Daftar Isi

6 Cara Sukses Menjadi Supplier Minyak Goreng Bagi Pemula

menjadi supplier minyak goreng

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY ARTIKEL BERBISNIS MENJADI SUPPLIER MINYAK GORENG

  • Anda akan mengenali lebih dalam menjadi supplier minyak goreng
  • Mengenali langkah menjadi supplier minyak goreng yang tepat
  • Mengetahui cara pembuatan produk minyak goreng sawit

Seperti yang Anda ketahui bahwa minyak goreng merupakan produk sembako yang paling di butuhkan masyarakat setiap harinya, tak terkecuali bagi siapapun.

Hampir setiap masakan membutuhkan minyak goreng, untuk itu masyarakat selalu mempersiapkan produk di rumah, restoran, tempat usaha makanan dan sebagainya.

Melihat akan kebutuhan tersebut memberikan pernyataan bahwa bisnis minyak goreng memiliki potensi yang subur dan menarik di mata masyarakat.

Ada beberapa jenis bisnis yang dapat di tawarkan yaitu sebagai produsen minyak goreng, menjadi supplier minyak goreng atau distributor minyak goreng.

Artikel kali ini akan membahas keuntungan yang di dapatkan dengan menjadi supplier minyak goreng beserta bagaimana cara menjadi supplier minyak goreng bagi pemula.

Oleh karena itu, pastikan Anda membacanya sampai habis, ya.

Keuntungan Menjalani Bisnis Distributor Minyak Goreng

Sebelum membahas mengenai langkah memulai bisnis menjadi supplier minyak goreng, hendaknya mengetahui terlebih dahulu apa keuntungan yang akan kita dapatkan dengan memulai usaha berikut.

Inilah keuntungan dalam menjalani bisnis menjadi supplier minyak goreng.

1. Peluang Pasar Selalu Ada

Siapapun dari kita pasti pernah membeli sembako minyak goreng di manapun bukan? 

Meski hanya di sekedar toko kelontong, minimarket, supermarket pasti akan menyediakan kebutuhan tersebut.

Tanpa adanya minyak goreng, tidak akan ada masakan atau kurangnya bahan untuk membuat masakan tersebut.

Sehingga, tidak perlu khawatir mengetahui bagaimana kondisi pasar yang akan di tawarkan sebab ini merupakan kebutuhan pokok sehari-hari.

2. Minim Pesaing

Memulai bisnis atau brand owner sebagai supplier minyak goreng bukanlah hal yang mustahil.’

Menjalani bisnis sebagai distributor cukup menguntungkan dan relatif mudah sebab minimnya pesaing atau yang menjalankan usaha serupa.

Meski kita tahu ada beberapa brand minyak goreng yang di gunakan secara umum, tidak berarti dapat menghalangi jalannya usaha yang kita buat.

3. Pemasaran Mudah

Minyak goreng merupakan produk yang tunggal dan satu-satunya, tidak ada variasi lain.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Bagaimana cara menjadi supplier minyak goreng?

Secara singkat, cara menjadi supplier minyak goreng adalah dengan menentukan produk supplier frozen food, menentukan anggaran untuk memasok atau memproduksi minyak goreng, memilih produsen yang tepat, kemudian melakukan pengemasan dan pemasaran produk, promosi ke berbagai media.

Apa saja tugas supplier minyak goreng?

Tugas dari seorang supplier minyak goreng adalah dengan memilih produsen minyak goreng yang tepat, memperhatikan kualitas produk minyak goreng, mengemas produk dengan baik, melakukan pendistribusian produk kepada para pelaku usaha, dan membuka lowongan reseller dan dropship.

Apa saja keuntungan menjadi supplier minyak goreng?

Keuntungan menjadi supplier minyak goreng adalah mendapatkan penghasilan dari pendistribusian produk, merupakan produk kebutuhan rumah tangga yang pokok, menjadi manfaat bagi banyak orang karena produknya, membantu produk lokal lebih berkembang di Indonesia.

Masyarakat juga dapat mengetahui dengan mudah apa yang ingin kita pasarkan kepada mereka, sebab itu lakukan pemasaran minyak goreng di waktu yang tepat.

Para pelaku usaha yang menyediakan kebutuhan sehari-hari juga akan memasok produk sembako minyak goreng.

Maka dari itu, berbisnis menjadi supplier minyak goreng akan berpotensi menguntungkan.

4. Pengelolaan yang Mudah

Produk minyak goreng relatif mudah untuk di kelola, hanya pastikan penyimpanan mencukupi dan tetap dalam kondisi aman yang terjaga.

Dengan begitu, kita dapat mudah melakukan pengawasan dan Quality Product sehingga tidak akan repot dalam berurusan dengan produk minyak goreng.

5. Cara Pembuatan Mudah

Minyak goreng umumnya kita temukan berbahan dasar dari buah kelapa sawit, ada pula jenis minyak goreng lain seperti minyak zaitun, jagung.

Tidak perlu pusing dan bingung bagi pemula tinggal menjualkan produk yang secara general dapat di terima baik oleh masyarakat.

Cara Pembuatan Minyak Goreng Kelapa Sawit

Menjadi supplier minyak goreng berarti harus memahami dan mengetahui apa saja mengenai produk yang hendak akan di tawarkan kepada konsumen.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui apa saja dan bagaimana cara pembuatan produk minyak kelapa sawit.

1. Pengumpulan Kelapa Sawit

Buah kelapa sawit yang sudah matang akan siap untuk di panen, kemudian akan di bawa ke pabrik pengelolaan kelapa sawit.

2. Rebus Kelapa Sawit

Buah yang sudah matang tersebut di uap dalam air panas bertekanan 2,2 hingga 3 kilogram per cm sekitar 90 menit.

Ini dilakukan untuk membunuh enzim yang bisa merusak hasil minyak tersebut juga memudahkan perontokan inti buah dari cangkang.

3. Perontokan Buah

Proses perontokan ubah dengan melepaskan tangkai, atau melalui metode bantingan yang akan di lanjutkan dengan mesin therser untuk memisahkan buah dari brondongnya.

4. Daging Buah di Peras

Buah tersebut kemudian di berikan kembali tekanan uap bersuhu 80 hingga 90 derajat guna melepaskan biji buah dari daging buahnya.

Kemudian buah akan di masukkan ke dalam mesin pengompres yang akan memeras buah tersebut sehingga menghasilkan minyak kasar yang bercampur dengan daging buah atau ampas buah.

5. Penyaringan Minyak Kasar

Setelah mendapatkan minyak kasar kemudian minyak tersebut di saring ke dalam crude oil tank untuk memisahkan ampas dan minyak.

Kemudian ampas akan di olah lagi menggunakan mesin Depericarper untuk mendapatkan kandungan minyak yang terdapat dalamnya.

6. Pemisahan Minyak dengan Air

Minyak yang tercampur dengan uap air dalam proses sebelumnya akan di pisahkan, kemudian minyak, air, dan massa jenis minyak di tampung pada continuous setting tank yang kemudian di bawa ke oil tank.

7. Minyak di Murnikan

Proses pemurnian dari air masih terus berlanjut dengan menggunakan vacuum dryer untuk membuang kandungan air yang masih tersedia.

Setelah minyak di murnikan, akan di masukkan ke dalam oil storage tank untuk di bawa kebagian pengemasan, proses ini akan di lakukan hingga dua kali penyulingan untuk menghasilkan minyak yang lebih jernih.

Langkah Menjadi Supplier Minyak Goreng

1. Memilih Produsen yang Tepat

Langkah pertama dalam cara menjadi supplier minyak goreng adalah terlebih dahulu memilih apakah ingin membeli produk yang terdapat di produsen atau memproduksi minyak sendiri.

Dalam memilih produsen juga haruslah melihat kondisi pabrik, survei pembuatan hingga kualitas dan penentuan harga yang di berikan.

2. Bekerjasama dengan Produsen

Kemudian jika lokasi usaha pabrik atau produsen sudah Anda anggap tepat dirasa, mulailah bekerjasama dengan produsen tersebut.

Buatlah kontrak perjanjian dengan produsen seperti menentukan berapa banyak jumlah produk yang akan Anda pasok untuk kemudian di distribusikan kepada pelaku usaha.

3. Buat Nama Brand

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat nama perusahaan atau brand minyak goreng Anda.

Buatlah nama brand yang singkat, mudah di ingat dan tepat sehingga masyarakat bisa mengenali produk Anda.

Keuntungan membuat nama perusahaan adalah semakin banyaknya orang yang mengenali dan mengingat mereka bisa tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan dan bisa membangun brand awareness yang lebih baik lagi.

4. Mendaftarkan Izin Perusahaan

Ketika membuat perusahaan pastikan perusahaan tersebut memiliki izin yang beredar dengan cara mengajukan SIUP.

Surat Izin Usaha Perdagangan penting untuk kita miliki terutama dalam membangun peluang usaha kemitraan dengan orang lain sehingga mereka akan memastikan perusahaan Anda memiliki izin beredar sebelum bekerjasama.

Persyaratan SIUP umumnya terdiri sebagai berikut seperti izin domisili dari kelurahan setempat, membuat NPWP, membuat SIUP.

5. Melakukan Promosi

Untuk mendatangkan banyak pembeli dan pelaku usaha, lakukan promosi produk minyak goreng Anda.

Saat ini sudah ada teknologi canggih seperti internet yang bisa Anda manfaatkan sebagai media promosi.

Buatlah juga brosur, banner yang menarik pada tempat usaha Anda sehingga warga sekitar atau masyarakat lebih mudah mengenali usaha Anda.

6. Buka Peluang Usaha Reseller dan Dropship

Selain menawarkan kerjasama dengan pelaku usaha seperti mini market, toko kelontong, pengecer, dan supermarket membuka peluang usaha kepada reseller dan dropship menjadi ide yang bagus.

Hal ini akan mempermudah penjualan dan promosi yang Anda jalankan, serta jangan lupa untuk memberikan syarat dan ketentuan yang jelas sehingga kedua belah pihak dapat saling menguntungkan.

Demikian artikel mengenai “cara menjadi supplier minyak goreng”

Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang ingin mengenali lebih dalam mengenai supplier.

Jika Anda ingin mengetahui panduan-panduan dalam berbisnis lainnya, silahkan mengunjungi halaman “Panduan” pada website Evermos. 

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

 

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×