Ide Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya Beserta Tips Memulainya

Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

Anda Ibu Rumah Tangga yang sedang mencari ide usaha yang bisa dilakukan di rumah? Masih bingung usaha apa yang sebaiknya dilakukan? Simak artikel mengenai usaha rumahan yang tidak ada matinya berikut ini.

Jika Anda belum pernah memulai usaha sebelumnya, tentu akan sangat membingungkan untuk memilih bisnis apa yang ingin dilakukan. Anda harus melakukan riset yang mendalam mengenai bisnis-bisnis yang ingin Anda geluti.

Pastikan jangan sampai Anda salah pilih jenis usaha, Anda harus memilih usaha yang memiliki prospek Panjang ke depannya. Sehingga nantinya, bisnis ini pun dapat membantu perekonomian Anda menjadi lebih baik lagi.

Usaha rumahan kerap kali dipandang sebelah mata. Padahal, usaha rumahan yang tidak ada matinya bisa berpotensi memiliki keuntungan yang sangat besar. Sudah banyak contoh nyata brand-brand terkenal yang memulai produksinya dengan skala kecil dan dimulai dari rumah.

Karena semua proses bisnis dilakukan di rumah, Anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat guna menjalankan usaha Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mulai mencoba usaha rumahan yang tidak ada matinya.

Untuk lebih jelasnya lagi, yuk simak penjelasan lengkap mengenai ide usaha rumahan yang tidak ada matinya di bawah ini.

Baca Juga: 13 Website Penghasil Uang Yang Mudah Dan Terbukti Membayar

Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

Pengertian Usaha Rumahan

Sebelum masuk ke penjelasan mengenai ide-ide usaha rumahan yang tidak ada matinya, akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian usaha rumahan. Usaha rumahan adalah jenis usaha yang seluruh kegiatan produksi sampai pemasarannya dilakukan di rumah dan lingkungan rumah.

Biasanya, jenis usaha rumahan ini dijalankan oleh satu sampai beberapa anggota keluarga, atau bisa juga kelompok masyarakat sekitarnya seperti tetangga, yang kemudian menghasilkan produk barang atau jasa untuk jumlah konsumsi yang tidak banyak dan terbatas.

Pada bisnis usaha rumahan, omset yang diperoleh terkadang tidak begitu besar. Pemasarannya pun terbatas hanya di lingkungan yang masih berdekatan. Karena orang yang menjalankan bisnisnya terbatas, maka hasil yang diperoleh pun terbatas pula.

Namun, tidak semua bisnis rumahan beromset kecil, lho. Usaha rumahan yang tidak ada matinya pun bisa menghasilkan keuntungan yang besar, jika Anda menjalankannya dengan tekun dan telaten.

Jika Anda pintar mengelola usaha rumahan ini, Anda bahkan bisa membantu warga sekitar dengan membuka lapangan kerja baru untuk membantu usaha Anda. Masih ada banyak lagi lho kelebihan memulai usaha rumahan. Yuk, simak kelebihan usaha rumahan di bawah ini.

Kelebihan Usaha Rumahan

1. Tidak perlu berangkat kerja

Bagi orang-orang yang menjalankan usaha rumahan, mungkin ini adalah salah satu kelebihan utama yang paling mereka sukai. Dengan memiliki usaha rumahan, Anda tidak perlu berlelah-lelah untuk bangun pagi buta dan berangkat kerja ke kantor.

Apalagi jika rumah Anda berada di pinggir kota dan harus menggunakan angkutan umum untuk bisa sampai ke kota. Jika Anda memiliki usaha rumahan, maka Anda tidak perlu berdesak-desakkan di dalam transportasi umum, juga tidak perlu lagi merasakan kemacetan.

Dengan memiliki usaha rumahan yang tidak ada matinya, Anda bisa bekerja dengan jauh lebih tenang. Perjalanan kerja pun menjadi sangat simple, hanya perlu keluar kamar atau turun menuju lantai satu, Anda pun sudah bisa langsung bekerja. Mudah sekali, bukan?

2. Jam kerja fleksibel

Selain terhindar dari keharusan untuk berangkat ke tempat kerja yang jauh, Anda bisa memiliki jam kerja yang sangat fleksibel dengan bekerja merintis usaha rumahan.

Anda pun bisa menentukan jam kerja Anda sendiri. Kapan akan memulai kerja, juga kapan selesai kerja. Selain itu, jam operasional toko atau bisnis yang Anda jalankan juga bisa Anda atur sesuka hati Anda.

Dengan adanya teknologi seperti ponsel, internet, media sosial, dan sebagainya bisa turut membantu Anda untuk menjalankan bisnis rumahan dengan lebih mudah.

Baca Juga: 8 Peluang Usaha di Daerah Sepi yang Jarang Tapi Menguntungkan

3. Tidak perlu membayar uang sewa tempat

Usaha rumahan adalah salah satu usaha yang hemat dalam hal pengeluaran. Dengan membuka usaha rumahan yang tidak ada matinya, Anda tidak perlu menyewa toko, ruko, atau tempat lainnya sebagai lokasi bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk pemeliharaan lokasi bisnis yang terpisah dengan tempat tinggal dan juga menghemat biaya dengan tidak memerlukan uang transportasi untuk bisa sampai ke lokasi toko tersebut.

4. Lebih mudah mengatur operasional

Merintis bisnis rumahan berarti Anda harus mengatur dan mengelola seluruh proses bisnis yang akan dilakukan, tidak terkecuali dengan jumlah karyawan yang akan direkrut. Anda bisa menentukan sendiri berapa jumlah karyawan yang diinginkan, sesuai dengan keperluan bisnis Anda.

Lalu, Anda pun bisa mengecek sendiri serta mengawasi dengan jelas setiap pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan Anda. Jika ada kesalahan dalam pengerjaannya, Anda bisa langsung menegur dan memperbaikinya dengan lebih cepat.

5. Memiliki waktu lebih untuk berkumpul bersama keluarga

Anda tinggal dengan keluarga seperti orang tua, pasangan, atau anak? Memulai usaha rumahan yang tidak ada matinya merupakan pilihan yang tepat bagi Anda karena Anda bisa tetap berkumpul bersama keluarga meskipun sedang bekerja.

Anda juga bisa memberikan pengetahuan mengenai juga bisnis kepada anak, mendapatkan masukan serta bantuan dari pihak keluarga mengenai bisnis Anda.

Kelebihan-kelebihan dalam memulai usaha rumahan yang tidak ada matinya di atas pasti membuat Anda tergiur ingin segera memulai berbisnis, bukan? Jangan buru-buru dulu, Anda perlu mengetahui tips dalam memilih usaha rumahan di bawah ini.

Tips Memilih Usaha Rumahan

1. Pastikan ide bisnis sesuai dengan pasar

Sebelum menentukan jenis usaha yang ingin anda mulai, alangkah lebih baiknya jika Anda melakukan riset pasar terlebih dahulu. karena Anda memulai usaha dari rumah, Anda bisa mencari tahu apa yang sedang dibutuhkan atau sering dibutuhkan serta disukai oleh warga pada lingkungan tempat Anda tinggal.

Hal ini harus Anda pertimbangkan karena jika bisnis yang Anda jalankan tidak sesuai dengan kemauan pasar, maka Anda pun akan kesulitan untuk menemukan pelanggan. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah melakukan riset menyeluruh terlebih dahulu, ya!

2. Pilih jenis usaha yang menguntungkan

Setelah mengetahui jenis-jenis bisnis apa saja yang akan disukai oleh pasar, Anda perlu memastikan bahwa bisnis tersebut bisa menguntungkan bagi Anda untuk jangka waktu yang lama.

Anda harus melakukan perhitungan mengenai berapa persen laba bersih yang akan Anda peroleh setiap bulannya. Lalu, Anda juga harus menyesuaikan jumlah laba tersebut dengan biaya operasional yang Anda akan keluarkan setiap bulannya.

Jika Anda sudah memperhitungkan seluruh laba dan pengeluaran dalam bisnis yang akan Anda jalankan, maka Anda pun bisa mengantisipasi kemungkinan bisnis Anda gulung tikar.

Baca Juga: Rekomendasi Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan Oleh Banyak Orang

3. Jangan latah hanya karena usaha tertentu sedang tren

Banyak sekali orang yang memulai usaha hanya karena latah atau ingin mengikuti tren usaha yang sedang hits. Padahal, kebanyakn jenis usaha-usaha ini hanya bersifat sementara dan akan terus mengalami pergantian seiring dengan adanya perubahan gaya hidup masyarakat.

Oleh karena itu, Anda harus bisa memastikan bahwa ide usaha yang Anda pilih bukan hanya tren sesaat dan akan memudar di masa depan. Pilihlah jenis usaha yang memang sesuai kebutuhan pasar, dan akan terus laris sepanjang waktu.

Setelah mengetahui pengertian, penjelasan mengenai kelebihan usaha rumahan, serta tips memilih usaha rumahan, apakah Anda sudah siap untuk mencoba bisnis usaha rumahan yang tidak ada matinya? Sekarang saatnya Anda mengetahui ide-ide usaha rumahan yang tidak ada matinya di bawah ini.

Ide Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

1. Usaha frozen food

Usaha rumahan yang tidak ada matinya yang pertama adalah usaha frozen food. Frozen food atau makanan beku adalah makanan yang dibekukan dengan tujuan untuk mengawetkan makanan agar bisa dikonsumsi lebih lama serta siap disantap kapan saja.

Frozen food ini merupakan jenis makanan yang akan selalu diminati oleh semua orang. Terlebih lauk pauk dan camilan seperti nugget, sosis, dimsum, kebab mini, dan sebagainya.

Apalagi semenjak pandemi, banyak orang yang akhirnya memilih untuk menyetok berbagai macam frozen food agar tidak perlu keluar rumah terlalu banyak untuk berbelanja kebutuhan makanan.

Usaha frozen food merupakan jenis usaha yang sangat praktis, karena Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menjalankannya. Anda hanya perlu menyediakan satu kulkas atau pendingin untuk menaruh frozen food yang akan Anda jual.

Frozen food menjadi salah satu makanan yang cepat laku, karena selalu dibutuhkan oleh semua orang. Sehingga perputaran bisnisnya pun cukup menjanjikan. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar dengan mengelola usaha frozen food ini.

Bagi Anda yang ingin serius memulai usaha frozen food, Anda bisa mencari supplier atau distributor yang terpercaya, seperti perusahaan-perusahaan di bawah ini:

  • PT Belfoods Indonesia
  • PT Kirana Food
  • PT Macro Prima Pangan Utama
  • PT Primafood International
  • PT Frozen Food Pahala
  • PT Indofrozen Food

2. Usaha produk camilan

Usaha produk camilan merupakan salah satu usaha rumahan yang tidak ada matinya, karena setiap orang pasti suka camilan. Usaha camilan menjadi usaha yang cukup prospektif, karena permintaan akan makanan ringan atau camilan akan selalu bertambah dari hari ke hari.

Pasalnya, produk camilan menyasar segmen pasar yang luas, dari mulai anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Biasanya, camilan menjadi santapan yang disukai keluarga pada saat dengan berkumpul dan bercengkrama.

Banyak sekali, lho jenis camilan yang bisa Anda pilih. Mulai dari camilan keripik, gorengan, siomay, batagor, dimsum, dan masih banyak lagi. Semuanya bisa Anda buat hanya dari rumah. Karena prosesnya yang mudah, serta bahan-bahan untuk membuatnya pun mudah ditemukan di pasar serta swalayan.

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis usaha produk camilan, Anda perlu membuat Persiapan yang matang, serta melakukan perencanaan dan riset juga Analisa pasar untuk mengetahui camilan apa yang memiliki permintaan pasar cukup tinggi.

3. Usaha warung makan

Salah satu jenis usaha rumahan yang tidak ada matinya memang usaha makanan, terutama makanan lauk pauk yang Biasanya disediakan oleh warung makan atau warung nasi.

Bagaimana tidak? Makanan pokok orang Indonesia adalah nasi dan nasi harus disandingkan oleh berbagai macam lauk pauk khas Indonesia. Oleh karena itu, memulai usaha warung makan memang cukup potensial, karena semua orang pasti membutuhkan makanan.

Usaha warung makan ini adalah usaha yang bermodal kecil namun memiliki keuntungan yang menggiurkan, serta mempunyai prospek jangka Panjang yang bagus. Selain itu, usaha warung makan pun bisa menjangkau pelanggan dari berbagai kalangan ekonomi.

Biasanya, harga makanan yang dipatok oleh warung makan terbilang cukup murah dan terjangkau, sehingga bisa menjangkau masyarakat kelas atas, menengah, maupun bawah.

Apalagi jika Anda tinggal di wilayah perkantoran atau wilayah kampus yang banyak terdapat anak kost, Anda pun akan mendapatkan banyak pelanggan tetap. Biasanya, mahasiswa serta pegawai kantoran jarang sekali yang memasak sendiri, pasti mereka lebih sering untuk mencari makan keluar. Oleh karena itu, membuka warung makan pun bisa menjadi bisnis yang cukup menguntungkan.

Untuk permulaan, Anda bisa menyediakan berbagai menu sayuran dan lauk pauk yang umum dimakan oleh masyarakat Indonesia, seperti sayur sop, sayur asem, ayam goreng, daging balado, ikan goreng, pepes, telur dadar, dan sebagainya.

Sekali-kali, Anda pun bisa mencoba menu baru dengan resep-resep baru yang sedang tren, lalu lihat apakah menu tersebut laku di kalangan pelanggan Anda. Jika menu tersebut laku dan disukai, Anda pun bisa menjadikan menu tersebut sebagai menu tetap warung makan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menjual berbagai minuman kemasan, minuman seduh, atau es-es tradisional untuk melengkapi makanan yang Anda jual, seperti es teh, minuman bersoda, es campur, serta minuman-minuman manis lainnya.

4. Toko kelontong

Toko kelontong atau banyak juga disebut toko sembako adalah salah satu usaha rumahan yang tidak ada matinya. Di mana pun Anda bertempat tinggal, pasti Anda bisa menemukan toko kelontong yang bertebaran baik di pinggir jalan maupun di dalam perumahan.

Membuka usaha toko kelontong bisa menjadi bisnis yang menguntungkan, karena kebutuhan akan barang-barang yang dijualnya akan selalu ada.

Toko kelontong menjual berbagai kebutuhan sehari-hari seperti beras, minyak, gula, garam, susu, telur, dan masih banyak lagi. Tidak hanya kebutuhan pokok saja, toko kelontong pun menyediakan barang-barang lainnya seperti rokok, makanan ringan, bahkan alat tulis.

Menjamurnya toko kelontong di wilayah perumahan terjadi karena masih banyaknya pelanggan yang memilih berbelanja di toko kelontong. Sebab, toko kelontong memiliki selisih harga yang cukup besar dengan toko swalayan. Toko kelontong menyediakan berbagai kebutuhan dengan harga yang terjangkau. Oleh karena itu peminatnya pun masih banyak.

Selain harga yang terjangkau, toko kelontong mudah diakses oleh warga. Karena letaknya di rumah, maka warga pun tidak perlu jauh-jauh ke swalayan atau pasar jika ingin berbelanja. Cukup berjalan dari rumah ke rumah saja, kebutuhan pun sudah bisa terpenuhi.

5. Jualan online

Usaha yang akhir-akhir ini makin banyak digeluti adalah usaha online. Usaha online seperti menjadi dropship atau reseller sedang sangat menjamur sejak adanya pandemic. Prosesnya yang sangat mudah dan tidak memerlukan modal pun menjadi alasan bisnis ini kerap jadi pilihan masyarakat yang ingin mulai berbisnis.

Jika Anda ingin mulai berjualan online, Anda bisa memulainya dengan bergabung menjadi reseller di Evermos. Dengan menjadi reseller Evermos, Anda bisa menemukan ribuan produk kebutuhan sehari-hari yang siap jual.

Karena sistemnya reseller, Anda pun tidak perlu repot melakukan pengemasan serta pengiriman. Selain itu, Anda tidak perlu mengeluarkan modal sama sekaliĀ  untuk memulainya. Bahkan, saat ini Anda bisa mendapatkan modal dagang lho dengan bergabung jadi reseller Evermos.

Masih ada banyak lagi keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebagai reseller Evermos. Jika Anda tertarik, Anda bisa mendaftarkan diri Anda melalui website Evermos atau download aplikasi Evermos di Play Store. Sudah siap dapat penghasilan tambahan dari rumah? Yuk, mulai berikhtiar di Evermos!

Demikianlah artikel mengenai usaha rumahan yang tidak ada matinya. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memilih jenis usaha yang ingin Anda lakukan.

Jika Anda sedang mencari berbagai panduan untuk berbisnis, Anda bisa mengunjungi website Evermos dan masuk ke halaman Panduan untuk mengetahui berbagai macam jenis panduan dalam berbisnis.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts