8 Peluang Usaha di Daerah Sepi yang Jarang Tapi Menguntungkan

Usaha di Daerah Sepi

Ada sedang mencari ide untuk membuka usaha di daerah sepi? 8 peluang usaha di daerah sepi ini patut Anda coba jika ingin memulai usaha yang cukup menguntungkan.

Lokasi memang bisa menjadi salah satu faktor sebuah bisnis bisa berkembang. Namun, ada juga lho bisnis-bisnis atau usaha di daerah sepi yang bisa tetap berkembang walaupun memiliki tempat yang tidak sestrategis seperti di tengah kota.

Jika Anda bisa melihat peluang usaha di suatu tempat, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk dijadikan sebuah bisnis. Pada artikel kali ini, Anda bisa menemukan ide usaha di daerah sepi yang menguntungkan untuk Anda. Simak 8 peluangnya di bawah ini:

Baca Juga: 13 Rekomendasi Kerja Sampingan Online Terbaik Dan Menguntungkan

1. Jasa Cuci Kendaraan

Untuk mempermudah bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya, setiap orang membutuhkan kendaraan. Baik itu motor atau mobil, Sebagian besar orang di Indonesia memiliki setidaknya salah satu dari keduanya.

Namun, tak jarang motor atau mobil yang dimiliki akan kotor seiring pemakaian yang semakin sering. Tidak ada kan orang yang ingin berkendara dalam keadaan motor atau mobil yang kotor?

Di daerah yang sepi atau daerah pedesaan, usaha cuci kendaraan seperti ini masih jarang ditemukan. Pesaingnya masih sedikit, namun peminatnya sudah pasti banyak. Karena hampir setiap orang pasti memiliki kendaraan.

Tetapi tidak semua orang memiliki waktu atau keahlian untuk mencuci kendaraannya secara bersih dan menyeluruh. Oleh karena itu, tempat pencucian kendaraan pun pasti laris didatangi.

Omset yang bisa Anda dapatkan dari jasa cuci kendaraan ini pun bisa terbilang cukup besar. Dalam sehari, Anda bisa meraih omset hingga Rp3.000.000 rupiah. Besar sekali, bukan? Jika dikalikan 30 hari, maka dalam sebulan Anda bisa mendapatkan omset yang sangat besar.

Lalu, tips apa yang diperlukan untuk membuka usaha cuci kendaraan?

  • Pastikan Anda memilih lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh pemilik kendaraan
  • Tetapkan tarif cuci mobil sesuai dengan harga rata-rata yang berlaku di sekitar lokasi atau di kota tempat Anda membuka usaha
  • Rekrut karyawan dan berikan pelatihan kepada karyawan mengenai cara mencuci mobil yang benar agar kualitas layanan memiliki standar yang baik
  • Berikan pelayanan yang baik dan jangan pernah mengecewakan pelanggan
  • Berikan gaji yang sesuai kepada karyawan Anda
  • Berikan bonus seperti gratis cuci kepada pelanggan setia Anda sebagai bentuk penghargaan
  • Gunakan shampo yang aman untuk kendaraan, pastikan setiap produk yang Anda gunakan berkualitas. Jangan sampai Anda tergiur dengan harga yang murah.
  • Lakukan evaluasi rutin tentang pelayanan Anda dan karyawan Anda kepada pelanggan, sehingga Anda bisa meningkatkan kualitas pelayanan Anda ke depannya.

2. Usaha Bengkel

Selain jasa cuci mobil, usaha di daerah sepi yang bisa Anda lakukan adalah bengkel. Usaha bengkel menjadi usaha yang dicari-cari karena kendaraan bisa sewaktu-waktu mengalami kerusakan atau perlu servis rutin.

Apalagi jika daerah tempat Anda tinggal merupakan daerah perbatasan kota, banyak orang yang sering merasa was-was dan takut jika sewaktu-waktu kendaraannya mogok atau bannya bocor, tidak ada bengkel di sekitar yang bisa memperbaiki,

Dengan membuka bengkel, Anda bisa menjadi penyelamat orang-orang yang membutuhkan jasa servis kendaraan dengan cepat. Menjadi pengusaha bengkel bisa sangat menjanjikan, asalkan tetap konsisten dan tekun menjalankannya.

Selain itu, mesin kendaraan baik motor maupun mobil juga membutuhkan perawatan yang rutin. Spare partnya pun harus diganti dalam kurun waktu tertentu. Jika di daerah Anda masih jarang bengkel yang beroperasi, maka warga di sekitar daerah Anda pun akan mendatangi bengkel Anda jika memerlukan jasa servis kendaraan.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk memulai usaha bengkel kendaraan?

  • Tentukan lokasi bengkel kendaraan yang mudah terlihat dan dijangkau dari pinggir jalan
  • Menentukan modal awal
  • Merincikan biaya peralatan yang harus dibeli dan juga biaya operasional
  • Mencari dan merekrut montir yang ahli dan bisa diandalkan
  • Menyediakan sparepart yang lengkap
  • Memberikan pelayanan yang maksimal bagi pelanggan
  • Mengatur strategi promosi agar bengkel tetap laris didatangi pelanggan

Baca Juga: Rekomendasi Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan Oleh Banyak Orang

3. Pertamini/SPBU Mini

Bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang sangat dibutuhkan di daerah sepi. Biasanya, usaha di daerah sepi bisa sangat merugikan, tapi jika Anda membuka usaha SPBU mini atau berjualan bensin eceran, keuntungan yang bisa Anda dapatkan pun bisa cukup besar.

Biasanya, sangat sulit menemukan SPBU besar untuk mengisi bahan bakar kendaraan jika sedang berada di daerah-daerah sepi atau jauh dari keramaian. Oleh karena itu, bisnis ini bisa Anda pertimbangkan untuk Anda lakukan.

Namun, Anda pun perlu mempertimbangkan rute dan lokasi strategis yang masih sering dilewati oleh kendaraan besar maupun kecil. Selain itu, Anda pun perlu mempersiapkan modal, serta mengurus surat izin pengecer BBM agar usaha Anda tidak melanggar hukum dan bisa dinilai legal.

Bila Anda tertarik, Anda bisa mencoba membuka usaha Pertamini dengan cara berikut:

  • Buatlah kios mini Bernama Pertamini
  • Siapkan modal awal
  • Pilih lokasi yang letaknya jauh dari SPBU Pertamina
  • Jangan menjual bensin campuran
  • Jangan patok harga terlalu mahal
  • Buatlah surat izin untuk mendirikan Pertamini

4. Usaha Galon

Jika Anda bertempat tinggal di daerah perumahan atau desa, Anda bisa mempertimbangkan untuk mencoba memulai usaha gallon. Usaha gallon ini tentunya akan sangat menguntungkan karena air bersih untuk minum merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan oleh semua orang.

Jika Anda tertarik, berbagai alat instalasi untuk usaha depot air minum ini pun bisa terbilang mudah untuk ditemukan. Anda bisa mencari toko yang menjual peralatan usaha depot air minum melalui online maupun langsung datang ke tokonya.

Selain membuka depot isi ulang air mineral, Anda juga bisa menjadi agen galon air minum. Namun, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi jika Anda ingin mendaftar sebagai agen air mineral, yaitu:

  • Tinggal di lingkungan yang memiliki lebih dari 500 kepala keluarga
  • Memiliki bangunan permanen
  • Lokasi daerah mudah diakses
  • Memiliki alat komunikasi dan alat transportasi
  • Memiliki lingkungan bersih dan higienis
  • Mau berkomitmen secara penuh untuk menjadi agen

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi agen galon air mineral bisa cukup besar, lho. Anda bisa mendapatkan keuntungan mulai dari Rp1.000.000 hingga Rp20.000.000 setiap bulannya.

Baca Juga: 7+ Aplikasi Penghasil Uang Yang Bisa Kamu Coba

5. Usaha Jahit

Anda mahir menjahit? Mungkin Anda bisa mencoba untuk membuka usaha jahit. Usaha jahit ini bisa sangat menjanjikan, apalagi jika Anda bertempat tinggal di daerah pedesaan. Belum banyak saingan yang bisa Anda temukan, jadi kesempatan Anda untuk meraih pendapatan melalui usaha ini pun bisa sangat besar.

Jika saat ini Anda belum memiliki mesin jahit, Anda bisa menemukan banyak opsi untuk mendapatkan mesin jahit yang sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda. Anda bisa memilih untuk membelinya langsung secara online maupun datang ke toko, lalu memilih pembayaran secara langsung atau kredit. Atau Anda juga bisa menyewa mesin jahit.

Kebutuhan akan usaha jahit ini akan semakin tinggi ke depannya seiring dengan terus bertambahnya jumlah penduduk. Karena pakaian adalah salah satu kebutuhan primer manusia, jadi setiap orang pun akan selalu membutuhkannya.

Kenapa Anda harus membuka usaha jahit?

  • Modalnya cukup terjangkau
  • Cukup memiliki kemampuan jahit mendasar
  • Keuntungannya cukup besar
  • Sisa bahan bisa dijahit kembali
  • Promosi usahanya simple
  • Cepat berkembang
  • Sebagai sarana penyaluran hobi.

Jika Anda tertarik untuk memulai usaha jahit, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut:

  • Pastikan menguasai ilmu dasar menjahit
  • Survey pasar dan tentukan target konsumen
  • Berikan harga yang terjangkau untuk jasa jahit yang Anda tawarkan
  • Selesaikan jahitan sesuai dengan tenggat waktu pengerjaan yang telah disepakati bersama konsumen
  • Pertahankan kualitas jahitan
  • Siapkan modal awal untuk membuka bisnis usaha jahit

6. Servis Alat Elektronik

Di zaman serba digital seperti sekarang, semua orang sudah pasti menggunakan setidaknya satu barang elektronik di rumahnya. Entah itu televisi, kulkas, computer, dan lainnya. Tidak hanya di daerah perkotaan saja, namun di daerah pedesaan yang sepi pun alat elektronik pasti banyak ditemui.

Namun, tidak jarang peralatan elektronik yang dimiliki memiliki kerusakan dan akhirnya tidak bisa digunakan. Jika sudah tidak bisa digunakan, jalan yang paling sering dipilih oleh banyak orang adalah memperbaikinya dengan bantuan jasa servis alat elektronik.

Jasa servis alat elektronik dipilih karena pertimbangan biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih murah daripada jika harus membeli barang baru. Biasanya, di daerah sepi seperti pedesaan masih jarang terdapat usaha jasa servis elektronik. Oleh karena itu, kesempatan Anda untuk membuka bisnis ini pun bisa semakin besar.

Jenis-jenis alat elektronik yang bisa Anda pilih pun berbagai macam. Jika Anda terampil dalam bidang ini, Anda bisa memilih jasa servis TV, laptop, handphone, mesin cuci, kulkas, setrika, kipas angin, blender, dan masih banyak peralatan elektronik rumahan lainnya.

Selain itu, Anda pun tidak perlu mendirikan sebuah toko atau kios untuk bisa membuka usaha ini. Anda bisa memulai usaha servis elektronik ini dengan sistem panggilan. Jadi, pelanggan tidak perlu datang ke tempat Anda, tetapi Anda yang mendatangi rumah pelanggan Anda.

Namun jika Anda memiliki modal lebih, Anda bisa menyewa toko atau juga menjadikan bagian dari rumah Anda sebagai kios servis elektronik.

Untuk dapat menarik pelanggan agar mengetahui usaha Anda dan mau memakai jasa Anda, Anda harus melakukan berbagai strategi promosi. Seperti memperluas jaringan pertemanan, membuat brosur dan membagikannya dari rumah ke rumah, promosi melalui media sosial, serta memberikan harga spesial atau diskon kepada pelanggan Anda.

Agar usaha servis alat elektronik Anda berjalan dengan baik, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal di bawah ini:

  • Pilih tempat usaha yang strategis
  • Jalankan usaha Anda dengan jujur
  • Utamakan kualitas dari pelayanan Anda
  • Pahami keluhan yang diutarakan oleh pelanggan Anda
  • Usahakan untuk tepat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan Anda, sesuai dengan waktu yang sudah disepakati dengan pelanggan Anda
  • Apabila Anda belum mampu memperbaiki suatu alat, jangan langsung diterima. Anda harus menyesuaikan orderan yang Anda pilih dengan keahlian Anda

Toko Sembako

Sembako merupakan Sembilan bahan pokok kehidupan sehari-hari yang terdiri dari beras, gula pasir, minyak goreng, daging, telur, susu, jagung, minyak tanah, dan garam. Kebutuhan sehari-hari ini merupakan barang yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang.

Ada kalanya kebutuhan-kebutuhan harian tersebut habis di tengah bulan, sehingga toko sembako pun menjadi tujuan untuk membeli kebutuhan tersebut.

Terkadang, bisnis ini dipandang sebelah mata. Tidak jarang orang yang melihat bisnis toko sembako sebagai bisnis yang terkesan sepele dan meremehkannya. Padahal jika dikelola dengan benar, usaha ini dapat memberikan keuntungan yang sangat besar bagi pemiliknya.

Jenis usaha ini pun tidak memerlukan tempat usaha yang besar. Anda bisa memakai halaman rumah Anda untuk menjadi toko sembako. Cukup menaruh etalase, dan pasang rak-rak dan meja untuk menaruh barang dagangan, dan isi dengan barang-barang yang biasa dibutuhkan, Anda pun sudah bisa mulai membuka toko sembako.

Sebelum membuka toko sembako, ada baiknya jika Anda melakukan hal-hal berikut ini:

  • Rencanakan usaha dengan matang
  • Lakukan riset harga jual per barang
  • Perhitungkan modal dengan tepat
  • Cari supplier yang tepat untuk membeli bahan sembako untuk dijual
  • Pilih bahan-bahan sembako yang berkualitas
  • Perhatikan tata letak barang di toko Anda, pastikan untuk menempatkan barang agar mudah dilihat dan juga dijangkau
  • Perhatikan kebersihan toko, jangan sampai pelanggan risih dengan toko yang berantakan atau kotor.
  • Buat strategi penjualan
  • Berikan pelayanan terbaik untuk setiap pelanggan Anda
  • Lakukan pembukuan untuk setiap transaksi yang dilakukan di toko Anda

8. Bisnis Salon

Salah satu jenis usaha di daerah sepi yang masih jarang ditemukan adalah salon. Di kota-kota besar, salon sangatlah mudah dijumpai. Namun, berbeda dengan Kawasan sepia tau pedesaan. Masih sangat jarang ada salon yang menyediakan berbagai jasa perawatan rambut maupun tubuh.

Peluang untuk mendirikan bisnis salon ini pun semakin besar jika di daerah Anda banyak terdapat populasi Wanita terutama anak muda. Tetapi baik muda maupun tua, salon merupakan tempat favorit untuk dikunjungi oleh kaum Wanita.

Banyak sekali layanan yang bisa ditawarkan oleh penyedia bisnis salon, di antara lain potong rambut, creambath, smoothing, pewarnaan rambut, perawatan wajah, spa, pijat, juga rias wajah, dan masih banyak lagi.

Jika Anda tertarik membangun bisnis ini, Anda perlu memperhatikan tips dan trik memulai usaha bisnis salon di bawah ini:

  • Asah kemampuan Anda terlebih dahulu. sebagai penyedia jasa salon, Anda perlu memiliki keahlian dalam hal tersebut. Anda bisa mengasah keahlian Anda dengan mengikuti berbagai macam kursus yang disediakan di berbagai kota.
  • Membuat perencanaan dan merincikan barang-barang apa saja yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis salon Anda
  • Cari lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh calon pelanggan Anda
  • Atur pembukuan dan keuangan bisnis Anda dengan baik
  • Promosikan salon Anda. Anda bisa mencetak brosur yang berisikan layanan-layanan yang Anda miliki di salon Anda, serta alamat dan kontak yang bisa dihubungi. Lalu Anda bisa membagikannya ke rumah-rumah di sekitar salon Anda
  • Terus kembangkan kemampuan Anda dan perhatikan tren terkini, agar Anda selalu mengetahui keinginan pasar.
  • Berkomitmen kepada diri sendiri untuk menjalankan bisnis dengan baik

Demikianlah artikel mengenai 8 Peluang Usaha di Daerah Sepi yang Jarang Tapi Menguntungkan. Semoga artikel ini dapat membantu bagi Anda yang sedang mencari ide untuk membuka usaha di daerah sepi.

Selain membuka usaha di daerah sepi, Anda juga bisa menjadi reseller di Evermos, lho. Tidak perlu toko atau tempat jualan, karena semua sistemnya dilakukan secara online.

Anda hanya perlu memasarkan barang dagangan melalui media sosial atau marketplace, lalu barang pun akan dikirimkan dari supplier langsung ke konsumen Anda. Mudah sekali, bukan?

Jika Anda tertarik menjadi reseller Evermos, Anda bisa mengunjungi website Evermos dan langsung bergabung bersama kami secara gratis. Yuk, mulai berikhtiar bersama Evermos!

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts