Daftar Isi

Cara Jualan Online di Marketplace, Lengkap Dengan Tipsnya!

cara jualan online di marketplace

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY Cara Jualan Online di Marketplace

  • Anda akan mengetahui cara jualan online di marketplace shopee
  • Anda akan mengetahui cara jualan online di marketplace lazada
  • Mengetahui tips dan cara jualan online di marketplace

Daftar Jadi Reseller Evermos

Salah satu peluang bisnis yang menguntungkan di era digital ini adalah dengan memiliki bisnis online sendiri. Saat ini banyak fasilitas yang tersedia agar kita semakin midah dalam membangun bisnis online.

Salah satu cara efektif adalah dengan membuat toko online di marketplace ternama dan terpercaya. Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika Anda membangun toko online bersama marketplace ternama dan terpercaya seperti di atas.

Marketplace adalah suatu tempat dimana pedagang dan pembeli berkumpul untuk berjualan, menawar berbagai produk dan kumpulan kegiatan niaga lainnya.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin memulai bisnis online bisa coba cara jualan online di marketplace ini. Tentu, Anda membutuhkan beberapa tips yang bisa meningkatkan penjualan dan penghasilan toko online Anda di marketplace. Berikut strategi penjualan laris melalui marketplace.

Cara Jualan Online di Marketplace

1. Pilihlah marketplace lokal ternama dan terpercaya

Seperti yang telah diketahui memilih marketplace ternama dan terpercaya merupakan keharusan untuk berjualan laris di marketplace. Hal ini dikarenakan beberapa marketplace tersebut diatas sudah dipercaya oleh para pelanggan. Selain itu, mereka juga sudah mengiklankan diri di berbagai media termasuk TV sehingga toko online Anda akan lebih mudah ditemukan oleh banyak pelanggan. Pelanggan juga akan merasa aman berbelanja di marketplace tersebut.

2. Buatlah toko online di banyak marketplace

Tidak cukup hanya memilih marketplace yang ternama dan terpercaya, Anda juga perlu membuat toko online di setiap marketplace tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjaring konsumen lebih banyak lagi. Jika satu marketplace bisa memberikan keuntungan 10 persen maka katakan saja empat marketplace bisa memberikan keuntungan 40 persen. Oleh sebab itu, diperlukan tenaga atau staf yang ahli untuk selalu memonitor toko online di beberapa marketplace.

3. Siapkan Produk Berkualitas & Memiliki Daya Saing

Berjualan tidak akan terlepas dari produk sebagai hal utamanya. Memiliki produk yang berkualitas, unik atau khas dari daerah di sekitar Anda adalah sebuah keuntungan.

Dengan produk khas daerah atau unik, biasanya keberadaannya mudah di jumpai di sekitar Anda dan memiliki harga yang lebih bersaing karena banyaknya produsen yang memproduksi barang tersebut. Ingat, untuk selalu menjual barang-barang yang berkualitas, agar konsumen tidak kecewa dan memiliki keinginan untuk melakukan pemesanan kembali.

4. Perkenalkan Website Anda Pada Konsumen

Perkenalkan website toko Anda pada setiap konsumen. Berikan harga promo dan bila perlu bonus jika mereka berbelanja langsung melalui website Anda. Tujuannya adalah mengarahkan konsumen dari marketplace ke website toko online Anda sendiri.

Tentu menjual produk dengan memperlihatkan gambar adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh pemilik toko online. Selain itu, menampilkan menampilkan beberapa testimoni dari beberapa konsumen juga penting. Hal ini bertujuan untuk menarik hati konsumen dan membuat mereka percaya dengan produk serta pelayanan toko online Anda.

Jadi, mulailah buka toko online Anda karena membuat toko online tidak membutuhkan kredit mikro dikarenakan gratis di setiap marketplace. Anda hanya perlu melakukan beberapa tips diatas agar bisa berjualan laris.

5. Lengkapi Profil Toko Dengan Deskripsi & Foto Produk Yang Memadai

Pertama, lengkapi hal-hal dasar terlebih dahulu mulai dari nama toko, display picture, deskripsi toko, link ke website toko online dan media sosial, jam operasional, dan sebagainya. Buat sedemikian rupa agar brand kamu jadi lebih menonjol dan mudah diingat. Profil toko yang lengkap juga membuat lapakmu terlihat profesional dan aktif sehingga orang pun tidak ragu untuk bertransaksi.

Hal lain yang harus dilengkapi adalah deskripsi dan foto produk. Cantumkan informasi produk dengan jelas mulai dari spesifikasi, warna, ukuran, material, stok, dan sebagainya. Gunakan juga foto dengan gambar yang jelas dan berkualitas sehingga orang pun tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai produkmu.

Mengapa informasi produk sangat penting? Jika informasi produkmu tidak lengkap, artinya calon pembeli harus bertanya dulu kepada kamu. Hal ini jelas lebih memakan waktu. Jika kompetitor memiliki informasi produk yang lebih jelas, calon pembeli bisa jadi malah kabur ke toko kompetitor. Dengan mencantumkan informasi yang lengkap, kamu memudahkan pengalaman berbelanja konsumen.

Tips Jualan Online di Marketplace

6. Beri Pilihan Jasa Pengiriman yang Beragam

Pilihan jasa pengiriman bisa mempengaruhi kesuksesa bisnis loh. Dengan adanya banyak pilihan, konsumen jadi lebih bebas menentukan kapan mereka bisa menerima barang sesuai kebutuhan mereka. Lalu terkadang beberapa jasa pengiriman ada yang menawarkan untuk beberapa jenis pengiriman.

Harga pengiriman juga bisa berbeda-beda. Misalnya kalau untuk pengiriman ke wilayah A mungkin akan lebih murah menggunakan pengiriman yang satu, sementara untuk pengiriman ke wilayah B lebih murah dengan jasa pengiriman yang lainnya. Dengan memberikan pilihan jasa pengiriman yang beragam, konsumen jadi lebih fleksibel saat berbelanja.

7. Berikan Fasilitas yang Baik Bagi Konsumen

Fasilitas yang dimaksud disini mencakup tentang kemudahan transaksi pembayaran, pengembalian, serta pengiriman produk. Jika ingin toko online di marketplace tetap diminati konsumen fasilitasi mereka dengan segala kemudahan. Dengan begitu konsumen akan lebih mudah mendapatkan produk yang mereka inginkan.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Apa kelebihan berbisnis online di Marketplace?

Bisnis marketplace sudah banyak dikenal oleh masyarakat sehingga menjadi peluang bsinis yang baik. Jualan di marketplace juga jadi salah satu peluang bisnis dengan modal minim namun menguntungkan.

Langkah awal berjualan di Marketplace?

langkah pertama ialah dengan menentukan marketplace yang terpercaya, kemudian menyiapkan berbagai list produk, gambar produk, beserta deskripsinya. Jika kesulitan memproduksi barang sendiri, maka ada baiknya jika Anda mencoba jadi reseller saja. Jadi, Anda tinggal mengambil barang dari supplier. Pastikan suppliernya memiliki reputasi terpercaya dan kualitas produk yang memadai ya. Jika Anda mencari supplier untuk bisnis online Anda maka Anda bisa coba bergabung dengan Evermos yang memiliki ribuan produk sehari-hari terlengkap.

Apa kekurangan marketplace?

Kekurangan berjualan di marketplace ialah Anda perlu rajin mengatur tampilan dan isi toko sendiri. Update produk dan lain sebagainya membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak. Oleh karena itu jika Anda ingin berjualan online dengan praktis bisa mencoba jualan di aplikasi reseller. Jadi, Anda tinggal mempromosikan produk saja tanpa perlu update produk sendiri.

Selain itu, upayakan untuk membangun komunikasi yang baik dengan para konsumen. Tidak hanya soal memberikan tanggapan dengan bahasa sopan. Namun juga kecepatan respon sehingga mereka merasa tidak diabaikan.

8. Tanggapi Konsumen Dengan Ramah

Selain kualitas produk, pelayanan juga sangat penting. Tanggapi pertanyaan dan keluhan mereka dengan ramah. Pelayanan yang ramah akan membuat ppelanggan merasa aman dan nyaman berbelanja di toko Amda. Anda harus tetap bersikap professional. Dari sikap professional Anda, tentu konsumen lain juga akan merasa lebih aman dan nyaman berbelanja di toko online milik Anda.

9. Tambahkan Rekening Pembayaran

Setelah produk dan tampilan toko sudah siap, masukkan nomor rekening pribadi pada marketplace yang telah Anda pilih. Ketika Anda memutuskan untuk berjualan di marketplace, Anda tidak bisa langsung menerima pembayaran dari calon pembeli, tetapi pembayaran akan tersimpan di saldo marketplace, dan bisa Anda tarik setelah pembeli menerima barang yang ia pesan.

Namun, pembayaran yang Anda tarik akan ditransfer marketplace sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, misalnya setiap hari Kamis atau Jumat.

Cara Jualan Online di Marketplave Shopee Lewat HP

  1. Buka aplikasi Shopee dan masuk dengan akun Shopee Anda. Lebih baik gunakan akun khusus untuk bisnis Anda.
  2. Klik “Saya”, “Jual”, dan “Tambah Produk Baru” 
  3. Lengkapi atribut produk Anda seperti mengunggah foto produk, rincian produk, hingga pilihan jasa pengiriman. Pastikan produk yang Anda unggah, tidak termasuk barang yang dilarang oleh Shopee.  
  4. Jika sudah selesai mengisi deskripsi produk, klik icon centang di kanan atas aplikasi untuk menyimpannya.
  5. Kini produk Anda sudah live atau muncul di Shopee.  

Cara Jualan Online di Shopee Via Shopee Seller Center

Shopee menyediakan fitur untuk membantu penggunanya berjualan otomatis, yaitu Shopee Seller Center. 

Shopee Seller membantu pengguna untuk mengupload foto produk, menambah deskripsi toko, hingga mengatur penghasilan.

Dengan adanya fitur tersebut, Anda bisa berjualan dengan mudah. Ikuti caranya di bawah ini:

  1. Ketik https://seller.shopee.co.id/pada halaman browser dan Login menggunakan akun Shopee milik Anda. Jika Anda belum mendaftar, klik “Daftar” dan lakukan verifikasi nomor ponsel dan alamat e-mail.
  2. Lengkapi profil toko Anda dengan memberikan foto profil logo dan deskripsi mengenai apa jenis toko Anda.
  3. Kemudian, klik “Produk Saya” dan pilih “Tambahkan Produk Baru”.
  4. Lengkapi atribut produk Anda seperti mengunggah foto produk, rincian produk, hingga pilihan jasa pengiriman. Pastikan produk yang Anda unggah tidak termasuk barang yang dilarang oleh Shopee. 
  5. Klik “Simpan” dan produk Anda sudah live atau muncul di etalase Shopee.

Cara Jualan Online di Marketplace Lazada

Daftar Melalui Aplikasi / Situs Lazada

Untuk memulai berjualan, langkah pertama yang harus dilakukan tentunya adalah mendaftarkan diri dengan membuat akun. Ada dua cara untuk membuat akun di Lazada. Pertama langsung melalui aplikasi alzada, kemudian kedua adalah melalui aplikasi Lazada reseller center.

Yuk, langsung saja kita ulas kedua caranya pada ulasan berikut ini:

  1. Pertama, Anda perlu untuk mendownload terlebih dahulu aplikasi Lazada, atau mengaksesnya melalui website.
  2. Setelah masuk aplikasinya, klik tombol pendaftaran,
  3. Selanjutnya Anda perlu mengisi formulir pendaftaran yang ada
  4. Pilihlah jenis akun baik itu perorangan atau perusahaan.
  5. Isi lokasi toko.
  6. Isikan nomor telepon untuk toko Lazada kamu.
  7. Geser tombol untuk verifikasi.
  8. Centang kotak kecil sebelah kiri pada pernyataan “Saya telah membaca, memahami dan menyetujui Perjanjian Marketplace Lazada dan Perjanjian Jasa Logistik”
  9. Klik “Daftar”

Daftar Melalui Lazada Reseller Center

Selain melalui aplikasi Lazada, Anda juga bisa mendaftarkan diri dari Lazada Seller Center dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Syarat Pendaftaran

  • KTP
  • Email aktif.
  • Buku Tabungan ( Nama pemilik harus sama dengan KTP).
  • Aplikasi Lazada Seller Center.

Langkah Pendaftaran:

  1. Buka aplikasi Lazada Seller Center.
  2. Klik menu “Buat Akun”
  3. Tentukan pilihan negara, bahasa dan tipe toko Lazada.
  4. Selanjutnya masukkan nomor telepon aktif.
  5. Klik “Get Code”
  6. Masukkan kode verifikasi yang Anda terima melalui SMS.
  7. Masukkan alamat Email aktif.
  8. Selanjutnya buat kata sandi untuk toko Lazada Anda
  9. Jika sudah Klik kotak kecil di bagian bawah.
  10. Setelah semua selesai klik “Daftar Akun”
  11. Selanjutnya akan muncul pop up notifikasi bahwa proses registrasi telah berhasil.
  12. Selanjutnya, Anda akan otomatis beralih pada halaman awal atau menu Sign In.
  13. Cobalah sign in dengan mengetik Email dan kata sandi yang sudah Anda buat pada menu Registrasi.
  14. Klik Sign In / Masuk.
  15. Toko Lazada Anda sudah berhasil dibuat.

Isikan Alamat Toko

Setelah berhasil mendaftar, maka masih ada beberapa data penting yang harus Anda isi yakni kita harus mengisi data alamat seperti berikut :

  1. Alamat: Masukan alamat Toko Anda.
  2. Negara: Indonesia.
  3. Provinsi: Pilih provinsi tempat toko Anda berada.
  4. Kota: Pilih kota tempat toko atau gudang Anda berada.
  5. Distrik: pilih kecamatan tempat Anda berada.
  6. Alamat bisnis (kantor): silahkan ceklis jika alamat bisnis sama dengan alamat toko Anda.
  7. Alamat pengembalian: silahkan ceklis jika alamat pengembalian sama dengan alamat toko Anda.

Upload/Tambahkan Produk

Setelah semua data terisi, selanjutnya Anda sudah siap berjualan. Namun tentunya sebelum berjualan Anda harus mengupload foto produk.

Dalam hal ini tentu saja kita harus sudah mempersiapkan beraneka ragam foto produk yang hendak dijual.

Selanjutnya langsung saja kita upload foto produknya dengan langkah berikut ini:

  1. Klik tombol Unggah Produk kemudian cari foto produk yang ingin dipajang.
  2. Isikan detail produk yang ingin Anda jual mulai dari Nama Produk, Kategori, Merk, hingga deskripsi produk  untuk menarik minat pembeli.
  3. Setelah semua terisi, klik “Mempublikasikan”
  4. Selesai. Produk sudah diupload dan siap dipasarkan.
  5. Jika ingin menambahkan produk lainnya, silakan masuk ke menu produk kemudian klik Tambahkan Produk Lainnya.
  6. Selesai.

Demikianlah artikel mengenai cara jualan online di marketplace ini. Semoga bermanfaat dan bisa membuat Anda makin semangat memulai bisnis.

Ingin berjualan online namun tidak mau ribet mengurusi semua hal-nya? Ingin langsung jualan dengan praktis? Yuk bergabung dengan Evermos.

Di Evermos sudah tersedia ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari berbagai brand ternama. Jadi, InasyaAllah dagangan Anda dijamin laris. Ribuan produk ini sudah siap jual, loh.

Anda tidak perlu ribet lagi mengisi deskripsi atau mengisi keterangan deskripsi produk. Semuanya sudah diatur oleh pihak dari Evermos. Anda hanya perlu mempromosikan barang dagangan saja.

Komisi yang bisa Anda dapatkan pun sangat melimpah dan langsung masuk ke rekening.Tenang saja, cara mencairkannya juga mudah dan tidak sulit.

Penasaran bagaimana cara daftarnya? Simak berikut cara menjadi reseller yang mudah dan terpercaya di Evermos.

  • Daftarkan diri dengan klik button hijau pada pojok bawah laman untuk lakukan pendaftaran atau bisa meminta kepada teman yang sudah terdaftar jadi reseller di Evermos.
  • Masuk ke halaman pendaftaran, isilah data diri berupa nomor aktif, nama, kata sandi dan area domisili.
  • Berikutnya centang pernyataan “Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan sebagai Reseller Evermos”, bila Anda mendapatkan undangan dari teman Anda centang juga “Punya Kode Referall” dan masukkan beserta kode referralnya.
  • Kemudian klik ” Lanjutkan Pendaftaran”.
  • Anda akan mendapatkan kode verifikasi OTP melalui Whatsapp.
  • Masukkan kode OTP berikut pada kolom “Masukkan Kode Verifikasi” dan klik “Verifikasi”.
  • Selamat, Anda telah berhasil mendaftar sebagai Reseller Evermos dan dapat mengakses seluruh katalog serta fiturnya di website atau aplikasi Evermos.

Akun yang Anda daftarkan merupakan akun Freemium atau akun gratis yang dapat bisa langsung untuk Anda gunakan untuk melakukan transaksi penjualan produk.

Anda juga bisa mengubah status akun menjadi Reseller Premium sesuai keinginan untuk mendapatkan lebih banyak fasilitas dan panduan menjadi reseller.

Demikian artikel mengenai cara menjadi reseller yang sukses, semoga informasi ini dapat membantu Anda.

Sebarkan juga dengan membagikan link artikel berikut kepada kerabat, teman-teman, keluarga dan orang terdekat yang membutuhkannya.

Untuk membaca informasi menarik lainnya mengenai panduan, silahkan kunjungi halaman artikel panduan berikut.

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×