjung tersebut akan dihantarkan ke pilihan dan salah satunya tentu website Anda.

2. Mendatangkan Trafik yang Potensial

Manfaat SEO berikutnya adalah mendatangkan trafik yang potensial dan tentunya sangat menguntungkan.

Hal ini dikarenakan jika website Anda berada di posisi teratas tepatnya di halaman pertama hasil pencarian Google, maka website memiliki peluang lebar mendapatkan pengunjung khususnya dari pengguna internet Google.

3. Promosi Selama 24 Jam

Ternyata Anda bisa memanfaatkan SEO untuk promosi 24 jam namun dengan biaya yang cukup terjangkau.

Beda halnya jika Anda memanfaatkan jasa iklan Google Ads atau FB Ads yang mengharuskan Anda mengeluarkan biaya yang cukup tinggi.

SEO dapat mengiklankan brand Anda selama 24 jam nonstop tanpa ada hentinya selama situs website Anda tidak hilang.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat SEO selanjutnya adalah dapat meningkatkan brand awareness yang tentunya memberikan keuntungan yang melimpah.

Cara kerjanya adalah, misalnya Anda memiliki 50 kata kunci alias keyword untuk beberapa halaman di website, dan secara kebetulan juga memiliki volume pencarian yang tinggi sehingga berada di halaman pertama di urutan paling atas.

Hal tersebut secara tidak sadar akan mempromosikan brand dari perusahaan Anda, sehingga akan banyak orang baru yang mengetahui dan mengenal brand perusahaan Anda.

Semakin banyak orang yang mengetahui dan mengenal, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan.

5. Dapat Bersaing dengan Perusahaan Besar

Jika memiliki bisnis yang masih berkembang tentunya Anda takut membayangkan persaingan dengan perusahaan besar, karena kesempatan untuk bersaing rasanya tidak ada.

Namun, hal tersebut bukan hal mustahil jika Anda menggunakan SEO. Hasilnya akan semakin luar biasa, apalagi jika saingan Anda tidak menerapkan SEO meskipun merupakan perusahaan besar.

Cara mudah untuk melakukan persaingan ini adalah lebih banyak membuat konten berupa artikel SEO untuk mengisi halaman website Anda.

Daftar Jadi Reseller Evermos

6. Investasi Jangka Panjang

SEO bisa kita jadikan investasi jangka panjang dan tentunya memberikan hasil yang lumayan besar.

Kenapa demikian? Cara kerja SEO tidak sama dengan beriklan berbayar yang apabila budget Anda habis, maka website Anda tidak akan muncul lagi.

Jika menggunakan SEO, selagi Anda mengelolanya dengan baik dan mengikuti perkembangannya, maka iklan ini akan terus berlanjut. Pasalnya, jika website sudah berada posisi teratas, akan mustahil bisa terkalahkan oleh pihak lain kecuali jika ada perubahan.

Bukankah hal ini pantas mendapatkan predikat investasi jangka panjang? Karena memang dampaknya bisa kita rasakan dalam jangka panjang.

7. Meningkatkan Penjualan

Hampir semua orang yang ada di dunia, sebelum membeli sesuatu pasti melakukan riset terlebih dahulu dengan cara mencarinya di Google. Hal ini sangat wajar, karena orang-orang tersebut pastinya tidak ingin tertipu dan merasa kecewa nantinya.

Apabila apabila halaman website Anda berada di halaman pertama bahkan di urutan pertama, maka akan semakin banyak orang yang mengetahuinya dan bisa membuka peluang untuk meningkatkan penjualan.

Hal ini tidak bisa terjadi apabila Anda tidak menerapkan sistem SEO ini, maka wajib hukumnya Anda menerapkan SEO apabila ingin penjualan meningkat dengan pesat.

Cara Kerja SEO (Search Engine Optimization)

search engine optimization
Sumber: pexels.com

Mengenai cara kerjanya, ada tiga tahapan yaitu untuk mengumpulkan, mengelola, dan menampilkan informasi.

Berikut cara kerja SEO yang harus Anda ketahui, antara lain:

1. Crawling

Mesin pencari memiliki web crawler, atau bisa juga disebut spiderbots atau bots, yang fungsinya untuk mencari dan mengumpulkan informasi agar halaman website bisa diindeks.

2. Indexing

Tahapan ini membutuhkan informasi yang sudah dikumpulkan oleh web crawler. Misalnya, kata kunci dan apakah konten sudah diperbarui atau belum.

Setelah itu, halaman website akan ditambahkan ke index pencarian. Nantinya ketika kata kunci diketikkan di browser, mesin pencari akan mengambil (fetch) website yang telah diindeks.

3. Ranking

Hasil pencarian akan menampilkan website yang tersimpan di dalam index pencarian. Urutannya mulai dari yang paling relevan ke yang tidak relevan.

Search Engine Optimization menentukan performa website di mesin pencari. Sebagai contoh, internal link yang terstruktur akan mempermudah web crawler dalam menganalisa landing page. Crawler akan bisa menjelajahi web dan mengindeks konten lebih mendalam.

Faktor lain yang memengaruhi cara kerja SEO dan juga algoritma mesin pencari adalah kesesuaian kata kunci, kualitas backlink, dan konten yang di-update.

Demikianlah informasi mengenai Search Engine Optimization, mulai dari pengertian, manfaat hingga cara kerjanya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan alangkah lebih baiknya website bisnis Anda menggunakan teknik SEO mengingat banyak sekali manfaatnya.

Untuk membaca artikel menarik lainnya tentang istilah marketing, Anda dapat mengunjungi situs panduan Evermos.

 

Panduan Penting Lainnya

 

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Panduan Terbaru

×