Rekomendasi Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan Oleh Banyak Orang

Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan

Anda ingin memulai bisnis tapi bingung karena sudah banyak saingannya? Mungkin Anda harus mencoba memulai usaha yang jarang tapi dibutuhkan oleh banyak orang. Usaha-usaha ini

 memiliki peluang keuntungan yang cukup besar karena belum banyak orang yang tahu akan potensinya.Memulai bisnis memang susah-susah gampang. Anda harus menemukan jenis usaha yang jarang tapi dibutuhkan agar bisnis Anda bisa bertahan. Selain itu, Anda juga harus memiliki tekad yang kuat sehingga bisnis Anda akan tetap bisa bertahan walaupun usaha Anda sedang dilanda masalah.

Dalam memulai bisnis, Anda juga perlu mempertimbangkan kompetitor. Jika kompetitor bisnis Anda masih sedikit, maka ini pun akan menjadi sebuah keuntungan bagi Anda. Untuk itu Anda perlu mencari usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Karena usaha-usaha ini pasti memiliki kompetitor yang masih sedikit.

Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas mengenai rekomendasi usaha yang jarang tapi dibutuhkan oleh banyak orang.

Baca Juga: Aplikasi Penghasil Uang Yang Bisa Kamu Coba

Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan

1. Bisnis Sewa Studio Foto Mini

Saat ini, kebutuhan akan foto produk yang menarik sudah semakin tinggi. Namun, masih banyak orang yang belum tahu.  Bisnis ini pun termasuk usaha yang jarang tapi dibutuhkan oleh banyak orang. Apalagi semenjak maraknya bisnis online melalui media sosial. Untuk menarik pelanggan agar mau membeli produk yang dijual, pasti harus memiliki foto produk yang cantik dan menarik.

Melihat peluang tersebut, Anda bisa menyediakan studio foto mini dengan berbagai tema dekorasi dan latar belakang. Anda hanya perlu menyediakan satu atau dua ruangan dengan berbagai macam dekorasi dengan tema yang menarik. Untuk sistem penyewaannya, Anda bisa membuat paket sewa perjam dan juga perhari.

2. Katering Sehat & Diet

Saat ini, banyak sekali orang-orang yang sedang berusaha menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini pun kemudian berdampak pada permintaan akan makanan sehat yang tinggi pula. Selain untuk penerapan gaya hidup sehat, makanan sehat pun banyak dicari oleh orang yang sedang melakukan diet.

Biasanya, bisnis catering makanan sehat ini sangat popular di kalangan masyarakat perkotaan. Mereka yang memiliki kesibukan tinggi seringkali tidak sempat untuk mengolah makanan sehat itu sendiri. Dengan waktu terbatas yang mereka miliki, banyak yang akhirnya menyerahkan urusan makanan dengan berlangganan catering sehat ini. Sehingga nutrisi tubuh pun tetap terjaga tanpa harus repot-repot menghabiskan tenaga untuk memasak.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, semakin banyak orang yang beralih ke makanan sehat. Jadi, bisnis catering makanan sehat ini pun bisa jadi bisnis yang sangat menguntungkan.

Bisnis catering sehat ini bisa lebih menguntungkan daripada bisnis catering biasa, karena bahannya yang premium dan diolah dengan cara yang sehat, satu porsi makanan sehat bisa mencapai kisaran 50 ribu rupiah.

Namun sebelum memulai bisnis catering sehat ini, Anda pun harus mencoba berbagai masakan yang sekiranya akan disukai oleh pelanggan. Karena memasak makanan sehat dengan rasa yang tetap enak perlu resep tertentu.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dengan Cepat dan Halal melalui Internet

3. Usaha Laundry Kiloan

Jika Anda ingin memulai bisnis yang tidak perlu skill khusus yang mudah dilakukan untuk pemula, Anda bisa mencoba membuka usaha laundry kiloan. Bisnis laundry kiloan ini bisa dibilang bisnis yang mudah karena berskala kecil dan bisa dilakukan di rumah.

Laundry kiloan merupakan salah satu bisnis yang cukup menguntungkan. Karena ada banyak orang yang tidak memiliki waktu luang untuk mencuci pakaiannya. Misalnya pegawai kantoran atau anak kuliahan yang tinggal di kost-kostan. Biasanya, mereka akan menyerahkan urusan mencuci pakaian dengan menaruhnya papa laundry kiloan saja.

Jika Anda memiliki modal yang lebih, Anda bisa mencari lokasi usaha yang berdekatan dengan kampus atau perkantoran. Dengan begitu, pegawai kantor serta anak kuliahan yang bertempat tinggal di kost-kostan pun akan memilih usaha laundry Anda untuk mencucikan baju mereka.

Apabila memungkinkan, Anda pun bisa menyediakan layanan antar jemput untuk pelanggan Anda. Layanan antar jemput laundry ini bisa dipesan via online di WhatsApp. Untuk ongkosnya, terserah Anda apakah ingin mematok harga tertentu untuk ongkos kirim, atau menggratiskannya.

Jangan lupa juga untuk membuat promosi dengan membuat paket laundry khusus, ya. Agar pelanggan tetap setia memakai jasa Anda.

4. Bisnis Jastip

Bisnis jastip atau jasa titip adalah sebuah jasa yang menawarkan pembelian barang di suatu tempat. Biasanya, bisnis jastip dilakukan oleh orang yang berada di kota-kota besar, dan menjualnya pada orang yang ingin mendapatkan barang tanpa harus pergi ke tokonya, atau orang-orang yang di kotanya tidak terdapat barang yang mereka inginkan tersebut.

Profit yang didapatkan oleh penyedia layanan jastip adalah dari setiap harga barang titipan. Penyedia jastip bisa. Karena Anda menentukan sendiri harga jual barang tersebut, Anda pun bisa menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Bisnis ini juga bisa dilakukan oleh orang yang memiliki produk khusus dari daerahnya. Seperti makanan khas kota tertentu yang memang hanya ada pada kota tersebut.

5. Membuka Warung Makan Khas Negara Asing

Siapa yang tidak suka makanan? Salah satu bisnis yang tidak ada matinya adalah bisnis makanan atau kuliner. Namun seiring berjalannya waktu, bisnis kuliner ini memang memiliki pergantian tren.

Akhir-akhir ini, tren yang masih terus berjalan adalah tren makanan dari negara asing. Terutama negara Korea Selatan dan Jepang. Makanan ringan dari Korea Selatan sangat digemari terutama di kalangan anak muda.

Berkat banyaknya drama Korea yang mereka tonton, keinginan untuk mencoba makanan yang dimakan oleh idolanya pun menjadi semakin besar. Oleh karena itu saat ini sedang banyak bermunculan warung makan khas Korea.

Biasanya, warung makan khas Korea ini menjual makanan street food seperti Tteokbokki, CornDog, Bibimbap, Odeng, dan masih banyak lagi. Selain karena berbeda dari makanan Indonesia, makanan-makanan tersebut pun memiliki rasa yang enak.

Selain makanan khas Korea, makanan dari negara asing yang cukup banyak digemari adalah makanan khas Jepang yaitu Takoyaki, Okonomiyaki, juga Ramen. Makanan ini seringkali dijadikan cemilan karena rasanya yang enak dan juga harganya yang relatif murah di kantong.

6. Jasa Penitipan Hewan

Anda suka hewan? Atau memiliki hewan peliharaan? Pasti Anda tahu sendiri bagaimana repotnya bagi pemilik hewan peliharaan jika ingin bepergian keluar kota. Sama halnya seperti manusia, hewan pun perlu diberi makan, minum, dan perhatian. Jika sedang bepergian keluar kota, maka harus ada orang yang bisa menggantikan untuk merawat hewan tersebut.

Dari situ, Anda pun bisa melihat peluang untuk membuka jasa penitipan hewan. Bisnis ini merupakan jenis usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Apalagi, persaingan bisnis ini masih dibilang sangat sedikit. Masih belum banyak orang yang melirik bisnis ini.

Keuntungan yang didapatkan pun bisa cukup besar, mengingat kebutuhan yang diperlukan oleh hewan peliharaan juga besar. Seperti makanan, minuman, kendang,

Baca Juga: Jualan Online Paling Laris yang Banyak Dicari

8. Bisnis Sewa Alat Piknik

Semenjak pandemi melanda, banyak sekali tempat wisata dan mall-mall yang ditutup. Masyarakat terutama anak muda pun akhirnya banyak yang mencari alternatif berlibur atau berakhir pekan yang tidak berada di dalam ruangan dan sepi dari keramaian. Oleh karena itu, kini banyak orang yang akhirnya memilih menghabiskan waktu libur dengan melakukan piknik, apalagi jika tempatnya estetik dan bisa digunakan untuk berfoto dan upload ke media sosial.

Untuk menunjang tren para anak muda yang kini sedang senang melakukan piknik dan berfoto-foto estetik, Anda bisa membuka bisnis sewa alat piknik. Bisnis ini merupakan salah satu usaha yang langka tapi menguntungkan. Dengan mengikuti tren piknik ini, Anda bisa menyediakan alat piknik dengan berbagai tema.

Peralatan serta properti piknik yang bisa Anda sewakan antara lain keranjang rotan, tikar atau kain alas duduk motif estetik, tray rotan atau bambu, tatakan kayu, teko kaca, piring dan gelas keramik, tenda mini, dan berbagai macam alat keperluan piknik lainnya. Anda pun bisa melakukan promosi bisnis sewa alat piknik ini di media sosial seperti Instagram dan TikTok.

8. Jasa Penerjemah

Anda memiliki keahlian di bidang Bahasa? Daripada keahlian tersebut menjadi sia-sia karena tidak dipakai, Anda bisa mencoba untuk memulai usaha jasa penerjemah. Usaha ini memiliki peluang yang cukup tinggi, mengingat kebutuhan akan jasa ini juga terbilang tinggi.

Usaha ini pun bisa dikerjakan dari mana saja, karena pada dasarnya usaha ini dilakukan secara freelance. Saat ini, banyak sekali dokumen serta publikasi media yang membutuhkan jasa penerjemah.

Selain itu, bidang akademik pun juga membutuhkan banyak jasa penerjemah. Dalam bidang akademik, tak jarang dosen atau mahasiswa mencari jasa penerjemah untuk menerjemahkan sebuah jurnal ke dalam Bahasa Inggris, maupun sebaliknya.

Anda bisa menentukan target market Anda, dan dokumen-dokumen apa saja yang ingin Anda kerjakan, sebelum terjun langsung ke dunia usaha jasa penerjemah.

9. Jasa MUA

MUA atau Make Up Artist kini menjadi bisnis yang semakin menjanjikan. Dari tahun ke tahun, kebutuhan akan jasa makeup profesional pun semakin banyak. Baik itu dilakukan sebagai pekerjaan sampingan atau pekerjaan utama, bisnis MUA bisa menghasilkan keuntungan yang sangat besar.

Jasa seorang MUA tidak hanya dibutuhkan saat pernikahan saja. Namun sekarang, acara-acara seperti wisuda, photoshoot keluarga, lamaran/tunangan, prewedding, dan lainnya juga membutuhkan jasa seorang MUA.

Penghasilan yang bisa didapatkan seorang MUA untuk satu klien bisa mencapai jutaan. Bahkan, jika Anda sudah memiliki nama di kalangan Make Up Artist serta mempunyai pengalaman dan hasil kerja yang sangat bagus, Anda bisa mengantongi keuntungan hingga Rp9 Juta.

Keuntungan yang didapat tersebut pun belum termasuk transportasi, akomodasi, serta konsumsi jika Anda mengambil klien dari luar kota. Lalu bagaimana cara memulai bisnis MUA?

  • Asah kemampuan terlebih dahulu

Sebelum terjun langsung untuk menjadi MUA, Anda harus memiliki kemampuan merias terlebih dahulu. Anda bisa mempelajari cara merias dengan mengikuti kursus atau kelas-kelas make up yang banyak diadakan oleh para MUA terkenal, atau Anda juga bisa belajar secara otodidak dengan menonton tutorial-tutorial di Youtube.

Agar kemampuan Anda bisa terasah dengan cepat, Anda harus sering berlatih. Karena merias adalah suatu keterampilan yang harus banyak diasah. Anda bisa meminta teman atau saudara Anda untuk menjadi model Anda.

Jangan lupa juga untuk mencoba merias orang yang berbeda-beda usia, bentuk muka, juga tekstur kulit wajahnya. Jadi, Anda pun tidak akan kaget nantinya jika bertemu klien dengan kondisi wajah tertentu.

  • Persiapkan peralatan make up terbaik

Peralatan MUA yang berisi berbagai macam alat make up serta kosmetik merupakan senjata utama yang dibutuhkan seorang MUA setelah kemampuannya. Anda harus mempersiapkan berbagai pilihan alat dan kosmetik untuk berbagai jenis kulit yang berbeda.

  • Buat portofolio di media sosial

Jika Anda ingin mudah dikenali dan mudah ditemukan oleh klien, Anda harus membuat portofolio hasil make up Anda di media sosial, terutama Instagram. Anda bisa meminta izin pada klien untuk mengambil foto hasil make up Anda dan memasukkannya pada portofolio Anda.

Dengan banyaknya portofolio yang Anda posting di media sosial Anda, maka akan semakin banyak pula orang yang tertarik untuk memakai jasa Anda.

  • Kerja sama dengan Wedding Organizer

Ingin mendapat klien dengan cara yang lebih mudah? Anda bisa menawarkan kerja sama dengan Wedding Organizer. Dengan bekerja sama dengan Wedding Organizer, Anda bisa memperluas koneksi dan juga mendapatkan klien dengan lebih mudah. Anda tidak perlu repot-repot mencari klien, cukup menunggu kabar dari Wedding Organizer tersebut saja mengenai klien yang akan melangsungkan pernikahan.

10. Bisnis Salon Muslimah

Salon merupakan salah satu tempat favorit para Wanita untuk mempercantik diri, tidak terkecuali Wanita muslim. Wanita muslim atau Muslimah pun telah menempati salah satu target market utama dalam bisnis salon. Karena bagi seorang muslim, haram hukumnya jika jika rambut atau bagian tubuh lainnya terlihat oleh laki-laki.

Pada salon umum, tidak sedikit pekerjanya yang merupakan seorang laki-laki, atau tempatnya terkesan terbuka dan tidak ada privasi bagi Muslimah untuk membuka hijabnya. Oleh karena itu, agar para Muslimah bisa mendapatkan perawatan tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki dengan lebih nyaman, salon Muslimah ini pun kini sudah mulai banyak dibutuhkan.

Fasilitas yang bisa Anda sediakan sebagai penyedia bisnis salon Muslimah antara lain:

  • Perawatan rambut

Fasilitas paling mendasar yang harus dimiliki oleh salon adalah perawatan rambut. Anda bisa menyediakan fasilitas gunting rambut, cuci, blow, creambath, hair mask, hair spa, rebonding, smoothing, keriting, dan lainnya.

  • Perawatan Wajah/Make Up

Anda ahli dalam perawatan wajah atau merias? Anda bisa menyediakan jasa facial, make up, serta totok wajah.

  • Perawatan tubuh

Jika Anda memiliki modal lebih atau memiliki pegawai yang ahli di bidang perawatan tubuh, Anda bisa menyediakan fasilitas seperti pijat, lulur, mandi sauna, perawatan dengan aroma terapi, manicure, pedicure, perawatan tubuh pranikah, dan lain-lain.

Demikianlah artikel mengenai rekomendasi usaha yang jarang tapi dibutuhkan oleh banyak orang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi usaha.

Selain jenis usaha yang jarang tapi dibutuhkan yang sudah dipaparkan di atas, Anda juga bisa memulai bisnis reseller dan dropship melalui aplikasi Evermos. Berbeda dengan aplikasi reseller lainnya, Evermos menjual produk yang sudah terjamin halalnya.

Selain itu, semua produknya pun sudah dilakukan kurasi ketat terlebih dahulu, sehingga kualitasnya pun selalu terjaga dengan baik.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts