Supplier

Mau Jualan Online Tapi Belum Punya Produk? Gabung jadi Reseller Evermos Aja

Evermos adalah supplier reseller dan dropshipper yang menyediakan beraneka macam produk untuk kebutuhan sehari-hari yang langsung dari tangan pertama.

Yuk, Pelajari Mengenai Apa Itu Supplier

Ketahui Lebih Dalam Tentang Supplier

Cara menjadi supplier masker adalah dengan memasok bahan baku yang bagus, memproduksi masker sesuai syarat anjuran pemerintah dan kesehatan, melakukan budgeting, menyediakan reseller dan dropshipper.

Seorang supplier masker menyediakan bahan baku yang bagus dan terbukti aman bagi masyarakat ketika menggunakananya, mengelola dan mengatur produk, melakukan pendistribusian kepada pedagang, pengecer, reseller dan dropship

Keuntungan menjadi supplier masker adalah menambah penghasilan, sebagai usaha sampingan, bisa membuka lowongan bagi orang lain, menjual produk yang bermanfaat bagi orang lain, menjadi pelaku usaha yang mandiri.

Hal pertama yang perlu dipersiapkan dalam cara menjadi supplier baju adalah memiliki modal untuk menyetok produk. Pilihlah baju yang memiliki kualitas baik agar tidak mengalami kerugian untuk mendistribusikannya kepada konsumen, kemudian memilih produk baju yang sesuai dengan target pasar.

Beberapa hal yang dilakukan oleh supplier dalam menjalankan prosesnya adalah melakukan proses pengadaan bahan baku untuk kebutuhan industri, kemudian menyusun informasi bahan baku untuk dijual kepada industri, lalu melakukan proses pemasaran dan penawaran kepada pelaku industri.

Daftar Isi

Apa Itu Supplier? Simak Pengertian, Tugas, dan Fungsinya Disini

apa itu supplier

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY

  • Mengetahui Apa itu supplier
  • Anda akan mengetahui fungsi dan tugas dari supplier
  • Anda bisa mengetahui cara menjadi supplier

Dalam industri bisnis, kita sering mendengar kata supplier. Supplier memegang peran penting dalam menjual atau memasok sumber daya yang berbentuk bahan mentah kepada pihak lain (individu/perusahaan) yang akan diolah menjadi barang atau jasa tertentu.

Profesi ini bisa dijalankan oleh kelompok tertemtu atau bahkan seorang diri sebagai sebuah perusahaan. jadi, jika Anda ingin menjadi supplier maka bisa simak langkah berikut ini.

Untuk itu, sebelumnya, mari kita membahas peran penting supplier dalam bisnis. Silakan simak penjelasannya dibawah ini.

Apa Itu Supplier dan Ciri Cirinya.

Supplier/pemasok adalah bagian dari rantai suplai produk dimana saling berhubungan dengan bagian lainnya. Bisa dibilang bahwa mereka memegang peranan penting dari bagian awal dari rantai suplai, karena mereka bertugas memasok bahan mentah yang akan diolah oleh perusahaan.

Pada umumnya, posisi supplier  berkaitan dengan perusahaan manufaktur.

Perusahaan manufaktur membutuhkan bahan mentah yang akan diolah menjadi produk siap jual. Perusahaan tersebut nantinya  membuat pengadaan bahan kepada pemasok yang nanti akan dikirim.

Proses tersebut bermula dari permintaan barang yang dilakukan oleh perusahaan kepada pemasok. Setelah itu, akan diteruskan oleh pemasok yang nantinya akan menjadi bagian dari proses pengadaan dan produksi. Secara umum, ada 4 fungsi dari supplier yaitu:

  1. Memastikan kesediaan bahan mentah atau baku bagi perusahaan/individu yang membutuhkannya.
  2. Memastikan bahan baku yang ada dalam kondisi yang baik saat diterima oleh pembeli.
  3. Mengelola penyimpanan bahan baku sebelum dikirim.
  4. Mengatur pengiriman bahan baku sesuai dengan permintaan pembeli agar tepat waktu.

Dari fungsinya, pemasok harus menjamin ketersediaan stok dalam kondisi yang baik. Untuk itu, mereka harus jeli dan teliti dalam melihat jumlah stok serta umurnya. Seringkali, pengelolaan stok secara manual bisa mengakibatkan beragam masalah seperti kesalahan perhitungan jumlah stok.

Supplier adalah peran yang sangat penting dalam setiap siklus produksi sebuah produk baik barang maupun jasa. Mulai dari mencari bahan mentah sampai membantu meningkatkan produksi.

Supplier juga dapat membantu menemukan pilihan bahan baku pengganti ketika kondisi pasar kurang baik. Kerja sama antara produsen dengan supplier harus terjalin dengan baik agar produk akhir yang dihasilkan juga baik.

Dengan kemajuan teknologi yang ada, proses kerja yang dilakukan supplier menjadi semakin mudah.

Tugas Seorang Supplier

Beberapa tugas utama yang umumnya menjadi tanggung jawab supplier adalah:

  1. Penyedia bahan baku, Proses pengadaan bahan baku bisa dikerjakan sendiri atau diperoleh lewat proses kemitraan dengan pihak lain.
  2. Menyediakan data terkait bahan baku. Sebelum bahan mentah yang disediakan diantar atau dijual kepada pihak berikutnya, pemasok harus menyiapkan informasi terkait bahan mentah tersebut.
  3. Memasarkan produk. Sama seperti produk jadi, bahan mentah juga dapat dipasarkan secara online dan offline. Adanya informasi yang tersedia di internet juga akan memudahkan para produsen barang dan jasa menemukan pemasok untuk produk mereka.
  4. Menjalin kemitraan dengan pengusaha. Tidak hanya untuk penjualan satu atau dua kali, pemasok umumnya melakukan kerja sama jangka panjang dengan pengusaha. Tidak hanya dengan menjamin ketersediaan stok, tapi juga kualitas dari bahan mentah yang mereka sediakan.
  5. Mempertahankan layanan yang diberikan. Layanan yang dimaksud dalam hal ini bukan hanya berhubungan dengan kualitas bahan mentahnya saja, tapi juga terkait dengan cara supplier menjalin hubungan dengan perusahaan yang bermitra dengan mereka.

Cara Menjadi Supplier yang Baik?

Supplier yang baik memiliki berbagai kriteria yang penting untuk dipenuhi. Ini tidak hanya penting bagi perusahaan yang menjadi klien, tapi juga bagi supplier itu sendiri.

Memilih supplier yang salah bisa menyebabkan sebuah perusahaan mengalami keterlambatan pengiriman barang hingga penurunan kualitas dari produk jadi yang akan dijual.

Bagi supplier, menjaga kualitas produk dan layanan juga sangat penting demi menjaga kepuasan klien. Ketika Anda menjadi supplier namun tidak mampu memenuhi harapan pelanggan, maka Anda akan ditinggalkan.

Lantas, kriteria apa saja yang harus dimiliki oleh supplier yang baik?

1. Bertanggung Jawab Penuh pada Produk yang Dipasok

Supplier yang baik mampu bertanggung jawab akan kualitas produk yang mereka pasok. Jika ternyata terjadi masalah, supplier adalah pihak pertama yang mengambil tanggung jawab untuk segera mengatasinya tanpa mengganggu produktivitas klien.

2. Kemampuan Produksi yang Baik

Setiap perusahaan tidak hanya mencari supplier yang mampu memenuhi kebutuhan bahan baku yang mereka dalam jumlah yang cukup.

Supplier yang baik sebaiknya mampu secara konsisten membuat atau menyediakan produk dengan kualitas yang sama sesuai standar yang ditetapkan oleh klien.

3. Memiliki Pemahaman yang Baik Terkait Produk yang Mereka Sediakan

Supplier adalah pihak yang seharusnya paling memahami tentang produk yang mereka jual serta industri yang berhubungan dengannya. Pemahaman yang baik dari supplier ini akan memudahkan mereka mencari jalan keluar jika terjadi masalah pada produktivitas klien.

Pengetahuan terkait produk mentah ini juga akan membantu mereka memberikan masukan dan solusi yang berharga agar klien bisa memperbaiki hasil produksi mereka.

4. Memiliki Tujuan yang Sama dengan Klien

Sebagai pihak yang memasok bahan mentah, supplier adalah pihak yang paling dipercaya oleh klien. Karena itu, kesamaan misi antara pemasok dengan klien akan sangat menguntungkan bagi klien. Mereka dapat sama-sama mencari jalan keluar jika terjadi masalah dan menemukan cara baru untuk memperbaiki produk yang mereka jual.

Menemukan supplier adalah hal yang sangat penting bagi sebuah bisnis. Tidak hanya menjaga kelangsungan produktivitas, tapi juga kualitas produk akhir yang disediakan.

Anda seorang reseller dan sedang mencari supplier untuk bisnis Anda? Maka bisa untuk cek di Evermos.

Anda sudah bisa mengakses ribuan produk unggulan dari ratusa brand ternama yang terdapat di katalog Evermos.

Penasaran bagaimana cara daftarnya? Simak berikut cara menjadi reseller yang mudah dan terpercaya di Evermos.

  1. Daftarkan diri dengan klik button hijau pada pojok bawah laman untuk lakukan pendaftaran atau bisa meminta kepada teman yang sudah terdaftar jadi reseller di Evermos.
  2. Masuk ke halaman pendaftaran, isilah data diri berupa nomor aktif, nama, kata sandi dan area domisili.
  3. Berikutnya centang pernyataan “Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan sebagai Reseller Evermos”, bila Anda mendapatkan undangan dari teman Anda centang juga “Punya Kode Referall” dan masukkan beserta kode referralnya.
  4. Kemudian klik ” Lanjutkan Pendaftaran”.
  5. Anda akan mendapatkan kode verifikasi OTP melalui Whatsapp.
  6. Masukkan kode OTP berikut pada kolom “Masukkan Kode Verifikasi” dan klik “Verifikasi”.
  7. Selamat, Anda telah berhasil mendaftar sebagai Reseller Evermos dan dapat mengakses seluruh katalog serta fiturnya di website atau aplikasi Evermos.

Akun yang Anda daftarkan merupakan akun Freemium atau akun gratis yang dapat bisa langsung untuk Anda gunakan untuk melakukan transaksi penjualan produk.

Anda juga bisa mengubah status akun menjadi Reseller Premium sesuai keinginan untuk mendapatkan lebih banyak fasilitas dan panduan menjadi reseller.

Demikian artikel ini, semoga informasi ini dapat membantu Anda.

Sebarkan juga dengan membagikan link artikel berikut kepada kerabat, teman-teman, keluarga dan orang terdekat yang membutuhkannya.

Untuk membaca informasi menarik lainnya mengenai panduan, silahkan kunjungi halaman artikel panduan berikut.

Panduan Penting Lainnya

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×