11+ Usaha Rumahan yang Cocok Buat Pemula, Tanpa Modal Sekalipun!

usaha rumahan yang cocok untuk pemula

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY ARTIKEL USAHA RUMAHAN YANG COCOK UNTUK PEMULA

  • Anda akan mengenal lebih dalam usaha rumahan yang cocok untuk pemula
  • Mengetahui apa saja manfaat dan mengapa harus usaha rumahan
  • Mengetahui apa saja jenis usaha rumahan yang cocok untuk pemula, perkiraan modal dan omsetnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

Seperti yang umumnya kita ketahui harga bahan pokok mengalami peningkatan sehingga kita harus berpikir keras untuk memulai bisnis usaha rumahan yang cocok bagi pemula.

Mungkin Anda pernah bertanya apakah ada usaha rumahan yang cocok untuk pemula dan bagaimana cara memulainya serta persiapan modal yang diperlukan.

Menjalani bisnis rumahan sebaiknya memperhatikan terlebih dahulu bidang jenis apa yang ingin Anda jalani sebagai pemula karena bisa saja tidak cocok dengan minat Anda.

Tak perlu khawatir, karena usaha rumahan ada begitu banyak ribuan dan jutaan ide peluang usaha yang kreatif, unik dan inovatif untuk dijalankan.

Adanya kehadiran teknologi internet juga mempermudah Anda untuk menjalankan bisnis Anda seoptimal mungkin.

Tak heran jika saat ini banyaknya bisnis yang dijalankan lebih ringan dari segi modal, bahkan ada pula yang menawarkan tanpa modal sekalipun.

Mengapa Harus Usaha Rumahan

Usaha rumahan menjadi usaha alternatif bagi para pemula yang ingin mencoba berbisnis, dan ini merupakan langkah yang efektif bagi mereka untuk mencoba membuka usaha untuk meminimalisir risiko dan kesalahan.

Bisnis yang dikerjakan dalam rumah sendiri dapat mengurangi biaya pengeluaran dalam transportasi layaknya pekerja kantoran.

Kita tahu bahwa tak hanya ongkos saja yang dapat diperkirakan ketika akan berbisnis di suatu lokasi tetapi termasuk biaya makan siang, belum lagi mengisi bensin kendaraan atau keperluan mendadak.

Usaha rumahan juga dapat mengurangi jumlah pajak penghasilan yang harus Anda bayarkan kepada pemerintah, sehingga lebih hemat lagi.

Manfaat Mengerjakan Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula

Berbisnis dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja yang memungkinkan.

Bisnis juga tidak memerlukan keahlian yang khusus atau sertifikasi pendidikan karena fokus pada keterampilan penjualan produk.

Maka tak mengherankan lagi apabila kita sering menemui banyaknya para pegawai kantoran yang menjalani usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Berikut adalah beberapa manfaat jika Anda memiliki bisnis rumahan bagi pemula.

  1. Dapat meningkatkan kesejahteraan diri sendiri juga keluarga Anda.
  2. Lebih menikmati waktu kerja dan lebih leluasa mengelola pekerjaan.
  3. Mendapatkan bonus keringanan pajak.
  4. Dapat menjaga kesejahteraan dalam jangka panjang
  5. Lebih mandiri dalam finansial dan tidak bergantung pada pekerjaan kantor
  6. Aset yang lebih bernilai untuk Anda jual kemudian hari
  7. Lebih mengenali lebih dalam tentang perekonomian

Macam Macam Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula

Setelah Anda memahami apa saja manfaat yang Anda dapatkan dari mengerjakan usaha rumahan, saatnya mengetahui macam-macam usaha rumahan yang cocok untuk pemula. 

Dalam memutuskan suatu usaha hendaknya pertimbangkan dengan matang yang sesuai dengan passion Anda yang tentunya dapat Anda jalankan dengan modal minim juga tanpa modal sekalipun.

Penasaran apa saja macam usahanya, simak ulasannya dalam artikel berikut dan pastikan Anda membacanya sampai habis.

Inilah beberapa macam macam usaha rumahan yang cocok untuk pemula berikut perkiraan modal dan keuntungannya.

1. Dropship

Bisnis dropship atau menawarkan kembali produk yang dijual oleh supplier kepada konsumen secara langsung untuk mendapatkan komisi penghasilan.

Pelaku bisnis dropship dapat kita sebut sebagai dropshipper yang bertugas menjadi jembatan antara supplier dengan konsumen yang ingin membeli produk secara langsung.

Cara pengerjaannya juga cukup mudah hanya perlu bergabung di platform Evermos secara gratis, tak perlu repot mengurusi operasional barang, hingga barang sampai ke tangan konsumen.

Modal yang Anda Perlukan: 

Rp. 0,- atau tanpa modal.

Untuk menjalani bisnis ini Anda memerlukan gadget hp atau laptop untuk memasarkan produk kepada konsumen melalui jaringan internet.

Penghasilan yang Anda dapatkan:

Rp 3-5 juta perbulan

Jika Anda melakukan transaksi sebanyak-banyaknya dengan minimal komisi 10% hingga 35%, capai ratusan ribu dan jutaan hingga per bulannya.

2. Bisnis Camilan Makaroni

Sebagaimana pada umumnya bisnis makanan merupakan bisnis yang dapat Anda kerjakan dalam modal yang kecil.

Modal yang kecil akan memberikan keuntungan bagi Anda yang pemula sehingga meminimalisir kerugian yang di akibatkan jika usaha sedang sepi.

Banyak yang menekuni bisnis makanan ringan mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga.

Modal yang Anda perlukan:

Rp 1 jutaan – Rp 5 jutaan

Bagi Anda yang menjalani bisnis dengan memproduksi makanan ringan seperti keripik, makaroni, dan lainnya dapat menekan modal mulai dari ratusan ribu, sementara bagi Anda yang ingin bermitra dengan supplier produk makanan ringan dapat langsung membeli produk dan modal pengemasan yang dibutuhkan.

Penghasilan yang Anda dapatkan: 

Berdasarkan modal yang Anda keluarkan, keuntungan yang akan didapat dari bisnis makanan ringan sebagai usaha rumahan yang cocok bagi pemula adalah mulai dari Rp 350 ribu.

3. Bisnis Popcorn Makanan Ringan

Makanan ringan yang renyah dan gurih dengan berbagai varian rasa ini cukup banyak peminatnya di tengah masyarakat.

Popcorn sebagai camilan yang pas untuk di nikmati ketika bersantai sambil menonton film, atau berkumpul bersama keluarga dan kerabat.

Bisnis yang sedang tren belakangan ini juga dapat meraup keuntungan yang lumayan lho rupanya.

Modal yang Anda perlukan:

Rp 2 jutaan

Dengan minimal budget sebesar Rp 2 jutaan, Anda sudah bisa meraup keuntungan dari bisnis makanan ringan popcorn.

Anda dapat menggunakan peralatan yang sudah ada di rumah, karena bisnis ini termasuk usaha rumahan yang cocok untuk pemula.

Penghasilan yang Anda dapatkan:

Dengan perhitungan modal tersebut, perkiraan penghasilan yang akan Anda dapatkan dari penjualan poporn adalah Rp 4,75 juta yang dapat menutupi sekaligus balik modal.

4. Buka Jasa Fotocopy

Usaha fotokopi dan percetakan merupakan usaha yang dapat mendatangkan penghasilan setiap harinya.

Apabila Anda sudah memiliki perangkat seperti printer misalnya, Anda sudah bisa mencoba untuk memulai jasa fotokopi, scan dan print dokumen.

Bisnis jasa fotokopi sebagai usaha rumahan yang cocok untuk pemula juga dapat Anda jalankan di sekitar sekolah, kampus, perkantoran, dan tempat yang ramai dan membutuhkan jasa tersebut.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Usaha rumahan apa yang cocok untuk pemula?

Bagi Anda yang baru mulai menjalani bisnis sebagai pemula, usaha yang memerlukan modal minim cocok dilakukan. Usaha tersebut mulai dari bisnis reseller, bisnis dropship, bisnis agen pulsa, kuota internet dan PPOB, bisnis makanan ringan, bisnis laundry sepatu, bisnis jasa digital.

Usaha rumahan apa yang banyak dibutuhkan?

Sementara usaha rumahan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat sehari-harinya adalah bisnis berjualan produk seperti reseller, dropship, dan jual aneka sembako, makanan dan minuman kekinian, pakaian, hingga jasa yang dibutuhkan sehari-hari seperti fotokopi, les privat dan sebagainya.

Berapa modal usaha rumahan untuk pemula?

Perkiraan modal usaha rumahan bagi pemula tentunya tidak perlu membutuhkan modal yang tinggi, dengan mulai dari tanpa modal seperti bisnis dropship dan afiliasi lalu modal ratusan hingga jutaan rupiah untuk membuka jasa usaha makanan, pakaian dan jasa.

Modal yang Anda perlukan:

Rp 10 jutaan

Jika Anda sudah memiliki barang yang dapat Anda jadikan sebagai investasi bisnis, maka Anda tidak memerlukan biaya yang cukup tinggi untuk memulainya.

Penghasilan yang Anda dapatkan:

Keuntungan yang akan Anda hasilkan dari estimasi biaya modal tersebut yang dirangkum dari berbagai sumber akan capai Rp 1,7 jutaan.

5. Jual Baju Grosiran

Usaha rumahan yang cocok untuk pemula berikutnya adalah usaha jual baju grosiran.

Pakaian merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang yang tak ada habisnya karena selalu ada perkembangan tren yang berjalan.

Jika Anda mempertimbangkan untuk memulai bisnis dalam bidang pakaian, maka jual grosiran baju merupakan langkah yang tepat karena Anda tidak perlu repot dalam pembuatannya.

Anda dapat bekerjasama dengan produsen baju untuk mempromosikan dan menjualkan baju tersebut kepada banyak pelanggan.

Baju yang dapat Anda jualkan mulai dari piyama, baju tunik, gamis, kemeja dan lainnya.

Modal yang Anda perlukan:

Rp 50.000 – Rp 2 jutaan

Sebagai reseller baju Anda dapat bermitra dengan produsen baju yang biasanya menawarkan paket untuk dijualkan kembali mulai dari harga Rp 50ribuan saja.

Penghasilan yang Anda dapatkan: 

Keuntungan yang akan Anda peroleh dari penjualan baju grosir bisa menghasilkan omset jutaan per bulannya dan bisa mencapai puluhan jutaan rupiah apabila mengerjakannya secara konsisten.

6. Jualan Pulsa, Kuota Internet dan Agen PPOB

Untuk Anda yang masih pemula dalam menjalankan bisnis rumahan, berikut alternatif usaha yang dapat Anda tawarkan kepada konsumen.

Kebutuhan akan pembayaran tagihan bulanan token listrik dan air, kini dapat diakses lebih mudah menggunakan platform dan Anda dapat bermitra dengan mereka.

Anda bisa bekerjasama dengan vendor atau distributor yang terpercaya untuk berjualan pulsa.

Modal yang Anda perlukan:

Rp 1 juta- tergantung deposit Anda

Langkah pertama dalam menjalani bisnis berjualan pulsa, kuota dan PPOB adalah dengan mempersiapkan modal deposit.

Penghasilan yang Anda dapatkan: 

Jika Anda menjalani usaha sebagai agen pulsa dan memiliki sub agen dalamnya, Anda bisa meraup keuntungan ratusan ribu per harinya dan jutaan rupiah dari keuntungan.

7. Jasa Cuci Sepatu dan Tas

Usaha rumahan yang cocok untuk pemula berikutnya adalah usaha jasa cuci sepatu dan tas yang sedang booming dan jadi tren bagi usaha anak muda kekinian.

Ternyata jasa laundry tidak hanya di tawarkan untuk jenis pakaian saja akan tetapi sekarang sudah meluas hingga sepatu dan tas pun bisa di tawarkan kepada konsumen.

Ketika memulai bisnis tersebut, Anda bisa memberikan promo atau diskon khusus sebagai strategi marketing yang menarik kepada pelanggan.

Modal yang Anda perlukan:

Rp 3-5 jutaan

Sementara untuk modal usaha jasa cuci sepatu dan tas Anda memerlukan modal senilai Rp 3-5 jutaan untuk membeli peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk mencuci barang tersebut.

Penghasilan yang Anda dapatkan:

Dalam sebulan jika Anda berhasil mendapatkan order sebanyak 100 pasang sepatu dengan tarif Rp 40ribu perpasangnya maka keuntungan kotornya adalah Rp 4 jutaan sebelum dikurangi dengan modal investasi dan aset.

8. Membuka Usaha Rental Barang

Jika Anda mempunyai banyak barang yang jarang digunakan akan tetapi masih berfungsi dengan baik, mengapa tidak mencoba usaha yang satu ini saja sebagai usaha rumahan yang cocok untuk pemula?

Selain risiko yang dihasilkan lebih kecil, Anda tidak memerlukan modal yang tinggi untuk memulainya dan dapatkan penghasilan dari sewa rental barang tersebut.

Beberapa rental barang yang dapat Anda tawarkan mulai dari kamera analog, kamera DSLR, lensa kamera, peralatan elektronik, tripod, PS, dan lainnya.

Modal yang Anda perlukan:

Rp 0,-

Anda tidak perlu mengeluarkan modal berlebih untuk memulai usaha satu ini sebab modalnya hanyalah menggunakan peralatan yang Anda miliki di rumah. Buatlah katalog beserta perkiraan harga sewa yang ingin Anda tawarkan sebagai tarif peminjaman barang tersebut.

Penghasilan yang Anda dapatkan:

Untuk tarif penyewaan barang tersebut dapat Anda perkirakan penghasilannya dengan melihat harga pasaran atau sesuai dengan harga total aset yang Anda miliki dalam jangka waktu per jam.

Misalnya untuk kamera dalam satu jam Anda dapat mematok tarif Rp 50 ribuan.

9. Guru Les Privat Online dan Offline

Pelajaran sekolahan mungkin sudah pernah kita kuasai sebelumnya dapat menjadi modal tambahan untuk keterampilan mengajar anak-anak.

Usaha rumahan yang termasuk dalam kategori offline dan online yang bisa Anda jalankan sebagai pemula adalah guru les privat.

Besarnya perubahan sistem pendidikan akibat dampak pandemi Covid-19 membuat kebutuhan pendidikan kualitas yang baik semakin meningkat, tak heran banyak orangtua yang mempercayakan hal tersebut dengan menyewa guru les privat.

Anda dapat membuat suasana rumah sebagai tempat les untuk mengajar, dan lakukan promosi dengan membuat brosur pengajaran.

Modal yang Anda perlukan:

Rp 4 jutaan

Merangkum dari berbagai sumber dengan perkiraan Rp4 juta Anda sudah dapat memenuhi fasilitas kursi, papan tulis dan operasional lainnya.

Penghasilan yang Anda dapatkan:

Anda dapat menetapkan gaya pengajaran dan menawarkan harga yang bervariatif sesuai kebutuhan dan kemampuan siswa. Mulai dari tarif Rp 50.000 per jam untuk satu anak, Anda sudah mendapatkan keuntungan lumayan.

10. Membuka Bisnis Frozen Food

Usaha rumahan yang cocok untuk pemula berikutnya adalah membuka bisnis frozen food.

Peluang usaha makanan beku satu ini laris manis di kalangan ibu rumah tangga karena penyajiannya yang praktis dan tak perlu repot memasak banyak makanan untuk kebutuhan sehari-hari di rumah.

Anda dapat menawarkan beragam jenis makanan frozen food seperti nugget, sosis, bakso ayam, bakso sapi, tempura, dan sebagainya sebagai pilihan produk.

Modal yang Anda perlukan:

Rp 6 jutaan

Perkiraan modal tersebut untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan makanan beku dalam freezer serta menyetok aneka produk dari supplier makanan beku grosir.

Penghasilan yang Anda dapatkan:

Dalam sebulan Anda akan mendapatkan penghasilan ratusan ribu hingga jutaan tergantung dari berapa banyaknya produk yang Anda lakukan stok.

11. Bisnis Afiliasi

Afiliasi merupakan program atau bisnis yang cara kerjanya dengan menawarkan dan menjual produk menggunakan kode referall ID untuk menghasilkan komisi penghasilan.

Umumnya bisnis tersebut di jalankan oleh orang yang aktif dalam bermedia sosial dan memiliki ribuan hingga jutaan pengikut seperti influencer, selebgram, artis dan lainnya.

Terlebih jika Anda memiliki jumlah pengikut yang banyak dalam media sosial, manfaatkan kelebihan tersebut untuk menjalankan bisnis affiliasi.

Setelah bergabung menjadi afiliator pada platform atau media seperti e-commerce maka langkah selanjutnya adalah mulai membuat konten yang relevan dengan produk yang Anda tawarkan kepada audience dengan menyisipkan tautan link referral.

Nantinya mereka akan membeli produk dengan menggunakan tautan link referral tersebut dan Anda akan mendapatkan persentase komisi penghasilan.

Modal yang Anda perlukan:

Rp 0,-

Selain memiliki jumlah pengikut yang sesuai dengan syarat bisnis afiliasi, Anda juga memerlukan keterampilan membuat konten yang menarik sehingga audience tertarik untuk membeli produk tersebut.

Penghasilan yang Anda dapatkan:

Anda akan mendapatkan persentase komisi penghasilan mulai dari 2% hingga 10% atau lebih tergantung kesepakatan dari perusahaan dan kontrak dengan Anda.

Demikian artikel mengenai “usaha rumahan yang cocok untuk pemula” semoga dapat bermanfaat bagi Anda sekaligus menginspirasi Anda.

Sebarkan juga kepada orang terdekat Anda yang membutuhkannya dengan membagikan link artikel berikut.

Temukan artikel menarik dan informatif lainnya mengenai panduan melalui website Evermos berikut.

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×