Brand Equity Adalah : Manfaat, Keuntungan, Cara Meningkatkannya

brand equity adalah

Daftar Jadi Reseller Evermos

Pada dasarnya, brand equity adalah kekuatan dari sebuah merek atau brand. Dengan merek yang kuat, sebuah perusahaan dapat melakukan manajemen yang baik dalam berbagai aspek, meningkatkan arus kas, meningkatkan pangsa pasar, menetapkan harga, membatasi biaya iklan, dan lain-lain.

Namun, masih banyak pelaku bisnis atau pemasar yang masih awam dengan pentingnya brand equity.

Oleh karena itu, pada artikel ini akan kami ulas mengenai brand equity mulai dari pengertian, keuntungan, manfaat serta cara meningkatkannya.

Pengertian Brand Equity

Brand Equity Adalah

brand equity adalah
Sumber: pexels.com

Menurut halaman resmi Wikipedia, brand equity adalah berbagai aset dan kepercayaan merek yang terkait dengan merek tertentu, baik itu nama atau simbol, yang dapat mengubah nilai suatu produk atau layanan baik bagi pemasar maupun pelanggan. .

Sedangkan bagi pelanggan, brand equity dapat memberikan penilaian yang kuat terhadap pemahaman mereka dalam memproses informasi, meningkatkan kepercayaan diri dan juga meningkatkan kepuasan pelanggan.

Nilai brand equity yang tinggi bagi pemasar atau pelaku bisnis dapat meningkatkan keberhasilan mereka dalam program pemasaran yang mampu menarik konsumen baru atau bahkan melibatkan kembali pelanggan lama.

Ini kemungkinan besar karena merek yang lebih dikenal meningkatkan efektivitas promosi.

Pengertian Brand Equity Menurut Para Ahli

Koetler dan Keller

Kedua ekonom di atas menjelaskan bahwa pengertian brand equity adalah nilai tambah yang diberikan pada suatu produk atau jasa. Brand equity menunjukkan bagaimana pelanggan berpikir, merasa atau bertindak dalam merek tertentu, serta harga, pangsa pasar dan juga nilai manfaat yang dapat diberikan kepada suatu perusahaan.

Supranto dan Limakrisna

Supranto dan Limakrisna menjelaskan bahwa brand equity adalah nilai yang diatribusikan kepada suatu merek oleh pelanggan, di dalam dan di luar atribut atau karakteristik nilai fungsional suatu produk.

Tjiptono

Tjiptono berpendapat bahwa brand equity adalah seperangkat aset dan nilai kewajiban merek yang terkait erat dengan nama, merek, atau merek, serta simbol, yang dapat mengubah atau mengurangi nilai yang dapat diberikan suatu produk atau layanan kepada perusahaan dan / atau pelanggan perusahaan.

Susanto dan Wijanarko

Susanto dan Wijanarko menjelaskan bahwa brand equity adalah kewajiban merek dan seperangkat aset yang terkait erat dengan merek, nama, dan simbol di dalamnya untuk menambah atau mengurangi nilai yang diberikan suatu produk atau layanan kepada pelanggan perusahaan. sendiri.

Keuntungan Memiliki Brand yang Kuat

Ada banyak keuntungan ketika sebuah perusahaan sudah memiliki brand yang sangat kuat. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang mengapa banyak merek hebat mampu bertahan di tengah persaingan bisnis yang ketat. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Tahan Terhadap Persaingan

Tahukah Anda mengapa merek iPhone dan Samsung masih diminati oleh para pecinta gadget padahal sudah banyak merek yang bermunculan? Hal ini dikarenakan banyak konsumen yang mempercayai kedua merek tersebut.

Artinya dengan menciptakan merek yang kuat, Anda dapat menarik pelanggan setia. Selain itu, Anda tetap beraktivitas seperti biasa, apa pun yang terjadi, tanpa harus khawatir, meski banyak pesaing bisnis karena Anda sudah memiliki pelanggan setia.

2. Jangan Takut Harga Naik

Pengusaha yang takut akan kenaikan harga adalah pengusaha yang belum yakin dengan produknya sendiri. Hal ini tentu berbeda dengan barang yang kualitasnya sudah dikenal luas.

Meski menaikkan harga jual, masih banyak orang yang membayar mahal karena konsumen sudah memahami kualitas produk.

Untuk itu, merek sangat erat kaitannya dengan kepercayaan pelanggan. Dengan membangun merek yang kuat, Anda pasti bisa mendapatkan kepercayaan yang kuat dari pelanggan. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk menaikkan harga jual Anda.

Daftar Jadi Reseller Evermos

3. Lakukan Diferensiasi Produk

Tahukah Anda mengapa banyak perusahaan besar yang mampu mengalahkan pesaingnya? Hal ini dikarenakan perusahaan besar memiliki kemampuan untuk membedakan suatu produk. Kepercayaan pelanggan tidak hanya meningkatkan harga jual produk.

Mereka juga akan terlibat dalam diferensiasi produk, membuat nama merek mereka lebih kuat dan menghancurkan pesaing bisnis mereka. Jadi apa yang masih harus Anda ragukan? Mungkin manfaat brand equity jauh dari yang Anda bayangkan.

Namun kini Anda harus bisa buru-buru membangun brand Anda jika tidak ingin kalah bersaing dengan kompetitor Anda di pasar yang semakin kompetitif.

Cara Meningkatkan Brand Equity

Sebelum kita membahas cara meningkatkan brand equity, perlu diketahui bahwa setidaknya ada empat dimensi. Memahami dimensi brand equity sangat penting bagi Anda untuk memahami bagaimana meningkatkan brand equity dengan cara yang baik.

Empat dimensi nilai merek adalah pengetahuan merek, kualitas merek, asosiasi merek, dan loyalitas merek. Dimensi pertama hingga ketiga menentukan seberapa kuat merek Anda mendorong pelanggan untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Jika Anda telah berhasil menyelesaikan ketiganya, Anda akan secara otomatis menerima dimensi keempat. Keempat dimensi brand equity di atas merupakan cara mendasar untuk meningkatkan brand equity Anda. Berikut cara penerapannya:

1. Variasi dalam Kegiatan Pemasaran

Pada seminar Indonesia Brand Summit tahun 2014, Prof. Kevin Lane Keller menekankan pentingnya melakukan berbagai jenis kegiatan pemasaran mulai dari kegiatan pemasaran tradisional hingga kegiatan pemasaran internet.

Satu hal yang perlu Anda tekankan adalah Anda perlu memastikan bahwa ada value atau nilai yang bisa pelanggan dapatkan ketika mereka membeli produk yang Anda tawarkan.

Oleh karena itu, pemasaran tidak hanya tentang memberi tahu orang tentang bisnis Anda, tetapi juga tentang membuat mereka tertarik untuk membeli produk Anda.

2. Membangun Jaringan

Meningkatkan nilai merek tidak hanya harus melalui pemasaran atau marketing, tetapi juga dengan jaringan yang Anda miliki. Itu berarti Anda harus dapat berinteraksi dengan banyak orang tanpa bermaksud menawarkan produk Anda. Nantinya, mereka akan belajar tentang merek Anda secara tidak langsung.

3. Menyelenggarakan Acara

Cara paling halus dan ampuh untuk meningkatkan brand equity adalah dengan menyelenggarakan acara. Dengan mengadakan sebuah acara, banyak orang yang tertarik untuk datang. Kemudian orang akan menyadari merek yang Anda perkenalkan kepada mereka.

Fitur dan Manfaat Brand Equity

brand equity adalah
Sumber: pexels.com

Faktanya brand equity dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen untuk membeli produk Anda, baik itu berdasarkan pengalaman masa lalu mereka menggunakan merek Anda atau kedekatan yang mereka rasakan dengan merek Anda dan fitur merek Anda.

Simamora menjelaskan bahwa brand equity memiliki beberapa manfaat dan fungsi, yaitu:

  • Loyalitas, dengan loyalitas meningkatkan potensi pembelian atau pembelian kembali atau jika konsumen adalah pembeli yang yakin, ia tidak hanya akan berhenti pada pembelian ulang, tetapi juga akan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.
  • Memungkinkan Anda untuk menaikkan harga lebih jauh. Artinya, Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan.
  • Berikan kredibilitas pada produk lain yang menggunakan merek Anda.
  • Tingkatkan lebih banyak pembelian berulang
  • Sebagai pembeda yang lebih jelas antar pesaing.
  • Memungkinkan toleransi konsumen terhadap produk atau kegagalan bisnis dengan loyalitas tinggi terhadap merek Anda.
  • Menjadi salah satu faktor untuk menarik karyawan yang berkualitas dan mempertahankan retensi karyawan
  • Mendorong konsumen untuk hanya menggunakan faktor merek saat membeli suatu produk.

Demikianlah informasi mengenai brand equity yang dapat Anda ketahui. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. Boleh share artikel ini kepada yang membutuhkan.

Jangan lupa untuk selalu kunjungi situs panduan Evermos untuk membaca artikel istilah marketing menarik lainnya.

 

Panduan Penting Lainnya

 

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
On Key

Related Posts

×