Usaha Rumahan

Mudahnya Memulai Usaha Rumahan Dengan Untung Jutaan Rupiah

Gratis, Tidak Perlu Stok Barang, Tanpa Report Packing & kirim, dan Bisa Jualan di Marketplace.

Yuk, Pelajari Mengenai Apa Itu Usaha Rumahan

Ketahui Lebih Dalam Tentang Usaha Rumahan

Usaha rumahan adalah sebuah peluang usaha yang bisa Anda lalukan hanya dari rumah saja. Di jaman serba digital seperti ini, jenis usaha ini cukup menjanjikan.

Saat ini banyak bisnis dengan modal minim namun menguntungkan. Salah satunya seperti menjadi reseller dan dropshipper. Jadi, hanya dengan bermodalkan handphone saja Anda sudah bisa berjualan dengan mudah dan berkesempatan dapat untung hingga jutaan rupiah. Yuk jadi reseller Evermos sekarang juga

Ibu rumah tangga tentunya memiliki waktu yang cukup terbatas, untuk itu, peluang usahanya perlu lah sesuatu yang bisa dikerjakan dari rumah seperti berjualan masakan dan sebagainya. Adapun peluang usaha rumahan kekinian adalah menjadi reseller dan dropshipper. Jadi, hanya dengan bermodalkan handphone saja Anda sudah bisa berjualan dengan mudah dan berkesempatan dapat untung hingga jutaan rupiah. Yuk jadi reseller Evermos sekarang juga.

Untuk usaha yang cocok Anda lakukan sebagai pemula dengan modal kecil yaitu mulai bisnis reseller, dropshipper, jasa SEO Content writer, camilan, bisnis influencer dan agen jasa pembayaran PPOB.

Cara memulai usaha rumahan adalah dengan menentukan jenis usaha apa yang kita kerjakan sesuai passion, kemudian melakukan rencana anggaran, mempersiapkan modal dan peralatan, serta mencari supplier bahan yang murah dan berkualitas hingga lakukan pemasaran produk.

Daftar Isi

Apa Itu Usaha Rumahan? Simak Pengertian dan Peluang Usaha Disini

usaha rumahan

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY

  • Anda bisa mengetahui apa itu usaha rumahan
  • Anda akan mengetahui peluang usaha rumahan
  • Anda bisa mengetahui keuntungan memiliki usaha rumahan

Apa Itu Usaha Rumahan?

Dalam situasi seperti ini, banyak keadaan yang menuntut kita untuk memiliki penghasilan tambahan lebih. Dengan berdiam diri di rumah pun ternyata Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan loh. Tidak ada salahnya untuk anda mencoba membuka usaha rumahan yang menguntungkan.

Gaji kebanyakan karyawan yang tidak seberapa terkadang tidak cukup untuk menutup kebutuhan sehari-hari dan gaya hidup. Maka dari itu, membuka bisnis sampingan di rumah adalah langkah yang tepat untuk kamu yang membutuhkan uang tambahan.

Usaha rumahan saat ini kian banyak diminati, apalagi sejak pandemi Covid-19 menyerang.
 
Apa itu Usaha Rumahan?
Usaha rumahan adalah jenis bisnis apapun yang mana lokasinya bertempat di rumah pemilik bisnis. Dalam hal ini pemilik bisnis tidak perlu menyewa tempat lain untuk dijadikan lokasi bisnis, bahkan pemilik bisnis juga tidak harus memiliki properti tertentu. Pemilik bisnis harus tetap menjalankan bisnis dari tempat yang sama dengan tempat tinggal mereka, sehingga bisnis tersebut dapat dikategorikan sebagai bisnis rumahan.

Keuntungan Memiliki Usaha Rumahan

1. Hemat Waktu dan tenaga

Bagi semua orang yang menjalankan usaha rumahan, hal ini adalah kelebihan paling utama yang akan mereka rasakan. Nantinya kita tidak harus berangkat kerja di pagi hari lagi atau terjebak dengan kemacetan di dalam mobil.  Jadi, sekarang sudah jelas kan mengapa poin pertama ini menjadi keuntungan utama yang akan dirasakan para pebisnis usaha rumahan?
 
Apalagi ditambah jika Anda ibu rumah tangga yang sudah memiliki anak, maka menjalankan usaha rumahan akan memberikan Anda kenyamanan serta waktu yang lebih untuk bersama mereka.  Tidak peduli apapun status Anda sekarang, menjalankan usaha rumahan akan memungkinkan kita untuk menjaga keseimbangan hidup antara pekerjaan dan kehidupan pribadi dengan sebaik mungkin.

2. Jam Kerja yang sangat Fleksibel.

Bukan hanya terhindar dari perjalanan kerja yang jauh, memiliku usaha rumahan berarti memiliki jam kerja yang sangat fleksibel. Anda bisa menentukan sendiri kapan para pegawai Anda harus bekerja dan waktu operasional bisnis yang tepat untuk usaha rumahan Anda
 
Bahkan, rekan pembaca juga bisa memulai pekerjaan di pagi hari atau baru mengerjakannya di malam hari. Semua teknologi yang ada di zaman modern sekarang seperti, ponsel, mesin faksimile, laptop, tab dan lain sebagainya akan membantu kita untuk berinteraksi dengan para pelanggan kapan saja.

 

3. Tidak Perlu Mengeluarkan Uang Sewa untuk Lokasi Bisnis.

Kelebihan lain dari usaha rumahan adalah membuat para pemilik usaha rumahan menjadi lebih hemat dibandingkan dengan mereka yang harus menyewa ruko atau tempat lain sebagai lokasi bisnis mereka. Mereka juga tidak perlu merogoh kocek untuk biaya maintenance lokasi bisnis yang terpisah dari tempat tinggal mereka. Dengan begitu, pemilik usaha rumahan bisa menjalankan bisnisnya dengan tenang tanpa harus memikirkan biaya yang berlebih.

 

4. Mengukur Keperluan Usaha dengan Lebih Mudah.

Ketika kita memilih tempat tinggal kita sebagai lokasi usaha, ini akan mempermudah kita untuk menentukan berapa jumlah karyawan yang akan direkrut, berapa jumlah jam kerja yang akan ditetapkan, dan kapan waktu operasional bisnis yang kita inginkan. Coba deh kita bandingkan antara menyewa ruko dengan usaha rumahan. Ketika jumlah karyawan kita menjadi semakin banyak, maka secara otomatis kita memerlukan ruko yang lebih luas. Namun, bagaimana jika kontrak ruko kita masih panjang? Pastinya akan sulit untuk mengaturnya, bukan?
 
Namun hal ini tidak akan terjadi pada usaha rumahan, karena kita tidak terikat kontrak sewa tempat dengan siapapun dan kita juga bebas menentukan hal-hal apa saja yang diperlukan untuk usaha rumahan kita.

Rekomendasi Usaha Rumahan Yang Menjanjikan

Ide-ide usaha rumahan kreatif menjadi daya tarik tersendiri bagi para pebisnis pemula karena melalui ide-ide cemerlang tersebut mereka akan terinspirasi untuk membuka peluang kerja baru bagi orang-orang yang tinggal di sekitar tempat tinggal mereka.

Semakin meningkatnya kreativitas dan inovasi pada usaha rumahan, telah membuat banyak orang untuk beralih dari pekerjaan kantor pada usaha rumahan. Bahkan, data statistik menunjukkan orang-orang yang memilih untuk menjalankan usaha rumahan menjadi lebih banyak dibandingkan sebelumnya.
 
Untuk itu, mari kita simak Beberapa usaha rumahan yang lagi trend dan masih populer hingga saat ini.

 

1. Bisnis Penjualan Foto

Anda memiliki hobi fotografi dan punya banyak stok foto yang menganggur di galeri? Nah, bisnis penjualan foto inilah yang paling cocok untuk Anda. Bisnis ini dilakukan dengan menjual hasil foto Anda ke situs microstock seperti Shutterstock, Adobe Stock, dan Canva.

Situs ini akan memilih dan menerima foto dari Anda, kemudian menjualnya kembali ke konsumen. Foto ini dapat dibeli berkali-kali oleh banyak orang sehingga menghasilkan untung yang lumayan.

 

2. Bisnis Penjualan Pulsa

Sejak zaman berkembang ke arah serba digital, pulsa pun menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Pulsa dibutuhkan bukan hanya untuk menelepon dan berkirim SMS saja, tetapi juga dibutuhkan dalam melakukan pembelian layanan internet, bahkan juga dapat digunakan untuk membayar tagihan listrik. Cara mulai berbisnis penjualan pulsa pun cukup mudah, Anda tinggal mendaftarkan diri ke perusahaan penyedia jaringan pembayaran.

 

3. Menjadi Reseller/Dropshipper

Ingin bisnis berjualan barang, tetapi belum bisa memproduksi barang sendiri? Reseller dan dropship solusinya! Reseller sendiri pada umumnya melakukan penyetokan barang dari supplier dan menawarkan produk tersebut kepada konsumen, sedangkan dropship lebih mirip pihak ketiga yang tugasnya menghubungkan supplier dengan konsumen dengan tetap mengambil keuntungan. Kedua jenis bisnis ini dapat Anda lakukan secara online dari rumah.

Dropshipper itu beda dengan jadi pedagang atau reseller ya.Dropshipper adalah orang yang bertindak layaknya agen dengan menjual barang tanpa perlu membeli terlebih dahulu barang yang dijualnya.Ilustrasinya begini. Misalnya, kamu adalah dropshipper dari produk kecantikan. Suatu ketika pembeli A memesan produk kecantikan lewat kamu. Pesanan si A kemudian kamu teruskan ke penjual C. Begitu penjual C menerima pesanan, ia menyiapkannya dan mengirimnya ke pembeli A cuma pakai nama kamu

 

4. Jasa Pembuatan Artikel

Sebagian besar perusahaan startup memanfaatkan konten untuk memasarkan produk, salah satunya artikel. Oleh karena itu, tak heran jika demand akan jasa pembuatan artikel jadi melonjak. Kalau Anda memiliki modal yang cukup, sekalian saja mendirikan agensi pembuatan artikel. Bayaran tiap pesanan artikel dapat dibagikan kepada para penulis sesuai dengan sistem yang telah didiskusikan bersama.

 

5. Bisnis Jasa Marketing Media Sosial

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dewasa ini praktik marketing lewat media sosial tengah ramai digandrungi para pelaku bisnis. Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk menawarkan jasa marketing di media sosial. Akan menjadi nilai plus jika Anda memang berbakat dan memiliki pengalaman di bidang terkait.

6. Jasa Titip

Buat yang getol banget main Instagram, pasti beberapa kali pernah lihat akun yang menawarkan jasa titip alias jastip online.Buat kamu yang belum tahu, jastip ini bisa dibilang mirip-mirip dengan dropshipper. Intinya, jastip adalah terobosan baru dalam berbisnis dengan menawarkan jasa belanja. Kamu bakal diupah karena membelikan barang orang. Dari sana keuntungan didapat.

7. Vlogger

Ini juga bisa jadi bisnis online tanpa modal yang menjanjikan. Buktinya rata-rata yang menjadi vlogger punya penghasilan lebih dari UMR. Bayaran vlogger sendiri bervariasi. Namun, rata-rata vlogger bisa mengantongi dua digit per bulan.

Mereka memperoleh pendapatan tersebut dengan meng-endorse produk atau jasa ke dalam video yang mereka buat. Belum lagi ditambah iklan-iklan atau adSense yang terpampang di video mereka.

Peluang Usaha Rumahan

8. Desain Grafis

Jika Anda memiliki keahlian menggambar yang oke, kenapa tidak buka jasa desain grafis? Apalagi kalau itu hobi kamu. Menjalankan bisnis yang merupakan hobi, bakal terasa ringan dijalani.

Banyak hal yang bisa kamu kerjakan bila menjadi desain grafis, mulai dari mendesain website, mendesain undangan, logo perusahaan, brand, brosur, dan lain-lain. Bayarannya tergantung dari tingkat kesulitan desain tersebut. Tapi yang jelas bayaran untuk sebuah kreativitas itu besar lho, bisa jutaan sampai puluhan juta.

9. Penulis Lepas

Semua bisnis kini sudah banyak yang beralih ke digital. Mereka membutuhkan sebuah tulisan untuk menjual produk atau sekadar mempromosikannya. Nah oleh sebabnya, kenapa sekarang pekerjaan menjadi seorang penulis sangat dicari.

Kalau kamu lihat banyak perusahaan besar yang membuka lowongan untuk content writer, atau copywriter. Tapi bagaimana dengan perusahaan-perusahaan kecil yang dana operasionalnya terbatas? Salah satu pilihan mereka adalah membayar jasa penulis lepas.

10. Admin Media Sosial

Jago merangkai kata-kata? Kamu mungkin cocok untuk menjadi admin media sosial. Sama kayak menjadi penulis, jasa admin media sosial kini juga sedang banyak dicari, hal ini karena semua bisnis sudah menjadikan media sosial sebagai media mereka memasarkan produknya.

11. Jasa Terjemahan

Punya kemampuan bahasa asing yang mumpuni? Sayang banget deh kalau dianggurin. Mendingan dipakai buat jual jasa terjemahan, dijamin bakal menghasilkan duit.

Sekarang makin banyak yang butuh jasa translate. Soalnya selain banyaknya perusahaan asing yang investasi di sini, nggak sedikit juga orang-orang Indonesia yang pengin luaskan bisnisnya ke luar negeri. Supaya lancar, mereka perlu jasa translator buat menerjemahkan dokumen-dokumen mereka.

Selain itu, di tengah era globalisasi saat ini, banyak film-film luar negeri yang bisa kita saksikan dari rumah. Dengan begitu jasa terjemahan ini dapat digunakan untuk menerjemahkan percakapan dalam film tersebut dan mengubahnya menjadi subtitle.

12. Jasa Tutor Online

Bisnis online tanpa modal yang satu ini bukan berarti benar-benar tanpa modal, ya. Melainkan kamu butuh keahlian mengajar dan juga pengetahuan mumpuni.

Jasa tutor online bisa dilakukan baik secara individu maupun berkelompok. Jangan khawatir, sudah tersedia banyak platform yang mendukung bisnis ini, misalnya SnapAsk dan Superproof.

Selain itu kamu bisa melaksanakan tutor online ini menggunakan aplikasi conference call seperti Zoom, Microsoft Teams, atau Google Meet.

13. Warung Kopi dan Warung Makan

Warung kopi dengan modal Rp 3-4 jutaan sudah bisa dijalankan. Apalagi kalau di dalamnya tersedia juga menu Indomie telor dan kornet, pasti bisa makin laris.

Membuka usaha ini di rumah tentu cukup menguntungkan. Selain biayanya murah dan tak perlu sewa tempat, bahan bakunya juga sangat mudah dicari. Cara pemasarannya pun cukup mudah.

Bisnis Rumahan berupa warung makan atau kopi rumahan tentu merupakan ide yang menjanjikan. Terutama jika memiliki rumah terletak di dekat perkantoran, mengingat banyak sekali karyawan yang kebingungan cari makan siang.

14. Agen Asuransi Online

Profesi agen atau mitra asuransi kian populer, apalagi pengetahuan masyarakat atas pentingnya asuransi semakin meningkat, sehingga minat masyarakat dalam produk asuransi ini juga bertumbuh pesat.

Banyak agen asuransi yang sukses mengantongi puluhan juta rupiah setiap bulannya sebagai komisi saat sukses menjual produk asuransi untuk melindungi nasabahnya dari resiko finansial.

Pekerjaan ini juga kian populer karena waktu kerja yang fleksibel dan tanpa komitmen. Semakin banyak produk yang terjual dan semakin banyak rekan yang bergabung menjadi mitra, semakin banyak pula uang yang dikantongi. Modal yang keluar pun tak besar.

Ingin memiliki usaha rumahan namun masih bingung terkendala modal? Yuk segera gabung di Evermos.

Anda bisa mencoba jadi reseller yang hebat bersama Evermos, hanya modal minim Anda sudah bisa mengakses seluruh produk yang terdapat di katalog Evermos.

Penasaran bagaimana cara daftarnya? Simak berikut cara menjadi reseller yang mudah dan terpercaya di Evermos.

  • Daftarkan diri dengan klik button hijau pada pojok bawah laman untuk lakukan pendaftaran atau bisa meminta kepada teman yang sudah terdaftar jadi reseller di Evermos.
  • Masuk ke halaman pendaftaran, isilah data diri berupa nomor aktif, nama, kata sandi dan area domisili.
  • Berikutnya centang pernyataan “Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan sebagai Reseller Evermos”, bila Anda mendapatkan undangan dari teman Anda centang juga “Punya Kode Referall” dan masukkan beserta kode referralnya.
  • Kemudian klik ” Lanjutkan Pendaftaran”.
  • Anda akan mendapatkan kode verifikasi OTP melalui Whatsapp.
  • Masukkan kode OTP berikut pada kolom “Masukkan Kode Verifikasi” dan klik “Verifikasi”.
  • Selamat, Anda telah berhasil mendaftar sebagai Reseller Evermos dan dapat mengakses seluruh katalog serta fiturnya di website atau aplikasi Evermos.

Akun yang Anda daftarkan merupakan akun Freemium atau akun gratis yang dapat bisa langsung untuk Anda gunakan untuk melakukan transaksi penjualan produk.

Anda juga bisa mengubah status akun menjadi Reseller Premium sesuai keinginan untuk mendapatkan lebih banyak fasilitas dan panduan menjadi reseller.

Demikian artikel mengenai cara menjadi reseller yang sukses, semoga informasi ini dapat membantu Anda.

Sebarkan juga dengan membagikan link artikel berikut kepada kerabat, teman-teman, keluarga dan orang terdekat yang membutuhkannya.

Untuk membaca informasi menarik lainnya mengenai panduan, silahkan kunjungi halaman artikel panduan berikut.

Panduan Penting Lainnya

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×