21+ Peluang Usaha Rumahan 2021 Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Peluang Usaha Rumahan

Usaha rumahan bisa menjadi salah satu strategi yang efektif di masa pandemi ini untuk peluang menambah penghasilan meskipun di rumah saja. Dengan harga kebutuhan pokok yang semakin hari semakin meningkat, tidak ada salahnya Anda membuka usaha rumahan yang pastinya menguntungkan meski modal yang dikeluarkan kecil. Pendapatan kebanyakan karyawan yang terasa masih kecil terkadang tidak cukup untuk menutupi kebutuhan sehari-hari.

Makad dari itu, mencoba usaha rumahan adalah salah satu langkah tepat bagi Anda yang membutuhkan penghasilan tambahan. Terkadang masih banyak orang yang meremehkan bisnis semacam ini. Buktinya, banyak sekali orang di luar sana yang sudah sukses dalam menggarap bisnis rumahan. Salah satunya adalah Bapak Rivan, seorang karyawan perusahaan swasta yang bisa memperoleh keuntungan hingga Rp200 Juta per-bulan.

Baca Juga:  Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal, Gampang dan Pastinya Untung

Dengan berbekal pengalaman bekerja di konveksi, Bapak Rivan mendirikan bisnis distro di rumah dan sukses membuka 3 cabang dengan puluhan karyawan. Kisah ini bisa menjadi inspirasi yang memotivasi untuk Anda yang ingin membuka usaha rumahan. Nah, sebelum memulainya, beberapa hal di bawah ini perlu Anda persiapkan terlebih dahulu.

Peluang Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tak Ada Matinya

1. Mempelajari Pengelolaan Administrasi Keuangan

Walaupun usaha rumahan yang dilakukan masih kecil, tidak ada salahnya untuk Anda mempelajari hal dasar dari pengelolaan administrasi yang baik. Hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah jangan pernah mencampurkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi.

Pengelolaan administrasi yang baik akan mempermudah kelangsungan usaha rumahan yang Anda jalankan. Dengan fondasi yang kokoh, bisnis yang dijalankan juga akan lancar.

2. Optimis dan Jangan Pernah Takut Mengalami Kegagalan

Setiap pebisnis akan dihadapkan dengan 2 pilihan. Yaitu, sukses atau gagal.

Walaupun masih pemula, Anda dituntut harus bisa mengatasi rasa takut dengan kegagalan.

Perasaan ini hanya akan menjadi hantu di setiap keputusan yang Anda buat yang mengakibatkan bisnis yang dijalankan berkahir dengan kegagalan karenanya.

Maka dari itu, bangkitkan mental pemenang  di dalam diri Anda dan yakinlah pada diri sendiri bahwa Anda memiliki segala sesuatu yang dibutuhkan untuk membuat sukses usaha rumahan ini.

3. Memilih Usaha Rumahan yang Sesuai dengan Passion Anda

Menjalankan atau memulai bisnis tanpa passion hanya akan membawa Anda ke jurang kegagalan. Mengapa dikatakan begitu? Sebab, jika tujuan utama dari sebuah bisnis hanya karena uang, Anda akan mempersulit bisnis yang Anda tekuni.

Membangun bisnis bisa dikatakan susah-susah gampang. Namun bisnis yang sesuai dengan passion akan membuat sehalanya lebih mudah dan menyenangkan. Jika Anda suka memasak, bukalah usaha kuliner di rumah. Jika Anda suka dengan otomotif, bukalah usaha bengkel rumahan. Jadi intinya, pilihlah usaha rumahan yang benar-benar membuat Anda lebih semangat dan bahagia, ya.

4. Menentukan Visi dan Misi

Menentukan sebuah visi dan misi akan membantu Anda menentukan tujuan dan arah dari usaha rumahan yang Anda jalankan. Dengan memiliki target yang tepat, Anda akan memiliki tujuan yang ingin dicapai sehingga bisnis akan terus berkembang.

Jika Anda tidak memikirkan hal ini, akan kecil kemungkinan untuk sukses karena Anda tidak benar-benar paham dan tahu apa yang sedang dilakukan.

5. Menghitung Modal yang Dibutuhkan untuk Memulai Usaha Rumahan

Tentunya setiap bisnis memerlukan modal. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memperkirakan apakah Anda memiliki modal yang cukup untuk memulai suatu usaha yang dipilih.

Hindari membeli barang yang tidak benar-benar diperlukan agar Anda bisa mengalokasikannya ke hal yang benar-benar esensial. Jika usaha rumahan yang Adna pilih membutuhkan tempat, Anda bisa memanfaatkan halaman atau garasi di rumah Anda.

6. Menentukan Waktu yang Tepat

Sebuah bisnis yang dijalankan dan sukses selalu dimulai dengan perencanaan yang baik. Salah satu perencanaan yang perlu Anda pikirkan adalah kapan waktu yang tepat untuk Anda memulai usaha rumahan.

Jika dilakukan tanpa memperhitungkan dengan cermat, bisa-bisa usaha yang Anda bangun dengan modal yang tidak sedikit malah berujung pada kegagalan.

Contoh: Jika Anda ingin memulas bisnis kue di rumah, Anda bisa memulai bsinis ini menjelang Bulan Ramadhan.

7. Mencari Strategi Promosi

Promosi merupakan cara tepat untuk mengenalkan bisnis di sekitaran rumah atau bahkan di kota yang Anda tinggali. Semakin sering Anda melakukan promosi, akan semakin banyak juga pelanggan yang akan membeli atau mampir ke usaha rumaha yang sedang Anda jalani.

Anda bisa mencoba melakukan promosi di Facebook Ads atau Google Adwords, karena kedua platform itu bisa mempromosikan bisnis Anda kepada target lebih cepat dan tepat.

Itulah beberapa tips untuk memulai usaha rumaha yang bisa Anda coba. Setelah Anda memahami apa yang perlu disiapkan terlebih dahulu sebelum memulai usaha rumahan, kini saatnya untuk Anda memilih usaha rumahan.

 

Peluang Usaha Rumahan yang Menguntungkan dan Menjanjikan, di zaman yang sudah berkembang ini banyak sekali peluang bisnis rumahan yang bisa membuat Anda untung. Namun, dengan seiring perubahan yang terus terjadi di dunia ini, tidak semua usaha akan bertahan lama.

Baca Juga:  5 Daftar Produk Reseller yang Banyak diminati di Tahun 2021

Berikut ini beberapa peluang usaha rumahan yang menguntungkan dan tak lekang oleh waktu.

1. Berjualan Pulsa dan Paket Internet

Apabila Anda memiliki niat untuk berjualan pulsa dan paket internet, maka Anda cukup beruntung karena untuk membuka bisnis pulsa dan paket internet tidak membutuhkan banyak modal. Apabila Anda pintar dalam memilih distributor agen pulsa dan paket internet yang tepat, tentu saja Anda bisa membuka bisnis pulsa dan paket internet dengan modal yang hanya sedikit. Dan itulah sebabnya banyak dari ibu rumah tangga, anak sekolah, hingga mahasiswa yang melakukan bisnis rumahan ini sebagai bisnis sampingan mereka.

Meskipun untuk membuka usaha rumahan pulsa dan paket internet ini hanya menggunakan modal yang dibutuhkan sedikit namun untuk perputaran modal dapat dikatakan cepat. Dan jika Anda dapat mengaturnya dengan benar dan juga tepat maka keuntungan yang Anda dapat semakin besar.

Keuntungan yang berikutnya dari menjalankan usaha rumahan pada bidang penjualan pulsa dan paket internet adalah waktu yang sangat fleksible dalam pengerjaannya. Karena pada dasarnya dalam masalah waktu yang dibutuhkan dalam mengurus atau menjalankan bisnis ini dapat disesuaikan dengan waktu Anda miliki. Bahkan jika Anda menjual pulsa dan paket internet non fisik atau secara elektronik maka Anda masih dapat menjual pulsa kepada konsumen di sela- sela waktu Anda yang padat tersebut. Ini disebabkan pengiriman pulsa yang mudah dan juga cepat.

2. Berjualan Camilan atau Makanan

Menjual camilan atau makanan ringan juga bisa menjadi solusi yang tepat untuk membuka usaha usaha rumahan. Apalagi saat ini banyak orang yang menyukai makanan pedas, sehingga Anda bisa menjual makanan dengan rasa pedas dan rasa lainnya. Selain itu buatlah inovasi baru dengan kemasan yang unik. Ada beberapa camilan yang saat ini banyak diminati seperti makaroni, keripik, kerupuk dan lain sebagainya.

Mempromosikan makanan akan sangat mudah. Dengan memposting di media sosial, orang-orang akan berbondong-bondong untuk membeli. Apalagi jika makanan dan camilan yang Anda jual enak, akan banyak sekali orang yang membeli atau bahkan mempromosikan ke orang lain.

Baca Juga:  Reseller Indonesia Harus Tau, Inilah Produk yang Banyak Orang Cari

3. Membuka Laundry Kiloan

Banyak orang di zaman sekarang lebih menyukai hal yang praktis karena beberapa alasan mulai dari kesibukan bekerja hingga sibuk mengerjakan hal lainnya.

Dengan waktu yang lebih banyak di habiskan di luar rumah, banyak orang yang menginginkan serba praktis untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak sempat dikerjakan.

Salah satunya adalah mencuci baju. Dengan peluang ini, membuka usaha laundry kiloan bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan untuk Anda.

Dengan pemilihan lokasi yang tepat dan startegi pemasaran yang matang, usaha rumahan ini akan memberikan tambahan penghasilan.

4. Membuka Jasa Penjahit Pakaian

Apakah Anda memiliki hobi menjahit? Nah, usaha rumahan yang satu ini bisa Anda tekuni. Usaha yang satu ini selalu dibutuhkan oleh orang karena banyak ide yang bisa Anda kembangkan.

Bayangkan saja dalam setahun ini berapa banyak orang yang menikah dan hitung juga berapa seragam pernikahan yang bisa Anda jahit. Menjanjikan bukan?

5. Mebuka Jasa Pencucian Motor

Usaha yang satu ini adalah usaha rumahan yang sangat menjanjikan juga. Bagaimana tidak? Coba Anda perhatikan tempat cuci motor mana yang selalu sepi? Belum lagi saat musim penghujan tiba, pelanggan motor kotor akan banyak. Dengan modal yang tidak sampai 8 Juta, Anda sudah bisa membuka usaha yang satu ini.

6. Membuak Rental Playstation

Seiring perkembangan zaman yang semakin maju, dunia game akan terus berkembang juga. Banyak orang-orang yang tidak ingin ketinggalan untuk mencoba kesenangan yang ditawarkan oleh benda ini.

Jika lokasi rumah Anda berada di tempat yang strategis dan sering di lalui orang-orang, Anda bisa mencoba usaha rumaha yang satu ini. Dengan bermodalkan 2 buah televisi dan 2 konsol playstation 4, Anda sudah bisa membuka rental sendiri.

Walaupun modal awal yang dikeluarkan cukup besar, tapi bisnis ini adalah salah satu usaha rumahan yang cepat balik modal mengingat animo masyarakat saat ini.

7. Membuka Jasa Fotografi dan Videografi

Bisnis yang satu ini bisa menjadi peluang usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Semua orang mungkin bisa mengambil bahkan merekam video, namun tidak banyak orang yang dapat melakukannya secara professional.

Inilah saat yang tepat untuk Anda yang memiliki hobi di bidang ini. Modal yang Anda perlukan hanyalah ruangan yang bisa dipakai untuk studio, kamera, dan computer.

8. Menjadi Blogger

Usaha yang sudah tidak asing lagi bagi para freelancer yaitu menjadi blogger. Dengan bermodalkan koneksi internet, Anda sudah bisa membuat blog seperti blogspot, wordpress dan masih banyak lagi platform blog lainnya. Di zaman sekarang, reputasi sebuah produk dapat ditentukan dari feedback yang diberikan oleh konsumennya sendiri. Maka dari itu, Anda bisa mencoba usaha ini untuk mendapatkan penghasilan.

9. Membuka Warung Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya coffee shop yang menawarkan berbagai jenis kopi.

Dengan bermodalkan sisa halaman depan rumah dan mesin kopi, Anda sudah bisa membuka coffee shop sendiri. Jika dikelokas dan dikembangkan dengan baik, tidak menutup kemungkinan usaha rumaha ini bisa berkembang menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan.

10. Budidaya Ikan Hias

Sering kali harga ikan hias dirasa tidak masuk akal. Contohnya, ikan arwana yang sudah jadi harganya bisa di taksir mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Jika Anda memiliki hobi dengan dunia ini, bisa untuk Anda jadikan lading uang. Bisnis rumahan ini harus Anda lakukan dengan serius mengingat modal yang diperlukan tidak sedikit dan tinggi resikonya.

11. Membuaka Jasa Desaign Graphic

Usaha rumahan yang satu ini memang sudah tidak asing didengar. Kemajuan bisnis yang satu ini turut didukung oleh perkembangan teknologi yang semakin berkembang.

Beberapa jenus usaha desain grafis ini bisa Anda coba di rumah:

  • Gambar Kaos
  • Webiste
  • Animasi
  • kartu nama hingga banner iklan

12. Membuka Jasa Servis Elektronik

Mungkin bisnis yang satu ini sudah terdengar ketinggalan zaman, Namun jangan salah. Ternyata masih banyak sekali orang yang membutuhkan jasa ini.

Semakin banyaknya barang yang di produksi, maka tidak menutup kemungkinan juga barang yang rusak akan semakin banyak. Jika Anda memiliki keterampilan di bidang elektronik, jenis usaha ini bisa Anda coba.

13. Membuka Pertamini

Usaha yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki rumah dengan lokasi yang strategis. Dengan tampilan yang berbeda dan lebih simple, tentu saja pertamini memiliki nilai jual lebih dibandingkan dengan pesaingnya yaitu tukang bensin eceran.

14. Menjadi Agen PPOB

Hampir mirip dengan bisnis pulsa elektrik, usaha rumahan ini tentunya sangat menjanjikan juga. PPOB atau Payment Point Online Banking merupakan bisnis agen pembayaran resmi.

Beberapa pembayaran berikut ini bisa di layanin oleh PPOB:

  • PDAM
  • Listrik
  • TV Kabel
  • Internet dan Telepon
  • Tiket pesawat dan kereta api

Nah, sebelum Anda memulainya , alangkah baiknya jika Anda mengetahui syarat dan cara dalam menjalankan usaha yang satu ini.

15. Membuka Depot Air Isi Ulang

Sebagai salah satu bisnis rumahan yang membuat kehidupan menjadi lebih mudah, usaha yang satu ini sangat menjanjikan karena orang suka sekali dengan hal yang lebih praktis.

Sebelum memulai bisnis ini, Anda perlu meriset terlebih dahulu agar investasi yang dikeluarkan tidak sia-sia. Setelah mengumpulkan modal awal dan pengetahuan, Anda bisa memulai bisnis ini tanpa perlu ragu.

16. Menjadi Seorang Youtuber

Untuk menjadi seorang youtuber, Anda harus memiliki tingkat kreativitas yang tinggi dan mampu memberikan editan video yang unik untuk menghasilkan sebuah konten yang berkualitas. Jika Anda memiliki kemampuan di atas, usaha rumahan yang satu ini bisa Anda pilih dan jadikan bisnis yang menjanjikan.

17. Membuka Kursus Masak

Kursus memasak adalah usaha rumahan yang tidak boleh Anda lewatkan. Tentunya akan banyak sekali orang yang ingin belajar memasak terlebih mengetahui skill yang satu ini menjadi skill yang menunjang bagi kehidupan atau karir.

Tak perlu mengeluarkan banyak modal untuk memulainya, Anda hanya perlu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan beserta bahan-bahan masakannya.

Tertarik untuk mencobanya?

18. Jasa SEO

Seiring berkembangnya kemajuan teknologi, muncul juga berbagai pekerjaan baru, salah satunya adalah jasa SEO

Jasa yang satu ini sangat dibutuhkan oleh mereka yang memburuhkan traffic dari mesin pencari google.

Pekerjaan ini sendiri bisa dikategorikan sebagai usaha rumahan karena Anda bisa melakukannya di rumah.

Jika Anda memiliki skill dan pengalaman di bidang SEO, jangan sampai terlewatkan kesempatan emas ini, ya!

19. Ternak Kroto

Siapa yang sangka usaha rumahan ini bisa menguntungkan? Telur kroto di alam liar sana saat ini sudah jarang ditemukan. Padahal, permintannya di pasar sangat tinggi. Dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda bisa melakukan usaha ini di halaman depan rumah.

20. Jasa Cukur Rambut

Meskipun terkesan sederhana, bisnis rumahan ini tidak boleh Anda sepelekan mengingat omset yang diapatkannya bisa sangat besar. Pasalnya, modal awal yang Anda keluarkan bisa Anda gunakan berulang kali. Usaha ini memiliki tingkat kesuksesan yang lebih tinggi jika terdapat di lokasi yang masih jarang ada tempat potong rambut.

21. Menjadi Reseller

Reseller adalah orang yang menjual kembali sebuah produk dari supplier, tanpa adanya stok barang, dan akan mendapatkan komisi yang telah ditentukan oleh pihak supplier. Jika anda ingin memulai bisnis sebagai reseller daftar reseller evermos adalah solusinya, karena evermos menawarkan pendaftaran gratis, tanpa modal, tanpa stok barang, bisa COD/Bayar di Tempat. Juga anda akan mendapatkan komisi yang menarik dari setiap produk yang berhasil terjual.

Baca Juga:  Cara Daftar Reseller Gratis Tanpa Modal 2021

Bagi Anda yang ingin mencoba menjadi reseller namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, diantaranya:

  • Daftar Gratis
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Bisa COD (Bayar di Tempat)
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

 

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Itulah beberapa usaha rumahan 2021 yang  menjanjikan dengan modal kecil yang bisa Anda coba. semoga artikel panduan ini membantu anda untuk memulai usaha rumahan.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
On Key

Related Posts