Apa Itu Reseller, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Keuntungannya?

Reseller dan Dropship

Apakah Anda salah satu orang yang ingin mencoba berbisnis namun tidak memiliki modal yang cukup? Atau ingin punya usaha sampingan yang bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja tapi menjanjikan? Bisa banget! Anda bisa sukses jadi reseller meskin tanpa modal yang besar.

Jika Anda salah satu orang yang ingin mencoba berbisnis menjadi reseller, simak ulasan artikel berikut ini, yuk!

Daftar Reseller Gratis Klik Disini

Di zaman sekarang, sudah banyak dan beragam jenis pekerjaan yang dapat menghasilkan uang yang cukup besar.

Tidak harus dengan berangkat ke kantor dari pagi hingga sore hari, namun menghasilkan uang juga bisa dilakukan cukup dari rumah saja.

Salah satu caranya adalah dengan menjadi seorang reseller.

Berkembangnya teknologi informasi berpengaruh kepada karakteristik masyarakat.

Sebelum berkembanya teknologi masuk kedalam kehidupan masyarakat, banyak orang yang tadinya gemar berbelanja di pusat perbelanjaan atau mall.

Tapi, kini menjadi gemar berbelanja secara online.

Belanja online dinkenal lebih praktis dan mudah karena tidak mengharusnkan orang keluar rumah untuk berbelanja.

Dari perubahan karakter ini, memberikan kesempatan kepada kita apabila lebih jeli ketika melihat sebuah peluang. Kira-kira peluang usaha apa, ya?

Bagi sebagian orang yang memiliki kejelian dalam melihat peluang di balik fenomena belanja online, pasti akan tertarik mencoba menjadi reseller.

Ditambah lagi apabila Anda memiliki keterampilan dan pengelaman berdagang, ini akan sangat membantu Anda dalam menggeluti profesi sebagai reseller.

Sudah banyak orang di luar sana yang terlebih dahulu terjun ke dunia ini.

Di antara mereka sudah banyak yang mendulang kesuksesan dari bisnis reseller ini.

Apakah Anda tertarik memulai usaha menjadi reseller yang sukses? Sudah tahu arti reseller belum?

Jika belum, simak penjelasan di bawah ini supaya Anda lebih mantap dan yakin menjalankan bisnis reseller ini.

Apa itu reseller?

Apa yang dimaksud dengan reseller? Secara umum, arti dari reseller adalah menjual kembali. Maksudnya reseller adalah orang yang membeli barang atau produk dari supplier atau pedagang lainnya, kemudian ia menjualnya kembali kepada konsumen dengan selisih harga yang berbeda dengan harga yang diberikan oleh supplier.

Daftar Reseller Gratis Sekarang!

Selisih harga jual kepada konsumen dan harga dari supplier menjadi keuntungan bagi para pelaku usaha reseller.

Biasanya reseller membeli barang dari pedagang yang biasa menjual dengan skala besar, distributor resmi, hingga supplier grosiran agar mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

Kemudian reseller akan menjual kembali kepada konsumennya dengan perbedaan harga yang sudah dinaikan.

Baca Juga:  21+ Peluang Usaha Rumahan 2021 Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Apa Bedanya Reseller dan Dropship?

Yang dimaksud dengan sistem dropship adalah sebuah Teknik untuk memasarkan barang jualan secara online dimana pelaku bisnis atau penjual tidak perlu menyimpan stok barang yang banyak, karena saat penjual mendapatkan orderan, si penjual akan langsung meneruskan orderan dan detail pengiriman kepada produsen, distributor atau supplier yang sudah bekerjasama dengannya.

Sedangkan reseller dalah pelaku bisnis atau orang yang menjual kembali barang atau produk atau jasa dari produsen, distributor, atau supplier yang sudah bekerjasama.

Berbeda dengan pelaku dropship, dimana seorang reseller tentunya memiliki stok barang yang ingin dijual kembali.

Bagaimana Cara Kerja Reseller?

Setelah Anda memahami arti kata reseller, selanjutnya Anda juga wajib memahami bagaimana cara kerja reseller agar sukses mendapatkan banyak keuntungan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, reseller mengambil keuntungan dari barang yang dijual dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli.

Contoh:

Jika Anda membeli 1 lusin kemeja dari supplier baju seharga Rp75.000 per pakaiannya.

Lalu Anda menjual secara online dengan harga Rp100.000, maka Anda telah menjadi seorang reseller.

Atau bisa juga Anda membeli suatu barang dalam jumlah banyak dari toko online dan menjual kembali dengan harga yang sudah dinaikan, ini merupakan cara kerja dasar dari sistem usaha ini.

Daftar Reseller Gratis Sekarang!

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Reseller?

Anda ragu memulai usaha ini? Jika iya, simak dulu apa saja kelebihan dan kekurangan menjadi reseller berikut ini. Agar Anda bisa menyusun strategi ketika sudah memulainya dan meminimalisir hal negative yang dapat merugikan bisnis Anda.

Kelebihan Menjadi Reseller

Apabila menurut Anda keuntungan atau kelebihan menjadi reseller hanyalah dari mergin laba, maka Anda wajib membaca ulasan berikut ini. Karena ternyata sangat banyak hal yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi reseller.

1. Memulainya hanya butuh internet

Banyak cara untuk mendapatkan uang dengan modal internet saja, salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan menjadi reseller. Anda bisa memanfaatkan internet untuk urusan bisnis ini, mulai dari mencari sumber supplier tangan pertama, promosi, hingga transaksi jual beli yang berbasis online.

2. Memulainya Nyaris Tanpa Modal

Apabila Anda memiliki modal kecil atau nyaris tanpa modal, tidak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan strategi pre-order untuk mengumpulkan calon pembeli dalam jangka waktu atau jumlah tertentu. Apabila sudah memenuhi minimal order, barulah Anda memsan barang dan mengirimkannya kepada pembeli.

3. Bebas Menentukan Sendiri Harga Jual yang Kompetitif

Menjadi reseller sangat memungkinkan untuk Anda balik modal sekaligus mendapatkan keuntungan yang besar, Kenapa?

Jika menekuni bidang usaha ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk ongkos produksi. Biasanya supplier seringkali memproduksi barang dengan jumlah yang banyak untuk kemudian dipasarkan dengan harga yang terjangkau.

Semakin banyak barang yang resller beli, biasanya akan semakin murah harga yang diberikan supplier. Nah, dari sini, Anda bebas menentukan harga jual barangnya. Jika mau, Anda dapat menentukan harga yang sangat murah untuk kemudian dijual kembali. Logikanya, semakin murah barang, kemungkinan terjualnya juga akan semakin besar.

Pada bagian ini, reseller akan sangat diuntungkan karena dapat melakukan persaingan harga jual. Sangat unggul dibandingkan dengan dropship yang menjual produk dengan harga toko ditambah margin keuntungan. Anda bisa memasang harga yang lebih kompetitif dibandingkan dengan dropship atau bahkan toko lainnya.

4. Bisa Menjual Berbagai Produk

Keuntungan menjadi reseller adalah dapat menyetok dan menjual berbagai macam produk dari brand dan toko yang berbeda. Dengan begitu, Anda sebagai penjual dapat memberikan lebih banyak pilihan kepada calon pembeli Anda. Selain itu, Anda juga dapat menjual barang dengan menyesuaikan keinginan dan trend pasar.

Misalnya, saat masa pandemik seperti sekarang ini, Reseller dapat menjual berbagai macam perlengkapan new normal kit seperti masker, sarung tangan, hand sanitize, dan lain sebagainya.

Tentunya Anda dapat menentukan supplier atau distributor lebih dari satu. Agar produk yang Anda jualkan lebih bervariasi untuk menarik minat pembeli.

Daftar Reseller Gratis Klik Disini

5. Bebas Mengatur Stok Barang Hingga Mengaudit Penjualan

Fleksibilitas seorang reseller dapat dilihat saat mengatur stok dan mengaudit penjualan. Reseller dapat menentukan jangka waktu kapan harus menambah stok dari supplier. Sehingga, jumlah stok yang tersedia jauh lebih stabil sesuai dengan kebutuhan. Keuntungan ini dapat membuat pelayanan reseller jauh lebih cepat karena bisa menjual stok yang sudah ada.

Selain itu, reseller juga dapat menyesuaikan gaya auditnya sendiri. Berbeda dengan audit perusahaan-perusaan, Anda bisa melakukan audit persediaan produk jauh lebih sederhana dan fleksibel.

Hal ini berguna untuk memantau perkembangan bisnis reseller yang sedang Anda jalankan. Seperti mengetahui produk mana saja yang banyak terjual, produk mana yang harus diperbarui, dan produk mana yang tidak dilanjutkan penjualannya.

Karena skala persediaan produk reseller belum sebersar produsen atau perusahaan, proses stock opname hingga penghitungan laporan keuangan juga dapat dengan mudah dilakukan.

6. Bisa Dapat Komisi Tambahan dari Supplier Hingga Distributor

Biasanya beberapa supplier yang sedang mengembangkan bisnisnya seringkali memberikan komisi lebih kepada reseller. Komisi ini biasanya bisa berupa potongan harga.

Dengan keuntungan dari potongan harga ini, Anda bisa menjual produk dengan menentukan harga yang dapat bersaing bahkan dengan supplier itu sendiri.

7. Promosi yang Lebih Efektif

Poin yang satu ini menjadi keunggulan yang bisa sangat dimaksimalkan.

Anda dapat mengambil foto produk yang Anda jual sesuai dangan gaya promosi Anda hingga trend yang sedang ramai untuk digunakan sebagai katalog promosi.

8. Bisa Dikombinasikan dengan Penjualan Online dan Offline

Memiliki stok barang sendiri membuat Anda sebagai seorang reseller dapat dengan mudah menjualnya secara online ataupun offline untuk mendapatkan hasil yang lebih memaksimalkan

Baca Juga:  Cara Daftar Reseller Dropship Secara Gratis 2021

Kekurangan Menjadi Reseller

1. Banyak Saingan

Salah satu kekurangan menjadi reseller yang sudah terkenal biasanya memiliki tantangan yang lebih sulit. Hal ini disebabkan karena sudah banyaknya saingan bisnis yang menjual produk dari brand yang serupa.

Daftar Reseller Gratis Klik Disini

2. Keuntungan Laba Relatif Kecil

Beberapa supplier tidak selalu menawarkan harga yang menguntungkan bagi penjual lainnya.

Tidak semua supplier memberikan penwaran harga yang menguntungkan bagi reseller yang bergabung dengan mereka. Bahkan beberapa brand hanya memberikan selisih harga yang kecil untuk harga dari sebuah produk tersebut.

Pada akhirnya, para pelaku usaha reseller pun hanya mendapatkan sedikit keuntungan dan waktu yang lebih lama untuk balik modal.

7 Cara Menjadi Reseller Yang Sukses

Bagaimana? Banyak keuntungannya bukan dengan menekuni bidang usaha ini? Nah, untuk lebih memaksimalkan keuntungan di atas, ada beberapa cara sukses menjadi reseller yang bisa Anda gunakan. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Media Promosi

Di zaman yang sudah berkembang pesat ini, Media Sosial memiliki kekuatan yang besar sebagai media promosi.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menggunakan media sosial sebagai media promosi dan pemasaran produk.

Ada baiknya Anda membuat media sosial khusus bisnis, agar tidak bercampur dengan urusan pribadi.

Hal terpenting lain yang harus Anda pahami adalah, media sosial memiliki pasar yang berbeda-beda, jadi pastikan terlebih dahulu Anda memberikan konten yang sesuai dengan pasar Anda.

2. Membangun Relasi

Nukan hanya bisnis biasa saja yang membutuhkan relasi, seorang reseller juga harus pandai dalam menciptakan relasi.

Menjalin hubungan baik dengan supplier-supplier, dengan begitu Anda bisa menciptakan kerja sama yang baik dengan mereka.

Bahkan, bila supplier yang Anda miliki loyal bisa saja dia mempromosikan toko online Anda secara Cuma-Cuma.

Selain dengan Supplier, jalin juga relasi dengan para pelanggan Anda.

Anda bisa memberikan promo atau hal special lainnya kepada konsumen Anda yang paling loyal. Dengan begitu, bukan hanya senang saja, tapi juga mereka bisa membagikan informasi mengenai produk Anda ke teman-temannya

3. Memahami Produk yang akan Anda Jual

Penting untuk Anda ingat. Janganlah sekali-kali menjual produk yang tidak Anda kenal secara baik-baik.

Karena mungkin saja Anda akan untung, tapi Anda akan mengalami kesulitak ketika menjalankannya.

Pasalnya Anda tidak mengetahui hal apapun mengenai hal apapun dari industry tersebut dan tidak mudah bagi Anda nantinya untuk tahu bagaimana cara berjualan yang tepat pada konsumen.

Selain itu, ketika konsumen Anda bertanya perihal produk tersebut Anda akan kesulitan menjelaskan barang tersebut.

4. Memperhatikan Sistem Pembagian Komisi

Ketika menjalankan bisnis, tentu saja hal yang dituju pertama adalah profit atau keuntungan.

Nah, maka dari itu ketika awal reseller menjalin kerjasama dengan supplier, harus dipastikan dengan baik mengenai pembagian komisinya.

Semuanya harus jelas jangan sampai ada yang terlewatkan yang nantinya akan menimbulkan kesalahan informasi sehingga Anda merugi.

Daftar Reseller Gratis Klik Disini

5. Jangan Menyetok Terlalu Banyak

Sebagai seorang reseller, Anda harus membeli atau menyetok barang terlebih dahulu seblum menjualnya kembali.

Biasanya supplier atau distriburot juga akan memberi ketentuan mengenai minimal pembelian.

Perlu untuk dicatat bahwa Anda tidak perlu menyetok barang terlalu banyak, karena jika tidak laku akan membuat usaha Anda merugi.

Sebaiknya lakukan Analisa minat pasar untuk menentukan stok produk mana yang harus Anda siapkan.

6. Memilih Produk yang Peluangnya Besar di Pasar

Salah satu tatangan menjadi seorang menekuni usaha ini adalah competitor yang banyak.

Mencari produk yang sesuai dengan konsep usaha Anda bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya..

Perlu untuk Anda ingat, saat mencari produk yang sesuai dengan konsep usaha Anda, pastikan Anda menganalisa potensi pasar dari produk tersebut besar.

Jadi, walaupun produk yang Anda jual bukan produk yang umum untuk semua orang, namun konsumen tersebut bisa loyal dan dapat melakukan pembelian berulang.

7. Memastikan Supplier yang Berkualitas

Salah satu kesuksesan dapat ditentukan dari bagaimana reseller tersebut memilih supplier.

Dalam jangka yang cukup Panjang, seorang reseller akan melakukan kerja sama bisnis dengan supplier, dalam hal pengiriman dan lain-lainnya.

Tidak Punya Modal Tapi Ingin Jadi Reseller? Daftar Evermos Aja, Yuk!

Bagi Anda yang ingin mencoba menjadi reseller namun belum memiliki cukup modal, bergabung bersama Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan bergabung Evermos, diantaranya:

  • Daftar Gratis
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan bergabung bersama Evermos.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts