Seller Adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Strategi Berjualan Online

Seller Adalah

Dalam dunia bisnis online, banyak sekali istilah-istilah berbahasa Inggris yang digunakan. Salah satunya adalah seller. Seller adalah salah satu istilah yang kerap kali kita dengar. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai seluk beluk menjadi seller di bisnis online.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online dan ingin menjadi seller, ada baiknya jika Anda mengetahui segala informasi mengenai seller. Untuk itu, yuk simak penjelasan lengkap mengenai seller di bawah ini.

Pengertian Seller

Menurut Bahasa, arti dari seller adalah penjual. Jika Anda berbelanja di sebuah situs marketplace atau situs jual beli, Anda pasti akan menemukan berbagai macam toko yang menjual barang-barang tertentu. Seller adalah pemilik toko atau penjual barang tersebut.

Biasanya, seller bisa menjual produk yang mereka buat sendiri ataupun produk yang diambil dari supplier barang tertentu. Menjadi seorang seller yang sukses tidak semata-mata bisa diraih begitu saja. Ada berbagai macam cara dan strategi yang harus disusun agar kesuksesan bisa diraih.

Agar bisa meraih kesuksesan sebagai seller, simak penjelasan mengenai ciri-ciri seller yang baik, cara menjadi trusted seller, serta strategi jualan online bagi seller di bawah ini.

Baca Juga: Supplier Adalah: Penjelasan Lengkap Mengenai Supplier

Ciri-Ciri Seller yang Baik dan Terpercaya

1. Tampilan toko yang terpercaya

Untuk bisa menilai seorang seller terpercaya atau tidak, pasti yang pertama pelanggan lihat adalah tampilan tokonya. Karena toko hanya ada secara online, maka toko Anda harus terlihat profesional.

Tampilan toko yang baik bisa dilihat dari desainnya yang rapi, deskripsi toko yang jelas, dan juga yang terpenting adalah terdapat kontak seller yang bisa dihubungi.

Selain itu, seller juga harus melakukan update atau pembaharuan secara berkala, misal jika ada perubahan pada spesifikasi produk, dan lain sebagainya. Sehingga pelanggan pun tidak protes atau komplain jika nantinya barang yang mereka terima tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditulis sebelumnya.

2. Respon yang baik dan cepat

Hal yang seharusnya selalu dilakukan seller adalah memberikan respon atau tanggapan atas pertanyaan pelanggan dengan sebaik mungkin. Dengan menjadi seller yang sigap serta ramah, Anda pun bisa menggaet hati pelanggan dengan mudahnya.

Jangan terlalu mendesak pelanggan untuk segera membeli produk Anda. Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan dengan ramah, dan jawaban yang detail, maka dengan sendirinya pelanggan pun akan tertarik membeli produk Anda.

3. Riwayat penjualan yang baik

Jika Anda berjualan di marketplace, Anda bisa meyakinkan pelanggan Anda untuk percaya dan membeli produk Anda dengan banyaknya Riwayat pembelian yang sudah ada di toko Anda. Semakin banyak pembelian yang dilakukan oleh pelanggan, maka pelanggan lain pun akan percaya pada toko Anda.

4. Testimoni dari pelanggan yang bagus

Testimonial atau komentar dari pembeli atas barang atau pelayanan merupakan salah satu nilai lebih yang bisa membuat seller terlihat lebih terpercaya. Melalui berbagai testimoni yang ditulis oleh pembeli, reputasi seller atau toko pun akan terlihat.

Testimonial Biasanya berisi komentar pembeli mengenai pengalaman berbelanja di seller tersebut, respon seller terhadap pertanyaan pembeli, pengalaman pembeli terhadap produk, bagaimana bahannya atau pengemasannya, dan juga pengirimannya.

Dengan adanya testimonial dari pembeli, maka calon pembeli lain bisa melihat bahwa seller sudah berhasil melakukan transaksi secara online dan kualitas barang pun bisa dipercaya. Sehingga para pembeli pun bisa menilai bahwa Anda merupakan trusted seller atau recommended seller.

5. Toko sudah verified

Beberapa marketplace atau situs jual beli memiliki fitur verified member untuk para penjual yang sudah memiliki reputasi baik di situs tersebut. Verified member Biasanya diberikan secara Cuma-Cuma oleh pengelola situs tersebut karena performa seller atau toko yang baik dan juga banyak dipercaya oleh pembeli.

Namun, menjadi seller sudah menjadi verified bukanlah sebuah jaminan seorang seller tidak memiliki kekurangan. Pasti aka nada saja permasalahan yang mungkin terjadi. Tetapi yang terpenting adalah bagaimana Anda bisa mengkomunikasikannya kepada para pembeli terkait. Sehingga pembeli pun tetap nyaman bertransaksi dengan toko Anda.

6. Memasang harga yang masuk akal

Anda pernah curiga dengan seller yang mematok harga suatu barang jauh di bawah harga pasaran? Menentukan harga suatu produk yang kita jual memang harus dilakukan dengan hati-hati.

Jangan memasang harga yang terlalu mahal, dan juga jangan memasang harga terlalu rendah. Harga yang terlampau terlalu rendah akan memunculkan kecurigaan pada pembeli bahwa barang yang Anda jual merupakan barang palsu, atau Anda bisa dicurigai sebagai penipu.

Lalu jika Anda memasang harga terlalu mahal, pembeli pun bisa menjadi tidak tertarik dengan produk yang Anda jual dan akan memilih untuk membelinya di kompetitor lainnya yang memiliki harga lebih murah dan sesuai pasaran, serta memiliki kualitas yang bersaing.

Oleh karena itu, agar pembeli tidak menaruh kecurigaan pada Anda atau barang yang Anda jual, maka Anda harus memberikan harga yang masuk akal serta telah melalui perhitungan yang matang sebelumnya.

Baca Juga: 10 Lowongan Bisnis Online Tanpa Modal Dan Terbukti Membayar

Cara Jadi Trusted Seller

1. Berikan informasi yang jelas

Sebelum kita membeli sebuah barang, pasti kita kan mencari tahu informasi lengkap dari produk tersebut, bukan?

Jika Anda ingin menjadi trusted seller atau seller yang dipercaya, Anda harus memberikan informasi baik mengenai produk maupun cara pemesanan dengan lengkap. Misalnya, mengenai produk yang sebaiknya dipilih oleh pelanggan, metode pembayaran yang tepat, atau jasa pengiriman yang akan dipakai. Seluruh informasi ini bisa Anda jelaskan melalui media sosial bisnis Anda atau juga website bisnis Anda.

2. Maksimalkan media sosial dengan baik

Dengan adanya media sosial yang sudah dipakai oleh berbagai macam orang dari berbagai macam kalangan usia, peluang bisnis di dunia digital memang menjadi terbuka lebar. Hal yang harus dilakukan oleh seller adalah memaksimalkan media sosial sebagai alat pemasaran.

3. Tampilkan review dari pelanggan

Review merupakan hal yang sangat amat dilihat oleh calon pembeli. Biasanya, pembeli akan terlebih dahulu mencari produk yang ingin mereka beli. Jika kebanyakan review nya adalah review positif, maka bisnis Anda pun akan dipercaya oleh lebih banyak lagi konsumen.

Lalu jika Anda menerima review negatif dari produk Anda, jadikan hal tersebut menjadi pacuan untuk terus memperbaiki layanan atau produk yang Anda buat.

4. Buat transaksi menjadi lebih mudah

Karena Anda berbisnis secara online, maka pembayarannya pun harus dilakukan secara online atau transfer. Pelanggan yang membeli produk Anda tidak mungkin hanya memakai satu bank saja. Pasti ada dari berbagai bank.

Demi mempermudah pembeli untuk melakukan pembayaran atas produk yang mereka beli, Anda bisa memberikan berbagai pilihan pembayaran. Misalnya melalui beberapa bank atau bisa juga melalui dompet digital.

Strategi Jualan Online Bagi Seller

1. Buat nama toko yang mudah diingat

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin toko online yang Anda miliki bisa lebih unggul di mata pelanggan daripada toko lainnya, Anda perlu memikirkan dan membuat nama toko yang mudah diingat serta menarik.

Pemilihan nama yang tepat sangat penting bagi keberlangsungan toko Anda, apalagi jika toko Anda baru dan ingin dikenal oleh lebih banyak orang.

Nama adalah sebuah identitas, nama toko Anda adalah identitas toko Anda yang membedakan Anda dari kompetitor lainnya. Anda juga bisa menggunakan nama toko Anda sebagai media branding untuk menampilkan kualitas dari produk-produk yang Anda jual.

Karena pemilihan nama toko ini sangat penting, Anda bisa memulainya dengan nama yang berhubungan dengan barang atau jasa yang ingin Anda jual. Memilih nama toko yang sejalan dengan produk Anda bisa membuat orang lebih mudah mengingat toko Anda.

Misalnya, jika Anda ingin menjadi seller alat elektronik di marketplace, Anda bisa mencoba menggunakan nama seperti Gudang Elektronik, Toko Elektronik Jaya, Raja Elektronik, dan lain sebagainya.

Nama-nama toko tersebut selain mudah diingat, tetapi juga sesuai dengan produk yang Anda jual sehingga akan lebih mudah ditemukan oleh pembeli yang sedang mencari kebutuhan elektroniknya.

2. Beri nama produk dengan rumus

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, pemberian nama yang tepat adalah salah satu strategi penting yang harus dimiliki oleh seller toko online di marketplace.

Jika nama toko sudah ditetapkan, maka selanjutnya adalah penamaan produk. Agar bisa lebih mudah ditemukan oleh pembeli, Anda harus menggunakan rumus penulisan nama produk di toko online Anda. Rumus ini adalah produk + merek produk + keterangan khusus.

Rumus produk + merek produk + keterangan khusus harus digunakan karena faktanya pengguna atau pembeli-pembeli di marketplace lebih banyak melakukan pencarian dengan menuliskan jenis produk saat akan berbelanja.

Dengan menggunakan rumus tersebut, kemungkinan produk Anda lebih mudah muncul di hasil pencarian pun akan semakin besar. Jika Anda beruntung, Anda bisa berada di pencarian paling teratas dan kemungkinan untuk dibeli menjadi lebih tinggi.

Sebagai contoh, Toko Anda menjual berbagai pakaian Muslimah dan salah satu produknya adalah hijab instan dari brand LeviHijab. Maka Anda bisa menamai produk tersebut menjadi “Hijab Instan  LeviHijab Putih”. Hijab Instan adalah jenis produk, LeviHijab adalah merek produk, dan putih adalah keterangan warna dari produk tersebut.

Dengan mencantumkan rumus nama produk, maka konsumen pun bisa lebih cepat dalam menemukan produk Anda.

3. Gunakan logo sebagai identitas

Jika nama toko sudah ditetapkan, lalu Anda sudah paham cara menamai produk, hal yang sama pentingnya selanjutnya adalah logo. Penggunaan logo perlu Anda perhatikan karena logo bisa membuat toko online Anda menjadi lebih mudah dikenali dan diingat oleh konsumen setia Anda.

Tidak seperti nama toko yang mungkin bisa diduplikasi atau bisa sama dengan toko lainnya, logo yang unik dan menarik bisa membantu toko Anda menjadi lebih menonjol dan mudah diingat.

Membuat logo tentu tidak bisa sembarangan. Namun jika Anda tidak bisa membuat logo sendiri, Anda tidak perlu khawatir. Saat ini sudah banyak sekali penyedia jasa desain yang menawarkan pembuatan logo sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Namun sebelumnya Anda harus sudah memastikan untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan pembuat desain logo. Anda bisa bertukar ide dengan desainer sehingga bisa menghasilkan logo yang paling cocok untuk bisnis Anda.

4. Buat deskripsi produk dengan jelas

Strategi selanjutnya yang harus dilakukan oleh seller adalah membuat deskripsi pada setiap produk dengan jelas. Deskripsi yang jelas dan rinci akan mendorong konsumen untuk mengambil keputusan membeli atau tidak membeli produk Anda.

Dengan deskripsi produk yang jelas, Anda pun memberikan konsumen gambaran mengenai produk yang Anda jual, misalnya jika Anda menjual produk hijab, Anda bisa mencantumkan warna yang tersedia, jenis bahan, serta ukuran hijab pada deskripsi produk tersebut.

Deskripsi produk yang lengkap juga bisa mengurangi beban tugas Anda atau admin yang sering ditanyai mengenai detail-detail produk. Jika Anda sudah menjabarkan detail produk di deskripsi, maka konsumen pun tidak perlu bertanya lagi kepada Anda sehingga beban kerja Anda untuk membalas pesan konsumen pun bisa berkurang.

Selain detail mengenai produk, Anda juga bisa menuliskan informasi tambahan seperti ketersediaan stok, garansi, aturan pengiriman, dan lainnya.

Pastikan juga untuk menggunakan Bahasa yang sederhana, to the point, dan mudah dipahami oleh pembaca ketika menuliskan deskripsi produk, ya.

5. Gunakan foto asli beresolusi tinggi

Dengan banyaknya foto-foto produk yang tersebar di internet, tidak sedikit seller yang memilih untuk menggunakan foto produk hasil pencarian di internet atau foto dari suppliernya.

Walaupun hal tersebut sah-sah saja, tetapi ternyata bisa membuat ragu para calon pembeli. Foto yang asal ambil di internet atau foto produk langsung dari supplier bisa terkesan kurang meyakinkan.

Biasanya, konsumen lebih suka foto produk yang asli hasil foto seller sendiri, dan tentunya beresolusi tinggi. Jika Anda memiliki biaya lebih, Anda bisa melakukan sesi pemotretan untuk seluruh produk Anda. Sehingga ketika dipasarkan, produk Anda akan memiliki tampilan yang cantik dan bisa menarik lebih banyak pembeli.

Selain itu, foto produk yang asli juga bisa memberikan kesan bahwa produk Anda memang otentik dan kondisinya bisa dipertanggungjawabkan. Calon pembeli juga bisa menilai kualitas produk tersebut dan apakah sesuai dengan seleranya atau tidak.

6. Ramah dan cepat dalam membalas chat pelanggan

Hal penting lainnya yang harus dimiliki oleh seorang seller adalah kemampuan komunikasi yang baik saat berinteraksi dengan pelanggan. Sebagai seller, pasti Anda akan menemui berbagai macam jenis pelanggan yang mengajukan pertanyaan mengenai produk Anda.

Pertanyaan-pertanyaan yang biasa diajukan oleh pelanggan Biasanya berputar pada ketersediaan barang, ketersediaan varian produk, biaya ongkir, ukuran produk, dan masih banyak lagi.

Pelanggan-pelanggan ini merupakan orang yang sudah tertarik ingin membeli produk Anda, namun ingin mengetahui sedikit informasi tambahan untuk meyakinkan mereka dalam memutuskan.

Maka dari itu, sebagai seller Anda harus ramah serta sigap dalam menyawab segala pertanyaan pelanggan. Satu hal yang perlu Anda ingat, jangan terlalu lama membuat pelanggan menunggu jawaban Anda.

Jika Anda terlalu lama dalam membalas pertanyaan pelanggan, maka pelanggan pun bisa dengan mudah berubah pikiran atau akhirnya memilih untuk membeli di kompetitor lainnya.

Jika pelanggan sudah merasa terlayani dengan baik, maka pelanggan pun akan merasa senang dan akhirnya menaikkan kemungkinan pelanggan tersebut untuk membeli produk Anda kembali.

Mungkin menjadi seorang seller adalah hal yang susah pada awalnya, namun jika Anda sudah memiliki tekad yang kuat, maka bukan tidak mungkin Anda bisa menjadi seller yang sukses.

Demikian artikel mengenai pengertian Seller adalah, ciri-ciri seller yang baik, serta strategi dan cara menjadi trusted seller. Semoga artikel ini berguna bagi Anda yang sedang berniat untuk menjadi seller bisnis online.

Jika Anda tertarik dengan bisnis online, Anda juga bisa mencoba bergabung menjadi reseller di Evermos, lho. Dengan menjadi reseller di Evermos, Anda bisa berjualan ribuan produk kebutuhan sehari-hari tanpa perlu mengeluarkan modal sama sekali.

Cukup mendaftarkan diri Anda secara gratis di aplikasi atau website evermos, Anda pun sudah bisa mengakses lebih dari 13.000 produk halal yang siap Anda jual kembali. Yuk, mulai berikhtiar di Evermos!

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts