13 Rekomendasi Kerja Sampingan Online Terbaik Dan Menguntungkan

kerja sampingan online

Kebutuhan yang terus bertambah menuntut kita untuk mencari uang tambahan agar kebutuhan tersebut dapat terpenuhi. Memiliki kerja sampingan online dapat menjadi pilihan sebagau upaya untuk mendapatkan uang tambahan.

Tak hanya waktu yang relatif fleksibel, beberapa kerja sampingan online juga bahkan tidak memerlukan modal yang besar. Sehingga kerja sampingan online ini cocok dilakukan oleh Ibu rumah tangga, mahasiswa bahkan karyawan. Karena itu, memiliki kerja sampingan online sering dipilih untuk menjadi alternatif bagi mereka yang ingin mendapatkan uang tambahan.

Berikut rekomendasi kerja sampingan online terbaik yang terbukti menguntungkan dan wajib kamu coba.

Baca Juga: Rekomendasi Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan Oleh Banyak Orang

Rekomendasi Kerja Sampingan Online

1. Menjadi Reseller

Jika kamu berminat dalam bidang bisnis, menjadi reseller bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai kerja sampingan onlinemu. 

Bisnis reseller menjadi ide cemerlang karena bisnis ini cenderung memiliki resiko yang minim, modal yang terbilang murah, serta hemat waktu dan tenaga. Dalam model bisnis reseller ini kamu tidak perlu melakukan proses produksi barang dari awal, melainkan cukup membeli produk pilihan dari supplier atau distributor untuk kemudian dipasarkan  secara eceran dengan harga yang dapat ditentukan.

Jika kamu mencari lowongan kerja sampingan bisnis reseller, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Evermos.

Evermos sendiri adalah sebuah platform social commerce berbasis syari’ah yang akan menjembatani mu dengan ratusan supplier.

Untuk menjadi reseller, secara umum kamu memerlukan modal untuk stok produk dan keperluan packing,  Evermos justru memberikan peluang usaha tanpa modal. Kamu bisa langsung berjualan ribuan produk kebutuhan sehari-hari dari UMKM terbaik dan brand ternama asli Indonesia yang terjamin kehalalannya. Dimana kamu tidak perlu melakukan stok produk, packing dan pengiriman. Dengan kata lain, kamu cukup mempromosikan produk-produk yang ingin kamu jual, lalu komisi dari setiap produk yang terjual bisa langsung menjadi milikmu. Sehingga, dengan Evermos kamu bisa mendapatkan uang tambahan dengan kerja sampingan online lewat HP.

Menariknya lagi, Evermos bahkan menyediakan pelatihan dari para trainer professional untuk seluruh resellernya. Hal ini menjadi kesempatan terbaik untukmu yang ingin sukses melalui kerja sampingan online meski baru pemula.

Jadi tanpa harus berpilir lama, kamu bisa bergabung dengan 4000+ reseller lainnya sekarang juga, Gratis!

2. Membuka Jasa Design Grafis

Kamu pasti tahu kalau dimasa yang serba digital ini, banyak bisnis yang membutuhkan jasa desain grafis untuk berbagai aktivitas bisnisnya di ranah online.

Hal ini bisa menjadi kesempatan yang besar jika kamu memiliki kemampuan dalam bidang desain grafis. Oleh karena itu jangan pernah ragu untuk menggunakan kemampuan tersebut untuk menjadikannya sebagai kerja sampingan online.

Untuk menawarka jasa design grafis, kamu tidak harus selalu menjadi seorang karyawab suatu perusahaan atau agensi, karena jasa ini juga bisa kamu tawarkan sebagai freelancer yang dapat kamu lakukan dimana saja dan kapan saja. Sehingga waktu pengerjaannya dapat disesuaikan dengan aktivitas dan kesibukanmu yang lain.Untuk memulai usaha jasa design ini, kamu bisa memilih untuk mempromosikan dirimu sendiri, atau mencari lowongan kerja sampingan dengan bergabung di berbagai situs freelancer.

Baca Juga: Aplikasi Penghasil Uang

3. Menjadi Penulis Lepas

Jika kamu merasa memiliki wawasan yang luas dan cukup mampuni untuk menuangkannya dalam bentuk tulisan, tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi penulis lepas sebagai kerja sampinganmu.

Untuk menunjang konten di website, penulis lepas memang banyak dicari oleh pemilik bisnis atau perusahaan.

Meskipun penulis lepas memiliki waktu dan tempat yang fleksibel, tapi jangan salah, penghasilan dari 1 artikel berbahasa indonesia dengan rata-rata 600-1000 kata dapat menghasilkan uang sebanyak Rp50 ribu sampai Rp100 ribuan lho! Terlebih lagi jika artikel tersebut memenuhi standar SEO dan bisa mendatangkan banyak pembaca. Semakin tinggi target dan kualitas dari tulisan tersebut, makan semakin tinggi juga penghasilan yang bisa didapat.

4. Admin Media Sosial 

Sudah bukan hal yang baru lagi bahwa di jaman seperti sekarang ini media sosial seakan menjadi kebutuhan bagi banyak orang.

Tidak hanya sebagai hiburan atau selingan semata, kini media sosial mulai bertranformasi menjadi salah satu media utama dalam menjalankan suatu bisnis.Terjadinya perubahan terhadap kebiasaan dan minat masyarakat terkait gaya belanja offline menjadi online tentunya seakan membuka peluang lowongan kerja sampingan. Dimana kamu bisa memilih untuk menjadi admin media sosial sebagai kerja sampingan online.

Pasalnya Walaupun terdengan cukup sederhana, perkerjaan ini cukup diperhitungkan. Karena admin media sosial secara langsung dan tidak langsung akan berhadapan denga konsumen sehingga bertanggung jawab menjadi gambaran image suatu perusahaan kepada publik.

5. Menjadi Influencer

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa pada jaman sekarang banyak sekali bermuculan berbagai bisnis online yang menjual beragam produk di media sosial. Selain menjadi admin media sosial, Hal tersebut tentunya bisa kamu manfaatkan dengan menjadi seorang influencer untuk mempromosikan produk mereka secara berbayar. 

Jasa influencer yang mengajak, mempromosikan dan mempengaruhi pengikut atau followers di media sosial untuk membeli suatu produk ini cukup marak dikalangan anak muda. Para influencer biasanya mendapatkan upah dari endorsement.

Untuk membuka jasa ini, para influencer biasanya menggunakan perangkat foto dan video seperti smartphone, ringlight, tripod dan lain sebagainya. Ketika kamu ingin mulai merintis untuk menjadi seorang influencer, tentunya kamu harus berbekal kemampuan untuk berbicara didepan kamera, karena kamu wajib untuk melakukan ulasan terhadap produk yang kamu promosikan secara menarik.

Dalam menghasilkan uang dengan sebuah konten, Influencer memerlukan beberapa media sosial berpengaruh seperti Instagram, Youtube, TikTok, hingga Twitter. Pengasilan dari influncer sendiri sangat beragam tergantung kelompoknya. Kelompok mikro-influencer yang memiliki 1.000 hingga 10 ribu followers dapat menghasilkan ratusan ribu hingga jutaan rupiah perbulan. Sedangkan kelompok mega-infloencer yang memiliki lebih dari 1 juta followers dapat mengasilkan hingga puluhan juta rupiah perbulan.

Ketika ingin memulai untuk mencoba menjadi influencer, kamu memiliki pilihan untuk membuka jasa ini secara pribadi atau tergabung dalam situs atau manajemen penyedia jasa endorsement.

Perlu diingat, menjadi seorang influencer juga perlu memperhatikan attitude atau sikap dalam bermain sosial media, karena influencer tentu saja dijadikan trendsetter atau pencipta trend yang dapat ditiru oleh para followers-nya. Hal ini penting agar peranmu sebagai influencer tidak hanya tentang promosi produk, tetapi juga bisa menjadi seorang influencer yang dapat menebar contoh yang baik pada para followers-nya.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dengan Cepat dan Halal melalui Internet

6. Penerjemah dan Tutor Online Bahasa Asing

Bahasa asing merupakan kebutuhan masyarakat yang terus meningkat saat ini. Baik keperluan pendidikan, bisnis, hingga keinginan dan ketertarikan untuk mempelajarinya dengan didasari oleh hobi.

Apabila kamu memiliki keahlian dalam bahasa asing, maka jadikanlah hal tersebut sebagai kesempatan untuk memiliki kerja sampingan online. Keahlian ini dapat kamu gunakan sebagai penyedia jasa terjemahan atau tutor khursus online.

Seperti yang kita ketahui bahwa tingkat kesulitan bahasa asing yang terbilang rumit dan beragam menyebabkan tarif atau harga dari jasa tutor kursus bahasa asing ini cukup besar dan menjanjikan. Terlebih jika ada yang membutuhkan jasamu sebagai tutor khursus online secara privat. Dimana biasanya sistem perhitungan upah bagi para tutor khursus online privat akan dihitung per pertemuan hingga per jam belajar.

Begitupun jasa penerjemah, semakin rumit dokumen yang harus diterjemahkan, maka semakin tinggi juga tarif yang dapat kamu tawarkan.

Oleh karena itu, meski dapat dilakukan sebagai kerja sampingan, menjadi penerjemah atau tutor bahasa asing terbukti dapat menghasilkan upah yang tinggi.

7. Jasa Foto dan Video Editor

Untuk kamu yang memiliki bakat di bidang editing foto dan video, kamu bisa mencari kerja sampingan online dengan menjadi seorang photo dan video editor.

Saat akan memulai jasa edit foto dan video, kamu tidak perlu memiliki modal berupa kamera mahal, hanya butuh laptop dan software seperti Adobe, Corel, AVS dan lainnya untuk bisa memulai bisnis jasa edit foto dan video kamu sendiri. 

Dalam jasa edit foto dan video, tarif yang ditentukan sangatlah variatif. Biasanya sorang pembuka jasa edit foto dan video akan menyesuaikan tarif tersebut sesuai dengan permintaan yang diinginkan untuk selanjutnya didiskusikan besama dengan klien.

8. Menjual Foto

Masih seputar dunia fotografi. Siapa sangka stok foto dalam perangkatmu bisa menjadi sumber uang tambahan? Ya, rekomendasi kerja sampingan online berikutnya adalah bisnis menjual foto.

Bisnis ini tentunya sangat cocok bagi kamu yang memiliki hobi dan keahlian dalam bidang fotografi. Jika kamu suka memotret pemangangan alam, perkotaan dan arsitektur, foto model, hingga makanan serta obyek lainnya, kamu dapat mencoba untuk mempublikasikan dan menjual hasil karyamu di berbagai media seperti koran maupun situs layanan foto berbayar.

Adapun beberapa contoh situs online tersebut seperti Shutterstock, iStockphoto, Adobe Stock, Foap, Crestock dan lain-lain. Dengan membagikan foto-foto hasil karyamu di beberapa situs tersebut, hasil foto kamu berkesempatan untuk dilirik dan dibeli oleh siapapun, kapanpun dan untuk kebutuhan apapun.

Oleh karena itu, jangan ragu apalagi menyia-nyakan bakan dan keterampilanmu dala mengambil foto. Karena stok foto maupun konten hasil karyamu dapat menjadi sumber uang.

Namun, dalam bisnis ini kamu juga dituntut untuk memperhatikan beberapa hal agar foto-foto hasil karyamu dilirik banyak orang. Hal tersebut meliputi penyediaan kategori atau jenis foto yang banyak dicari orang, memanfaatkan aplikasi edit foto agar fotomu lebih menarik, berkarakter dan memiliki ciri khas, serta konsistensi dalam hal upload foto.

Baca Juga: Jualan Online Paling Laris yang Banyak Dicari

9. Content Creator

Seperti yang kita ketahui, era yang serba digital seperti sekarang ini, berbagai platform  media sosial menjadi salah satu aspek penting dalam menjalankan banyak kegiatan. Dengan menggembangkan kemampuan dan kreatifitas yang dimiliki, menjadi content creator di beberapa platform bisa menjadi pilihan kerja sampingan online. Dimana platform paling diminati sebagai tempat berkumpulnya para content creator saat ini adalah YouTube dan TikTok.

Dengan menuangkan ide segar untuk menyajikan beragam konten video pendek melalui TikTok atau video-video yang lebih panjang melalui Youtube, kamu akan berkesempatan mendapatkan uang tambahan. Terlebih lagi jika kontenmu unik dan berhasil menarik banyak peminat atau audience.

Bahkan, tidak sedikit content creator TikTok dan Yotube diluar sana yang berhasil menarik para pebisnis untuk bekerjasama dengan mereka. Jika sudah seperti ini, kamu sendiri dapat membayagkan penghasilan yan kamu peroleh dengan menjadi content creator di berbagai platform online.

Untuk mencapai hal tersebut tentunya tidak mudah, selain kreatifitas dan ide segar yang menjadi unsur utama, kamu juga memerlukan beberapa kemapuan pendukung, seperti berbicara didepan kamera, kemampuan untuk menggunakan aplikasi edit foto dan video, serta kemampuan yang berhubungan dengan konten yang akan kamu sajikan.

10. Podcaster

Masih seputar konten, jika kamu memiliki ide segar dalam menciptakan sebuah konten namun belum terlalu berani untuk mengekspresikan dirimu didepan kamera, bekerja sampingan sebagai seorang podcaster dapat menjadi pilihan.

Podcast sendiri merupakan hasil rekaman audio yang dapat didengarkan oleh khalayak umum melalui media internet. Konten dari podcast ini ternyata dinilai lebih intens dan fleksibel jika dibandingkan dengan siaran radio pada umumnya, sehingga podcast seringkali berhasil menarik minat masyarakat. 

Jenis konten yang dapat disajikanpun beragam, beberapa podcaster menyajikan konten-konten edukasi, sebagiannya lagi menyajikan konten hiburan, motivasi dan lain-lain . Minat yang tinggi terhadap podcast ini juga bahkan membuat beberapa instansi pemerintah ikut serta dalam membuat konten podcast untuk dapat berkomunikasi secara tidak langsung atau menginformasikan hal-hal tertentu kepada masyarakat.

Seorang podcaster pada umumnya akan mendapatkan penghasilan dari konten podcast yang digarapnya melalui penayangan iklan. Namun harus diperhatikan juga, bahwa jika podcastmu mengandung terlalu banyak iklan dapat beresiko berkurangnya peminat atau pendengar dikarenakan mereka merasa terganggu.

Jadi podcast seperti apa yang akan kamu pilih?

11. Data Entry

Percaya atau tidak, memindahkan data seperti memindahkan data ke toko online, program excel, website, maupun memindahkan data yang berbentuk fisik menjadi bentuk digital dapat menghasilkan uang tambahan. Oleh karena itu, artikel ini akan merekomendasikan juga jasa data entry sebagai kerja sampingan online yang terbukti menguntungkan berikutnya.

Di situs pekerja lepas atau freelancer, jasa data entry ini juga banyak diminati dan bisa diperhitungkan. Sebab, banyak sekali perusahaan yang membutuhkan orang yang dapat memasukkan data yang mereka miliki ke dalam sistem perusahaan. Selain banyak perusahaan yang membutuhkan, jasa data entry juga memiliki tugas yang relatif mudah, data entry cocok bagi kamu para mahasiswa atau karyawan yang ingin mendapat uang tambahan tanpa harus menyita waktu dan pikiran untuk mengerjakan tugas utamamu.

12. Menjual Barang Tidak Terpakai

Kamu memiliki beragam barang yang sudah tidak terpakai namun masih sangat layak untuk digunakan? Jangan dulu dibuang! Coba pilah kembali apakah barang-barang tersebut selain layak digunakan, juga layak dijual? Jika iya, jangan ragu untuk membuat toko online khusus menjual barang-barang tersebut.

Bisnis ini biasanya dikenal dengan istilah thrift shop atau preloved. Barang yang dijualpun beragam, mulai dari kategori pakaian, berbagai peralatan elektronik, hingga buku-buku.

Tidak hanya dapat merapikan isi lemarimu, dengan bermodalkan barang tidak terpakai dan bantuan foto katalog yang menarik, kamu dapat mengumpulkan uang tambahan dari kerja sampingan berupa online thrift shop. Bahkan secara tidak langsung, dengan menjual barang-barang tidak terpakai kamu juga berkontribusi untuk kebaikan lingkungan lho. Karena kegiatan ini juga dapat mengurangi sampah.

13. Jasa Konsultan Online Marketing 

Celah peluang bisnis atau karir diranah online terbuka semakin lebar. Sejalan dengan hal tersebut aktivitas online marketing semakin populer bersamaan dengan meningkatnya pengunaan teknologi dan sosial media. 

Berbagai bisnis mulai berlalih ke online marketing sebagai salah satu strategi penjualan untuk menarik target pasar yang dituju. Jika kamu memiliki keahlian atau hobi menenuki bidang online marketing, kamu dapat mencoba menekuni profesi konsultan online marketing ini sebagai pekerjaan utama bahkan sebagai kerja sampingsan online untuk sumber penghasilan tambahan.

Untuk memasukin dunia online marketing, setidaknya kamu perlu tahu mengenai copywriting, konten SEO, pemanfaatan dan trik iklan berbayar, hingga analisis data. Sekilas memang terdengar sulit. Namun hal tersebut juga sepadan dengan prospek yang dimiliki, dimana para pemilik usaha terus berlomba-loba mengembangkan bisnisnya secara online. Sehingga jasamu sebagai konsultan online marketing sudah tentu banyak dibutuhkan.

Bisnis Online dengan Pelatihan Bersama Evermos

Berbeda ceritanya jika kamu lebih tertarik sebagai pelaku bisnis, kamu dapat menjual produkmu dengan dibantu trik dan strategi online marketing.

Jika kamu bahkan seorang pemula yang belum memiliki anggran untuk membayar jasa konsultan online marketing, Evermos tentunya siap membantumu.

Dengan bergabung menjadi reseller Evermos, kamu akan secara otomatis mendapatkan akses pelatihan mengenai bisnis online secara GRATIS dari para trainer professional dibidangnya.

Agar kamu lebih siap untuk menekuni bisnis, yuk gabung sekarang juga dan bersiap untuk dapat penghasilan tambahan dengan menjadi reseller sukses di Evermos!

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts