Daftar Isi

10+ Cara Berbisnis Menjadi Supplier Kopi Terbukti Ampuh

menjadi supplier kopi

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY ARTIKEL BERBISNIS MENJADI SUPPLIER KOPI

  • Anda akan mengenali lebih dalam menjadi supplier kopi
  • Mengenali bagaimana cara menjadi supplier kopi
  • Mengetahui beragam keuntungan menjadi supplier kopi

Daftar Jadi Reseller Evermos

Kehadiran supplier teramat penting bagi sebuah perusahaan atau toko yang ada di masyarakat, baik dalam bidang makanan ataupun minuman. 

Di masa pandemi yang sudah kita rasakan selama dua tahun, kini banyak perusahaan yang sudah terbiasa menerapkan WFH, atau yang biasa disebut dengan Work From Home.

Kebanyakan pegawai menikmati masa kerja di rumahnya salah satunya dengan cara menikmati secangkir kopi dan cemilan. 

Hal ini menjadi salah satu peluang bagi kita sebagai supplier di bidang bisnis kopi Indonesia untuk bisa mendapatkan keuntungan dari fenomena yang terjadi di lingkungan masyarakat. 

Peluang membuka bisnis kopi sangat menjanjikan, karena produk yang dibutuhkan sangat aman untuk dikonsumsi dan tidak perlu membeli alat tambahan untuk menambahkan ketahanan produk, serta termasuk produk yang tidak mudah rusak.

Tak hanya itu, memiliki kopi yang memiliki cita rasa bagus, merupakan daya tarik juga untuk para pembeli, sehingga kita sebagai supplier perlu banyak memiliki referensi tentang produk kopi.

Langkah Sukses Menjadi Supplier Kopi Patut Coba

Berikut yang harus anda persiapkan ketika ingin menjadi supplier kopi :

1. Menentukan Jenis Kopi

Menentukan jenis kopi yang akan kita pasarkan, karena setiap produk kopi memiliki rasa dan aroma yang khas.

Jika baru pertama kali menjadi supplier maka sangat disarankan untuk memilih beberapa jenis produk kopi, karena citra rasa setiap konsumen akan berbeda-beda.

Sehingga mereka bisa memilih sesuai rasa yang di sukainya.

Semakin banyak rasa maka akan semakin banyak konsumen yang berdatangan sehingga tidak cepat bosan dengan rasa-rasa yang kita sajikan, maka dari itu sebagai supplier sebaiknya tidak hanya menawarkan satu varian rasa saja.

2. Survei Pembuatan Produk Kopi

Sebagai Supplier kita perlu mengumpulkan info produk tentang produsen kopi sebanyak mungkin yang nantinya akan sangat efektif dan efisien dalam penilaian dan pengambilan produk.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Bagaimana cara menjadi supplier kopi?

Secara singkatnya, cara menjadi supplier kopi adalah dengan menentukan jenis kopi yang ingin kita jual, kemudian melakukan survei pembuatan kopi kepada produsen, melakukan pengemasan yang menarik, mempromosikan serta mendistribusikan kepada pelaku usaha atau reseller dan dropshipper.

Apa saja tugas supplier kopi?

Tugas supplier kopi adalah memilih jenis produk kopi yang akan di jual, kemudian melakukan survei pembuatan kopi dari produsen, budgeting, mengemas produk, melakukan pemasaran berbagai media, melakukan pendistribusian.

Apa saja keuntungan menjadi supplier kopi?

Keuntungan yang di raih menjadi supplier kopi ada banyak, mulai dari peminatnya luas dan terus bertambah, produk yang tahan lama, dan menjadi komoditi yang luas untuk di pasarkan, serta mudah untuk mempromosikannya dalam berbagai media.

Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam menilai sebuah produk :

  • Cara Pembuatan Kopi

Sebagai supplier perlulah mengetahui darimana bahan kopi tersebut di hasilkan, apakah dari biji kopi asli atau dari kotoran hewan seperti kopi luwak.

  • Rasa Produk

Sebaiknya sebelum di pasarkan ke kedai kopi, supplier setidaknya pernah mencoba rasa kopinya, dan pastikan tingkat rasa pahit kopi yang akan dipasarkan bisa diterima oleh masyarakat.

3. Penyimpanan Produk

Penyimpanan produk kopi pun harus senantiasa di perhatikan, karena jika terlalu lembab maka akan mempengaruhi kualitas produk

Hal ini berlaku juga bagi produk yang akan kita pasarkan sangat penting untuk dipantau masa berlakunya, agar tidak mengalami permasalahan di kemudian hari di berbagai pihak.

4. Bekerjasama dengan Produsen

Memilih produk yang terbaik dari produsen dan pastikan penjualan produk harus sesuai kesepakatan dengan produsen, baik dari harganya, dan info terkait produk oleh produsen.

Baiknya Anda sudah menentukan mana jenis kopi yang hendak di tawarkan kepada masyarakat sehingga Anda dapat melakukan kontrak kerja sama dengan produsen dari jenis kopi yang hendak Anda pilih.

5. Menentukan Sistem Penjualan

Untuk bisa berjalan lancar maka perlulah kita sebagai supplier senantiasa memantau dan menganalisis penjualan setiap harinya, agar tahu produk kopi apa saja yang diminati dan akan di Pre Order di hari esok.

Jika ada barang yang rusak atau mengalami expired date maka supplier harus memiliki kerjasama untuk mengkondisikan barang yang akan diretur.

Baik terhadap perusahaan, distributor dan produsen itu sendiri, sehingga kerjasama dalam penjualan produk dan hubungan bisnis dapat berjalan dengan baik. 

6. Melakukan Promosi Produk yang Tepat

Pilihlah produk kopi yang berkualitas terutama dalam pemilihan aroma yang di minati masyarakat.

Strategi bisnis yang tepat bisa kita lakukan jika sudah memiliki perencanaan yang sangat matang, dengan kesiapan baik secara mental, fisik dan kemampuan yang kita miliki.

Untuk menjadi supplier kopi perlulah memiliki komunikasi yang baik, karena hal tersebut merupakan salah satu faktor utama dalam membangun kerjasama. Strategi yang bisa dilakukan oleh supplier kopi yaitu :

  • Memiliki relasi di bidang kopi

Hal ini perlu dilakukan agar kita mengetahui sejauh mana kualitas produk yang akan kita pasarkan.

Sehingga kita mampu untuk membandingkan harga dan kualitas kopi yang akan di supply ke berbagai kedai kopi, yang nantinya akan berdampak pada keuntungan kita sebagai supplier.

  • Memiliki hubungan komunikasi dan kerjasama yang baik

Kerjasama yang baik akan didapatkan jika kita sebagai supplier memiliki komunikasi yang baik.

Komunikasi yang baik itu seperti mengawali semua pembicaraan baik penawaran atau pun pemasaran dengan attitude yang baik dan sopan, tidak memaksa dan tidak pula dengan emosi.

  • Melakukan survey secara langsung

Untuk bisa merencanakan pemasukan produk maka sangat perlu dilakukan survei pada lokasi toko atau kedai yang akan disupply karena supaya kita tahu seberapa besar minat masyarakat di daerah tersebut untuk mengonsumsi kopi.

Hal ini akan berpengaruh terhadap tingkat penjualan produk kopi yang akan di supply sehingga kita sudah memiliki gambaran untuk Pre order selanjutnya.

Tidak hanya itu, perlu juga menganalisis sistem penjualan dan kerjama yang akan diajukan oleh pemilik kedai tersebut.

7. Bekerjasama dalam tim pemasaran agar lebih efektif

Jika memiliki tim dalam bidang supplier maka itu akan lebih baik untuk meningkatkan angka penjualan, karena akan semakin meluas pemasaran produk kopi yang akan di pasarkan.

Di zaman modern saat ini, pemasaran produk kopi tidak hanya bisa di lakukan di kedai atau toko saja, namun bisa dilakukan melalui media sosial, seperti facebook, Whatsapp, instagram, dan media platform lainnya.

Bahkan di toko online seperti yang kita ketahui , banyak produk yang berkemasan yang tidak hanya kopi saja yang di tawarkan. Toko online yang kini biasa digunakan oleh masyarakat yaitu seperti Shoppe, Lazada, Tokopedia, Evermos dan media online lainnya.

Sehingga menjadi supplier saat ini bisa bergerak lebih bebas dan meluas untuk bisa memasarkan produknya dan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi.

8. Menentukan Harga Jual yang Tepat

Tentukan harga jual yang tepat agar nantinya harga jual dari perusahaan di terima oleh masyarakat.

Hal ini menjadi sebuah peluang bagi para pemilik kedai untuk mencari supplier produk kopi yang menjual produk kopi dengan harga paling murah dan rasa serta aroma yang enak.

Sehingga mereka berlomba-lomba untuk mencari supplier.

Kita sebagai supplier bisa menurunkan harga agar menjadi daya tarik konsumen, meski hanya mendapatkan keuntungan lebih sedikit namun kerjasama supply barangnya akan semakin lama dan memiliki citra yang baik.

Maka dari itu carilah produsen yang menjual produk kopi dengan harga yang sangat murah namun kualitasnya tidak kalah dengan produk lainnya.

Pada dasarnya kelezatan kopi tidak hanya di pengaruhi oleh bahan kopi itu sendiri, namun dari racikan bahan lainnya dan teknik membuat kopi yang tepat, sehingga mampu memikat penikmat kopi dengan rasa yang tepat, suhu yang tepat dan volume yang tepat.

9. Melakukan Promosi

Promosi merupakan perencanaan yang penting dalam sebuah bisnis tak terkecuali ketika menjadi supplier alat listrik.

Buatlah promosi yang baik dan tepat, lakukan dengan berbagai media agar makin meyakinkan banyak orang.

Mulai dari spanduk, banner, katalog bisa Anda sebarkan secara langsung atau melalui online.

Sesekali lakukan promosi kepada pelanggan tetap dengan melakukan potongan produk, dengan begitu mereka akan senang untuk berlangganan kembali membeli produk di tempat Anda.

10. Menyediakan Lowongan Reseller dan Dropship

Siapa pun ingin agar penjualan lebih meningkat, maka dari itu sediakan lowongan reseller dan dropship sehingga mereka tertarik untuk mempromosikan produk Anda dan melakukan kerja sama.

Jangan lupa sediakan program penawaran menarik seperti diskon atau harga khusus agar mereka lebih tertarik lagi untuk bekerjasama dengan Anda.

Demikian artikel mengenai “cara menjadi supplier kopi”

Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang ingin mengenali lebih dalam mengenai supplier.

Jika Anda ingin mengetahui panduan-panduan dalam berbisnis lainnya, silahkan mengunjungi halaman “Panduan” pada website Evermos. 

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×