11 Usaha Modal Kecil Untung Besar, Terbukti Menjanjikan!

Usaha Modal Kecil Untung Besar

Jika kamu sedang mencari ide usaha modal kecil untung besar yang sudah terbukti menjanjikan, keputusan yang tepat untuk membaca artikel ini hingga akhir.

Mengawali sebuah usaha atau bisnis tentunya menuntut kita untuk melakukan perencanaan yang matang, mulai dari menentukan jenis usaha yang akan kita jalani, menyiapkan modal, menentukan pasar, hingga merancang strategi promosi.

Dalam setiap tahap tersebut, modal merupakan salah satu faktor penting yang dapat menentukan alur usaha yang akan dijalani. 

Modal yang kecil atau terbatas sering kali menjadi hambatan bagi mereka para pemula yag ingin terjun ke dunia usaha atau bisnis itu sendiri.

Hal tersebut menyebabkan banyak orang yang enggan keluar dari zona nyaman dan cenderung takut memulai suatu usaha.

Kamu tidak perlu khawatir, ada banyak usaha dengan modal kecil dengan potensi menghasilkan untung besar yang akan kita bahas dalam artikel ini dan bisa banget kamu gunakan sebagai inspirasi. Oleh karena itu simak artikel ini sampai habis ya!

Namun, sebelum menentukan usaha apa yang akan kamu jalani, ada baiknya kamu memilah terlebih dahulu jenis usaha seperti apa yang bisa kamu bangun sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas, agar meski dimulai dengan modal kecil, usaha tersebut bisa kamu kembangkan sehingga berpeluang mendapatkan untung yang besar.

Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Sesuai dengan Kemampuanmu

Menjalankan bisnis sesuai dengan kemampuan atau passion akan membuatmu tidak gampang menyerah, oleh karena itu kamu pastikan jenis usaha seperti apa yang mampu untuk kamu kembangkan.

Jenis Usaha Penyedia Barang

Jenis Usaha Penyedia Barang

Jika kamu lebih suka membuka usaha dengan cara menyediakan produk dengan wujud fisik yang bisa dirasakan manfaatnya jenis usaha penyedia barang adalah jenis usaha penyedia barang merupakan pilihan yang tepat.

Perlu diingat, karena jenis usaha ini akan menghasilkan produk dalam bentuk fisik, maka kualitas juga akan langsung dapat terukur oleh konsumen, sehingga kamu perlu menjamin mutu atas produkmu.

Kamu bisa melakukan kontrol kualitas produk secara berkala atau memakan komponen pendukung seperti kemasan agar usaha modal kecil dalam bentuk barang yang kamu sediakan akan berpeluang menghasilkan untung yang besar.

Baca Juga: Perbedaan Dropship dan Reseller Calon Pebisnis Wajib Tahu! 

Jenis Usaha Penyedia Jasa

Jenis Usaha Penyedia Jasa

Berbeda dengan jenis usaha penyedia barang, jenis usaha penyedia jasa akan cocok untukmu yang lebih suka menawarkan manfaat atau memenuhi kebutuhan konsumen melalui kegiatan yang kamu lakukan.

Sehingga dalam usaha ini produk yang kamu jual tidaklah berupa fisik, melainkan sebuah bantuan.

Karena jenis usaha penyedia jasa terikat dengan pemanfaatan bantuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, maka hal ini juga lekat dengan kemampuanmu menyediakan jasa itu sendiri.

Contohnya, jika usaha yang kamu pilih adalah jasa desain grafis, maka kamu harus memastikan untuk terus meningkatkan kemampuanmu dalam bidang tersebut.

Baik jenis usaha penyedia barang maupun jasa, tentunya memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan kesuksesan dengan untung yang besar.

Berikut 11 ide usaha modal kecil untung besar yang bisa kamu coba.

Ide Usaha Modal Kecil Untung besar

1. Usaha Katering Rumahan

Ide usaha modal kecil untung besar yang pertama datang dari dunia kuliner.

Usaha dibidang kuliner memang seringkali menjadi primadona, hal ini tidak lain karena makanan dan minuman merupakan kebutuhan primer manusia.

Oleh karena itu, usaha dalam bidang kuliner bisa dikatakan sebagai salah satu usaha yang menjanjikan.

Untuk kamu yang memiliki kemampuan memasak, usaha katering rumahan bisa menjadi pilihan usaha yang menjanjikan bagi kamu meski dengan modal yang kecil.

Selain modal yang terbilang kecil dan cepat berputar, ide usaha ini didukung dengan kian meningkatnya aktivitas masyarakat yang juga berpeluang meningkatnya target pasar dari usaha ini.

Sehingga usaha katering rumahan bisa dikategorikan sebagai usaha yang berpeluang memiliki untung besar.

Baca Juga: 14 Pekerjaan Sampingan untuk Menghasilkan Uang Tambahan

2. Usaha Jasa Titip

Seperti namanya, usaha jasa titip ini adalah usaha yang memberikan layanan jasa untuk membelikan barang atau produk tertentu dengan menambahkan harga pada produk sebagai upah dari jasa itu sendiri.

Selain modalnya yang relatif kecil, adanya pembatasan mobilitas dan terjadinya perubahan kebiasaan masyarakat yang disebabkan oleh pandemi serta berkembangnya teknologi dan sosial media, menyebabkan jasa titip ini miliki peminat yang cukup tinggi.

Tingginya peminat, tentu akan beriringan dengan tingginya peluang untuk mendapatkan untung yang besar. Oleh karena itu ide usaha modal kecil dengan untung besar yang bisa kamu coba berikutnya adalah usaha jasa titip.

3. Usaha Paket Sayuran

Daftar ide usaha modal kecil untung besar berikutnya adalah usaha paket sayuran.

Tak hanya kebutuhan rumah tangga, sayur juga merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan setiap hari oleh berbagai kalangan pengusaha, dari usaha rumahan, restoran, hingga perhotelan maupun pabrik.

Jika kamu tertarik untuk membuka usaha paket sayuran, kamu tidak diharuskan memiliki modal yang besar, karena usaha ini memungkinkan untuk dibuka secara partai besar maupun kecil.

Kamu juga dapat menjajakan usaha ini dengan metode online dan offline secara bersamaan.

Dari poin-poin tersebut terlihat bahwa usaha paket sayuran merupakan ide usaha modal yang patut dicoba karena selain memiliki pasar yang luas yang juga dapat mengurangi kemungkinan rugi, usaha paket sayuran juga terbilang fleksibel sehingga cocok bagi pemula.

Maka tak heran jika ide usaha satu ini berpeluang untuk mendapatkan untung yang besar.

4. Usaha Kue Hias

Dimasa sekarang ini, ulangtahun, kelulusan, serta perayaan-perayaan lain akan kurang rasanya jika tidak menghadirkan kue hias sebagai pelengkap.

Hal ini juga sejalan dengan kian meningkatnya tren lunch box korean cake di kalangan masyarakat, terutama di perkotaan.

Ide usaha modal kecil untung besar kali ini datang dari kue tart dengan ragam ukuran yang dihias dan dikemas semenarik mungkin.

Rasanya yang enak dan tampilannya yang cantik membuat usaha kue hias ini kian digemari.

Jika dilihat, usaha kue hias ini dapat menjadi salah satu usaha yang berpeluang menghasilkan untung yang besar dan menjanjikan, Dengan proses pembuatan yang tidak mudah dan membutuhkan keahlian khusus, menyebabkan harga pasaran dari kue hias itu sendiri juga cukup tinggi.

Meski begitu, usaha kue hias ini merupakan usaha yang sangat memungkinkan dilakukan dengan skala rumahan dengan modal yang relatif kecil.

Oleh karena itu jika kamu memiliki keterampilan untuk membuat dan mendekorasi kue jangan ragu untuk mencoba ide usaha satu ini.

5. Thrift Shop

Ide usaha modal kecil untung besar berikutnya cukup unik, pasalnya ide usaha ini berasal dari barang bekas.

Sesuai namanya yang berarti penghematan, baik dari segi ekonomi maupun penghematan dalam penggunaan suatu produk, thrift shop menjual aneka produk bekas layak pakai dan diperjualbelikan.

Bagi kamu para pemula, thrift shop ini bisa dijadikan ide usaha yang terbilang menjanjikan dengan modal kecil.

Pada thrift shop produk fashion misalnya, kamu dapat mendapatkan 1 karung berisi 50-100 baju secara acak dengan harga berkisar Rp1 Juta per karung.

Sementara harga baju thrift shop di pasaran berkisar Rp50 Ribu per produk.

Jadi terbukti bukan? Bahwa thrift shop ini merupakan ide usaha modal kecil dengan untung besar.

6. Usaha Jasa Desain Grafis

Jika kamu memiliki kemampuan dalam bidang desain grafis, jangan pernah ragu untuk menggunakan kemampuan tersebut untuk menjadikannya sebagai peluang usaha modal kecil.

Dimasa yang yang serba digital ini, tentunya banyak bisnis yang membutuhkan jasa desain grafis untuk berbagai aktivitas bisnisnya di ranah online baik.

Membuka usaha dibidang jasa desain grafis bisa dibilang sangat menjanjikan, selain modal yang kecil, keuntungan yang didapatkan juga cukup besar, terlebih lagi usaha ini fleksibel dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Untuk memulai usaha ini, kamu bisa memilih untuk mempromosikan dirimu sendiri, atau bergabung dengan berbagai platform freelancer.

Baca Juga: 9 Manfaat Besar Memiliki Pekerjaan Sampingan Berikut Keuntungannya

7. Usaha Jasa Laundry Sepatu

Sebagian dari masyarakat akan mencuci sepatunya sendiri dirumah, namun hal itu tidak berarti laundry atau jasa cuci sepatu belum bisa menjadi ide usaha modal kecil untung besar selanjutnya.

Dengan modal yang kecil, kamu bisa membuka usaha rumahan dibidang ini dibantu oleh peralatan yang ada.

Jangan salah, khususnya di daerah perkotaan, usaha laundry sepatu memiliki pangsa pasar yang tergolong luas.

Ditambah lagi usaha ini termasuk kedalam sektor jasa, dimana keuntungannya relatif akan lebih besar.

8. Usaha Cemilan

Sekali lagi, kuliner memang selalu jadi primadona. Usaha modal kecil untung besar kali ini tak lain datang dari usaha kuliner.

Hal ini juga berlaku bagi produk cemilan atau snack. Meskipun pengusaha produk cemilan ini kian meningkat di berbagai daerah, namun usaha cemilan selalu mengundang antusiasme masyarakat untuk mencoba nya.

Untuk membuka usaha cemilan juga tidak harus selalu dimulai dengan modal yang besar, bahkan kamu bisa memulai usaha ini dengan modal kecil dan dijalankan sebagai bisnis rumahan.

Kunci kesuksesan dari usaha ini tentunya berasal dari banyak faktor terutama rasa, kualitas serta keunikan dari produk cemilan itu sendiri.

9. Kursus Bahasa Asing

Mempelajari bahasa asing merupakan kebutuhan masyarakat yang terus meningkat saat ini.

Baik keperluan pendidikan, bisnis, maupun keinginan dan ketertarikan yang didasari hobi.

Hal tersebut tentunya bisa jadi peluang usaha untuk kamu yang memiliki kemampuan di bidang bahasa asing itu sendiri.

Percaya atau tidak, kursus bahasa asing ini tidak selalu membutuhkan modal yang besar, sebaliknya, bahasa asing yang terbilang rumit menyebabkan tarif atau harga dari jasa kursus bahasa asing ini cukup besar dan menjanjikan.

Selain itu keuntungan lainnya, kamu bisa membuka kursus bahasa asing ini dengan beberapa pilihan metode pengajaran, seperti kelas reguler maupun privat yang dapat dilakukan secara online maupun offline.

10. Usaha Buket

Dalam berbagai momentum tertentu seperti ulang tahun, wisuda, lamaran hingga pernikahan, memberikan buket sudah menjadi tren.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir jika berminat untuk membuka usaha buket. Pasalnya maraknya peminat menunjukan bahwa pasar dari usahamu juga luas.

Pada awalnya usaha buket ini hanya memiliki varian buket bunga saja, namun seiring berjalannya waktu, usaha buket ini berkembang dengan berbagai varian, seperti snack, hijab, hingga uang.

Hal tersebut juga menunjukan, bahwa salah satu kunci dari usaha ini adalah kreatifitas. Dimana kreatifitas ini juga dapat menjadi pembeda antara usaha milikmu dan kompetitor.

Meski dituntut untuk memiliki kreatifitas yang tinggi, kamu tidak perlu khawatir karena kali ini kamu tidak dituntut untuk memiliki modal yang besar.

Dengan kata lain, usaha buket dapat dimulai dengan modal yang kecil.

11. Usaha Reseller dan Dropshipper

Perubahan terhadap kebiasaan dan minat masyarakat terkait gaya belanja offline menjadi online tentunya seakan membuka peluang usaha modal kecil bagi masyarakat di masa pandemi.

Perubahan itulah yang juga menjadi pemicu melebarnya kesempatan usaha online. Termasuk jenis usaha reseller dan dropshipper.

Reseller dan dropshipper dapat menjadi ide cemerlang untuk usaha modal kecil untung besar berikutnya.

Minimnya resiko, modal yang terbilang murah, hemat waktu dan tenaga seakan menjadi alasan utama mengapa model bisnis reseller dan dropshipper patut dicoba.

Terlebih lagi dalam ide usaha yang satu ini kamu bisa memanfaatkan aplikasi Evermos, sebuah platform social commerce berbasis syariah yang akan menjembatani mu dengan ratusan supplier.

Jika ide usaha lain merupakan usaha dengan modal kecil, Evermos justru memberikan peluang usaha tanpa modal.

Kamu bisa langsung berjualan ribuan produk dari UMKM terbaik dan brand ternama asli Indonesia yang terjamin kehalalannya.

Lebih dari itu, untuk kamu para pemula, Evermos juga memberikan fasilitas berupa pelatihan bisnis dari para trainer profesional dibidangnya.

Masalah keuntungan? Sudah tidak diragukan lagi. Kamu berkesempatan meraih untung besar yang didapatkan melalui komisi, kompetisi mingguan, dan bonus lainnya.

Jadi tunggu apalagi? Segera mulai usaha tanpa modal bersama Evermos dengan melakukan pendaftaran GRATIS sekarang juga!

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

On Key

Related Posts