Usaha Modal Kecil

Jualan Online Dengan Modal Kecil, Mau? Yuk, Gabung di Evermos!

Gratis, Tidak Perlu Stok Barang, Tanpa Report Packing & kirim, dan Bisa Jualan di Marketplace.

Yuk, Pelajari Mengenai Apa Itu Usaha Modal Kecil

Ketahui Lebih Dalam Tentang Usaha Modal Kecil

Usaha dengan modal sedikit ialah Anda bisa berjualan dengan kuantitas yang tidak terlalu banyak seperti menciptakan makanan sendiri di rumah ataupun bisnis baju preloved. Modalnya bisa di bawah satu juta saja namun untungnya bisa berkali-kali lipat.

Untuk pemula, ada baiknya memilih usaha yang memiliki resiko sedikit yakni dengan modal yang tidak terlalu banyak dulu atau bahkan bisa tanpa modal. Contohnya ialah Anda bisa mencoba menjadi reseller atau dropshipper. Jadi, Anda hanya tinggal mempromosikan barang dagangan tanpa perlu stok barang terlebih dahulu. Bagaimana, mudah bukan? Untuk itu bagi Anda yang ingin memulai usaha dropshipper mari bergabung di aplikasi Evermos.

Usaha yang dibutuhkan setiap harinya adalah makanan, pakaian , serta kebutuhan digital seperti pulsa dan token listrik. Oleh karena itu, Anda bisa menjadi reseller dari berbagai jenis produk ini. Ingin mudah dan cepat? Caranya tinggal bergabung di aplikasi Evermos. Bisnis reseller tanpa modal dengan keuntungan jutaan rupiah perbulannya. Ada banyak produk kebutuhan sehari hari unggulan yang bisa Anda jual.

Berikut usaha yang dapat Anda lakukan dengan modal kecil dan mendapat untung besar seperti bisnis dropship, bisnis thrift shop, bisnis jasa les privat, bisnis laundry, dan ragam usaha di bidang jasa yang bisa mendatangkan banyak pelanggan.

Bagi Anda yang berminat untuk membuka usaha di desa, dapat mencoba peluang usaha seperti membuka toko sembako, usaha jasa pangkas rambut, usaha peternakan hewan seperti sapi dan kambing, budidaya lele, peternakan ayam, warung makan hingga pertamini.

Daftar Isi

Apa itu Usaha Modal Kecil I Pengertian, Ciri, Jenis Usaha yang Patut Coba

apa itu usaha modal kecil

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY

  • Anda bisa mengetahui apa itu usaha modal kecil
  • Anda akan mengetahui ciri-ciri usaha modal kecil
  • Anda bisa mengetahui jenis usaha modal kecil

Pernahkah Anda mendengar usaha modal kecil? Kira-kira apa yang dimaksud dengan istilah tersebut dan bagaimana cara memulainya? 

Sebagian orang yang merasa belum cukup untuk memulai bisnis dalam skala besar atau masih pemula pada umumnya sedang menjalankan usaha modal kecil.

Dalam contoh kasusnya kita dapat melihat seorang pengusaha sedang berjualan dalam bidang tertentu seperti kuliner, fashion, aksesoris dan lainnya.

Agar Anda dapat mengenal lebih dalam, baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan usaha modal kecil dengan menyimak artikel berikut sampai habis.

Di bawah ini artikel kami akan menjelaskan pengertian usaha modal kecil, kemudian kelebihan mengerjakan usaha modal kecil dan cara memulainya agar sukses.

Apa itu Usaha Modal Kecil?

Dalam UU No 20 Tahun 2008, usaha kecil sendiri merupakan usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri dan dapat di lakukan oleh perorangan atau badan usaha perorangan.

Lebih dari itu usaha kecil juga tidak terlibat dari anak perusahaan atau cabang perusahaan baik dari usaha menengah.

Sementara pada bahasan lain, mengacu pada UU No.9 Tahun 1995 pasal 5 usaha kecil memiliki kriteria dengan kekayaan bersih paling banyak 200 juta, omzet Rp 1 milliar dan merupakan kepemilikan WNI.

Di kehidupan sehari-hari kita dapat melihat ada begitu banyak orang yang menjalankan usaha modal kecil dan tidak terlepas apakah orang tersebut memiliki pekerjaan tetap atau tidak.

Ciri-Ciri Usaha Modal Kecil

Menurut istilahnya, usaha modal kecil juga termasuk ke dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah karena badan usaha tersebut memenuhi kriteria juga sebagai usaha mikro atau kecil.

Sebab usaha mikro juga pada dasarnya dapat dilakukan dengan modal yang relatif rendah atau bisa kurang dari 100 ribu atau di bawah 10 juta.

Adapun ciri-ciri usaha modal kecil yang barangkali ingin Anda jalani, adalah sebagai berikut.

1. Hasil Penjualan Tidak Lebih dari 300 juta

Melansir dari situs resmi semarangkota.go.id mengenai usaha mikro, bahwa hasil kekayaan dari usaha mikro memiliki jumlah maksimal hingga 300 juta.

Akumulasi jumlah tersebut termasuk harga bangunan dan lahan tempat usaha.

2. Badan Usaha yang Independen

Ciri-ciri usaha modal kecil berikutnya adalah usaha yang dilakukan juga merupakan bisnis yang independen atau tidak memiliki keterikatan dengan perusahaan.

Hal ini juga termasuk dengan kaitannya terhadap koperasi jenis apa saja, karena usaha modal kecil yang termasuk UMK termasuk independen.

3. Tempat Usaha Fleksibel

Ciri selanjutnya dalam usaha modal kecil adalah tempat usaha yang berlangsung tidak menetap dalam waktu yang lama.

Oleh karena itu, usaha mikro atau usaha modal kecil juga biasanya dapat berpindah sewaktu-waktu.

4. Sumber Daya Manusia yang Minim

Tak dapat dipungkiri bahwa SDM yang terlibat dalam usaha mikro bukanlah pengusaha yang sudah memenuhi klasifikasi sebagai pengusaha profesional.

Umumnya pengusaha mikro masih awam dari segi pengetahuan dan belum memiliki jiwa wirausaha yang mumpuni.

5. Belum Ada NPWP

NPWP menjadi salah satu syarat sah dalam perusahaan untuk menjalankan operasionalnya dalam menjualkan produk.

Untuk usaha modal kecil atau UMK biasanya belum dapat memiliki akses tersebut, mengingat untuk kepemilikan NPWP akan dikenai pajak.

Tidak ada surat izin atau legalitas untuk melakukan perdagangan yang artinya gerak usaha tersebut bergerak secara luas.

Jenis Usaha Modal Kecil Patut Coba

Meski bisnis yang dijalankan merupakan bisnis  dengan modal yang minim atau dibawah 10 juta, bukan berarti bisnis tersebut dapat larangan untuk menjalankannya.

Pemerintah juga telah mengesahkan UU yang berkaitan dengan UMKM sehingga dapat serta tertib untuk menjalankannya dan sebagai usaha skala kecil yang perlu dilindungi.

Bagi Anda yang ingin memulainya, Anda dapat memilih jenis dari bisnis modal kecil berikut di bawah ini.

1. Bidang Fashion

Perubahan mode dari ke zaman berdampak pada penjualan busana yang terus meningkat.

Peluang tersebut sangat mungkin untuk Anda manfaatkan sebagai lahan bisnis modal kecil.

Anda dapat memulai bisnis seperti membuka thrift shop, usaha jahit pakaian, usaha reseller pakaian, supplier pakaian, dan sebagainya.

2. Bidang Kuliner

Dari sekian banyaknya bidang bisnis, bidang kuliner merupakan usaha yang paling populer karena tidak akan sepi dari peminatnya.

Permintaan masyarakat terhadap kebutuhan pangan dan kuliner semakin berkembang pesat dengan hadirnya ragam media promosi.

Dengan bekal pengetahuan tentang makanan dan inovasi Anda mampu ciptakan bisnis modal kecil yang dapat bersaing dan bertumbuh jadi bisnis skala besar.

Usaha modal kecil makanan yang mudah kita temukan seperti jajanan anak, camilan, warung sembako, warung seblak, dan sebagainya.

Masih Berhubungan Dengan Usaha Modal Kecil

3. Bidang Agribisnis

Meski terdengar jarang, bidang yang satu ini tetap menjadi salah satu bidang usaha yang ada peminatnya dari waktu ke waktu.

Makanan yang kita dapatkan saat ini merupakan hasil dari teknologi agribisnis yang memiliki modal tanah yang begitu luas.

Jika lahan rumah Anda cukup potensial, bukan berarti menjadi tidak mungkin untuk memulai bisnis tersebut.

Namun, jika Anda tinggal di tempat perkotaan, usaha modal kecil seperti tanaman hidroponik dapat menjadi alternatif bagi Anda.

Jika Anda ingin mencoba usaha modal kecil yang relatif aman dan halal, Anda dapat mencobanya melalui platform Evermos berikut.

Daftarkan diri Anda langsung melalui laman website Evermos berikut dan langsung lakukan transaksi penjualan produk untuk dapat untung sebanyak-banyaknya!

Demikian artikel mengenai “Apa itu Usaha Modal Kecil”, semoga informasi ini dapat membantu Anda.

Sebarkan juga dengan membagikan link artikel berikut kepada kerabat, teman-teman, keluarga dan orang terdekat yang membutuhkannya.

Untuk membaca informasi menarik lainnya mengenai panduan, silahkan kunjungi halaman artikel panduan berikut.

Panduan Penting Lainnya

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×