Daftar Isi

7+ Tips Bisnis Menjadi Supplier Kosmetik Modal Minim Untung Besar

menjadi supplier kosmetik

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY ARTIKEL BERBISNIS MENJADI SUPPLIER KOSMETIK

  • Anda bisa mengetahui manfaat bisnis supplier kosmetik
  • Anda akan mengetahui cara memulai bisnis menjadi supplier kosmetik
  • Anda bisa mengetahui strategi menjadi supplier kosmetik

Tidak mengherankan lagi bahwa kini permintaan masyarakat terhadap kosmetik melambung tinggi. Melihat hal ini, mungkin Anda pernah berpikir mengapa tidak menjadi supplier kosmetik yang menguntungkan?

Perkembangan dunia kosmetik dari waktu ke waktu selalu memberikan inovasi terbaru sehingga masyarakat berbondong-bondong untuk mencoba produk tersebut.

Bisnis distributor atau menjadi supplier kosmetik pasalnya tidak mudah, sebab persaingan terhadap kosmetik selalu menarik untuk di bahas.

Oleh karena itu, mari ketahu lebih lanjut apa saja keuntungan dan cara menjadi supplier kosmetik berikut.

Keuntungan Berjualan Kosmetik

Lalu apa saja keuntungan yang akan kita dapatkan dengan menjadi supplier kosmetik? Berikut penjelasannya dan pastikan Anda membacanya sampai habis.

1. Pangsa Pasar Tinggi

Dewasa ini, banyak masyarakat terutama wanita yang senang ingin tampil cantik setiap saat.

Demi menutupi kekurangannya, mereka bahkan rela membeli produk kosmetik secara terus menerus dan sudah menjadi barang yang wajib dimiliki oleh wanita.

Hal ini menyebabkan untungnya berjualan produk kosmetik sebab terdapat minat yang banyak dari pembeli.

2. Selalu Ada Inovasi

Inovasi produk dari waktu ke waktu memberikan inspirasi bagi kita untuk mantap berjualan kosmetik di era canggih ini.

Jika dahulu yang kita ketahui hanya terdapat barang seperti lipstick, saat ini justru sudah ada banyak variasinya mulai dari lip balm, lip gloss, lip tint, lip matte, lip velvet dan lainnya.

Hal ini akan meningkatkan inovasi terhadap produk sementara masyarakat akan terus membeli produk keluaran terbaru.

3. Tidak Hanya Kaum Wanita

Produk yang dapat menunjang kosmetik seperti skin care juga kini tidak hanya di minati oleh kaum wanita saja.

Banyak kaum pria juga yang mulai menyadari untuk menjaga dan merawat kulitnya kemudian membeli produk skincare.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Bagaimana cara menjadi supplier kosmetik?

Secara singkat, cara menjadi supplier kosmetik adalah dengan menentukan jenis produk berdasarkan target pasar yang akan dipilihnya, kemudian memproduksi produk atau memasok melalui produsen produk, membuat nama brand sendiri, kemudian memasarkannya secara luas ke berbagai media.

Apa saja tugas supplier kosmetik?

Tugas seorang supplier kosmetik adalah dengan memilih produk yang hendak di pasarkan, kemudian mencari produsen yang tepat, melakukan uji coba pada produk, membuat brand, melakukan promosi dan pendistribusian produk kepada pelaku usaha.

Apa saja keuntungan menjadi supplier kosmetik?

Ada begitu banyak keuntungan menjadi supplier kosmetik selain mendapatkan penghasilan, produk kosmetik memiliki banyak minat dan pasar yang luas, produk kosmetik kerap menjadi tren bagi masyarakat dan promosi yang luas sehingga tidak akan khawatir tidak terjual.

Mulai dari produk facial wash, sunscreen, shampoo juga menjadi produk andalan bagi kaum pria untuk menjaga dan merawat kulitnya.

4. Menjangkau Kelas Konsumen

Produk kosmetik tidak hanya dapat diminati oleh masyarakat kelas atas saja, semua lapisan masyarakat mulai dari rendah dan menengah sekalipun membutuhkan kosmetik.

Mengingat harga kosmetik yang beredar juga cukup terjangkau, membuat pilihan bagi mereka yang memiliki minat akan tertarik membeli produknya.

5. Selalu Ada Tren Produk

Sama halnya dengan produk yang cenderung pasarnya adalah wanita, akan selalu memiliki tren produk.

Pada produk keluaran terbaru misalnya, kerap menjadi wish list atau incaran para kaum wanita yang ingin memilikinya.

Mereka bahkan rela untuk menyisihkan sebagian besar uangnya untuk berinvestasi pada kecantikan dengan membeli produk. 

Cara Menjadi Supplier Kosmetik Patut Diketahui

Ada beragam cara yang dapat di lakukan menjadi supplier kosmetik, namun perhatikan langkah berikut sehingga Anda dapat menerapkan cara bagaimana menjadi supplier kosmetik yang patut diketahui:

1. Budgeting

Sudah jelas dalam merencanakan konsep peluang usaha, hal yang harus Anda pahami terlebih dahulu adalah dengan budgeting.

Pentingnya budgeting untuk meminimalisir risiko kerugian yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

Apalagi jika Anda memutuskan menjadi pemasok dengan membeli dari produsen terlebih dahulu tentunya perlu menyiapkan modal yang tidak sedikit.

2. Bekerja Sama dengan Produsen

Jika Anda sulit untuk memproduksi kosmetik sendiri, maka tidak ada salahnya untuk mencoba bekerja sama dengan produsen pabrik.

Nantinya Anda harus mengamati dan mengenali produsen Anda beserta produk yang di tawarkan misalnya sistemnya, produksi, efek produk, kelebihan dan kualitas dan sebagainya.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan terhadap produk dan kandungan di dalamnya.

3. Mengenali Produk

Jika terdapat produk yang cocok untuk Anda pasarkan, kemudian lakukan pengenalan dengan produk serta mempelajari informasi apa saja yang terdapat dalam produk.

Hal ini di lakukan agar bisnis yang Anda jalani tidaklah bersifat abal-abal tapi dapat memberikan kualitas yang baik bagi pelanggan.

4. Uji Coba Produk

Baik bagi Anda yang memproduksi produk kosmetik tersebut atau melakukan pasokan dari produsen orang lain, cobalah untuk melakukan uji produk.

Sebelum menjual kepada pelaku usaha atau mendistribusikannya, pastikan produk yang Anda jual sesuai dengan apa yang di promosikan nantinya.

Jika tidak, maka produk yang Anda pasarkan akan mengalami kerugian drastis dan sulit akan membangun kembali kondisi perusahaan.

5. Membuat Brand

Menjadi supplier produk juga berarti dapat membuat brand sendiri terhadap produk yang hendak di jualkan kepada pelaku usaha.

Hal ini agar masyarakat dapat mengenali brand produk sehingga mereka akan mudah untuk melakukan langganan kembali ke produk Anda apabila di rasa cocok dengan kosmetik yang Anda tawarkan.

Pilihlah nama yang tepat, singkat dan mudah di ingat oleh pelanggan.

6. Promosi ke Berbagai Media

Sudah pasti agar produk yang di produksi atau Anda pasok mendapatkan keuntungan, maka lakukan promosi yang tepat agar dapat menarik pelanggan.

Lakukan promosi dengan tepat, menggunakan katalog, akun bisnis, atau menawarkan kerjasama kepada para pelaku usaha untuk berlangganan produk di tempat usaha Anda.

7. Menyediakan Lowongan Reseller dan Dropship

Bisnis reseller dan dropship saat ini banyak di gandrungi oleh masyarakat kekinian, penyebabnya dari intensitas waktu orang cenderung banyak terkoneksi dengan internet.

Maka dari itu, agar penjualan Anda meningkat sediakan lowongan reseller dan dropship sehingga mereka tertarik untuk mempromosikan produk Anda dan melakukan kerja sama.

Jangan lupa sediakan program penawaran menarik seperti diskon atau harga khusus agar mereka lebih tertarik lagi untuk bekerjasama dengan Anda.

Demikian artikel mengenai “cara menjadi supplier kosmetik”

Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang ingin mengenali lebih dalam mengenai supplier.

Jika Anda ingin mengetahui panduan-panduan dalam berbisnis lainnya, silahkan mengunjungi halaman “Panduan” pada website Evermos. 

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

 

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×