Daftar Isi

8+ Tips Bisnis Menjadi Supplier Baju, Hasilkan Omzet Milyaran Rupiah

menjadi supplier baju

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY ARTIKEL PANDUAN BERBISNIS MENJADI SUPPLIER BAJU

  • Anda akan mengenali lebih dalam menjadi supplier baju
  • Mengetahui bagaimana tips sukses menjadi supplier baju
  • Anda akan mengetahui apa saja keuntungan jadi distributor baju

Pakaian atau busana menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang dalam kehidupan sehari-hari dan sebab itu permintaan pasar terhadap produk baju selalu ada.

Pasti ada dari kita yang sering menggunakan uangnya untuk berbelanja baju secara online alasannya karena mudah, praktis serta menghemat biaya ongkos yang diperlukan untuk pergi keluar rumah.

Kita dapat mudah menemukan juga para pengusaha baju yang menyediakan beragam aneka model dan warna baju, meski terlihat sepele tapi ada kiat yang harus tetap di lakukan untuk sukses menjadi supplier baju.

Menjadi supplier bukanlah perkara yang mudah, pasalnya akan berurusan dengan produk yang begitu melimpah, kemudian mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit sehingga harus dapat mengaturnya dengan baik.

Bahkan tidak jarang persaingan terhadap produk baju semakin ketat dengan banyaknya usaha supplier baju grosir yang terus bermunculan di permukaan masyarakat.

Artikel berikut akan membahas apa saja keuntungan menjadi supplier baju dan tips sukses menjadi supplier baju.

Keuntungan Menjadi Distributor atau Supplier

Seorang distributor atau supplier akan bekerja sama dengan pabrik atau industri konveksi baju, dan bukan memproduksi sendiri agar lebih mudah.

Anda bekerja sebagai agen distributor akan mendapatkan kontrak perjanjian yang harus dijalankan untuk dapat bekerjasama dengan baik.

Tahukah Anda apa saja keuntungan yang di dapatkan menjadi seorang distributor? Berikut penjelasan keuntungan menjadi distributor.

1. Harga Lebih Miring

Baju grosir yang Anda dapatkan dari produsen dapat Anda peroleh dengan harga yang lebih rendah untuk dapat di jualkan kembali.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Bagaimana cara menjadi supplier baju?

Hal pertama yang perlu dipersiapkan dalam cara menjadi supplier baju adalah memiliki modal untuk menyetok produk. Pilihlah baju yang memiliki kualitas baik agar tidak mengalami kerugian untuk mendistribusikannya kepada konsumen, kemudian memilih produk baju yang sesuai dengan target pasar.

Apa saja tugas supplier baju?

Beberapa hal yang dilakukan oleh supplier dalam menjalankan prosesnya adalah melakukan proses pengadaan bahan baku untuk kebutuhan industri, kemudian menyusun informasi bahan baku untuk dijual kepada industri, lalu melakukan proses pemasaran dan penawaran kepada pelaku industri.

Apa saja keuntungan menjadi supplier baju?

Menjadi supplier baju memberikan keuntungan seperti mengelola berbagai produk secara leluasa untuk dapat dijualkan maupun di distribusikan kepada siapa saja. Kemudian dapat mendaftar ke berbagai produsen, mendapatkan margin keuntungan sesuai keinginan sendiri.

Umumnya pabrik juga akan memberlakukan pembelian dengan paket atau borongan, sehingga potongan harga yang didapatkan jauh lebih besar.

2. Leluasa Dalam Mengelola Produk

Ketika produk yang sudah di dapatkan oleh supplier dalam menjadi supplier baju, produk yang dimiliki dapat lelausa untuk di olah kembali karena produk tersebut sudah menjadi milik kita.

Sehingga kita bebas untuk mengelola produk tersebut baik cara menyimpannya, menata, memperbagus, atau menjadi bahan promosi dan menambahkan merek pada pakaian tersebut.

3. Margin Dapat Disesuaikan

Setelah memperoleh produk baju dari pabrik atau produsen, supplier dapat mengambil margin atau mark up harga keuntungan sesuai yang ingin kita dapatkan.

Jika harga sebelumnya kita beli dari produsen dengan senilai Rp 80.000, maka hak kita untuk menentukan harga apakah kita akan menjualnya dengan harga Rp 110.000.

4. Mendapatkan Pelanggan

Apabila bisnis menjadi supplier baju berjalan dengan baik dan memuaskan bagi pelanggan, maka Anda akan mendapatkan kepercayaan dan loyalitas dari konsumen.

Dengan begitu, Anda tidak akan perlu pusing mencari pembeli kembali sebab dari pembelian sebelumnya sudah tersedia.

5. Dapat Produk Terbaru Lebih Cepat

Keuntungan berikutnya adalah ketika pabrik memproduksi produk terbaru, mereka akan mengabarkan kepada kita secara up to date.

Sehingga supplier baju dapat memperbaharui produknya secara terus menerus dalam memberikan pelayanan yang maksimal.

Berikut Tips Sukses Menjadi Distributor Baju Grosir

1. Pilih Baju Kualitas Bagus

Sebelum kita akan menjualkan baju kepada konsumen, pelanggan atau toko online, pastikan produk yang Anda dapatkan berkualitas baik.

Anda dapat mengecek produk tersebut ketika hendak bertransaksi produk dengan produsen atau pabrik.

Tidak mengherankan bagi masyarakat yang ingin memperoleh produk baju akan melakukan cek kualitas, dari jahitannya rapih, bahannya luntur, tipis tebalnya, dan sebagainya.

2. Memahami Sistem

Ketika bekerja sama dengan pabrik atau produsen baju, selama menjadi supplier baju harus dapat memahami sistem yang telah di terapkan dalam bekerja sama dengan pabrik.

Agar terhindar dari kerugian, serta memberikan keuntungan juga kepada pabrik sebagai produsen.

Pelajari dan pahami sistem kerja sama atau kontrak perjanjian yang di berikan oleh pabrik, tanyakan apabila menghadapi kendala atau tidak memahami sesuatu.

3. Memastikan Izin Pabrik

Tidak lazim lagi bahwa sebuah pabrik haruslah memiliki kelengkapan usaha seperti izin dan legalitas dari pemerintah.

Tanpa adanya izin pabrik yang jelas, risiko kerugian lebih tinggi dan meningkat, serta memberikan dampak terhadap suplai baju dan modal yang supplier telah keluarkan.

4. Daftar ke Pabrik

Berikutnya jika sudah memahami, serta siap untuk bekerja sama dengan pabrik atau produsen baju maka langsungkan pendaftaran kontrak.

Umumnya dalam mendaftar akan memberikan aturan dan syarat yang berbeda-beda, dan sudah pasti bagi kita untuk mengikuti ketentuan tersebut.

5. Menentukan Baju Sesuai target Pasar

Pelajari terlebih dahulu bagaimana target pasar akan kebutuhan produk, Anda bisa mempelajari audience di media sosial misalnya.

Jika kebanyakan merupakan anak muda dan berjenis kelamin wanita, maka produk seperti blouse, dress, gamis, rok. Kemeja menjadi jenis baju yang dapat di tawarkan.

6. Bekerja sama dengan reseller atau dropship

Kemudahan menjalani bisnis supplier atau distributor adalah ketika sudah menemukan pedagang atau reseller yang tepat maka bisnis akan berjalan dan mengalirkan keuntungan.

Bukalah peluang usaha reseller dan dropshipper agar target penjualan cepat tercapai.

7. Melakukan Budgeting

Jangan lupa untuk mempersiapkan modal sehingga bisnis dapat terjalani dengan baik.

Penentuan modal juga dapat memberikan gambaran apa saja pengambilan barang yang tepat secara kualitas dan kuantitas.

Tidak hanya mengenai produk yang akan Anda pasok, tetapi berlaku juga untuk banyaknya jumlah pedagang, reseller dan dropshipper yang Anda salurkan.

Dengan begitu Anda dapat mengantisipasi segala kemungkinan yang mendatang dalam masalah finansial.

8. Merekrut Karyawan

Menjadi supplier baju bukan berarti dapat melakukan semuanya sendirian, karena ada tugas pokok seperti pendistribusian baju kepada produsen, dan pihak lainnya akan membutuhkan tenaga tambahan.

Agar bisnis dapat berjalan dengan lancar dan baik, rekrut karyawan dapat membantu proses operasional dan pendistribusian baju dari pabrik ke konsumen.

Demikian artikel mengenai “cara menjadi supplier baju” semoga dapat menginspirasi Anda.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang ingin mengenali lebih dalam mengenai supplier.

Jika Anda ingin mengetahui panduan-panduan dalam berbisnis lainnya, silahkan mengunjungi halaman “Panduan” pada website Evermos. 

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

 

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×