Daftar Isi

Cara Menggunakan WhatsApp Bisnis Untuk Jualan

Cara Menggunakan WhatsApp Bisnis

Daftar Isi

Ingin memaksimalkan penjualan Anda melalui aplikasi WhatsApp? Yuk, simak artikel menganai cara menggunakan Whatsapp bisnis untuk toko online dan yang memiliki usaha agar semakin mudah dalam melayani calon pelanggan.
Bagi para pelaku usaha, terhubung langsung dengan pelanggan adalah sebuah keharusan.
Untungnya, di zaman serba digital ini hal tersebut pun bukan lagi menjadi sebuah masalah. Sudah banyak aplikasi pesan singkat serta marketplace yang menyediakan fitur pesan.
Namun, di Indonesia sendiri WhatsApp bisnis lah yang paling banyak digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan.
Untuk itu, setiap pebisnis wajib sekali mengetahui cara menggunakan WhatsApp bisnis.
Banyak sekali lho manfaat dari WhatsApp bisnis bagi para pemilik usaha.
Pada artikel kali ini, Anda akan mempelajari mengenai pengertian WhatsApp bisnis, fitur-fitur unggulannya, cara menggunakan WhatsApp bisnis, manfaat WhatsApp bisnis, juga cara memaksimalkan WhatsApp bisnis untuk jualan. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya.

Apa Itu WhatsApp Bisnis?

WhatsApp bisnis merupakan aplikasi chat yang dibuat oleh WhatsApp, khusus untuk menunjang para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya dan memudahkannya dalam berkomunikasi dengan pelanggan.
Sejak peluncurannya pada tahun 2018, WhatsApp bisnis semakin memiliki kenaikan dalam jumlah penggunanya.
Bahkan sekarang, menurut data sudah ada lebih dari 175 juta orang mengirim pesan ke WhatsApp bisnis setiap harinya.
WhatsApp bisnis ini tidak hanya berguna untuk perusahaan besar. Pelaku usaha kecil seperti UMKM pun bisa turut menggunakannya dengan mudah.
Karena tujuan dari peluncuran WhatsApp bisnis ini adalah untuk meningkatkan pengalaman dalam berbisnis.
Setiap pebisnis bisa menemukan berbagai fitur yang tentunya bisa memudahkan mereka untuk menjalankan bisnis, berinteraksi dengan pelanggan, menjangkau pelanggan yang lebih luas, juga pastinya mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
Penasaran fitur-fitur apa saja yang dihadirkan pada WhatsApp bisnis ini dan tidak ada di WhatsApp biasa? Baca selengkapnya di bawah ini.

Fitur-Fitur pada WhatsApp Bisnis

1. Katalog

Akun WhatsApp bisnis memungkinkan Anda untuk membuat katalog dari produk yang Anda jual.
Katalog ini berada dalam profil WhatsApp Bisnis Anda dan berfungsi seperti etalase produk yang dapat diakses oleh pelanggan saat membuka profil Anda.
Anda dapat menambahkan foto produk, deskripsi produk, detail keterangan produk, dan juga harga produk.
Jadi, pelanggan pun bisa melihat keseluruhan informasi dari produk yang Anda jual.
Fitur katalog ini pun bisa menampilkan hingga 500 foto produk. Sangat efektif, bukan?

2. Pesan otomatis

Pesan otomatis ini menjadi salah satu fitur unggulan yang ada pada WhatsApp bisnis. Hanya perlu mengetik symbol “/”, pilihan pesan otomatis yang telah dibuat pun akan muncul dengan sendirinya.
Anda bisa mengatur pesan otomatis ini dan membaginya ke dalam tiga kategori, yaitu Away Message, Greeting Message, dan Quick Replies.

  •  Away Message

Away Message merupakan balasan otomatis yang akan dikirim ketika ada pelanggan yang menghubungi toko Anda di luar jam kerja atau ketika bisnis sedang tidak beroperasi. Jika fitur ini diaktifkan, maka pelanggan Anda akan mendapatkan pesan secara otomatis yang berisi pemberitahuan bahwa toko sedang tutup dan akan dibalas setelah buka di jam kerja, atau pesan lain sesuai preferensi Anda.

  • Greeting Message

Greeting Message merupakan balasan otomatis yang bisa Anda pakai pada saat pelanggan pertama kali menghubungi Anda. Anda bisa memberikan salam sapaan kepada pelanggan dan juga menanyakan apa yang bisa dibantu.

  • Quick Replies

Jika Anda menemukan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan, Anda bisa membuat balasan singkat yang berisi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Jadi, ketika nantinya da pelanggan lain yang menanyakannya, Anda bisa langsyng menjawabnya dengan pilihan jawaban yang sudah Anda buat. Sangat praktis, bukan?

3. Statistik pesan

Ingin tahu pesan mana saja yang sudah terkirim dan sudah masuk ke pelanggan? Pada WhatsApp bisnis, Anda bisa melihat jumlah statistik keduanya. Dengan adanya fitur ini, Anda pun bisa meninjau pesan mana yang efektif untuk dikirimkan pada pelanggan.

4. Tanda centang pada akun bisnis

Jika Anda ingin pelanggan Anda lebih mempercayai bisnis Anda, tanda centang biru bisa jadi solusinya.
Dengan adanya tanda centang biru pada profil, pelanggan pun akan mengetahui bahwa akun bisnis Anda merupakan akun official atau akun asli dari perusahaan/bisnis yang Anda miliki.
Anda bisa mendapatkan centang pada akun bisnis Anda setelah melakukan verifikasi nomor telepon.

5. Pengelompokan pesan dengan “Label”

Fitur unggulan lainnya yang hanya ada di WhatsApp bisnis adalah Label.
Dengan fitur label ini, Anda bisa mengelompokkan pesan berdasarkan kriteria tertentu, seperti prospek, pesan baru, menunggu pembayaran, dan pesanan selesai.
Anda juga bisa menambahkan kriteria lain sesuai keinginan Anda.
Dengan adanya fitur label ini, Anda pun bisa lebih mudah berkomunikasi dengan pelanggan.

Cara Menggunakan WhatsApp Bisnis

Setelah mengetahui fitur-fiturnya, pasti langsung ingin tahu kan, bagaimana cara menggunakan WhatsApp bisnis? Langsung simak langkah-langkahnya di bawah ini ya.
1. Unduh aplikasi
Untuk bisa menggunakan WhatsApp bisnis, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu. WhatsApp bisnis tersedia di Google Play Store bagi Anda yang menggunakan Android dan App Store bagi Anda yang menggunakan IOS.
2. Buat Akun
Jika sudah selesai mengunduh aplikasinya, Anda bisa langsung membuat akun WhatsApp bisnis dan masukkan nomor telepon yang akan digunakan pada akun tersebut. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan kode yang digunakan untuk verifikasi. Setelah proses verifikasi selesai, Anda pun telah bisa mengakses akun WhatsApp bisnis Anda.
3. Lengkapi profil
Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melengkapi profil Anda. Anda dapat mengisi profil Anda dengan alamat, kategori, deskripsi, jam kerja, email, dan juga website perusahaan atau bisnis Anda.

Cara Memaksimalkan WhatsApp Bisnis untuk Jualan

Sudah tahu cara menggunakan WhatsApp bisnis, dan sudah mengaplikasikannya juga untuk berjualan, tapi ingin lebih maksimal lagi dalam dalam mendapatkan keuntungan? Mungkin Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini.
1. Membuat pesan broadcast
Toko Anda sedang launching produk baru? Atau sedang ada promo dan diskon besar-besaran?
Agar produk baru atau diskon yang Anda buat bisa diketahui banyak orang, Anda bisa membuat pesan broadcast, lho.
Dengan membuat pesan broadcast, pelanggan bisa segera mengetahui diskon yang sedang berlangsung dan penjualan pun bisa menjadi lebih maksimal.
2. Foto produk dengan menarik
Biasanya, pelanggan akan melirik produk yang Anda jual jika foto yang ditampilkan pada katalog terlihat menarik.
Oleh karena itu, Anda bisa membuat foto produk yang jelas, dan memuat deskripsi yang lengkap sehingga pelanggan pun akan percaya pada produk yang Anda jual.
3. Membuat konten di WhatsApp Story
Jika Anda ingin toko Anda terus terlihat oleh pelanggan, Anda bisa mengunggah WhatsApp story lho.
WhatsApp story merupakan fitur yang memungkinkan Anda untuk berbagi foto atau video yang hanya akan muncul selama 24 jam.
Anda bisa mengunggah foto produk, informasi promo, dan info-info lainnya agar pelanggan bisa terus mengingat toko Anda.
Demikianlah artikel mengenai cara menggunakan WhatsApp bisnis untuk jualan.
Jika Anda bisa menggunakannya dengan maksimal, Anda pun bisa meraih keuntungan yang lebih besar untuk bisnis Anda. Selamat Mencoba!
Selain dengan WhatsApp bisnis, Anda juga bisa memulai bisnis dengan jadi reseller Evermos, lho.
Temukan ribuan produk dengan harga tangan pertama hanya di aplikasi Evermos. Yuk, mulai berikhtiar bersama Evermos!

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×