Daftar Isi

9+ Cara Ampuh Berbisnis Menjadi Supplier Frozen Food, Omzet Melimpah

menjadi supplier frozen food

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY ARTIKEL BERBISNIS MENJADI SUPPLIER FROZEN FOOD

  • Anda akan mengenali lebih dalam menjadi supplier frozen food
  • Mengenali bagaimana cara menjadi supplier frozen food
  • Mengetahui beragam keuntungan menjadi supplier frozen food

Supplier dalam sebuah perusahaan merupakan hal yang sangat penting, karena bisa berjalannya suatu perusahaan jika memiliki banyak supplier yang bersedia bekerja sama untuk memasukkan produk yang akan dijual oleh perusahaan.

Supplier dalam segi bahasa biasa disebut sebagai pemasok.

Pemasok merupakan seseorang atau suatu kelompok dalam bentuk perusahaan yang dapat menyediakan produk atau layanan jasa kepada entitas lainnya.

Di era masa kini yang begitu instan dan ingin serba cepat, produk makanan atau  minuman yang di minati salah satunya frozen food.

Frozen food makanan yang begitu tahan lama dan beraneka ragam, seperti sosis, baso, dimsum, cireng, dan lain-lain.

Peluang membuka bisnis frozen sangat menjanjikanaa, karena tidak perlu perlu lama untuk memasarkan dan aman untuk di lakukan selama memiliki frezeer, produk menjadi tidak mudah rusak dan awet.

Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, banyak orang yang malas keluar rumah sehingga mereka membutuhkan stok makanan yang mencukupi dan tahan lama agar tidak sering-sering keluar rumah.

Artikel kali ini akan membahas apa saja langkah awal menjadi supplier frozen food yang menjanjikan.

Langkah Awal Menjadi Supplier Frozen Food

Berikut yang harus anda persiapkan ketika ingin menjadi supplier frozen food :

1. Menentukan Jenis Frozen Food

Tentukan terlebih dahulu produk yang akan kita pasarkan, apakah itu dalam bentuk makanan atau minuman, sehingga kita akan fokus kedepannya untuk menjadi supplier yang maksimal dalam menghasilkan produk.

Jika baru pertama kali menjadi supplier maka sangat disarankan untuk memilih satu jenis produk yang akan di hasilkan, agar hasilnya pun akan maksimal.

Misalnya mau menjadi supplier baso, maka kenali juga produk lainnya untuk dijadikan contoh atau pembanding lainnya mana produk yang sekiranya lebih diminati oleh masyarakat sekitar.

2. Mengenali produk Frozen Food 

Mengumpulkan info produk sebanyak mungkin akan sangat membantu bagi kita sebagai supplier untuk bisa efisien memilih produk yang nantinya akan kita masukkan kesebuah perusahaan.

Sebagai supplier perlulah memiliki banyak relasi produsen, agar bisa membandingkan produk yang lebih baik, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menilai sebuah produk.

3. Menjalin Kerja Sama dengan Produsen

Apabila Anda tergiur untuk memasarkan produk yang sudah terdapat dari produsen karena lebih praktis, mengapa tidak?

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Bagaimana cara menjadi supplier frozen food?

Secara singkat, cara menjadi supplier frozen food adalah dengan menentukan produk supplier frozen food, menentukan anggaran untuk memasok atau memproduksi frozen food, memilih produsen yang tepat, kemudian melakukan pengemasan dan pemasaran produk, promosi ke berbagai media.

Apa saja tugas supplier frozen food?

Tugas dari seorang supplier frozen food adalah dengan memilih produk frozen food yang baik, memperhatikan kadaluarsa produk dari produsen, mengemas produk dengan baik, melakukan pendistribusian produk kepada para pelaku usaha, dan membuka lowongan reseller dan dropship.

Apa saja keuntungan menjadi supplier frozen food?

Keuntungan menjadi supplier frozen food adalah mendapatkan penghasilan dari pendistribusian produk, merupakan produk kebutuhan rumah tangga yang pokok, menjadi manfaat bagi banyak orang karena produknya, membantu produk lokal lebih berkembang di Indonesia.

Sebab dengan menjalin kerja sama dengan produsen akan memberikan potongan harga yang menguntungkan.

Buatlah kontrak dan perjanjian dalam bekerja sama sehingga kedua belah pihak dapat memberikan keuntungan.

4. Kemasan Produk

Kemasan dari sebuah produk mempunyai peran yang sangat penting dalam dunia penjualan, apakah menarik atau tidak.

Kebanyakan orang akan melihat produk dari cover nya, sehingga penting memilih produk yang akan di supply dari covernya.

Selain itu kemasan produk tersebut akan menentukan pula seberapa tahan lama produk tersebut akan aman selama perjalanan, semakin memiliki design yang bagus

Jangan lupa juga kemasan produk yang berkualitas maka akan semakin diminati oleh masyarakat yang imbasnya akan menguntungkan kita sebagai supplier.

5. Sediakan Varian Produk

Sebelum menjual produk sebaiknya kita sebagai supplier perlu menyediakan berbagai pilihan produk yang akan kita pasarkan.

Jika produk tersebut berupa makanan atau minuman, jangan sampai kita memasukkan produk yang kurang tidak di minati oleh masyarakat.

Jika produk dalam bentuk barang maka pastikan terlebih dahulu alat yang di gunakan aman dan dapat digunakan.

6. Penyimpanan Produk

Ini yang paling penting dalam dunia supplier, dimana kita pun harus tahu kelayakan penyimpanan produk.

Sebaiknya di simpan sesuai ketentuan dari produsen, seperti makanan dan minuman frozen food yang harus disimpan dalam Frezeer.

Simpan dengan suhu beku 0 derajat celcius bahkan lebih rendah dari derajat tersebut, agar produk tetap terjaga dari mulai produsen ke supplier lalu ke distributor sampai ke konsumen.

Mulai waktu pengambilan produk dari produsen, maka sangat penting memperhatikan sejauh mana bisa bertahan lama untuk di konsumsi.

7. Menentukan Sistem Penjualan

Salah satu sistem penjualan yang aman dalam perjanjian kerjasama dengan produsen yaitu sistem konsinyasi.

Sistem konsinyasi merupakan sistem penjualan dimana supplier hanya membayar produk yang di pasarkan sesuai produk yang terjual saja, sehingga tidak akan mengalami kerugian.

Untuk bisa berjalan lancar maka perlulah kita sebagai supplier senantiasa memantau dan menganalisis penjualan setiap harinya, agar tahu produk frozen food apa saja yang akan di Pre Order di hari esok.

Jika ada barang yang rusak atau mengalami expired date maka supplier harus memiliki kerjasama untuk mengkondisikan barang yang akan diretur.

Baik terhadap perusahaan, distributor dan produsen itu sendiri, sehingga kerjasama dalam penjualan produk dan hubungan bisnis dapat berjalan dengan baik.

8. Menentukan Strategi Bisnis yang tepat

Strategi bisnis yang tepat bisa kita lakukan jika sudah memiliki perencanaan yang sangat matang, yang di awali dengan kesiapan baik secara mental, fisik dan kemampuan yang kita miliki.

Untuk menjadi supplier frozen food perlulah memiliki komunikasi yang baik, karena hal tersebut merupakan salah satu faktor utama dalam membangun kerjasama.

Strategi yang bisa supplier frozen food lakukan yaitu :

  • Memiliki relasi dalam bidang frozen food
  • Memiliki skill komunikasi dan negosiasi yang baik
  • Menganalisis kebutuhan pasar yang tepat dengan melakukan survey secara langsung untuk bisa merencanakan pemasukan produk.
  • Bekerjasama dalam tim
  • Menentukan harga beli yang tidak terlalu tinggi kepada para perusahaan agar nantinya harga jual dari perusahaan dapat di terima oleh masyarakat

9. Menyediakan Lowongan Reseller dan Dropship

Bisnis menjadi supplier frozen food kerap menguntungkan dan banyak peminatnya terutama ibu rumah tangga.

Maka dari itu, agar penjualan Anda meningkat sediakan lowongan reseller dan dropship sehingga mereka tertarik untuk mempromosikan produk Anda dan melakukan kerja sama.

Jangan lupa sediakan program penawaran menarik seperti diskon atau harga khusus agar mereka lebih tertarik lagi untuk bekerjasama dengan Anda.

Demikian artikel mengenai “cara menjadi supplier frozen food”

Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang ingin mengenali lebih dalam mengenai supplier.

Jika Anda ingin mengetahui panduan-panduan dalam berbisnis lainnya, silahkan mengunjungi halaman “Panduan” pada website Evermos. 

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

 

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×