Daftar Isi

+9 Contoh Usaha Modal Kecil Yang Belum Banyak Pesaing

Contoh Usaha Modal Kecil Yang Belum Banyak Pesaing

Daftar Isi

Meskipun perekonomian merupakan salah satu sektor yang paling terdampak akibat adanya pandemi COVID-19, hal tersebut tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk selalu mencari peluang untuk terus berusaha bertahan hidup. Salah satunya dengan menjalankan suatu bisnis atau usaha. Bagi Anda yang ingin membuka usaha namun masih kebingungan dalam menentukan jenis usaha, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu beberapa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing.

Ketika akan mengawali sebuah usaha atau bisnis tentunya kita dituntut untuk melakukan perencanaan yang matang, mulai dari menentukan jenis usaha yang akan kita jalankan, menyiapkan modal, hingga menentukan pasar.

Tak hanya itu, sebagai pebisnis pemula, sebaiknya kita perlu mengetahui pesaing yang kuat di jenis usaha yang sama. Dalam hal ini Anda dituntut untuk bijak dalam memilih jenis usaha dilihat dari banyaknya kompetitor. Hal tersebut tentunya akan sangat berpengaruh dalam penentuan strategi promosi yang dapat dilakukan kedepannya.

Anda tidak perlu khawatir, karena pada kenyataanya ada banyak contoh usaha dengan modal kecil yang belum banyak pesaing. Bahkan usaha-usaha ini juga diikuti dengan potensi untuk menghasilkan untung besar. Adapun beberapa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing tersebut akan dibahas dalam artikel ini dan bisa Anda gunakan sebagai inspirasi. Oleh karena itu simak artikel ini sampai habis ya!

9 Contoh Usaha Modal Kecil Yang Belum Banyak Pesaing

1. Makanan Vegan Siap Saji

Makanan Vegan Siap Saji

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yang pertama jatuh kepada dunia kuliner. Secara umum, usaha kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang tiada matinya. Pasalnya makanan dan minuman merupakan salah satu kebutuhan manusia yang paling mendasar. Sehingga jenis usaha ini akan selalu mendapat perhatian sehingga akan menjadi peluang yang berpotensi menguntungkan bagi Anda yang memiliki keahlian atau hobi dalam memasak dan berminat untuk terjun ke dunia usaha atau bisnis.

Agar beda dari yang lain, Anda dapat memanfaatkan momentum terjadinya pandemi sejak 2020 yang lalu. Seperti yang kita tahu, pandemi COVID-19  mengubah banyak kebiasaan dan pandangan berbagai kalangan masyarakat, tentunya termasuk dalam hal kesehatan.

Semenjak adanya pandemi COVID-19 sebagian besar masyarakat mulai menerapkan gaya hidup sehat dan menjaga pola makan, salah satunya menjadi seorang vegan. Bahkan menurut survey dari kampanye veganuary, antusiasme masyarakat terhadap konsumsi makanan nabati seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan dinyatakan meningkat. Hal tersebut tentunya merupakan peluang yang besar bagi Anda untuk membuka usaha kuliner yang belum memiliki banyak pesaing. 

Lalu apakah untuk membuka bisnis ini diharuskan memiliki modal yang besar? Jawabannya tentu tidak. Anda dapat menjual berbagai makanan vegan cepat saji dengan kualitas terbaik dan rasa yang nikmat dengan menjadi reseller di aplikasi Evermos

Melalui satu aplikasi saja, Anda akan menemukan beragam pilihan produk makanan vegan siap saji dan dapat langsung menjualnya tanpa modal.

Selain tanpa modal, Evermos juga akan membantu Anda dalam menjalankan usaha dengan jauh lebih praktis. Dengan menjadi reseller Evermos, Anda tidak perlu mengemas dan mengirim pesanan dari konsumen, karena hal tersebut akan langsung ditangani oleh tim Evermos.

Dengan keuntungan fantastis, Anda dapat bergabung menjadi reseller gratis! Oleh karena itu, tunggu apa lagi? Gabung sekarang juga!

2. Paket Sayuran

Sayuran

Daftar contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing berikutnya adalah usaha paket sayuran. Tak hanya sebagai kebutuhan rumah tangga, sayur juga merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan setiap hari oleh berbagai kalangan pengusaha, dari usaha rumahan, restoran, hingga perhotelan maupun pabrik. 

Sama seperti usaha makanan vegan siap saji, usaha paket sayuran juga memiliki peluang yang luas karena adanya momentum pandemi. Kebiasaan masyarakat untuk membatasi mobilitas fisik membuat sebagian orang lebih memilih untuk berbelanja sayur mayur melalui media pesan antar.

Jika Anda tertarik untuk membuka usaha paket sayuran, Anda tidak diharuskan memiliki modal yang besar, karena usaha ini memungkinkan untuk dibuka secara partai besar maupun eceran. Anda juga dapat menjajakan usaha ini dengan metode online dan offline secara bersamaan.

Dari penjelasan tersebut terlihat bahwa usaha paket sayuran merupakan ide usaha modal yang patut dicoba. Karena selain memiliki pasar yang luas dan minim pesaing yang juga dapat mengurangi kemungkinan rugi, usaha paket sayuran juga terbilang fleksibel sehingga cocok bagi pemula. Maka tak heran jika ide usaha satu ini berpeluang untuk mendapatkan untung yang besar.

3. Berjualan Barang Antik

Berjualan Barang Antik

Anda pecinta barang-barang antik? Jika iya, tidak ada salahnya untuk menjadikan hobi Anda sebagai sumber usaha.

Seperti yang kita ketahui bahwa barang antik memiliki pasarnya sendiri, oleh karena itu berjualan barang antik patut dimasukan kedalam salah satu contoh usaha yang belum banyak pesaing.

Meskipun kolektor dari barang antik belum terlalu banyak, namun para kolektor ini sudah tidak usah diragukan lagi atas loyalitasnya terhadap barang-barang antik yang mereka sukai. Mereka juga akan menaruh perhatian yang sangat tinggi terutama dari nilai sejarah yang terkandung terhadap barang antik itu sendiri. Dengan kata lain, berjualan barang antik merupakan usaha yang cukup menjanjikan dan sudah memiliki pasar spesifiknya sendiri.

4. Kue Hias Ala Korea

Kue Hias

Dimasa sekarang ini, ulangtahun, kelulusan, serta perayaan-perayaan lain akan kurang rasanya jika tidak menghadirkan kue hias sebagai pelengkap. Jika kue tart sudah terlalu dianggap biasa, maka contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing kali ini ini datang dari kue dengan ragam ukuran yang dihias dengan simpel namun cantik serta dikemas semenarik mungkin atau biasa dikenal dengan korean bento cake. Rasa yang enak, tampilan yang cantik, serta ukuran yang pas membuat kue hias ini memiliki potensi untuk kian digemari.

Jika dilihat, usaha kue hias ini dapat menjadi salah satu usaha yang berpeluang menghasilkan untung yang besar dan menjanjikan, Dengan proses pembuatan yang tidak mudah dan membutuhkan keahlian khusus, menyebabkan harga pasaran dari kue hias itu sendiri juga cukup tinggi. 

Meski begitu, usaha kue hias ini merupakan usaha yang sangat memungkinkan dilakukan dalam skala rumahan dengan modal yang relatif kecil. Oleh karena itu jika Anda memiliki keterampilan untuk membuat dan mendekorasi kue jangan ragu untuk mencoba ide usaha satu ini.

5. Jasa Menulis Konten 

Jasa Menulis Konten 

Jika Anda adalah seorang yang memiliki keahlian dalam bidang menulis konten artikel, membuka usaha dalam jasa menulis berbagai jenis konten atau artikel dapat Anda tekuni. Jasa ini biasanya dicari oleh perusahaan maupun mahasiswa untuk berbagai keperluan.

Dengan kata lain, Anda sudah memiliki pasar pasti dalam usaha ini. Untuk memulai usaha ini, Anda bisa bergabung dengan berbagai komunitas. Hal ini penting Anda lakukan untuk memperkuat koneksi sesama penulis.

Untuk menawarkan jasa menulis konten, Anda bisa mencoba agensi atau firma terjemahan, situs freelance, maupun secara personal. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan kumpulan hasil karya tulis Anda dan menyusunnya menjadi sebuah portofolio. Hal ini juga sangat penting agar reputasi Anda sebagai pembuka layanan jasa menulis konten semakin baik.

6. Menjual Kemasan Produk

Kemasan Produk

Meningkatnya minat berbelanja online tentunya sejalan dengan pertumbuhan bisnis online yang menjual beragam produk.

Pertumbuhan bisnis online yang kian marak ini tentunya dapat menjadi peluang yang menjanjikan bagi Anda untuk membuka usaha kemasan berbagai jenis produk. Pada dasarnya selain sebagai pelindung produk, kemasan juga memiliki peran sebagai identitas produk bahkan sebagai media pemasaran.

Meski beberapa produk yang dijual oleh toko online merupakan jenis produk yang bermodal kecil, namun tidak seharusnya produk-produk tersebut menggunakan kemasan seadanya. Setiap produk yang dijual perlu kemasan yang menarik agar dapat menarik konsumen.

Dengan fungsi yang begitu banyak, dapat dikatakan bahwa membuka usaha dalam bidang kemasan produk patut Anda coba.

7. Bisnis Perlengkapan Hewan Peliharaan

Hewan Peliharaan

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing selanjutnya cocok untuk para pecinta hewan peliharaan.

Membuka usaha perlengkapan hewan peliharaan merupakan ide yang patut dicoba. Usaha ini merupakan salah satu jenis usaha yang minim kompetitor namun juga memiliki pasar tersendiri karena usaha perlengkapan hewan sangat erat kaitannya dengan hobi segelintir orang. Meskipun tidak semua orang membutuhkan perlengkapan untuk hewan peliharaan, namun para pemilik hewan peliharaan akan selalu merawat dan memberi makan hewan kesayangannya sehingga akan selalu membutuhkan berbagai perlengkapan hewan peliharaan dan menjadikannya seolah merupakan kebutuhan sekunder.

Produk yang dapat Anda jual dalam usaha perlengkapan hewan peliharaan cukup beragam, mulai dari makanan, vitamin, obat-obatan, alat pembersih, aksesoris, dan lain sebagainya.

8. Lilin Aromaterapi

Lilin

Sejak adanya pandemi yang membuat sebagian besar masyarakat menjadi lebih sering dirumah, membuat produk lilin aroma terapi mulai menjadi perhatian. Perannya yang mampu mengurangi stress, menciptakan rasa relaksasi, dan membantu pengidap masalah sulit tidur membuat produk lilin aroma terapi semakin marak diminati.

Meski begitu, belum banyak pebisnis yang memutuskan untuk membuka usaha pada produk satu ini. Oleh karena itu, lilin aroma terapi dapat dikategorikan sebagai contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing dan patut Anda pertimbangkan.

Jika melihat dari segi pasar, peluang untuk menciptakan usaha lilin aromaterapi ini amat menjanjikan. Karena selain dapat dijual secara eceran untuk penggunaan pribadi oleh para konsumen, produk lilin aromaterapi juga dapat dijadikan produk kado atau souvenir untuk berbagai acara. Terlebih lagi usaha ini juga termasuk dalam kategori usaha rumahan karena proses produksinya yang cenderung sederhana, tidak memerlukan proses yang rumit maupun modal yang tinggi.

Agar lebih menarik dan berbeda dengan yang lainnya, Anda dapat mengkreasikan lilin aroma terapi tersebut dengan variasi wangi-wangian, bentuk,  atau menambahkan dekorasi minimalis agar produk lilin aroma terapi yang Anda jual semakin terlihat elegan dan menarik.

9. Jasa Laundry Tas dan Sepatu

Jasa Laundry Tas dan Sepatu

Jasa laundry identik dengan jasa pencucian produk pakaian mulai dari baju, celana, rok, dan jaket. Namun apa jadinya bila Anda membuka jasa laundry khusus produk tas dan sepatu?

Sebagian dari masyarakat akan mencuci sepatunya sendiri dirumah, namun hal itu tidak berarti laundry atau jasa cuci tas dan sepatu belum bisa menjadi contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing selanjutnya.

Jangan salah, khususnya di daerah perkotaan, usaha laundry tas dan sepatu memiliki pangsa pasar yang tergolong luas. Ditambah lagi usaha ini termasuk kedalam sektor jasa, dimana keuntungannya relatif akan lebih besar. Dengan modal yang kecil, Anda dapat membuka usaha rumahan dibidang ini dibantu oleh peralatan yang ada. 

Itulah 9 contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yang dapat Anda coba sebagai peluang untuk mendapatkan pundi-pundi penghasilan. Perlu diingat bahwa ada baiknya Anda memilih jenis usaha sesuai kemampuan Anda. Dengan begitu, meski dimulai dari modal kecil, usaha tersebut bisa Anda kembangkan sehingga berpeluang mendapatkan untung yang besar.

Lalu apakah kita dapat memulai untuk membuka usaha meski belum punya modal? Tenang, Anda daftar menjadi reseller Evermos ini GRATIS! Setelah itu, Anda bisa langsung berjualan ribuan pilihan produk kebutuhan sehari-hari yang sudah terjamin kualitasnya. Ketika produk-produk tersebut berhasil terjual, komisi jutaan perbulan siap menjadi milik Anda! Yuk, daftar sekarang juga!

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×