Usaha Sampingan

Miliki Usaha Sampingan Dengan Untung Jutaan Rupiah Dengan Bergabung Menjadi Reseller Evermos

Gratis, Tidak Perlu Stok Barang, Tanpa Report Packing & kirim, dan Bisa Jualan di Marketplace.

Yuk, Pelajari Mengenai Apa Itu Usaha Sampingan

Ketahui Lebih Dalam Tentang Usaha Sampingan

Singkatnya, cara mudah untuk memulai usaha sampingan adalah menentukan ide bisnis yang ingin dilakukan, menentukan usaha sesuai kemampuan, menyiapkan modal membuat perencanaan bisnis, menentukan target, mencari relasi, dan mengevaluasi secara rutin.

Agar tidak salah dalam memilih model usaha, pastikan usaha yang Anda jalani sesuai dengan passion atau potensi diri. Kemudian, pilih yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, mencari supplier agar dapat bekerja sama, mencari ide di internet, berdiskusi dengan relasi, dan sebagainya.

Pilihan usaha sampingan dengan modal kecil terbaik adalah melakukannya sesuai passion dan kemampuan diri. Tanpa adanya kesanggupan menjalaninya juga menjadi hal yang mustahil untuk mewujudkan penghasilan tambahan. Kesanggupan diri meliputi modal, fasilitas, pra sarana, motivasi, tujuan dan perencanaan bisnis. Salah satu contohnya adalah bisnis online yang bisa dilakukan dari rumah saja namun tetap bisa menghasilkan seperti menjadi reseller/dropshipper di Evermos

Cara terbaik untuk mengetahui pengen usaha tapi bingung usaha apa adalah dengan mencoba mengenali diri sendiri, kemauan diri sendiri, kemudian hobi diri sendiri, atau muncul dari masyarakat sekitar yang menginspirasi serta melihat potensi sekitar tempat tinggal Anda dan mengamati tren peluang usaha sampingan.

Usaha dengan modal sedikit dan menjanjikan mulai dari jasa kursus online, affiliate marketing, dropship, reseller produk, menjual produk makanan, menjadi translator, mengerjakan usaha freelance dan sebagainya. Jualan dan punya bisnis online di Evermos bahkan tanpa modal sama sekali. Siap berjualan dari rumah saja dan mendapat keuntungan hingga jutaan rupiah.

Daftar Isi

Apa Itu Usaha Sampingan? Simak Keuntungan Dan Tipsnya Disini

apa itu usaha sampingan

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY

  • Anda akan mengetahui apa itu usaha sampingan
  • Mengetahui keuntungan memiliki usaha sampingan
  • Mengetahui tips memulai usaha sampingan.

Pada masa seperti ini kita perlu memiliki penghasilan tambahan untuk menunjang kehidupan. Salah satunya adalah dengan memiliki usaha sampingan. Sebenarnya apa itu usaha sampingan? Simak ulasannya berikut Ini.

Apa Itu Usaha Sampingan

Usaha sampingan merupakan sumber penghasilan disamping penghasilan utama. Jenisnya bisa bermacam-macam dan bisa berbentu apa saja. Usaha sampingan ini merupakan alternatif paling tepat untuk menambah rekening tanpa harus bekerja seharian penuh. Kemajuan teknologi saat ini memberikan kemudahan bagi manusia, terutama dalam mendapatkan pekerjaan. Hanya melalui smartphone saja, Anda bisa mendapatkan omset yang menjanjikan.

Karena sebagaimana kita tahu bahwa kondisi keuangan tidak selalu dalam keadaan sehat dan stabil. Terutama di tengah arus globalisasi yang semakin pesat sekarang ini. Banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, baik itu kebutuhan pokok maupun tambahan. Namun, saat keuangan sedang sulit semua kebutuhan tersebut hanya ada di angan semata.

Alternatif yang paling tepat untuk mengatasi masalah finansial adalah membangun usaha sampingan. Banyak orang yang sukses mengembangkan usaha yang diawali dari bisnis sampingan. Bahkan omset yang didapatkan lebih dari penghasilan utama mereka. Hal ini tentu memberikan semangat bagi Anda yang ingin mengembangkan karir dan skill.

Bagi Anda yang masih bingung ingin memulai usaha sampingan tapi tidak tahu caranya? Yuk simak apa itu usaha sampingan beserta keuntungannya berikut ini.

Keuntungan Memiliki Usaha Sampingan

1. Memiliki Cadangan Keuangan yang Kuat

Memiliki kondisi finansial yang tidak stabil di masa mendatang sudah menjadi hal yang lumrah dan sering dialami oleh kebanyakan pekerja buruh seperti karyawan. Ini disebabkan karena banyak yang menggantungkan penghasilan mereka dari statusnya sebagai karyawan.

Adapun Jika kamu memiliki bisnis sampingan yang dapat menjadi sumber penghasilan ke-2 setelah pekerjaan utama, tentu potensi adanya ketidakstabilan finansial sanggup diminimalisir mulai dari sekarang.

Meskipun memiliki penghasilan tetap sebagai pegawai kantoran, bukan berarti kamu tidak bisa memiliki bisnis sampingan. Selain itu, masih saja ada beberapa perusahaan yang memberikan gaji jauh dari upah minimum yang ditetapkan pemerintah.

Padahal dari tahun ke tahun kebutuhan pokok semakin bertambah dengan harga yang ikut meningkat juga. Tentunya hal ini juga mempengaruhi kualitas hidup layak. Maka dari itu, membuka bisnis sampingan di rumah bisa menjadi solusi, khususnya bagi kamu yang merasa pendapatan dari pekerjaan utama belum bisa menutupi seluruh kebutuhan. Coba bangun usaha sampingan di rumah sebagai upaya untuk menambah penghasilan.

Cara ini tentunya cocok banget buat kamu yang merasa memiliki penghasilan pas-pasan. Penghasilan dari bisnis sampingan tersebut bisa kamu gunakan untuk membayar biaya pendidikan, cicilan, kebutuhan rumah tangga, hutang, dan keperluan lainnya.

1. Membangun keterampilan berbisnis dan Potensi Menjadi pengusaha besar

Bekerja sebagai karyawan tentu akan terbatas oleh usia. Artinya kamu tidak bisa menjadi karyawan secara terus menerus mainkan harus membuat rencana baru demi mempersiapkan masa tua nanti. Dengan membangun bisnis sampingan secara tidak langsung keterampilan berbisnismu akan semakin terbentuk.

Tentu idealnya pembangunan sebuah bisnis harus dilakukan sejak awal, bukan ketika kamu sudah tidak bekerja sebagai karyawan lagi.

Sekecil apapun bisnis sampingan yang kamu miliki selama menjadi karyawan, paling tidak itu menjadi modal awal yang baik sebelum kamu berusaha mengembangkannya menjadi bisnis besar. Membangun bisnis berarti juga meningkatkan kapasitas diri dalam memahami bidang ekonomi dan keuangan. Secara tidak langsung kamu akan mendapat banyak hal sebagai pelajaran untuk dapat memahami potensi serta strategi menjadi pengusaha besar.

2. Memperluas Jaringan dan Koneksi

Bisnis sampingan biasanya berbeda sektor dengan pekerjaan utama. Artinya, kamu berpeluang untuk memperluas jaringan atau koneksi. Berkecimpung di dunia yang berbeda dengan sektor bisnis utama juga memungkinkan kamu untuk bertemu dan bergaul dengan orang yang berbeda. Peluang bisnis kamu pun akan semakin luas dengan banyaknya kenalan yang kamu miliki.

Selain itu, dengan membuka bisnis sampingan, kamu pun dapat mengasah kemampuan komunikasi dan sosial yang kamu miliki. Belum lagi kamu akan bertemu dengan pelanggan baru, klien baru, supplier baru. Ingat ya, semakin luas networking atau jaringan yang kamu miliki, semakin banyak manfaat yang bisa kamu raup. Bukan hanya dari segi materi saja, tapi juga relasi.

3. Memanfaatkan Waktu dengan Lebih Baik

Sudah punya pekerjaan utama tapi kamu merasa masih memiliki waktu luang yang ingin dimanfaatkan? Kamu bisa memanfaatkan waktu luang dengan membuka bisnis sampingan di rumah. Tidak sedikit pegawai kantoran yang memutuskan untuk membuka usaha sampingan di rumah demi mengisi waktu luang.

Daripada bosan dan tidak melakukan apapun yang bermanfaat, menggeluti bisnis di luar pekerjaan utama bisa menjadi solusi yang menguntungkan. Terlebih jika kamu ingin menambah penghasilan. Gunakan fasilitas internet untuk menambah cuan.

Lebih baik mengisi waktu kosong dengan menggeluti bisnis sampingan guna mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu bisa menggunakan hari libur di kantor untuk memfokuskan diri pada usaha rumahan tersebut. Tetapi, jangan sampai kamu terlalu fokus bekerja dan lupa untuk beristirahat.

4. Persiapan Pensiun

Salah satu alasan mengapa pegawai kantoran memilih untuk membuka bisnis sampingan adalah untuk mempersiapkan dana pensiun. Sebelum memasuki masa pensiun, biasanya banyak orang yang mulai memikirkan bentuk usaha sampingan yang bisa dilakukan di rumah.

Ada juga pegawai kantoran yang memilih untuk pensiun dini dan fokus pada usaha sampingan di rumah. Bila ingin mendapatkan jaminan finansial di masa tua, tidak ada salahnya kamu mencoba memikirkan jenis bisnis sampingan yang bisa kamu geluti sejak dini.

Kamu bisa membuka bisnis sampingan yang sesuai dengan passion dan penyeimbang dari rutinitas pekerjaan yang terasa monoton. Dengan begitu, kamu akan lebih bahagia menjalaninya meskipun pekerjaan utama cukup menyita waktu dan fokus.

Selain itu, pekerjaan sampingan yang dilakukan bisa menjadi kesempatan untuk mempersiapkan masa pensiun. Bukan hanya membuat kamu lebih bahagia, usaha sampingan tersebut dapat menjadi jaminan finansial di masa tua meskipun kamu sudah tidak aktif bekerja lagi.

5. Mengasah Pengetahuan dan Keahlian

Bisnis sampingan memberikan peluang untuk mengasah pengetahuan dan keahlian. Bahkan, bisa saja keterampilan yang berkembang karena usaha sampingan di rumah bisa mendukung pekerjaan utama yang kamu lakukan. Terkadang ketertarikan, keahlian, pengetahuan, atau minat tertentu tidak bisa tersalurkan di pekerjaan utama.

Namun, dengan adanya usaha sampingan, kamu bisa menyalurkan passion atau minat terhadap sesuatu. Kamu pun akan termotivasi untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan di bidang tersebut. Seringkali hal ini dijadikan motivasi untuk menjalankan usaha sampingan meski telah memiliki pekerjaan utama.

Memiliki bisnis sampingan juga bisa dijadikan sebagai ajang pembuktian bahwa secara pribadi kamu mampu menjalani bisnis tersebut meskipun telah memiliki pekerjaan utama. Selain mendapatkan penghasilan tambahan dan mengasah keahlian, kamu pun akan menjadi lebih kompeten.

Membuka bisnis sampingan memiliki banyak keuntungan. Bukan hanya menjadi lahan penghasilan tambahan dari pekerjaan utama, tapi juga dapat mengasah skill serta memperluas jaringan.

Belum lagi bila usaha sampingan di rumah tersebut dibangun atas dasar minat atau passion, kamu akan semakin termotivasi untuk menjalaninya terlepas dari sedikitnya waktu luang yang kamu miliki setelah fokus di tempat kerja utama.

Tips Memulai Usaha Sampingan Untuk Pemula

1. Siapkan Modal dari Gaji yang Didapatkan

Modal merupakan salah satu hal yang perlu disiapkan sebelum Anda memulai sebuah bisnis.

Jika Anda benar-benar ingin memulai sebuah bisnis, maka Anda harus menyisihkan sebagian gaji yang didapatkan untuk modal berbisnis. Dengan begitu, Anda bisa menyiapkan modal lebih awal dengan mudah.

Hal ini tidak mudah dilakukan apalagi jika pengeluaran kebutuhan Anda sangat banyak. Untuk mengatasi hal ini, maka Anda bisa menggunakan gaji Anda untuk kebutuhan terlebih dahulu kemudian sisanya dikumpulkan untuk modal bisnis.

Dengan melakukan hal ini, maka Anda tidak akan terbebani dalam menyisihkan gaji Anda untuk modal berbisnis.

Bisnis dengan berjualan online memang salah satu bisnis online yang paling banyak diminati, terutama dikalangan karyawan.

Apalagi saat ini belanja online menjadi salah satu gaya hidup masyarakat secara umum.

Oleh karena itu, berjualan online bisa menjadi peluang besar yang menguntungkan.

Nah, bagi Anda yang ingin berjualan tapi masih terkendala moda, maka Anda dapat menjadi reseller Evermos.

Tidak perlu ribet untuk bisa mulai berjualan, karena Anda tidak harus memikirkan stok barang maupun pengiriman. Karena semua sudah ditangani oleh Evermos.

Anda hanya mempromosikan produk di berbagai platform social media, terutama Whatsapp, setelah itu Anda akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan.

Yuk, tanpa harus bingung dan mikir kelamaan, mending langsung join jadi reseller Evermos sekarang juga!

2. Yakin dalam Menjalankan Bisnis Sampingan

Menjalankan sebuah usaha sambil bekerja memang tidak mudah, karena itu sama dengan menjalankan dua pekerjaan secara bersamaan.

Untuk itu, jika Anda ingin mendirikan sebuah usaha sampingan maka Anda harus mempunyai keyakinan yang kuat. Jika tidak ada keyakinan, maka usaha Anda bisa saja tidak berjalan dengan lancar.

3. Membuat Rancangan Bisnis Sederhana

Rencana bisnis merupakan hal yang perlu disiapkan dalam menjalankan sebuah bisnis. Dengan rancangan bisnis, maka Anda bisa mendata semua keperluan yang dibutuhkan dalam berbisnis.

Mulai dari jenis produk yang dijual, cara pemasaran, cara melakukan promosi, pemasukan yang didapatkan, dan masih banyak lagi.

Dengan membuat rancangan bisnis, Anda juga bisa mengetahui keperluan apa yang membutuhkan biaya banyak.

Dengan begitu, Anda bisa mencari solusi untuk meminimalisir pengeluaran sebelum Anda menjalankan sebuah usaha. Hal ini perlu dilakukan supaya usaha Anda bisa berkembang dengan baik.

4. Cari Mitra Kerja untuk Menjalankan Bisnis Bersama

Sebagai pemula yang ingin menjalankan sebuah usaha sampingan karyawan, Anda perlu mencari mitra kerja supaya Anda bisa bekerjasama.

Melalui mitra kerja Anda bisa mendapatkan pengalaman untuk menjalankan usaha secara mandiri

Jadi tidak masalah apabila seorang pemula menjalankan usaha dengan bantuan mitra kerja. Hal ini pastinya akan menguntungkan Anda di dunia bisnis.

Demikianlah Ulasan mengenai apa itu usaha sampingan ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi jalan pembuka kesuksesan bagi Anda.

Anda bisa mencoba jadi reseller yang hebat bersama Evermos, hanya modal minim Anda sudah bisa mengakses seluruh produk yang terdapat di katalog Evermos.


Penasaran bagaimana cara daftarnya? Simak berikut cara menjadi reseller yang mudah dan terpercaya di Evermos.

  1. Daftarkan diri dengan klik button hijau pada pojok bawah laman untuk lakukan pendaftaran atau bisa meminta kepada teman yang sudah terdaftar jadi reseller di Evermos.
  2. Masuk ke halaman pendaftaran, isilah data diri berupa nomor aktif, nama, kata sandi dan area domisili.
  3. Berikutnya centang pernyataan “Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan sebagai Reseller Evermos”, bila Anda mendapatkan undangan dari teman Anda centang juga “Punya Kode Referall” dan masukkan beserta kode referralnya.
  4. Kemudian klik ” Lanjutkan Pendaftaran”.
  5. Anda akan mendapatkan kode verifikasi OTP melalui Whatsapp.
  6. Masukkan kode OTP berikut pada kolom “Masukkan Kode Verifikasi” dan klik “Verifikasi”.
  7. Selamat, Anda telah berhasil mendaftar sebagai Reseller Evermos dan dapat mengakses seluruh katalog serta fiturnya di website atau aplikasi Evermos.

Akun yang Anda daftarkan merupakan akun Freemium atau akun gratis yang dapat bisa langsung untuk Anda gunakan untuk melakukan transaksi penjualan produk.

Anda juga bisa mengubah status akun menjadi Reseller Premium sesuai keinginan untuk mendapatkan lebih banyak fasilitas dan panduan menjadi reseller.

Demikian artikel mengenai cara menjadi reseller yang sukses, semoga informasi ini dapat membantu Anda.

Sebarkan juga dengan membagikan link artikel berikut kepada kerabat, teman-teman, keluarga dan orang terdekat yang membutuhkannya.

Untuk membaca informasi menarik lainnya mengenai panduan, silahkan kunjungi halaman artikel panduan berikut.

Panduan Penting Lainnya


Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Evermos
Evermos HQ

Jl. Sindang Sirna No.38, Gegerkalong, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat, 40153

Download Aplikasi
Logo Apps Store
×