Seller JDid

Mudahnya Mulai Jualan Online Dari Rumah Dengan Untung Jutaan Rupiah

Anda berpotensi mendapatkan penghasilan tambahan hingga Jutaan Rupiah cukup dengan menggunakan handphone dengan bergabung menjadi reseller Evermos.

Yuk, Pelajari Mengenai Apa Itu Seller JDid

Ketahui Lebih Dalam Tentang Seller JDid

JD.ID Seller Center kini hadir dalam mobile app. Seller Center App dibuat untuk memberikan pengalaman berjualan yang lebih baik bagi seller JD.ID. Dapat akses ke toko anda, kapan saja dan di mana saja. Masuk dengan menggunakan akun Seller Center anda.

Seller JD.id adalah seseorang yang mengambil peran sebagai yang mempromosikan dan menyediakan barang diakun JD.id

Lebih baik memiliki stok barang dalam penjualan agar tidak mengecewakan pembeli.

1. Cara pertama, kamu bisa membuka website JD.ID dan login menggunakan akun sebagai pembeli.
2. Selanjutnya, pilihlah “daftar sebagai seller” pada bagian pojok kanan atas.
3. Kemudian, pilih “daftar sebagai penjual lokal” jika ingin berjualan di seluruh wilayah Indonesia.

Uang transaksi antara penjual dan pembeli masuk ke saldo akun JD.id.

Daftar Isi

Wajib Tahu! Bisakah jadi Seller JD.ID ? Ketahui Disini!

Jd.id

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY PANDUAN SELLER JD.id

  • Anda akan lebih mengenal tentang aplikasi seller JD id
  • Mengetahui bagaimana caara menjadi seller JD.id
  • Anda akan mengetahui seberapa pentingnya stok barang di JD.id

Di tahun 2022 saat ini sudah banyak platform atau aplikasi yang menyediakan toko secara online.

Meskipun sebenarnya pembuatan platform tersebut sudah sejak lama ada.

Namun seiring dengan meningkatnya teknologi dan kebutuhan masyarakat yang selalu ingin cepat, barulah terlihat peningkatan yang signifikan dalam penggunaan toko secara online.

Mungkin pada awalnya hampir semua para pengguna media platform ingin mencoba akun satu ke akun lainnya, sehingga tertarik untuk menjadi seller.

Hal ini membuat masyarakat yang berjiwa pembisnis pasti akan mencari tahu informasi terkait bagaimana menjadi penjual di Aplikasi online.

Aplikasi Online saat ini lebih banyak tersedia di platform Playstore yang biasa di temui oleh pemilik HP Android.

Salah satu aplikasi yang saat ini banyak iklan dan promosinya adalah JD.id.

Apa itu JD.id ?

JD.id merupakan salah satu toko online terbesar yang ada di Asia Tenggara, seperti hal nya Shopee, Tokopedia, JD.id  dll.

JD.id memiliki aplikasi yang bisa kita download di Playstore maupun di web.

Platform JD.id ini memilki misi terhadap konsumennya yaitu ‘make the joy happen’ yang artinya menghadirkan kebahagiaan kepada seluruh pelanggan di Indonesia.

Cara menghadirkan kebahagiaanya dengan memberikan layanan andal, cepat, dan aman untuk memilih serangkaian produk-produk berkualitas asli dengan harga yang kompetitif.

Tak hanya itu, JD.id memiliki armada logistik dan menjalin kerjasama dengan berbagai mitranya.

Sehingga dengan armada logistik dan dukungan jaringan mitra di seluruh Indonesia, JD.id mampu menyediakan layanan antar yang cepat dan dapat di andalkan di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan nilai kompetitifnya, JD.ID bertujuan untuk menjadi perusahaan e-commerce yang paling populer dan terpercaya

Sehingg terus-menerus berupaya menghadirkan layanan dan beraneka ragam produk kepada seluruh penguna dan pelanggannya di Indonesia dan memberikan kesempatan untuk menjadi Seller JD.id.

Sejarah Singkat JD.id.

Singkat sejarah awal pembuatan JD.id, yaitu pada tahun 2004.

Jd.id ini di buat oleh Richard Liu, seseorang yang merupakan warga negara China.

Liu hadir sebagai pendiri dan CEO di JD.com, dengan jumlah kekayaan hingga lebih dari $ 11 miliar, menurut Forbes.

Bekerja hingga 16 jam sehari, etos kerja Liu yang konsisten telah membuat JD tidak hanya menjadi situs web belanja online paling tepercaya di China, tetapi juga perusahaan dengan inovasi tak tertandingi dalam bidang teknologi dan logistik.

Awalnya JD.id ini di beri nama JD.com sebagai toko yang serba ada secara online.

Hal yang membedakan JD.com dari para pesaing lain-nya adalah bahwa mereka mengontrol setiap aspek rantai pasokan untuk item 1P.

Sehingga, setiap saat pelanggan membuat pesanan di JD.com, perusahaan bertanggung jawab atas produk tersebut sejak ia meninggalkan gudang JD, berpindah ke pusat pemenuhan regional atau nasional, dan hingga sampai ke pintu rumah pelanggan.

Termasuk jarak tempuh paling akhir.

Liu juga mencoba memerangi epidemi penjualan barang palsu yang mempengaruhi sebagian besar wilayah Tiongkok.

Sejak awal, Liu tidak menoleransi pemalsuan produk.

Salah satu upaya yang ia lakukan adalah dengan membatasi jumlah penjual di JD.com, sehingga JD dapat melakukan pengawasan ketat terhadap produk yang di perjualbelikan.

Setelah menjual sebagian besar produk konsumen (consumer goods) dan produk elektronik pada beberapa tahun pertama, JD.com kini menjadi tujuan pilihan untuk semua kebutuhan belanja online.

Situs ini menawarkan banyak pilihan produk kepada masyarakat China, yang mencakup makanan segar, pakaian, alat elektronik, mainan, kosmetik, dan banyak lain-nya.

Liu bahkan telah memungkinkan produk ini di kirimkan pada hari yang sama atau hari berikut-nya dengan membangun jaringan pemenuhan nasional.

JD.id Masa Kini

Saat ini, Liu Qiangdong tengah mengarahkan JD untuk membentuk kemitraan strategis dengan WeChat, Walmart, dan Google agar memajukan jangkauan global brand dari JD.

Selain itu, Liu juga berhasil memimpin JD menjadi IPO terbesar dari perusahaan China di AS pada saat mulai di perdagangkan di NASDAQ.

JD.ID pertama kali beroperasi di Indonesia pada November 2015 dan saat ini memiliki 12 kategori pilihan produk untuk dijual yang akan terus bertambah seiring dengan perkembangan usahanya di Indonesia.

Ragam kategori produknya bervariasi mulai dari Ibu dan anak, smartphones, perangkat elektronik, hingga luxury.

Bisnis JD.ID berkembang sangat pesat. Jumlah produk yang di tawarkan bertumbuh cepat dari kurang dari 10.000 SKU pada tahun 2015 menjadi sekitar 100.000 SKU pada akhir tahun 2016.

JD.ID juga menyediakan jasa pengiriman yang menjangkau 365 kota di seluruh Indonesia dengan ribuan armada yang siap mengantarkan langsung kepada para pelanggan JD.ID.

Apa itu Seller JD.id ?

Kalau selama ini kita selalu menjadi pembeli atau sebut saja sebagai buyer.

Maka kitapun punya pilihan sebagai seller, agar dapat menambah penghasilan sehari-hari.

Dengan zaman yang memiliki teknologi canggih dan serba cepat, perlulah kita memahami sedikit apa itu seller di dunia online shop.

Seller artinya penjual, sedangkan buyer artinya pembeli. Seller merupakan  pemilik akun online shop atau orang yang menjualkan barangnya kepada pembeli.

Peran Seller memiliki tugas dan tanggung jawab.

Tugas Utama Seller

Tugas utama  seller yaitu menawarkan barang atau jasa produksi perusahaan kepada pembeli.

Jika ia merupakan seller dari aplikasi JD.id maka, semua produk yang di promosikannya akan di simpan di akun tersebut agar bisa terlihat oleh para pembeli yang memiliki akun JD.id juga.

Namun adakah Seller di JD.id ? Jawabannya, Ada.

Tentu sangat bisa jika anda menginginkan sebagai Seller di JD.id.

Awalnya JD.id tidak membuka kerjasama dengan wirausaha perorangan demi menjamin mutu kualitas produk.

Namun dengan adanya keinginan untuk berkembang, maka akhirnya tidak menutup kemungkinan untuk para UMKM bisa bergabung dengan JD.id.

Menjadi seorang Seller JD.id maka perlulah memahami, sejauh mana tanggungjawab dan tugasnya sebagaimana menjalankan perannya sebagai Seller JD.id.

Tanggung Jawab Seller 

Seller JD.id memiliki tanggung jawab dalam hal menjelaskan spesifikasi produk yang di jual kepada pembeli secara detail agar pembeli tersebut dapat memahami deskripsi produk yang di promosikan.

Kini sebagai seller, tidak perlu lagi membuat website secara online sendiri, karena dengan adanya JD.id berjualan menjadi lebih mudah.

Salah satu cara yang dapat membantu seller dalam mempromosikan produk adalah dengan menampilkan foto atau video produk secara detail.

Hal ini akan sangat membantu dalam proses penentuan konsumen dalam memilah dan memilih produk.

Tidak hanya mempromosikan, sebagai Seller yang akan memasukkan produk di akun JD.id  maka perlulah memberikan simulasi hitungan biaya yang harus di keluarkan.

Serta menjelaskan manfaat yang akan di peroleh seperti estimasi biaya pengiriman baik secara COD ataupun menggunakan jasa pengiriman.

Tanggung jawab terakhir sebagai seller yaitu melakukan komunikasi dengan pelanggan secara baik, seperti segera merespon dan membalas chat atau pesan yang di lakukan oleh pembeli dengan sopan, santun serta mudah di pahami oleh pembeli saat memberikan penjelasan.

Tugas Seller JD.id 

Adapun tugas seller lainnya yaitu :

  • Melakukan penjualan dan selalu mengaktifkan akun JD.id agar senantiasa terpantau jika ada yang menghubungi.
    • Agar ketika ada ada pembeli yang menghubungi akun seller, bisa langsung di respon dan di bantu untuk melakukan proses pembelian.
    • Sehingga produk dapat di terima dengan aman dan sesuai dengan pesanan.
  • Menganalisa pelanggan untuk mencari tahu apa yang di butuhkan mereka.
    • Sehingga apa yang di promosikan dalam akun JD.id  dapat terjual secara cepat dan tepat sesuai kebutuhan oleh para pemilik akun JD.id .
  • Menjalin komunikasi kepada pelanggan untuk menjaga hubungan baik.
    • Hal ini sangat penting karena akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas pembelian produk masa panjang kedepannya.

Setelah memahami apa itu peran sebagai seller JD.id, tugas dan tanggung jawabnya maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mendaftar seller di akun pembelian online pada aplikasi JD.id

Sebagai Seller , perlukah Stok Barang di JD.id ?

JD.id memiliki Sistem Gudang untuk penyimpanan Stok terbesar dan terus berkembang.

Dengan semakin banyaknya permintaan dan untuk mempermudah saluran distribusi, JD ID telah membangun dua gudang tambahan di tahun 2017.

Dengan bertambahnya gudang, maka stok barang bisa semakin banyak dan rantai distribusi bisa semakin pendek.

Ini sejalan dengan konsep JD di China yang telah memiliki lebih dari 200 gudang.

Gudang ini juga didukung dengan ekspedisi yang telah mampu menjangkau daerah-daerah di seluruh Indonesia.

Pengiriman yang cepat dan gratis ini menjadi daya tarik JD ID.

Hal inilah yang membuat JD.Id terus diminati dan semakin berkembang.

Sehingga perusahaan dapat menyimpan stok di gudang JD.id.

Sedangkan para UMKM dapat menyimpan stok dirumahnya sendiri.

 

 

Keterangan Stok Produk JD.id

Pada Halaman websitenya, di JD.id memiliki keterangan ketersediaan stok pada halaman produk, sebagai berikut :

  • In Stok

      • Produk dengan keterangan in stok berarti tersedia dan dapat di pesan.
  • Pre-Sale

      • Produk dengan keterangan pre-sale berarti membutuhkan waktu tambahan untuk pengadaan stok (di luar waktu pengemasan dan pengiriman). Produk dapat di pesan dengan lama pengadaan adalah 7 hari, atau sesuai dengan keterangan yang terdapat pada halaman produk.
  • Stok Sedikit
      • Produk dengan keterangan stok sedikit berarti hanya memiliki stok sebanyak-banyaknya atau kurang dari 5 unit.
      • Anda tetap dapat melakukan pemesanan pada saat membuka halaman produk dengan keterangan tersebut, namun terdapat kemungkinan stok produk akan habis jika Anda tidak segera melanjutkan pesanan ke proses checkout.
  • Stok Habis
    • Produk dengan keterangan stok habis berarti tidak memiliki ketersediaan stok pada saat Anda membuka halaman produk. Ketersediaan stok bersifat real time atau mengikuti ketersediaan produk yang ada pada gudang kami.
    • Untuk mengetahui ketersediaan stok kembali, silakan lakukan pengecekan secara berkala pada halaman produk, atau masukkan pertanyaan Anda pada kolom pertanyaan.

Jadi sudah tertarik kah anda menjadi Seller JD.id ? Selamat mencoba !

Untuk membaca artikel panduan informatif dan menarik lainnya Anda dapat mengunjungi halaman panduan berikut.

 

Panduan Penting Lainnya

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Evermos
Evermos HQ

Jl. Sindang Sirna No.38, Gegerkalong, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat, 40153

Download Aplikasi
Logo Apps Store
×