Daftar Isi

Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar Yang Bisa Dilakukan Dari Rumah

Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar

Daftar Isi

Temukan contoh usaha modal kecil untung besar yang bisa Anda lakukan walaupun di rumah pada ulasan artikel berikut ini.

Di masa-masa tidak menentu seperti sekarang ini, usaha modal kecil untung besar memang sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Semenjak pandemi melanda, banyak orang yang akhirnya mencoba peruntungan dengan terjun ke dunia bisnis dan membuka usaha. Namun, banyak yang kebingungan usaha apa yang bisa dimulai dengan modal yang kecil?

Bagi orang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman nol dalam dunia bisnis, mencari contoh usaha modal kecil untung besar memang bisa jadi hala yang sulit. Namun, kita selalu bisa bertanya dan mencari info melalui teman, keluarga, maupun internet, serta melakukan riset kecil-kecilan untuk menemukan jenis usaha yang cocok untuk dilakukan bagi pemula.

Apalagi belakangan ini sudah mulai banyak bermunculan contoh usaha modal kecil untung besar yang menjadi tren di kalangan pebisnis pemula. Tidak butuh skill yang berarti, namun bisa menghasilkan keuntungan yanag menggiurkan.

Jadi, meskipun Anda tidak memiliki pengalaman dalam dunia bisnis, Anda tetap bisa kok memulai usaha modal kecil untung besar. Nah, sebelum mengetahui jenis usaha apa yang bisa Anda pilih, simak dulu beberapa tips untuk memulai bisnis modal kecil di bawah ini:

Tips Memulai Bisnis Modal Kecil

1. Fokus

Fokus

Hal pertama yang harus Anda miliki ketika ingin mengelola sebuah bisnis adalah fokus. Jika Anda ingin bisnis Anda berhasil, Anda pun harus mencurahkan seluruh tenaga dan pikiran untuk mancapai tujuan bisnis Anda.

Selain itu, dengan terus fokus mengembangkan bisnis, Anda pun akan bisa mengetahui seluk beluk bisnis dan hal-hal apa saja yang perlu Anda tingkatkan agar bisnis Anda bisa terus berkembang menjadi jauh lebih baik.

2. Hitung Modal Bisnis

Hitung Modal Bisnis

Jika Anda sudah bisa memantapkan diri untuk fokus pada bisnis Anda, hal yang Anda lakukan selanjutnya adalah menghitung modal bisnis yang diperlukan untuk membangun bisnis Anda.

Anda bisa memulai dengan menghitung secara teliti kebutuhan apa saja yang diperlukan sesuia dengan budget modal yang Anda miliki. Dalam proses ini, Anda harus sangat teliti memilah barang-barang yang memang sangat diperlukan. Hindari untuk membeli barang yang sekiranya masih belum diperlukan.

3. Pintar Mengelola Uang

Pintar Mengelola Uang

Dalam berbisnis, mengelola uang bukanlah hal yang mudah, apalagi jika bisnis Anda masih terbilang kecil, karena keuntungan pun belum begitu banyak.

Namun, jika keuntungan bisnis Anda mulai bertambah sedikit demi sedikit, jangan kemudian langsung membelanjakan hal-hal yang belum begitu penting. Anda harus mempelajari cara mengelola uang dengan lebih baik agar bisnis Anda bisa terus berkembang dan tidak mengalami kerugian. Jangan lupa untuk terus mengatur dan mengecek arus keuangan bisnis Anda.

4. Lakukan Inovasi

Lakukan Inovasi

Salah satu hal yang harus Anda lakukan agar bisnis Anda bisa terus bertahan dan berkembang adalah terus melakukan inovasi. Walaupun bisnis Anda merupakan bisnis yang masih terbilang kecil, inovasi masih harus tetap dilakukan.

Inovasi bisnis ini perlu Anda lakukan agar bisnis Anda bisa terus bersaing dengan kompetitor. Anda bisa melakukan pembaharuan produk dengan terlebih dahulu melakukan riset produk yang sedang disukai oleh pasar, sehingga pelanggan Anda pun tidak cepat bosan dan akan terus tertarik dengan produk-produk Anda.

5. Gigih

Gigih

Tidak ada kesuksesan yang diraih dengan mudah, seiap pebisnis harus memiliki kegigihan untuk membangun bisnisnya. Karena dalam dunia bisnis, tidak hanya sekali atau dua kali saja seseorang menerima penolakan atau kegagalan. Kedua hal tersebut sudah menjadi hal yang wajar dialami oleh pebisnis.

Namun, yang terpenting adalah bagaimana setiap pebisnis bisa mengatasinya dengan memiliki sikap gigih dan bangkit kembali dari kegagalannya. Anda perlu memiliki sikap gigih ini untuk menghadapi setiap tantangan yang hadir dalam perjalanan bisnis Anda.

6. Jangan Terlalu Larut Jika Gagal

Jangan Terlalu Larut Jika Gagal

Seperti yang tadi sudah kita bahas di atas, kegagalan adalah hal yang wajar dialami  oleh seorang pebisnis. Hal ini merupakan suatu risiko yang tidak dapat dihindari. Sebagai seorang pebisnis, Anda tidak boleh terlalu terlarut dalam kegagalan Anda.

Anda harus memiliki semangat juang yang tinggi dan tidak mudah menyerah jika menemukan kegagalan. Jika suatau waktu Anda menemukan masalah dalam bisnis Anda, Anda bisa menganggapnya sebagai salah satu pelajaran yang memang harus Anda lewati untuk menjadi sukses, dan kemudian mengevaluasi untuk membuat langkah-langkah yang lebih baik di masa depan.

Setelah mengetahui tips untuk memulai bisnis, yuk simak contoh usaha modal kecil untung besar di bawah ini.

Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar

1. Usaha Kuliner

Usaha kuliner merupakan salah satu usaha yang tak lekang oleh waktu. Karena kuliner atau makanan pasti akan selalu dibutuhkan oleh semua orang, dan akan terus mengalami perkembangan tren.

Dengan banyaknya inovasi dalam dunia kuliner, Anda pun bisa mengadopsinya dan menjadikannya usaha modal kecil untung besar. Namun ada kalanya juga membuka usaha kuliner yang sudah popular malah lebih menguntungkan Anda. Karena peminatnya yang besar dan tersebar dimana-mana. Contohnya adalah usaha kuliner di bawah ini:

  •  Jual sarapan

Ingin memulai usaha dari rumah saja? Anda bisa mencoba membuka usaha berjualan sarapan. Di Indonesia, makan pagi atau sarapan memiliki kekhasan dalam jenis atau menu makanannya.

Menu sarapan ini tentu bisa berbeda pada tiap daerah. Anda pun bisa menyesuaikannya sesuai dengan daerah Anda. Namun yang paling sering dijumpai untuk menu sarapan adalah nasi uduk, nasi kuning, serta lontong sayur.

Menu-menu sarapan ini merupakan makanan yang cukup mudah untuk diolah dan tentu saja pasti disukai oleh masyarakat Indonesia. Apalagi bagi warga yang bekerja dan tidak sempat memasak sarapan pagi-pagi buta, pasti sarapan seperti nasi uduk dan nasi kuning lah yang mereka cari. 

  • Jual lauk

Menjual lauk pauk juga bisa menjadi pilihan jika Anda ingin memulai bisnis kuliner dengan modal kecil untung besar. lauk puk seperti ayam goreng, ikan, sayur matang, banyak disukai oleh masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk memasak.

Jika lokasi rumah Anda berada di Kawasan perkantoran atau kampus, membuka usaha ini bisa sangat menguntungkan, lho. Karena banyak para pekerja dan mahasiswa yang lebih memilih untuk membeli lauk matang ketimbang harus memasak sendiri.

  • Jual jus buah

Siapa yang tidak suka buah? Selain nikmat karena rasa manis dan segar, buah juga kaya akan vitamin dan nutrisi. Namun, banyak yang lebih suka memakan buah dengan cara yang instan, yaitu dengan minum jus.

Anda bisa memilin contoh usaha modal kecil untung besar ini jika modal yang Anda miliki kurang dari Rp1 juta. Karena barang dan bahan untuk usaha ini pun sangat murah dan mudah untuk ditemukan.

2. Usaha Toko Kelontong

Selain membuka usaha kuliner, Anda bisa mencoba membuka toko kelontong yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari. Toko kelontong banyak disukai karena harganya yang jauh lebih murah disbanding dengan swalayan. Tidak perlu besar, Anda bisa membangun toko kelontong di halaman rumah Anda.

Dengan membuka sedikit lahan atau menggunakan bagian depan rumah, Anda pun sudah bisa membuat toko kelontong miliki Anda sendiri. Tidak perlu menyewa tempat, dan pastinya modal sangat kecil.

Anda bisa berjualan kebutuhan sehari-hari seperti beras, minyak, gula, kopi, dan snack-snack yang Biasanya banyak disukai oleh anak-anak.

3. Jasa Cetak Foto

Jenis usaha ini merupakan contoh usaha modal kecil untung besar yang layak Anda coba. Hanya berbekal printer, tinta printer, serta kertas foto, Anda pun sudah bisa memulai bisnis ini. Selain itu, Anda juga bisa mendesain foto menyerupai foto polaroid yang sekarang sedang banyak disukai oleh anak muda, dan kemudian mencetaknya. Menarik sekali bukan?

4. Bisnis online reseller dan dropship

Jika Anda memiliki modal kecil atau bahkan tidak memiliki modal sama sekali, Anda bisa mencoba bisnis online reseller atau dropship. Bisnis ini kini sedang naik daun karena sekarang lebih banyak orang menyukai berbelanja online. Anda pun bisa menjalankan usaha ini dari rumah.

Hal-Hal Yang Perlu Dihindari Dalam Mulai Bisnis Modal Kecil

1. Rencana yang kurang matang

Walaupun bisnis Anda bisa terbilang bisnis berskala kecil, tidak ada salahnya lho Anda merencanakan tujuan jangka pendek serta jangka Panjang, juga strategi yang diperlukan untuk mencapainya.

Perencanaan yang baik dan matang akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis Anda dari hari ke hari, dan mengembangkan bisnis Anda agar bisa menjadi lebih besar. Oleh karena itu, pastikan Anda menyiapkan strategi yang tepat agar hasilnya bisa Anda nikmati dalam jangka pendek maupun Panjang.

Contoh dari perencanaan bisnis yang matang adalah pemiliihan tempat usaha. Jika Anda ingin mengembangkan bisnis dan memperoleh pelanggan yang banyak, kira-kira lokasi mana yang harus Anda pilih untuk mendirikan usaha Anda. Agar bisa menemukan lokasi yang cocok, Anda pun harus melakukan berbagai riset lokasi, supaya nantinya tempat tersebut bisa membantu usaha Anda berkembang dengan baik.

2. Kurang promosi

Apa pun bisnis yang Anda lakukan, jangan sampai Anda tidak melakukan promosi. Anda harus menyiapkan strategi pemasaran yang baik, salah satunya adalah dengan melakukan promosi di berbagai tempat, baik online maupun offline.

Sayang sekali jika produk yang Anda jual merupakan produk berkualitas tinggi, tetapi tidak banyak orang yang tahu, sehingga pelanggan Anda pun sedikit. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan promosi di media sosial.

Anda bisa memanfaatkan akun median sosial untuk mempromosikan barang dagangan Anda agar lebih banyak orang yang mengetahui produk Anda dan membeli produk Anda. Selain itu, jangan lupa juga untuk sesekali menawarkan harga diskon di saat-saat tertentu seperti saat pembukaan usaha, hari-hari besar, ataupun peluncuran produk baru.

3. Bersikap pasif

Banyak pebisnis yang tidak menyadari, bersikap pasif merupakan salah satu hal yang bisa membuat bisnis Anda cepat terancam bangkrut. Sebagai pebisnis, Anda tidak bisa hanya berdiam diri dan menunggu pelanggan datang begitu saja ke toko Anda.

Jika Anda ingin bisnis Anda berhasil, maka cobalah untuk mendatangi pelanggan Anda. Dalam hal ini, Anda bisa menyebarkan pamflet yang berisi informasi mengenai usaha Anda, atau melakukan promosi yang massif di media sosial.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan sharing atau mengobrol serta berinteraksi langsung dengan pengusaha lain, calon rekan kerja, atau bahkan pelanggan agar Anda bisa mendapatkan masukan serta mencari pengetahuan baru perihal usaha Anda, dan juga cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkannya.

4. Tidak berinovasi

Poin ini bisa dibilang kesalahan terbesar yang harus Anda hindari saat berbisnis karena kesalahan ini bisa membuat Anda terancam bangkrut. Dalam berbisnis, Anda dituntut untuk terus berinovasi.

Inovasi ini bisa berupa kemasan baru, menu baru, motif baru, atau strategi pemasaran baru, dan masih banyak lagi. Kreatifitas tentu diperlukan untuk melakukan inovasi, agar tidak terkesan menjiplak atau plagiat apalagi dengan kompetitor Anda.

Demikianlah artikel mengenai contoh usaha modal kecil untung besar. Semoga Anda bisa menemukan manfaat dan hal-hal yang Anda cari setelah membaca artikel ini.

Namun, jika contoh usaha modal kecil untung besar di atas belum bisa memuaskan Anda, Anda bisa mencari berbagai pilihan panduan berjualan dan berbisnis lainnya pada halaman Panduan di Website Evermos.

Selain itu, Anda juga bisa memulai contoh usaha modal kecil untung besar dengan bergabung menjadi reseller Evermos. Dengan menjadi reseller Evermos, Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali lho untuk bisa berjualan.

Dengan komisi per produk bisa sampai 30%, Anda dapat meraih keuntungan hingga Rp3 juta  setiap bulannya. Yuk, tunggu apa lagi? Mari berikhtiar dengan menjadi reseller di Evermos!

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×