Daftar Isi

6 Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Dengan Halal

Cara Menghasilkan Uang Dari Internet

Daftar Isi

Ada cara menghasilkan uang dari internet dengan halal? Hal tersebut pasti membuat Anda bertanya-tanya.

Memiliki penghasilan yang cukup merupakan hal yang tentu diinginkan semua orang. Di era serba digital, melalui bantuan perangkat smartphone yang terhubung dengan jaringan internet semua orang dapat mengakses informasi dengan sangat cepat. Seiring perkembangannya, tidak hanya informasi dan komunikasi saja yang bisa diakses dengan cepat, tetapi juga pundi-pundi uang.

Tak dapat dipungkiri bahwa peran dan manfaat internet memang sudah semakin meluas. Hal ini dapat kita lihat dengan maraknya pebisnis online di berbagai media sosial maupun marketplace. Dengan memanfaatkan internet, Anda dapat memulai suatu bisnis tanpa harus memikirkan biaya operasional toko offline.

Tak sampai disitu, semakin luasnya pemanfaatan dari internet juga seakan memberikan kesempatan kerja baru dengan penghasilan yang menjanjikan. Penasaran hal apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan pundi-pundi uang dengan bantuan internet?  Artikel ini akan memberikan beberapa ide usaha sebagai cara menghasilkan uang dari internet. Jadi, simak artikel ini sampai habis ya!

Cara Menghasilkan Uang Dari Internet

1. Bisnis Reseller

Bisnis Reseller

Perubahan terhadap kebiasaan dan minat masyarakat terkait gaya belanja offline menjadi online tentunya menjadi peluang besar bagi Anda yang ingin mendapat penghasilan dengan cara berbisnis.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa dengan bantuan internet dapat memudahkan Anda untuk memulai suatu bisnis. Di mana Anda dapat memasarkan produk melalui media sosial, marketplace, maupun website pribadi. Namun apakah membuka bisnis harus selalu memiliki modal yang besar? Jawabannya tentu tidak.

Ketika ongkos produksi dari suatu bisnis membutuhkan modal yang relatif besar, Anda dapat mencoba model bisnis reseller.

Bisnis Reseller dapat menjadi ide cemerlang sebagai cara menghasilkan uang dari internet dengan modal yang minim. Selain modal yang terbilang murah, minimnya resiko dan hemat waktu serta tenaga saat menjalankan bisnis reseller dapat menjadi alasan utama mengapa model bisnis reseller patut dicoba.

Reseller adalah model bisnis yang dilakukan dengan pola menjual kembali produk yang telah dibeli dari pihak supplier. Seorang reseller melakukan stok grosir barang yang akan dipasarkan kepada konsumen secara eceran dengan harga yang dapat ditentukan.

Bisnis reseller ini pun akan menjadi lebih mudah jika Anda menjalaninya dengan bergabung menjadi Reseller aplikasi Evermos. di mana Evermos sebuah platform social commerce berbasis syariah untuk para reseller. Evermos akan menjembatani Anda dengan ratusan brand dan UMKM terbaik di Indonesia. Itu artinya dengan bergabung menjadi Reseller Evermos, Anda tidak akan kesulitan lagi untuk mendapatkan supplier terpercaya. 

Lebih dari itu, Evermos bahkan akan membantu Anda dalam mengemas dan mengirim pesanan konsumen. Sehingga Anda hanya perlu mempromosikan produk yang ingin dijual melalui media sosial dan marketplace kesayangan Anda.

Evermos juga dilengkapi dengan pelatihan bisnis bersama para trainer professional. Sehingga aplikasi reseller ini juga sangat cocok bagi Anda para pemula.

Menjadi seorang reseller memang identik dengan modal yang minim, namun dengan menjadi reseller Evermos, Anda dapat memulai bisnis reseller secara GRATIS tanpa modal.

Menarik bukan, Kapan lagi Anda bisa mendapatkan segudang keuntungan dari satu aplikasi saja? Untuk itu, daftar GRATIS sekarang juga!

2. Menjadi Content Creator

Content Creator

Suka mengekspresikan diri di depan kamera? Menjadi seorang content creator bisa menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang patut Anda coba.

Kemajuan teknologi ditambah adanya situasi pandemi membuat pengguna media sosial seperti Youtube, TikTok, Instagram, Facebook dan lainnya semakin meningkat. Selain sebagai media berkomunikasi jarak jauh, para pengguna juga memakai media sosial di waktu senggang mereka untuk menikmati konten-konten yang tersaji di media sosial itu sendiri. Hal tersebut tentunya bisa Anda manfaatkan dengan menjadi seorang content creator.

Berbekal hobi dan bakat berfoto maupun berbicara khususnya di depan kamera yang tentunya disertai ide-ide segar, Anda berkesempatan untuk mendapat penghasilan bombastis dengan bantuan internet.

Meski terdengar mudah, ketika Anda memutuskan untuk mencoba terjun di bidang ini, tentunya Anda dituntut menjadi seorang yang kreatif. Maka, Anda tidak boleh merasa bosan untuk melakukan eksplorasi agar kreatifitas Anda semakin terbentuk sehingga mampu memproduksi konten yang unik dan menarik yang disukai banyak orang.

3. Mengikuti Program Afiliasi

Afiliasi

Cara menghasilkan uang dari internet selanjutnya adalah melalui program afiliasi. Program afiliasi merupakan salah satu model bisnis yang kini sedang marak ditekuni oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Model bisnis program afiliasi ini biasanya dijalankan untuk seseorang yang mengawali bisnis di Internet sebelum memiliki produk sendiri.

Program afiliasi ini dapat Anda jalankan dengan sistem membantu mempromosikan sebuah produk atau jasa dari suatu perusahaan maupun perorangan. Sebagai peserta program afiliasi, Anda akan ditugaskan untuk mengiklankan produk atau jasa menggunakan link afiliasi pada suatu halaman web tertentu. Melalui link tersebut, performa Anda dalam program ini dapat terlihat. Sehingga ketika terjadi penjualan, Anda berhak mendapatkan komisi dengan jumlah yang telah disepakati atau ditentukan. Komisi ini juga disebut Cost-per-Action (CPA).

Program afiliasi ini juga memiliki banyak keunggulan seperti modal yang murah. Untuk menjalankan bisnis program afiliasi Anda cukup menyiapkan perangkat komputer atau laptop yang tersambung ke internet. Selain itu, bisnis affiliate marketing juga memiliki waktu yang fleksibel dan dapat dilakukan dimana saja tanpa mengganggu kegiatan utama Anda. 

Oleh karena itu, program afiliasi dapat dikategorikan sebagai cara mendapat uang dari internet yang cocok sebagai sampingan para karyawan hingga mahasiswa yang ingin mendapat penghasilan tambahan.

4. Freelance Copywriter

Copywriter

Melakoni jasa freelance atau pekerja lepas membuatmu tak perlu mengikuti waktu kerja pada umumnya. Seorang freelancer bisa bekerja di mana saja dan kapan saja selama pekerjaannya selesai.

Jika Anda adalah seorang yang memiliki hobi dan kemampuan untuk menulis, ini saatnya Anda memanfaatkan hal tersebut sebagai cara menghasilkan uang dari internet dengan menjadi seorang freelance copywriter.

Bagi sebagian orang istilah copywriter ini sudah tidak asing lagi. Seorang copywriter kebanyakan bertugas untuk mengerjakan konten komersial seperti iklan yang nantinya akan dipasang di situs pemasaran atau  media sosial. Tulisan yang dibuat oleh copywriter harus bernada persuasif sehingga membuat pengguna merasa diarahkan untuk melakukan pembelian produk. 

Dengan tuntutan tersebut, seorang copywriter memerlukan beberapa kemampuan yakni kreatif, berpikir kritis dan mampu menganalisis, serta mengerti tentang kebutuhan pasar.

Saat ini jasa copywriter sedang banyak dibutuhkan, bahkan diprediksi akan terus bertambah mengingat kebutuhan pemasaran secara digital juga terus meningkat. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mencoba bidang usaha satu ini.

5. Freelance Desain Grafis

graphic desginer

Sama seperti freelance copywriter, melakoni jasa freelance desain grafis juga dapat menjadi salah satu cara mendapat uang dari internet yang terbilang menjanjikan.

Betapa tidak? Seperti yang kita tahu, bahwa digitalisasi secara masif merambat ke sektor apapun. Dimana berbagai perusahaan atau instansi tentunya membutuhkan jasa desainer grafis untuk memenuhi berbagai keperluan yang akan ditampilkan dalam bentuk visual. Mulai dari pembuatan logo, poster, hingga template website. Disinilah peluang bisnis online terbuka lebar untuk para desainer grafis.

Untuk menekuni jasa dalam bidang ini, Anda dapat bekerja dan membuat jasa freelance secara mandiri, atau bisa juga memanfaatkan situs-situs freelance yang sudah tersedia. Dengan kata lain, Anda tidak harus selalu menjadi seorang karyawan suatu perusahaan atau agensi ketika Anda ingin menawarkan jasa desain grafis, karena jasa ini juga bisa Anda tawarkan sebagai freelancer yang dapat Anda lakukan dimana saja dan kapan saja dimana saja.

Jadi jika Anda memiliki keahlian dalam bidang desain grafis, jangan ragu untuk mencoba peruntungan dengan membuka jasa freelance desain grafis melalui internet.

6. Menjual Karya Fotografi

Menjual Karya Fotografi

Cara menghasilkan uang dari Internet selanjutnya cocok bagi Anda yang memiliki hobi maupun bakat dalam bidang fotografi. Melalui cara ini, Anda bisa mencari peluang bisnis online di situs penjualan gambar.

Anda dapat menjual hasil karya fotografi di beberapa situs seperti Microstock,  Shutterstock, iStockphoto, Adobe Stock, Foap, Crestock dan lain-lain.

Jangan salah, dengan menjual karya fotografi, Anda dapat meraup keuntungan hingga jutaan rupiah tergantung karya fotografi yang Anda hasilkan. Misalnya melalui Shutterstock, Anda dapat menjual karya fotografi atau desain grafis dan ketika karya Anda dilirik, karya tersebut akan dihargai sejumlah 0,25 hingga 0,38 dollar dalam satu kali download.

Oleh karena itu, jangan ragu apalagi menyia-nyiakan bakat dan keterampilan Anda dalam mengambil foto. Karena siapa sangka bahwa hal tersebut dapat menjadi cara Anda untuk mendapatkan uang dari internet dengan penghasilan yang terbilang menjanjikan.

Perlu diingat, dalam bisnis ini Anda akan berhadapan dengan kreator lain sehingga Anda harus memastikan bahwa karya yang dihasilkan merupakan karya terbaik yang memiliki keunikan.

Dengan kata lain, Anda dituntut untuk memperhatikan beberapa hal agar hasil karya fotografi Anda akan dilirik banyak orang. Hal tersebut meliputi penyediaan kategori atau jenis foto yang kerap dicari, pemanfaatan aplikasi edit foto agar foto lebih menarik, berkarakter dan memiliki ciri khas, serta konsistensi dalam hal upload hasil karya.

Itulah keenam ide usaha sebagai cara menghasilkan uang dari internet. Perlu diingat pula bahwa faktanya mendapatkan uang dari internet secara online maupun mendapatkan uang dengan bekerja secara offline memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Jika Anda masih ragu, berikut beberapa tips agar Anda dapat memaksimalkan internet untuk  menghasilkan pendapatan.

Tips Memaksimalkan Internet Untuk Menghasilkan Pendapatan

1. Mengatur Waktu Secara Tepat

Salah satu kunci dalam sebuah bisnis apapun adalah konsistensi dalam mengatur waktu, termasuk ketika Anda sedang menggeluti suatu pekerjaan secara online. Ketika Anda terbiasa mengatur waktu dengan tepat, Anda akan dapat menyelesaikan pekerjaan secara lebih efektif dan efisien dengan hasil yang akan lebih memuaskan. Terlebih lagi jika Anda merupakan seorang yang menggeluti lebih dari satu pekerjaan.

2. Pemilihan Pasar Potensial

Seperti yang kita ketahui, internet memuat banyak sekali platform yang dapat Anda manfaatkan sebagai media untuk mendapatkan pundi rupiah. Sebagai pemula, mungkin Anda akan kewalahan jika harus menggunakan seluruh platform tersebut secara bersamaan.

Oleh karena itu Anda harus dapat memilih pasar potensial dari kegiatan atau pekerjaan yang akan geluti melalui internet secara spesifik. Pemilihan pasar potensial ini akan sangat berpengaruh terhadap pemilihan platform yang akan Anda gunakan kedepannya.

3. Mengasah Kemampuan dan Eksplorasi Kreativitas

Semakin berkembangnya informasi dan teknologi tentu akan berbanding lurus dengan semakin bertambahnya pengguna internet yang akan memanfaatkan internet sebagai ladang untuk mencari uang. Dengan kata lain, semakin hari akan ada kompetitor yang juga semakin bertambah. Menjadi beda daripada yang lain merupakan salah satu kunci utama agar barang atau jasa yang Anda tawarkan terus dilirik. Dalam hal ini, Anda tentu dituntut untuk terus mengasah kemampuan dan mengeksplorasi kreativitas.

Sama seperti salah satu fasilitas unggulan yang ditawarkan Evermos kepada para resellernya yakni fasilitas pelatihan bisnis. Melalui pelatihan ini, para reseller Evermos akan mendapat materi dan tips jitu dari para trainer professional. Hal ini dilakukan tak lain agar membantu para reseller untuk terus berkembang menjadi seorang wirausaha yang sukses di kemudian hari.

Minat dapat penghasilan tambahan sekaligus pelatihan? Yuk gabung bersama 100.000++ Reseller Evermos lainnya sekarang juga!

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×