Daftar Isi

Kiat Sukses Berbisnis Menjadi Supplier Sembako Bagi Pemula

menjadi supplier sembako

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY

  • Anda akan mengenali lebih dalam menjadi supplier sembako
  • Mengetahui bagaimana cara sukses berbisnis menjadi supplier sembako
  • Mengenali apa saja keuntungan yang diperoleh dari berbisnis supplier sembako

Pada era teknologi seperti saat ini, toko kelontong tetap menjadi pilihan bagi pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya, karena toko kelontong tidak akan pernah sepi peminat.

Bagaimana tidak, toko kelontong menjual barang-barang kebutuhan pokok yang mana selalu dibutuhkan oleh orang banyak, khususnya masyarakat Indonesia. Keuntungan yang dihasilkan dari bisnis toko kelontong juga cukup besar lho.

Modal yang dikeluarkan oleh Kita untuk menjadi agen sembako juga tidak perlu banyak. Kita pun bisa menjadi agen sembako dengan modal yang sangat minim.

Maka dari itu, bisnis ini cocok untuk Kita yang menginginkan keuntungan besar namun dengan modal yang kecil. Kita Super bisa memulai bisnis dengan menjadi agen sembako.

Menjadi agen sembako yang sukses kini sangat mudah. Berikut beberapa tips super jadi agen sembako sukses yang bisa Kita lakukan. Apa saja kah tips tersebut? Yuk Kita baca sampai habis!

Sembako merupakan kebutuhan pokok bagi setiap keluarga untuk kebutuhan makanan sehari-hari, tak terkecuali bagi masyarakat menengah ke atas sekalipun.

Sembako adalah singkatan dari sembilan bahan pokok, yaitu kebutuhan primer salah satu dari sangan, pangan dan papan.

Setiap dari kita melakukan transaksi pembelian sembako di agen terdekat, untung yang di dapatkan juga tidak main-main.

Maka dari itu, mengapa Anda tidak mencoba untuk menjadi supplier sembako bagi pemula?

Bisnis supplier produk sembako juga menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan, sehingga dalam pengerjaannya membutuhkan tips yang tepat agar sukses.

Keuntungan Menjadi Supplier Sembako

Bahan sembako merupakan komoditas yang cukup menjanjikan karena kerap di butuhkan dan selalu di cari masyarakat setiap harinya.

Anda juga bisa tetap menjalankan menjadi supplier sembako dalam skala besar maupun kecil.

Baca Juga:  5 Usaha Makanan Ringan Menjanjikan yang Harus Anda Coba

Berikut beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dalam memulai bisnis sembako.

1. Kebutuhan Pokok Masyarakat

Makanan dan minuman merupakan kebutuhan bagi masyarakat setiap saat, tidak hanya di konsumsi setiap rumah saja tetapi sembako juga menjadi bahan pembuatan masakan atau menu.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Bagaimana cara menjadi supplier sembako?

Secara singkatnya, menjadi supplier sembako adalah dengan melakukan riset harga jual produk sembako, mencari pemasok sembako kemudian mengelola persediaan sembako untuk dapat menjualkan kepada masyarakat.

Apa saja tugas supplier sembako?

Tugas seorang supplier sembako adalah dengan melakukan riset harga jual produk sembako, mencari pemasok sembako, mengatur manajemen persediaan, dan menyiapkan strategi penjualan produk sembako.

Apa saja keuntungan menjadi supplier sembako?

Keuntungan yang didapatkan menjadi supplier sembako adalah produk sembako sangat luas pangsa pasarnya, menjadi kebutuhan dari setiap keluarga, mudah untuk dipasarkan dan dapat bermanfaat bagi orang lain.

Maka dari itu, keuntungan menjalankan usaha sembako ini menjadikan bisnis yang tidak akan ada matinya dimana pun dan kapan pun menjalankannya.

2. Modal Fleksibel

Berbicara mengenai modal usaha, Anda tidak perlu banyak khawatir sebab usaha menjadi supplier sembako dapat diseusaikan dengan kuanitas yang kita inginkan.

Cara Menjadi Supplier Sembako

1. Rencanakan Bisnis dengan Matang

Pertama yaitu jangan lupa untuk merencanakan bisnis dengan matang.

Poin ini penting untuk Kita Super lakukan, karena untuk memulai sebuah bisnis, semuanya harus direncanakan dengan baik agar bisnis berjalan dengan baik pula. Rencana bisnis ini diibaratkan sebagai pondasi dalam berbisnis.

Tidak terkecuali pada bisnis agen sembako ini, tentu Kita Super juga membutuhkan rencana bisnis yang matang. Karena jika tidak, bisnis agen sembako Kita jadi berantakan dan bukan tidak mungkin akan mengalami kerugian besar.

Jika Kita ragu untuk membuat perencanaan sendiri, Kita juga bisa meminta bantuan professional untuk membantu perencanaan bisnis agen sembako milik Kita Super ini.

2. Meriset pasar Itu Penting

yang kedua yaitu melakukan riset pasar. Poin kedua ini juga tidak kalah penting lho. Dengan melakukan riset pasar ini, Kita akan terbantu mendapatkan informasi akurat. Misalnya target pasar.

Dengan melakukan riset pasar, Kita bisa mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh target pasar itu sendiri. Riset itu nantinya berguna untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis agen sembako milik Kita Super.

Selain itu, riset pasar juga berguna untuk mengetahui seberapa besar potensi permintaan, serta kapan permintaan dari konsumen itu naik atau bahkan menurun.

Jadi, jangan sampai Kita Super tidak melakukan riset pasar ini. Dalam berbisnis, termasuk agen sembako, tentu riset pasar adalah suatu keharusan!

3. Perhitungkan Modal Dengan Tepat!

Ketiga yaitu melakukan perhitungan modal bisnis secara tepat dan akurat.

Kita sebagai supplier sembako tentu harus memperhitungkan modal dengan bijak.

Pergunakan modal yang ada untuk membeli barang-barang sembako yang telah Kita tentukan, sesuaikan budget yang ada. Jangan sampai pengeluaran Kita melebihi budget atau modal yang sudah Kita Super tetapkan sebelumnya, ya!

Hal ini bertujuan agar pengeluaran Kita tidak membengkak dan terjadi pemborosan yang menyebabkan kerugian.

4. Mengatur manajemen persediaan

Sebaiknya kamu lebih berhati-hati ketika kamu hendak mengeluarkan uang untuk bisnis sembako ini. Karena bila kamu terlalu banyak menyimpan persediaan barang di toko akan merugikan tokomu sendiri. Selain akan cepat mencapai masa expired, ha l tersebut juga merupakan bentuk pemborosan untuk usaha yang baru yang kamu rintis.Tetapi perlu diingat juga bahwa menyetok barang terlalu sedikit akan menyulitkan ketika ada pembeli yang membutuhkan sembako dalam jumlah banyak.

5. Lengkapi Kebutuhan Toko Kelontong

Kelima yaitu melengkapi segala kebutuhan toko kelontong.

Sebagai pemilik agen sembako, tentu Kita Super dituntut untuk terus melengkapi serta memperbarui segala jenis sembako di toko kelontong, bukan? Karena sembako yang lengkap adalah kunci kesuksesan agen itu sendiri.

Jika tidak, bukan tidak mungkin maka pelanggan akan mencari agen sembako lain yang lebih lengkap dari Kita.

Jika Kita tidak ingin hal itu terjadi, maka Kita Super harus memperbarui barang sembako setiap waktu, ya! Pastikan Kita Super mendapatkan sembako dengan harga murah agar ketika kembali dijual, Kita Super bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat!

6. Siapkan strategi penjualan dan pelayanan terbaik

Strategi penjualan adalah bagaimana cara kamu mempromosikan toko sembako milikmu. Kamu bisa mengkamulkan cara seperti akun sosial media, strategi diskon atau promo spesial untuk menarik banyak pelanggan agar berbelanja di tokomu.

Baca Juga:  10 Pekerjaan yang Menjanjikan Untuk Wanita, Mana yang Sesuai dengan Anda?

Pastikan juga kamu memberikan pelayanan yang terbaik. Selalu memberikan senyum yang tulus dan mengucapkan terima kasih kepada pelanggan atas setiap transaksi merupakan nilai tambah untuk tokomu, pelayanan terbaik pasti akan membuat pelanggan mu akan datang lagi dan lagi untuk berbelanja di toko sembakomu.

7. Gunakan teknologi

Digitalisasi dan otomatisasi telah menjadi bagian penting bagi banyak bisnis, hal ini juga bisa diterapkan untuk bisnis sembako Kamu. Dengan kemajuan teknologi saat ini akan memberikan kemudahan dalam mengoperasikan bisnis semakomu seperti menjual barang dagangan ke ecommerce, bekerjasama dengan jasa pengiriman online dalam melakukan pengiriman barang sampai dalam hal keuangan usahamu.

8. Jadilah bagian dari komunitas

Untuk memperluas usaha sembako kamu perlu sekali untuk menjadi bagian dari komunitas agen sembako di daerahmu. Dengan bergabung di dalam komunitas, kamu akan mendapat informasi jika ada acara klub, atau sponsor yang bisa menguntungkan untuk bisnis sembakomu.

Bekerjasamalah dengan agen komunitas lokal untuk menyumbangkan beberapa jenis makanan sembako yang kamu miliki, dengarkan apa keinginan dari komunitasmu. Hal ini sangat berpengaruh karena sebuah agen sembako murah yang sukses biasanya selalu menanggapi apa yang dibutuhkan oleh komunitasnya.

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×