Panduan Program Affiliate & Daftar Marketplace Affiliate Terbaik di Indonesia

affiliate
KEY TAKEAWAY AFFILIATE MARKETING

  • Mengetahui apa itu program affiliate marketing
  • Anda akan mengetahui apa itu marketplace affiliate program
  • Anda akan mengetahui daftar affiliate marketplace terbaik di indonesia

Daftar Jadi Reseller Evermos

Dari sekian banyak model bisnis internet marketing, affiliate marketing adalah yang paling populer.

Prinsip kerja mitra ini adalah penjualan berbasis komisi. Contoh sederhananya adalah ketika Anda berhasil menjual produk atau barang atau jasa, Anda secara otomatis menerima uang atau komisi dari penjualan produk tersebut.

Apa Itu Affiliate Marketing?

affiliate
Sumber: google/bersosial

Affiliate marketing adalah sistem bisnis yang mana seseorang mendapat bayaran atas jasanya, ketika orang tersebut berhasil menjual produk atau jasa dari merchant atau perusahaan. 

Sistem affiliate ini menawarkan produk atau jasa dengan menggunakan pemasaran online melalui Internet dan mengajak orang lain untuk menjual produk atau jasa mereka. 

Posisi Anda adalah orang yang tidak memiliki produk atau jasa untuk dijual sehingga Anda dapat membantu pedagang memasarkan produk/jasa mereka dan tentu saja menerima komisi dari penjualan.

Marketplace Affiliate

Sebenarnya, afiliasi adalah program pemasaran di mana orang yang mengikuti program afiliasi dapat memperoleh komisi untuk memasarkan produk orang atau perusahaan lain.

Sekarang ini adalah marketplace affiliate akan bermitra dengan pasar untuk melakukan pemasaran.

Tenang, tidak semua produk yang ada di marketplace benar-benar dipasarkan, hanya mencari dan pasarkan produk yang kita sukai untuk dipromosikan.

Program afiliasi yang dioperasikan oleh marketplace biasanya dilakukan melalui iklan di media sosial dengan menyematkan link produk.

Ada beberapa media sosial yang bisa kita gunakan seperti Instagram, Tiktok dan Twitter.

Apa itu Marketplace Affiliate Program?

affiliate
Sumber: google/bersosial

Marketplace Affiliate Program adalah metode untuk mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk atau layanan dari perusahaan atau bisnis tempat Anda bekerja. Dengan program ini Anda dapat mencoba menghasilkan uang di Internet.

Jadi ada dua pihak yang terlibat dalam program afiliasi. Ada pedagang afiliasi yang kita kenal sebagai pengiklan yang menawarkan produk. Lalu ada affiliate marketer yaitu pemilik website, blog atau media sosial yang tugasnya mengubah pengunjung mereka menjadi pelanggan potensial dari produk yang mereka tawarkan.

Singkatnya, pengiklan mendapatkan pelanggan baru, dan pemasar afiliasi mendapat manfaat dari mengarahkan lalu lintas ke pengiklan.

Daftar Affiliate Marketplace Indonesia Terbaik 

Afiliasi atau program afiliasi di Indonesia mulai berkembang setelah aktivitas jual beli online meningkat melalui e-commerce atau marketplace. 

Sebagai langkah pemasaran, afiliasi termasuk berbiaya rendah dan bagi masyarakat luas, program ini dapat menjadi peluang untuk menghasilkan uang secara online.

Dengan bergabung sebagai mitra afiliasi dari e-commerce atau vendor tertentu, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan komisi yang bervariasi antara 1% dan 10% per penjualan.

Program afiliasi lokal Indonesia terbaik apa saja yang bisa Anda ikuti? Berikut daftar dan penjelasannya. 

Daftar Jadi Reseller Evermos

1. Tokopedia Affiliate

Tokopedia affiliate adalah program untuk mempromosikan produk penjual dengan membagikan tautan yang dihasilkan melalui Tokopedia. 

Kemudian Anda dapat membagikannya dengan pengguna lain melalui saluran media sosial Anda dan menerima komisi penjualan. Batas memungkinkan Anda mendapatkan komisi hingga 10%:

  • 10% untuk kategori Makanan dan Minuman
  • 8% untuk kategori kecantikan, mode, dan rumah
  • 5% untuk kategori Kesehatan, Ibu & Bayi
  • 3% untuk kategori olahraga dan hobi
  • 1% untuk kategori Ponsel, Tablet, Otomotif, dan Elektronik
  • 2% untuk kategori lain di luar kategori di atas

Nilai komisi maksimum adalah Rp 50.000 untuk setiap kategori per penjualan. Tokopedia dapat mengubah persentase dan besaran komisi sewaktu-waktu.

 

 

2. Bukalapak Affiliate

Bukalapak affiliate adalah program afiliasi yang dirancang untuk blogger, pemilik situs web, perbandingan harga, dan situs web lainnya untuk menerima komisi dari aktivitas pemasaran Bukalapak di situs web atau inventaris digital mereka. Afiliasi (pemasar) Bukalapak menerima komisi untuk setiap transaksi pembelian melalui tautan afiliasi yang terpasang. 

Anda masih berkesempatan menerima komisi untuk pembelian pulsa, token dan sejenisnya di Bukalapak. 

3. Blibli Affiliate 

Blibli affiliate adalah program afiliasi yang ditujukan kepada mitra afiliasi untuk mendapatkan komisi dari kegiatan pemasaran Blibli.com (biaya per penjualan) di platform atau inventaris digital mereka.

Bagi Anda yang hobi memperbarui gaya hidup, toko online Blibli.com dapat memenuhi kebutuhan Anda dengan menghadirkan smartphone terbaru dan populer dalam kategori Mobile & Gadgets.

Selain itu, toko online Blibli.com juga menghadirkan kategori fashion pria dan wanita dengan menawarkan pilihan produk fashion kekinian.

Blibli memiliki program afiliasi dengan komisi mulai dari 1% hingga 10% tergantung pada jenis produk dan jumlah transaksi bulanan yang Anda hasilkan.

4. Lazada Affiliate

Lazada Affiliate adalah program afiliasi pemasaran dari perusahaan e-commerce terkenal Lazada. Melalui program ini, afiliasi atau orang-orang yang mengikuti program afiliasi dapat memperoleh penghasilan tambahan tanpa harus mengeluarkan modal apa pun.

Cara kerjanya hanya dengan mempromosikan berbagai produk yang terdapat pada Lazada melalui media sosial.

Afiliasi kemudian menerima komisi hingga tujuh persen dari setiap pesanan dari campaign.

Bagi Anda yang senang bermain media sosial, membuat iklan atau konten menarik dan menghasilkan uang melalui internet tanpa harus keluar rumah, program afiliasi Lazada cocok untuk Anda.

5. Shopee Affiliate 

Shopee Affiliate adalah program afiliasi yang dianggap paling populer di antara beberapa marketplace dan e-commerce di Indonesia. Untuk berpartisipasi dalam program ini, Anda harus memiliki platform periklanan. Ini bisa berupa situs web, Instagram, atau akun YouTube.

Shopee menawarkan komisi untuk penjualan, yang bervariasi antara 1% dan 9% tergantung pada produk dan program periklanan.

Itulah informasi mengenai affiliate marketing serta daftar marketplace program affiliate terbaik di Indonesia. 

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. Silahkan kunjungi situs panduan Evermos untuk membaca artikel menarik lainnya. 

 

Panduan Penting Lainnya

 

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Panduan Terbaru

Panduan Terbaru

×