10 Peluang Usaha IRT Dari Usaha Laundry Rumahan hingga Dropship

usaha laundry rumahan

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY ARTIKEL CONTOH BISNIS JASA USAHA LAUNDRY RUMAHAN

  • Anda akan mengenal lebih dalam usaha rumahan bidang jasa
  • Mengetahui apa saja ragam keuntungan dari usaha rumahan bidang jasa
  • Mengetahui apa saja jenis usaha rumahan bidang jasa dan keahlian yang diperlukan

Daftar Jadi Reseller Evermos

Menjalani usaha rumahan bidang jasa merupakan langkah yang tepat bagi Anda karena banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Bisnis jasa menawarkan kelebihan dari segi modal yang relatif rendah karena bukan seperti bisnis pembuatan produk yang memerlukan modal investasi dan modal operasional dalam menjalankannya.

Jika Anda memiliki keterampilan yang pernah Anda miliki atau dapatkan dari tempat pendidikan misalnya, akan sangat berguna untuk jalani usaha rumahan bidang jasa.

Artikel berikut akan membahas seluk beluk mengenai keuntungan usaha rumahan bidang jasa, jenis dan macam contoh usaha bidang jasa misalnya usaha laundry rumahan, usaha percetakan rumahan dan lainnya.

Keuntungan Usaha Rumahan Bidang Jasa

Merangkum dari berbagai sumber ada begitu banyak kelebihan yang akan Anda dapatkan dengan menjalani usaha jasa selain memerlukan modal yang minim.

Berikut adalah keuntungan dengan membuka usaha rumahan bidang jasa.

1. Anda Akan Lebih Irit dari Segi Modal Biaya

Selama jenis usaha yang Anda jalankan merupakan usaha rumahan yang tidak tergolong industri skala besar maka kecil kemungkinan Anda akan mengeluarkan modal yang besar.

Untuk usaha jasa, Anda cukup membutuhkan tekad yang bulat, keterampilan atau keahlian yang dapat Anda tawarkan kepada orang lain, ide, pelayanan dan bakat.

2. Tidak Perlu Membutuhkan Persiapan atau Stok Karena Murni Kemampuan

Berbeda dengan menjalani usaha seperti menjualkan produk yang Anda produksi, bisnis jasa merupakan bisnis yang bersifat intangible atau tidak memerlukan purchasing stock.

Dengan begitu, keuntungan yang Anda dapatkan adalah tidak akan mengeluarkan modal rutinan atau operasional dan cukup melakukan pekerjaan dengan konsisten.

3. Tidak Perlu Repot Mengurusi Hal Bersifat Operasional

Hal tersebut dapat menjadi cukup jelas bahwa bisnis jasa hanya bermodalkan keterampilan dan menjalani dalam perangkat atau peralatan saja sebagai modal investasi awal.

Anda tidak perlu melakukan hal yang bersifat operasional seperti mendistribusikan, menghitung jumlah barang atau perlengkapan, dan mengawasi produk akan tetapi cukup fokus pada pelayanan dengan konsumen.

4. Minim Akan Kerugian

Dalam bisnis jasa, setelah melakukan kesepakatan dengan klien Anda tidak akan mendapatkan kerugian yang besar seperti halnya menjual berbagai produk.

Berbeda dengan bisnis menjual produk bisa saja terjadi usaha sedang sulit terjual atau sepi yang mengakibatkan produk mengendap dan terjadi kerugian.

5. Menekan Biaya Sewa Lahan

Sebagai bisnis rumahan, tentunya Anda tidak membutuhkan lagi biaya sewa lahan apalagi untuk menjalani bisnis jasa ini.

Misal, Anda ingin membuka bisnis laundry rumahan dengan memanfaatkan aset barang yang ada di rumah Anda yaitu mesin cuci beserta pengeringnya.

Minimal Anda hanya memerlukan cadangan bahan dan perlengkapan kerja yang tidak akan banyak.

Jenis Bisnis Rumahan di Bidang Jasa yang Menjanjikan

Setelah Anda memahami poin apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis jasa, sudah saatnya mengetahui apa saja jenis usaha rumahan yang dapat Anda lakukan untuk menyediakan jasa kepada pelanggan.

Selain mengetahui jenis usaha rumahan bidang jasa, Anda juga memerlukan informasi mengenai tingkat keahlian yang Anda butuhkan, kemudian tips sukses berbisnis yang mesti Anda lakukan.

1. Usaha Laundry Rumahan

Bisnis jasa yang dapat memberikan keuntungan berkali lipat adalah usaha laundry rumahan.

Kebutuhan masyarakat untuk mencuci pakaian terutama pada daerah perkotaan meningkat pesat karena sulitnya memiliki waktu yang lebih untuk mencuci pakaian mereka.

Belum lagi, apabila pakaian yang mereka cuci masih belum bersih maka akan merasa jengkel sehingga mereka memilih mempercayakan urusan cuci baju tersebut kepada usaha laundry rumahan.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Usaha rumahan apa yang cocok di bidang jasa?

Jenis usaha rumahan yang cocok di bidang jasa mulai dari bisnis online seperti jasa dropship, jasa freelance writer, jasa konsultan SEO, jasa les privat, jasa jahit rumahan, jasa cuci sepatu rumahan karena modalnya relatif rendah.

Bagaimana cara membuka jasa untuk usaha rumahan?

Cara membuka jasa usaha untuk usaha rumahan adalah dengan menentukan passion bidang jasa, keterampilan yang Anda miliki kemudian buatlah rencana bisnis menyediakan jasa kemudian lakukan promosi melalui media sosial.

Berapa modal untuk membuka jasa usaha rumahan?

Modal yang diperlukan utamanya adalah keterampilan atau keahlian dalam bidang jasa tersebut. Misalnya membuka usaha laundry rumahan berarti patut bagi Anda untuk mengetahui pemahaman dasar mengenai cara mencuci pakaian, dan memiliki alat untuk mencuci pakaian tersebut agar sukses usaha laundry rumahan.Namun dalam bisnis jasa tidak selalu memerlukan modal yang tinggi seperti memproduksi suatu barang atau makanan.

Keahlian yang dibutuhkan: mengetahui gambaran usaha laundry rumahan, cara mencuci baju, dan mengoperasikan mesin cuci dengan baik serta cara mencuci yang benar.

Tips sukses berbisnis laundry:

  • Anda dapat menargetkan para anak mahasiswa dan pekerja kantoran untuk menitipkan urusan cuci bajunya kepada Anda karena mereka memiliki keterbatasan waktu dan peralatan untuk mencuci baju untuk menyewa jasa usaha laundry rumahan.
  • Tentukan harga yang terjangkau sesuai dengan kualitas dan pelayanan yang Anda berikan, pekerjakan juga karyawan yang kompeten dalam bidang usaha laundry rumahan.

2. Usaha Fotocopy Rumahan

Usaha berikutnya yang dapat Anda lakukan sebagai usaha bidang jasa adalah usaha fotocopy rumahan.

Bisnis jasa fotocopy akan semakin menguntungkan apabila Anda berada di lokasi yang cukup strategis seperti kampus, sekolahan dan perkantoran.

Biasanya mereka akan membutuhkan jasa print, fotocopy dan scan hingga edit dokumen untuk kebutuhan sehari-hari.

Meski tarif yang akan Anda dapatkan berjumlah sedikit, bukan tidak mungkin Anda dapat keuntungan hingga jutaan per bulannya sebagai usaha rumahan.

Keahlian yang dibutuhkan: perlu memahami seluk beluk dunia fotocopy, mengetahui cara mengoperasikan mesin fotocopy yang benar.

Tips sukses berbisnis usaha fotocopy rumahan: 

  • Buatlah promosi yang kreatif dan semenarik mungkin dengan membuat banner, spanduk agar mengenalkan usaha Anda pada sekitar Anda.
  • Anda dapat melakukan promosi melalui media sosial via Whatsapp, LINE, Instagram, dan lainnya sehingga kenalan Anda dapat mengenali dan tertarik membutuhkan jasa Anda.
  • Berikan pelayanan terbaik kepada konsumen dengan sikap yang ramah dan santun sehingga mereka puas dengan pelayanan Anda.
  • Sediakan peralatan seperti printer untuk usaha cetak foto rumahan  

3. Usaha Jahit Rumahan

Tidak semua orang memiliki keahlian dalam bidang menjahit pakaian, apabila Anda memilikinya maka Anda beruntung dapat menjalankan usaha jahit rumahan.

Usaha jahit rumahan merupakan bentuk usaha bidang industri penjahit dengan alat-alat yang dimilikinya.

Mengingat tren busana selalu ada dari waktu ke waktu sehingga usaha jahit rumahan menjadi usaha jasa yang dicari oleh banyak orang untuk memproduksi pakaian.

Selain mendapatkan keuntungan, bisnis jahit merupakan usaha yang potensial untuk berkembangkan dan sebagai sarana untuk menyalurkan hobi Anda.

Keahlian yang dibutuhkan: mengetahui pemahaman mengenai fashion, tahu cara menjahit pakaian yang benar dan baik. 

Tips sukses berbisnis usaha jahit rumahan:

  • Anda harus mengikuti perkembangan tren fashion agar mendapatkan nilai yang lebih dari pelanggan.
  • Memberikan kualitas jahitan yang terbaik untuk semua pelanggan agar mereka dapat berlangganan kepada Anda.
  • Menepati waktu yang telah Anda sepakati dengan pelanggan sehingga mereka puas dengan layanan Anda.
  • Lakukan promosi online dan offline untuk mendatangkan banyak pelanggan.

4. Usaha Wifi Rumahan

Bagi Anda yang ingin mencoba bisnis jasa, Anda dapat mencoba usaha wifi rumahan.

Namun bukan sembarang menyediakan wifi rumahan, tetapi usaha wifi rumahan ini dapat berjalan dengan sistem voucher wifi yang akan di kembangkan jaringannya untuk perumahan.

Lokasi pemasangan wifi nantinya akan memberikan akses bagi pelanggan yang membutuhkan koneksi terus menerus dan akan membayar kepada Anda.

Keahlian yang dibutuhkan: mengetahui dasar pengetahuan tentang jaringan wifi, dapat mengoperasikan peralatan seputar wifi.

Tips sukses usaha wifi rumahan sebagai usaha bidang jasa:

  • Pastikan internet yang Anda sediakan merupakan unlimited kuota, sebab akan sulit bilamana Anda akan terbatas pada pelayanan kuota saja.
  • Membuat sistem jualan yang terus menerus Anda mesti pantau, karena bisa saja pelanggan melakukan kecurangan dengan menyediakan wifi kepada orang lain.
  • Lakukan pengaturan secara manual pada sistem usaha wifi rumahan menggunakan sistem voucher dengan begitu, Anda akan lebih hemat dan untung tanpa repot mengganti password setiap harinya.
  • Promosi yang luas melalui media sosial.

5. Usaha Jual Foto 

Peluang bisnis berikutnya yang berupa jasa adalah usaha menjual foto yang Anda miliki dengan jepretan dari kamera.

Sudah ada beberapa situs yang menyediakan beragam foto dan membutuhkan jasa kontributor foto untuk menjualkan hasil jepretan melalui situs mereka.

Mulai dari Shutterstock, Pexels, Unsplash, Pixabay dapat menjadi alternatif pilihan Anda yang ingin memulai usaha tersebut.

Keahlian yang dibutuhkan: pengetahuan dasar mengenai fotografer dan memiliki hasil potretan yang jernih dan bagus.

Tips sukses usaha jual foto:

  • Daftarkan diri Anda ke beberapa situs sehingga Anda bisa mendapatkan penghasilan dari situs lainnya.
  • Buatlah hasil jepretan foto yang menarik dengan perangkat yang berkualitas sehingga Anda akan mendapatkan lebih banyak penghasilan.

6. Usaha DayCare

Bisnis rumahan yang masih jarang satu ini menjadi usaha jasa yang dibutuhkan oleh banyak orang.

Mengingat kesibukan orangtua yang memilih fokus untuk bekerja menjadi khawatir akan kondisi anaknya sehingga mereka mempercayakan untuk menitipkan anaknya di tempat penitipan anak atau daycare.

Tidak hanya perihal mengurusi anak makan saja, akan tetapi Anda akan menghabiskan waktu bersama anak-anak tersebut hingga orangtua akan menjemput ke rumah Anda.

Jadikan lahan rumah Anda untuk memulai bisnis berikut dan bersiaplah untuk menjemput uang.

Keahlian yang dibutuhkan: keterampilan dalam mengurus anak dan bayi, kemampuan komunikasi dengan anak-anak, kompeten dan terampil.

Tips sukses usaha Daycare:

  • Lakukan promosi ke berbagai media mulai dari media cetak seperti banner, spanduk, dan lainnya untuk mendatangkan pelanggan.
  • Sediakan perlengkapan bermain agar anak yang sedang Anda asuh tidak merasa jenuh, bosan atau sedih tanpa ada kehadiran orangtuanya.
  • Buat surat izin usaha daycare sehingga usaha yang Anda jalani memiliki sertifikasi dan izin dari pemerintah setempat untuk beroperasi.

7. Usaha Jasa Potong Rambut

Mungkin sebagian besar dari Anda mengandalkan salon yang terbaik untuk memotong rambut Anda.

Namun, bagi Anda yang memiliki keterampilan dalam bidang kecantikan dan perawatan tersebut sah-sah saja untuk mencoba jalani usaha jasa potong rambut berikut.

Adanya usaha jasa potong rambut rumahan lahir dari inovasi para pelaku usaha barbershop yang mengalami kendala ketika berbisnis di tengah pandemi.

Anda bisa mencoba usaha jasa potong rambut rumahan dengan menggunakan lokasi rumah Anda sebagai tempat salon potong rambut.

Tidak hanya jasa potong rambut saja, sesuaikan dengan budget yang Anda miliki untuk merencanakan usaha yang menguntungkan.

Keahlian yang dibutuhkan: keterampilan memangkas rambut dan menata rambut, pengetahuan dasar mengenai perawatan rambut.

Tips sukses bisnis jasa potong rambut:

  • Buatlah promosi kreatif dan semenarik mungkin, serta portofolio yang dapat mengenalkan usaha Anda kepada khalayak melalui media offline dan online sekaligus.
  • Anda juga dapat menerapkan sistem jemput bola sehingga para pelanggan tak perlu repot untuk keluar rumah dengan begitu akan banyak pelanggan yang berdatangan mengingat masa pandemi menekan angka orang untuk memperbolehkan aktivitas di luar rumah.
  • Berikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan Anda agar mereka tertarik untuk berlangganan kepada Anda.

8. Usaha Affiliate

Apakah Anda merupakan anak muda yang aktif bermain media sosial dan memiliki jumlah pengikut yang banyak? Manfaatkan hal tersebut untuk memulai bisnis jasa menyediakan affiliate marketing.

Beberapa perusahaan dan produsen membutuhkan seorang affiliate untuk menyewa jasa mereka dalam memasarkan produk.

Mereka memanfaatkan audience yang Anda miliki dalam media sosial sebagai lahan promosi produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Keahlian yang dibutuhkan: keterampilan membuat konten yang unik dan menarik sehingga audience tertarik untuk membeli produk dengan link referral Anda.

Tips sukses bisnis jasa afiliate:

  • Bergabung bersama perusahaan dan buatlah kesepakatan yang menguntungkan apabila dapat memenuhi target yang diharapkan.
  • Mengasah kemampuan Anda terutama di bidang content creator agar menyajikan konten yang segar, menarik dan persuasif kepada audience.
  • Lakukan promosi melalui media sosial, jangan lupa sematkan link referral yang Anda miliki.

9. Usaha Dropship

Selain usaha offline laundry rumahan, usaha fotocopy rumahan Anda juga dapat mencoba bisnis online seperti usaha dropship.

Bisnis dropship menjadi bisnis yang sedang tren dan kekinian mengingat banyaknya masyarakat yang selalu memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan berbelanja online.

Anda tidak perlu membuat produk tersebut atau berupaya mendistribusikannya, cukup hubungkan pelanggan dengan supplier untuk membeli produk tersebut menggunakan modal hp dan gadget.

Bahkan Anda dapat menjalani usaha berikut tanpa modal sebab tidak ada yang Anda butuhkan sebagai modal usaha.

Keahlian yang dibutuhkan: setidaknya Anda dapat melakukan promosi yang konsisten, menerapkan strategi marketing dan time management yang baik.

Tips sukses berbisnis dropship:

  • Anda dapat bergabung bersama reseller lainnya di Evermos untuk mendapatkan berbagai penawaran terbaik seperti komisi tambahan, diskonan, dan harga produk yang sedang promo.
  • Lakukan pemasaran yang konsisten melalui berbagai media sosial sehingga mereka tertarik membeli produk tersebut
  • Selalu lakukan riset pasar terhadap kebutuhan calon pembeli agar Anda dapat mengetahui produk apa yang kiranya sedang mereka butuhkan.

10. Jasa Admin Media Sosial

Tidak hanya bisnis offline saja, saat ini bisnis online sedang mengalami pertumbuhan yang pesat.

Banyaknya perusahaan bisnis yang mulai menggunakan media sosial sebagai sarana promosi dan menjangkau luas konsumen.

Maka dari itu, biasanya mereka akan memerlukan jasa admin media sosial untuk menangani akun bisnis mereka.

Pekerjaan yang dilakukan juga dapat Anda lakukan selama di rumah sebab usaha jasa admin media sosial bersifat mobile.

Keahlian yang dibutuhkan: mengetahui seluk beluk dunia digital, dapat membuat konten yang menarik dan dibutuhkan oleh khalayak, melayani pelanggan dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan baik.

Tips sukses berbisnis jasa admin media sosial:

  • Anda dapat mencari perusahaan yang membutuhkan jasa tersebut melalui lowongan kerja, dan bergabung bersama online shop.
  • Kembangkan soft skill dan keahlian dalam membuat konten, copywriting yang baik sehingga audience tertarik untuk membutuhkan jasa atau produk bisnis Anda.
  • Pelajari perusahaan tempat Anda bekerja agar mengetahui cara promosi yang baik dan dapat mendatangkan konsumen.
  • Berikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen seperti ramah, sopan, dan fast response.

Demikian artikel mengenai “usaha rumahan bidang jasa” semoga dapat bermanfaat bagi Anda sekaligus menginspirasi Anda.

Sebarkan juga kepada orang terdekat Anda yang membutuhkannya dengan membagikan link artikel berikut.

Temukan artikel menarik dan informatif lainnya mengenai panduan melalui website Evermos berikut.

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×