Daftar Isi

Simak Cara dan Keuntungan Menjadi Supplier Ayam Berikut Ini

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY MENJADI SUPPLIER AYAM

  • Anda bisa mengetahui manfaat bisnis supplier ayam
  • Mengetahui cara memulai bisnis menjadi supplier ayam
  • Anda bisa mengetahui strategi menjadi supplier ayam

6 Tips dan Cara Menjadi Supplier Ayam 

Bisnis yang banyak digemari adalah ternak ayam. Saat ini ada berbagai jenis ayam yang bisa dimanfaatkan untuk diternakkan baik itu ayam layer, kampung maupun ayam potong. Jenis ayam yang akan diternakkan ini disesuaikan dengan keahlian dan juga minat. Jika keahliannya beternak ayam potong atau broiler maka bisa beternak jenis ayam tersebut.

Ilmu tentang beternak ayam sangat diperlukan untuk meminimalisir berbagai risiko yang mungkin saja terjadi saat beternak. Kurangnya ilmu dan wawasan bisa membuat peternakan ayam yang dijalankan kurang berjalan sesuai dengan rencana. Bagi yang ingin menggeluti bisnis ternak ayam, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan seperti berikut ini:

Target Pasar Luas

Keuntungan yang pertama adalah memiliki target pasar yang luas. Setiap jenis ayam memiliki target pasarnya yang luas. Misalnya saja Anda beternak ayam potong atau broiler, Anda bisa memasarkannya ke pasar tradisional, mini market modern, rumah makan dan lain sebagainya. Saat ini ayam broiler bisa dipasarkan dimana saja. Begitu pula dengan ayam layer, telurnya bisa dipasarkan ke warung tradisional, ke pasar, mini market, atau ke rumah makan. Target pasar yang luas membuat Anda tidak perlu bingung memasarkan hasil ternak ke mana sebab jika berkualitas sudah ada konsumen yang datang ke peternakan untuk membeli hasil produksi.

Harga yang Stabil

Daging ayam memiliki harga yang stabil dan jarang mengalami penurunan. Hal ini bisa menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi peternak ayam. Saat-saat tertentu justru daging ayam akan mengalami peningkatan harga yang signifikan seperti saat Idul Adha atau Idul Fitri. Banyaknya yang membutuhkan daging tersebut membuat harganya bisa meningkat dengan drastis. Pada hari biasa pun harga ayam cenderung stabil, jika mengalami penurunan waktunya tidak akan lama.

Masa Panen yang Cepat

Keuntungan mendirikan peternakan ayam adalah masa panen yang cepat. Khusus untuk ayam broiler dan juga ayam layer ini memiliki masa panen yang cepat sehingga cocok bagi Anda yang menginginkan perputaran modal yang juga cepat. Sedangkan untuk ayam kampung waktu panen tercepat adalah 3 bulan.

Permintaan yang Besar

Keuntungan yang bisa didapatkan bagi yang menggeluti peternakan adalah permintaan yang besar. Banyak yang menyukai daging ayam ini mulai dari balita sampai dengan orang tua dikarenakan rasanya yang gurih dan memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Meskipun target pasar luas namun permintaan tidak tinggi maka akan kesulitan untuk menjual hasil produksi tersebut. Berbeda dengan hasil produksi ternak ayam ini, selain target pasarnya luas permintaan juga besar sehingga akan mudah bagi peternak ayam untuk memasarkan hasil produksinya.

Keuntungan Menjadi Supplier Ayam

Modal Tidak Terlalu Besar

Meskipun memiliki risiko yang tinggi namun keuntungan yang bisa didapatkan dari beternak ayam adalah modal yang tidak terlalu besar. Sebagai contohnya adalah beternak ayam kampung. Untuk ayam kampung ini modalnya tidak terlalu besar karena jenis pakannya lebih murah dibandingkan dengan ayam jenis broiler maupun layer. Oleh sebab itu biaya untuk pakan bisa ditekan. Tidak hanya itu saja, untuk kandang ayam kampung pembuatannya lebih mudah dibandingkan dengan jenis yang lainnya, sehingga jika Anda mencari bisnis dengan modal tidak terlalu besar bisa menggeluti  ternak ayam kampung ini.

Setiap bisnis memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Ada baiknya sebelum menekuni bisnis, Anda cari apa saja keuntungan dan kerugiannya. Begitu pula dengan ternak ayam ini, keuntungan dan kerugiannya bagaikan dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan sehingga harus diperhatikan dengan baik sebelum ditekuni.

Hitung Persiapan yang Dibutuhkan Sebelum Memulai Usaha Ayam Potong

Sama halnya dengan bisnis lain, bisnis ini juga memerlukan perhitungan modal terlebih dahulu sehingga Anda harus menyiapkan modal tersebut.

Modal utama dalam menjalankan bisnis ayam potong meliputi modal pendanaan persiapan tempat, bibit ayam, dan makanannya.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Mengapa harus menjadi supplier ayam?

Sebagaimana kita tahu, bahwa ayam merupakan makanan yang banyak diminati dimanapun.Oleh karena itu, ini adalah kesempatan yang tepat bagi kita untuk mulai berbisnis ayam.

Apa saja tugas menjadi supplier ayam?

Sebagaimana kita tahu, bahwa ayam merupakan makanan yang banyak diminati dimanapun.Oleh karena itu, ini adalah kesempatan yang tepat bagi kita untuk mulai berbisnis ayam. Banyak restoran yang membutuhkan ayam sebagai bahan bakunya. Sehingga pangsa pasarnya bagus dan insyaallah tidak akan sepi.

Apa saja keuntungan menjadi supplier ayam?

Tugasnya ialah menjamin distribusi ayam potong ke para konsumen lancar. Selain itu, perlu juga untuk menjamin kualitas dan kehigienisan daging ayam yang akan dijual.

Pastikan Anda menghitung dengan baik dan benar berapa besar modal yang dikeluarkan, sehingga Anda dapat menentukan harga jual dan memperkirakan berapa jumlah ayam yang sanggup Anda pelihara sampai siap jual.

Jangan sampai modal terlanjur habis sebelum ayam siap dipasarkan

Persiapkan Tempat Untuk Menjadi Supplier Ayam

Tempat yang digunakan untuk kandang ayam tidak boleh sembarangan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi, sebelum Anda mencari bibit ayam, persiapkan terlebih dahulu tempatnya.

Kandang yang akan digunakan haruslah ideal dan sesuai dengan jumlah ayam yang akan Anda pelihara. Pastikan nantinya ayam akan mendapatkan cahaya yang cukup, sirkulasi udara yang bagus dan suhu yang stabil.

Usahakan pula terdapat sumber daya listrik dan air di dekat kandang ayam karena ternak memerlukannya.

Lakukan Perawatan Maksimal

Memelihara ayam untuk bisnis usaha ayam potong atau broiler tidak semudah memelihara ayam kampung, karena jenis ayam ini mudah mengalami stres dan mati mendadak.

Oleh karena itu, Anda harus memeliharanya dengan penuh perhatian dan perawatan yang maksimal.

Selama 2 minggu pertama, Anda harus memperhatikan bibit ayam dengan seksama, apakah ayam tersebut merasa nyaman di kandang atau tidak.

Masa ini merupakan masa adaptasi dengan lingkungan yang baru bagi ayam tersebut. Jika terlihat tidak nyaman, Anda harus mencari solusi dengan cara memindahkan ke kandang yang lain. Setelah ayam terlihat baik-baik saja Anda cukup memberikan makan 2 sampai 3 kali sehari.

Jangan lupa untuk memberikan vitamin maupun antibiotik pada ayam 5-10 hari sebelum panen agar ayam lebih sehat.

Pahami Harga Pasar Saat Menjadi Supplier Ayam

Pemahaman harga pasar bertujuan untuk menentukan harga jual daging ayam, sehingga Anda dapat bersaing di pasaran.

Jangan sampai Anda mematok harga yang terlalu tinggi dan membuat calon pembeli kabur hanya untuk meraup keuntungan yang besar.

Namun jangan menjual terlalu rendah juga karena Anda bisa rugi dan bisa juga dijauhi oleh pesaing bisnis yang lainnya

Tentukan Bisnis Model Bisnis Anda

Bisnis ternak ternyata memiliki dua jenis, yaitu bisnis mandiri dan kerja sama. Bisnis mandiri merupakan bisnis yang dijalankan secara pribadi, baik dalam pengelolaan maupun dalam penjualan.

Sedangkan bisnis kerja sama dilakukan sedikitnya oleh 2 pelaku bisnis yang terdiri dari pengelola dan penjual. Sistem kerja sama atau mitra bisnis ini biasanya akan membeli hasil panen ayam Anda dengan harga yang sama sesuai kontrak.

Keuntungan dari jenis ini, Anda tidak perlu khawatir jika permintaan pasar menurun dan harga jual juga menurun. Anda bisa memilih salah satu dari jenis ini sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Pastikan memilih jenis bisnis yang tepat sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian.

Karena bisnis usaha ayam potong ini memerlukan waktu yang panjang sebelum siap dipanen, maka jika pada perhitungan awal bisnis Anda merasa modal yang dimiliki tidak cukup, Anda bisa mengajak investor untuk mendukung bisnis ini.

Buatlah proposal bisnis sebaik mungkin dan pastikan mencatat rincian keuangan yang dibutuhkan dengan baik untuk meyakinkan calon investor menanamkan modal pada bisnis ayam potong yang akan Anda mulai.

Demikianlah ulasan mengenai menjadi supplier ayam. Bagi Anda yang ingin memulai usaha namun masih terkendala modal. Maka Anda bisa coba bergabung dengan Evermos.

Anda bisa mencoba jadi reseller yang hebat bersama Evermos, hanya modal minim Anda sudah bisa mengakses seluruh produk yang terdapat di katalog Evermos.

Penasaran bagaimana cara daftarnya? Simak berikut cara menjadi reseller yang mudah dan terpercaya di Evermos.

  • Daftarkan diri dengan klik button hijau pada pojok bawah laman untuk lakukan pendaftaran atau bisa meminta kepada teman yang sudah terdaftar jadi reseller di Evermos.
  • Masuk ke halaman pendaftaran, isilah data diri berupa nomor aktif, nama, kata sandi dan area domisili.
  • Berikutnya centang pernyataan “Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan sebagai Reseller Evermos”, bila Anda mendapatkan undangan dari teman Anda centang juga “Punya Kode Referall” dan masukkan beserta kode referralnya.
  • Kemudian klik ” Lanjutkan Pendaftaran”.
  • Anda akan mendapatkan kode verifikasi OTP melalui Whatsapp.
  • Masukkan kode OTP berikut pada kolom “Masukkan Kode Verifikasi” dan klik “Verifikasi”.
  • Selamat, Anda telah berhasil mendaftar sebagai Reseller Evermos dan dapat mengakses seluruh katalog serta fiturnya di website atau aplikasi Evermos.

Akun yang Anda daftarkan merupakan akun Freemium atau akun gratis yang dapat bisa langsung untuk Anda gunakan untuk melakukan transaksi penjualan produk.

Anda juga bisa mengubah status akun menjadi Reseller Premium sesuai keinginan untuk mendapatkan lebih banyak fasilitas dan panduan menjadi reseller.

Demikian artikel mengenai cara menjadi reseller yang sukses, semoga informasi ini dapat membantu Anda.

Sebarkan juga dengan membagikan link artikel berikut kepada kerabat, teman-teman, keluarga dan orang terdekat yang membutuhkannya.

Untuk membaca informasi menarik lainnya mengenai panduan, silahkan kunjungi halaman artikel panduan berikut.

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

 

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×