10+ Contoh Bisnis Online Patut Coba, Untung Milyaran Rupiah!

apa saja contoh bisnis online
KEY TAKEAWAY ARTIKEL PANDUAN APA SAJA CONTOH BISNIS ONLINE

  • Anda akan lebih dalam mengenali bisnis online dan istilahnya
  • Mengetahui berbagai manfaat menjalani bisnis online
  • Anda akan mengetahui apa saja contoh bisnis online terlengkap patut coba

Daftar Jadi Reseller Evermos

Anda tentu pernah mendengar istilah mengenai bisnis online sebagai peluang usaha yang menguntungkan.

Banyak masyarakat yang berbondong-bondong mencoba membuka bisnis online disamping mengerjakan usaha utamanya seperti bekerja di kantor.

Tidak hanya kaum wanita saja, namun kaum pria juga memiliki minat terhadap kegiatan berbelanja secara online yang menurutnya praktis dan mudah.

Ini dapat menjadi kesempatan bagi Anda untuk mencoba raup keuntungan dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan mudah melalui bisnis online.

Sebelum memulai bisnis online, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja contoh bisnis online yang recommended di kalangan masyarakat saat ini.

Artikel kali ini akan membahas mengenai seluk beluk bisnis online, istilah dasar, apa saja contoh bisnis online patut di coba hingga produk terlaris sebagai bisnis online.

Istilah Bisnis Online

Bisnis online merupakan model bisnis yang mengandalkan jaringan internet sebagai modal menjalani aktivitas bisnis seperti pemasaran produk atau jasa, hingga transaksi jual beli produk dengan pelanggan.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa hampir setiap pengguna internet sebanyak 81% di Indonesia gemar melakukan belanja via online.

Berbagai istilah juga muncul dalam berbisnis online yang mestinya kita ketahui agar tidak salah dalam mengartikan perilaku atau aktivitas bisnis.

Inilah beberapa istilah dalam dasar bisnis online yang wajib kita ketahui:

  • Seller

Diambil dari bahasa asing yang artinya ialah penjual atau merupakan pemilik dari suatu usaha.

  • Buyer

Istilah satu ini juga tidak terdengar asing bagi kita sebab artinya adalah pembeli atau dapat kita sebut juga sebagai customer atau konsumen.

  • Reseller

Disebut sebagai salah satu usaha yang memberikan beragam keuntungan, reseller ternyata memiliki makna sebutan bagi orang yang menjual kembali barang yang di produksi oleh orang lain.

  • Dropshipper

Istilah satu ini memiliki arti yakni sebutan bagi orang yang menjadi perantara antara produsen/supplier produk kepada pembeli.

Sementara untuk istilah bisnisnya dapat disebut dengan bisnis drophship.

  • Supplier

Berasal dari bahasa asing yang artinya merupakan sebutan bagi orang yang memberikan pasokan produk kepada reseller atau dropshipper.

  • Cash On Delivery atau COD

Istilah COD sempat menjadi booming kala internet memiliki fasilitas layanan jual beli produk untuk melakukan pembayaran secara langsung setelah paket barang di antar oleh kurir, nantinya kurir akan menanggung harga produk sebelum uang pembelian produk diberikan kepada kurir.

  • Restock

Stock sendiri memiliki arti yaitu stok barang atau produk. Sedangkan restock merupakan gabungan dari re- dan stock yang artinya melakukan stok persediaan kembali barang untuk tersedia di jualkan kembali.

  • Out Of Stock

Sebaliknya dengan istilah berikut yakni memiliki artian bahwa barang yang di tawarkan telah habis terjual sehingga tidak ada stok atau pengganti produk tersebut.

  • Reject

Jika Anda pernah memiliki pengalaman ketidakpuasan dalam membeli produk sebab produk cacat atau tidak sesuai dengan deskripsi maka produk tersebut dianggap produk reject atau cacat.

  • Shipping

Istilah berikut berasal dari istilah asing yang memiliki arti yakni proses pengiriman produk kepada konsumen.

  • Ready Stock

Bagi penjual yang sedang mempromosikan produknya akan menggunakan kata ready stock yang memiliki arti bahwa produk tersebut masih memiliki stok yang tersedia untuk di jualkan.

  • Pre Order

Kita tahu bahwa arti dari kata order sendiri adalah memesan produk. Sementara untuk pre-order memiliki arti bahwa pesanan produk yang kita pilih hanya baru sebatas permintaan dan belum tersedia fisiknya.

  • Digital Marketing

Semenjak kehadiran bisnis online, banyak orang yang tertarik untuk mempelajari digital marketing atau pemasaran digital secara komprehensif.

Ini menjadi dasar yang dibutuhkan oleh seorang penjual bisnis online dalam melaksanakan pemasaran produk secara digital.

  • Search Engine Optimization atau SEO

Istilah SEO merujuk kepada penggunaan teknik optimasi website atau blog agar mendapatkan rangking teratas di hasil pencarian halaman yang di tampilkan oleh Google.

  • Ads

Meski singkat, Ads memiliki artian sebuah iklan. Dalam berbisnis online, iklan memiliki peranan penting untuk memperkenalkan layanan jasa atau produk yang hendak di tawarkan oleh para pebisnis.

  • Online Presence

Kata yang memiliki artian kehadiran online ini dianggap penting untuk mempresentasikan bisnis online.

Terutama bagi orang yang melangsungkan bisnis online melalui blog atau website, tentu saja kana mencoba memaksimalkan online presence sebagai senjata utama dalam berbisnis online.

  • Konversi

Istilah ini merujuk kepada artian bahwa seorang pelanggan yang mengunjungi laman website atau blog Anda melakukan tindakan tertentu sebagai bagian dari upaya pemasaran sebelumnya yang pernah Anda lakukan.

Manfaat Bisnis Online

Masih penasaran apa saja kira-kira manfaat yang dapat kita rasakan ketika menjalani bisnis online yang dapat di kerjakan kapan saja bahkan ketika rebahan sekalipun.

Inilah manfaat dari menjalani bisnis online.

1. Irit biaya modal 

Mungkin Anda juga sudah sering mendengar bahwa bisnis online relatif mudah, karena dalam sistemnya tidak memerlukan tempat khusus atau prasarana khusus.

Hanya dengan akses internet melalui gadget, semua pihak dapat melakukan transaksi mulai dari pertukaran informasi produk hingga menghubungi langsung pembeli untuk tertarik membeli produknya.

2. Banyak Pilihan Produk

Tidak seperti berjualan secara offline yang memiliki keterbatasan untuk menjual produk karena segmen terbatas, manfaat lainnya adalah kita bisa sebebas mungkin menentukan produk hingga beberapa produk yang kita anggap tepat untuk di tawarkan kepada konsumen.

Utamanya adalah produk kebutuhan sehari-hari yang lekat dengan aktivitas banyak orang, bagi Anda yang tidak ingin pusing mencari supplier silahkan dapat bergabung menjadi reseller di Evermos.

3. Akses Mudah Tanpa Batas

Tidak perlu jam operasional untuk melakukan bisnis secara online, asalkan ada koneksi internet, segala sesuatunya dapat di upayakan kembali.

Anda juga tidak perlu terpaku kepada teori mengenai cara berbisnis yang sukses, langsung praktikkan sekarnag juga setelah mendapatkan beragam informasi dari akses internet di halaman pencarian.

4. Cocok Bagi Pebisnis Pemula

Karena relatif mengerjakannya dengan modal minim, tidak akan menimbulkan beragam risiko yang cukup tinggi bagi para pebisnis pemula.

Mereka dapat mencoba beberapa modal bisnis yang sesuai dengan kemampuannya dan tentukan bisnis yang terbaik dapat mereka lakukan.

Apa Saja Contoh Bisnis Online yang Patut Coba

Setelah Anda mengetahui beragam istilah yang terdapat dalam bisnis online serta ragam manfaat yang dapat di rasakan ketika berjualan online, sudah tepat untuk mengetahui apa saja contoh bisnis online.

Berikut adalah apa saja contoh bisnis online yang bisa Anda coba:

1. Toko Online

Olshop atau singkatan dari online shop merupakan model bisnis online yang cara kerjanya sama dengan transaksi jual beli namun di lakukan secara online.

Toko online pada dasarnya juga dapat di jalankan secara online dan offline karena sifatnya hanya memindahkan informasi yang berada di toko offline ke dalam internet. 

Kelebihannya adalah seller dapat menjualkan produknya dengan luas tak terpaut wilayah, atau kota selama mereka dapat mengakses informasi tersebut.

2. Jasa Kursus Online

Bisnis yang menyediakan jasa mengajar tersebut juga dapat menjadi usaha yang memiliki penghasilan setiap harinya.

Dengan adanya platform yang dapat menunjang kegiatan tersebut, selama pengajar dan murid memiliki koneksi internet mereka dapat melakukan interaksi tatap muka.

3. Freelance Writer

Jawaban apa saja bisnis online berikutnya berupa jasa adalah freelance writer.

Setiap saat orang melakukan pencarian melalui google dengan kegiatan browsing, kebutuhan akan artikel semakin meningkat dari waktu ke waktu dan dapat menjadi bisnis yang menguntungkan. 

Seorang freelancer nantinya memiliki kontrak dengan klien perusahaan yang membutuhkan produksi artikel dan akan mendapatkan imbalan sesuai jasanya.

4. Web Desaigner

Banyak manfaat yang dapat di dapat apabila kita memiliki keahlian dalam bidang digital, selain menjadi hobi juga dapat menjadi usaha sampingan.

Jika Anda ahli dalam mendesain suatu website yang menarik seperti website perusahaan, website toko, website sekolah, dan lain-lainnya dapat menjalankan bisnis tersebut.

5. Admin Media Sosial

Apakah Anda sudah terbiasa dengan pekerjaan sebagai admin dan masih ingin mencari sampingan untuk dapat uang tambahan?

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Jualan apa yang laku setiap hari?

Produk yang di butuhkan oleh orang setiap harinya adalah produk kebutuhan sehari-hari, diantaranya terdiri dari sembako, makanan dan minuman, pulsa dan paket data, pom bensin, laundry kiloan, produk perawatan dan kecantikan, dan sebagainya.

Bisnis online tanpa modal apa saja?

Ada beberapa ide peluang bisnis online yang dapat kita kerjakan tanpa modal. Mulai dari jasa titip, blogger, dropship, reseller, affiliasi, konsultan, social media influencer, admin media sosial dan sebagainya.

Usaha apa yang bagus di tahun 2022?

Bisnis yang masih berpotensi menguntungkan mulai dari membuka jasa laundry kiloan, bisnis produk kecantikan, bisnis bidang kuliner, bisnis online social media influencer, bisnis digital lainnya yang dapat menghasilkan penghasilan pasif.

Daftar Jadi Reseller Evermos

Bisnis berikut jadi jawaban apa saja contoh bisnis online karena dapat di lakukan kapan pun dan dimana pun kita mau.

Menjadi admin media sosial tidak hanya mengorganisir sebuah akun saja seperti melayani chat dari pembeli yang masuk, tetapi juga membuat ide konten yang menarik dan segar untuk di lihat masyarakat setiap saatnya.

6. YouTuber

Kita tahu dahulu bahwa YouTuber menjadi media hiburan yang menampilkan konten yang dapat di lihat kini telah berkembang menjadi lahan bisnis online.

Bagi Anda yang memiliki kemampuan sebagai content creator, tahu apa yang masyarakat ingin tonton dan lihat, memiliki pengikut yang banyak dan sering berinteraksi maka dapat memonetisasi channel YouTube.

Semakin banyaknya penonton yang dapat memenuhi persyaratan monetisasi akun untuk di pasang iklan, maka semakin dekat sumber penghasilan pasif kita.

7. Podcaster

Mungkin sebelumnya kita hanya sebagai penikmat podcast yang di buat oleh orang lain saja, akan tetapi kini siapa saja dapat memproduksinya sebagai peluang usaha.

Kebutuhan masyarakat akan podcast juga tumbuh subur di era digital masa kini, sehingga bagi Anda yang memiliki keterampilan untuk menyediakan podcast bisa mencoba bisnis online ini.

Podcast umumnya dapat di akses dalam berbagai media dan tidak terbatas hanya dalam platform podcast saja, sehingga akan makin banyak uang yang mengalir.

8. Jastip atau Jasa Titip

Bagi Anda yang pernah menggunakan jasa jastip mungkin tidak lazim mendengar ide tersebut sebagai peluang bisnis online.

Jasa titip menyediakan barang apa saja yang ingin di miliki pembeli namun memiliki keterbatasan untuk mendapatkannya misalkan karena jarak yang jauh, ongkos yang mahal dan lain-lain.

Jadi, biasanya bisnis jastip dilakukan oleh orang terdekat untuk mempromosikan jasanya untuk menitipkan barang yang pembeli inginkan ketika mengunjungi suatu tempat misalkan ketika pergi ke Jogja, ke Bali, ke Australia dan sebagainya.

Nantinya seorang pembeli akan membayar biaya jastip atau biasa biaya ongkos yang telah di tentukan oleh penyedia jasa titip tadi beserta harga produk yang telah ia beli.

Masih Berhubungan Dengan Bisnis Online

9. Reseller

Malas untuk memproduksi suatu barang tetapi ingin berjualan produk? Cobalah jadi reseller, sebagaimana kita tahu kebutuhan masyarakat akan terhadap produk makin meningkat tiap wakutnya.

Bisnis berikut juga dapat jadi jawaban apa saja contoh bisnis online yang mungkin Anda cari.

Reseller mungkin memerlukan modal yang cukup untuk membeli sejumlah barang agar dapat menjual sesuai harga yang reseller tentukan.

Kemudian dapat melakukan promosi secara gratis melalui berbagai platform media sosial.

10. Dropship

Mau jalani bisnis yang hampir tak memerlukan modal tapi berpotensi dapat penghasilan sebanyak-banyaknya? 

Inilah saat yang tepat bagi Anda untuk mencoba bisnis sebagai perantara barang dari produsen kepada konsumen secara langsung.

Seorang dropship berfokus kepada penjualan produknya saja, sebab penghasilan yang didapat terletak dari selisih harga jual yang di tawarkan oleh produsen kepada dropshipper.

Temukan supplier yang tepat untuk dapat mempercayakan usaha dropship ini, sebab dropshipper tidak melakukan stok produk sehingga tidak mengetahui kualitas barang.

Tenang, saat ini sudah ada platform social commerce Evermos yang siap menyediakan kebutuhan masyarakat sehari-hari dengan produk yang terjangkau, original, halal dan berkualitas.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mencari supplier serta cara berbisnis yang relatif mudah hanya memerlukan modal minim saja tetap berpenghasilan.

Demikian artikel mengenai “apa saja contoh bisnis online yang patut Anda coba,”

Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang ingin mengenali lebih dalam mengenai bisnis online.

Jika Anda ingin mengetahui panduan-panduan dalam berbisnis lainnya, silahkan mengunjungi halaman “Panduan” pada website Evermos. 

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Panduan Terbaru

×