Wajib Tahu! Ini 5 Modus Penipuan Bisnis Online yang Harus Dihindari

modus penipuan bisnis online

Daftar Jadi Reseller Evermos

Modus Penipuan Bisnis Online  – Bisnis online yang menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan yang hanya bermodal komputer serta jaringan internet.

Namun harus butuh pengorbanan waktu supaya bisa memperoleh penghasilan dari bisnis online tersebut.

Tersebut dikarenakan untuk bisa menjalankan usaha dan juga bisnis online merupakan hal yang tidak mudah yang mana tidak sembarang orang bisa melakukannya.

Apakah bisa diartikan bahwa orang-orang tertentu sajalah yang betul-betul bisa menjalankan bisnis online dan mendatangkan keuntungan darinya.

Sebab pada dasarnya bisnis online adalah sebuah usaha yang cukup rentan terhadap terjadinya tindakan penipuan.

Oleh karena itu sebelum Anda menekuni usaha sampingan online, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu terkait dengan jenis bisnis online seperti apa yang ingin Anda geluti.

Kemudian apakah nantinya bisnis online tersebut benar-benar akan mendatangkan keuntungan ada Anda atau bahkan sebaliknya.

Modus Penipuan Bisnis Online Patut Anda Ketahui

Sebenarnya bisnis online dan bisnis offline itu hampir serupa, supaya bisa berjalan dengan baik maka kutu kerja keras dan yang paling penting yaitu cara setelah mengambil suatu tindakan apapun.

Sedangkan perbedaan antara bisnis online dan bisnis offline yaitu hanya pada media yang dipakai saja.

Selain itu modal berupa materi serta pengetahuan yang memadai juga menjadi salah satu faktor terpenting untuk menjalankan bisnis online.

Apabila ada yang berkata bahwa untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari bisnis online tersebut dan hanya berbekal menjalankan saja tanpa adanya dasar ilmu terkait dengan bisnis online, maka bisa dipastikan orang tersebut membuat sales letter punya niatan yang tidak baik atau penipu atau juga scammer.

Semakin menjamurnya penggunaan internet dan tentu saja akan semakin membuka kesempatan yang cukup besar bagi pihak-pihak yang ingin memanfaatkan kondisi tersebut untuk melakukan praktik penipuan.

Bahkan tak sedikit orang-orang yang menggunakan media internet untuk mencari peluang usaha online yang juga dimanfaatkan oleh para scammer atau penipu dalam menghasilkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Modus penipuan di dalam dunia maya sendiri cukup banyak yakni mulai dari menawarkan jasa bisnis online sampai dengan membuat toko online.

Bahkan jika diingatkan tak sedikit pula orang-orang yang sudah menjadi korban namun masih tetap yakin bahwa ia bisa mendapatkan kekayaan yang instan dari peluang bisnis tersebut.

Bisnis Evermos Bukan Penipuan

Kami tahu bahwa sesuatu di dunia ini tentunya tidak ada yang instan semua membutuhkan proses, begitu pula dengan kesuksesan.

Tak jarang banyak orang sulit percaya untuk berhasil dalam bisnis dengan modal yang minim dan lebih mudah seperti menjalani bisnis online di Evermos.

Masihkah Anda bertanya “apakah binis Evermos penipuan?” tentu saja bukan.

Evermos memberikan jaminan kepada mereka yang mau berusaha ikhtiar dengan maksimal, meski harus mengawali bisnis dengan keterbatasan modal.

Terutama bagi Anda yang sedang mencari platform bisnis online terpercaya yang bisa Anda coba karena bisnis Evermos bukanlah penipuan.

Bagi Anda yang tertarik, yuk segera daftarkan diri dengan bergabung menjadi reseller Evermos. Anda berkesempatan mendapatkan keuntungan hingga jutaan rupiah perbulannya dari berjualan produk kebutuhan sehari-hari unggulan.

Setelah Anda mendaftar menjadi reseller Evermos, jangan lupa lakukan transaksi pertama ya. 

Pendaftarannya pun GRATIS. Jadi, jangan khawatir, yuk segera klik tombol pendaftaran di bawah ini.

Daftar Jadi Reseller Evermos

Apabila Anda ingin terjun ke dunia bisnis online, maka sebaiknya Anda harus lebih kritis serta tidak mudah dibujuk oleh sales letter maupun media informasi yang lainnya.

Sebab bahasa yang dipakai oleh mereka biasanya akan membutakan mata dan juga pikiran Anda dan bahkan akan mempengaruhi emosi serta Kemudian Anda akan terjerumus dengan tawaran bisnis online yang tidak jelas masa depannya.

Maka dari itu sebaiknya Anda mempelajari terkait dengan peluang usaha yang ditawarkan oleh orang lain kepada Anda.

Sebaiknya juga jangan mudah untuk di bujuk dengan iming-iming mendapatkan penghasilan yang besar dalam waktu yang cepat dan bahkan Anda sendiri pun masih belum paham benar.

Simak penjelasan mengenai bisnis Evermos penipuan dengan klik video di bawah ini.

Rekomendasi Bisnis Online Terpercaya yang Menyediakan Produk Berkualitas 

modus penipuan bisnis online

Anda mencari bisnis online terpercaya? Anda bisa bergabung bersama Evermos. Evermos merupakan salah satu platform social commerce yang menyediakan berbagai produk halal.

Evermos menyediakan berbagai macam produk dengan promo yang menarik. Jika Anda ingin menjalani bisnis online terpercaya, mari gabung menjadi reseller Evermos!

Setelah Anda berhasil menjual produk, Anda akan mendapatkan komisi. Menjadi reseller Evermos bisa menjadi peluang besar bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan.

Ciri-Ciri Modus Penipuan Bisnis Online Yang Perlu Diketahui

Penipuan dengan kata bisnis online terkadang bisa menyembunyikan dirinya dengan sangat baik dan bahkan orang-orang yang sudah paham dengan internet pun masih tidak sadar bahwa dirinya sedang mengalami penipuan.

Nah, untuk Anda yang ingin terhindar dari hal-hal tersebut saat akan menekuni bisnis online, maka Anda harus paham bagaimana ciri-ciri penipuan berkedok bisnis online tersebut.

1. Menyembunyikan Identitasnya

modus penipuan bisnis online
Sumber: pexels.com

Orang yang melakukan modus penipuan bisnis Online penipuan secara otomatis akan berusaha untuk menyembunyikan identitas aslinya, mulai dari nama, alamat dan lain-lainnya yang bisa memudahkan untuk dilacak.

Hal tersebut memiliki tujuan supaya suatu saat nanti jika penipuan mereka lancar, maka sang korban pun tidak akan mudah menemukan pelakunya.

Terlebih bisnis online penipuan sendiri tidak membutuhkan tatap muka langsung untuk melakukan transaksi antara penjual dan pembeli dan hanya melakukan percakapan saja.

Jangan pernah lupa kalau target akhir mereka adalah uang kita. Mereka pun akan menempuh berbagai cara untuk mencapai misi ini.

2. Membatasi Jalur Kontak dengan Member

modus penipuan bisnis online
Sumber: pexels.com

Ciri-ciri modus penipuan bisnis Online yang berkedok bisnis online biasanya akan memberikan batasan pada jalur kontak terhadap member.

Maka dari itu sebelum Anda memutuskan menjadi member pada suatu bisnis online, ada baiknya Anda menghubungi kontaknya dulu.

Hal tersebut bertujuan untuk mencari tahu apakah pemilik situs bisnis online penipuan tersebut merespon atau bahkan sebaliknya.

Anda bisa mencoba dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan sistem ada bisnis online penipuan miliknya tersebut dan perhatikan seperti apa balasannya.

Apabila balasan yang diberikan dirasa tidak masuk akal dan berbelit-belit, maka bisa dikatakan bahwa bisnis online yang ditawarkan tersebut adalah salah satu bisnis online dari penipuan.

3. Produk atau Layanan Jasa Tidak Jelas

modus penipuan bisnis online
Sumber: pexels.com

Di dalam sebuah bisnis online tentunya akan ada proses transaksi terhadap produk maupun layanan yang ditawarkan oleh penjual kepada pembeli.

Oleh sebab itu, sebelum Anda yakin betul untuk bergabung berbisnis online di internet, maka Anda harus mengantisipasi supaya bisa terhindarkan dari situs online milik sang penipu.

Langkah yang harus Anda ambil yaitu mencari tahu apakah layanan dan juga produk yang ditawarkan oleh bisnis online penipuan tersebut benar adanya atau bahkan sebaliknya.

Apabila produk dan juga layanan tersebut tidak jelas, maka bisa dikatakan bawa produk dan jasa tersebut adalah salah satu dari modus penipuan bisnis Online .

4. Menjanjikan Pendapatan Tak Masuk Akal

modus penipuan bisnis online
Sumber: pexels.com

Bisnis online yang menjanjikan Anda mendapatkan keuntungan yang bisa sampai pada kita dalam waktu cepat dan jika dipikir-pikir tidak masuk akal, Maka itulah salah satu dari modus penipuan bisnis Online .

Misalnya di situs belanja online terdapat bahasa marketing seperti ini “ingin mendapatkan penghasilan 20 juta rupiah per hari dengan modal awal hanya 500 ribu saja dengan usaha sampingan online. Namun tanpa bekerja dan biarkan uang Anda melakukan pekerjaan kepada Anda”.

Jika dipikir-pikir tentunya iklan tersebut tidak masuk akal sama sekali.

Modus dari pemilik situs bisnis online penipuan tersebut hanya akan membutuhkan minimal sebanyak 20 orang calon korban untuk melakukan pendaftaran diri.

Setelah itu mereka harus membayar uang muka sebesar 500 ribu dengan alasan yang berbagai macam.

Nah, Apabila Anda menjumpai yang seperti itu pada sebuah situs belanja online, maka bisa dipastikan bahwa itu adalah salah satu modus penipuan bisnis Online .

5. Tidak Ada yang Merekomendasikan

modus penipuan bisnis online
Sumber: pexels.com

Sebelum Anda memilih usaha sampingan dengan berbisnis online, ada hal yang harus Anda perhatikan. Sebaiknya Anda mencari tahu informasi terkait dengan bisnis yang akan Anda ikuti tersebut.

Anda juga harus mempertimbangkan dengan selalu berkonsultasi dan bertanya dengan mereka yang sudah lama berbisnis online.

Apabila Anda mendapatkan rekomendasi dari orang-orang yang sudah ahli di bidang bisnis online, maka itu adalah salah satu hal yang sangat berharga. Selain itu begitu penting juga untuk Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Apabila bisnis online penipuan yang di tawarkan kepada Anda sedikit sekali atau bahkan tidak ada yang merekomendasikannya, maka Jangan berpikir sama sekali untuk ikut bergabung.

Nah, kita semua harus berhati-hati sebab peluang usaha online saat ini memang sangat rentan terhadap penipuan.

Mereka akan menawarkan usaha sampingan online yang bisa menghasilkan keuntungan secara instan.  Diiming-iming pula hal lainnya yang menggiurkan supaya Anda ikut bergabung. Maka waspadalah.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai ciri modus penipuan bisnis online. Setelah mengetahuinya, maka Anda harus tahu juga jenis bisnis online yang kerap jadi modus penipuan. Tujuannya agar Anda bisa terhindar dari modus penipuan.

5 Jenis Bisnis Online yang Kerap Jadi Modus Penipuan

Seiring dengan canggihnya teknologi, khususnya internet membuat banyak peluang bisnis online. Banyak orang yang merasa terbantu dengan adanya bisnis online ini.

Namun nyatanya saat ini masih banyak pihak yang tidak bertanggun jawab. Dengan melakukan penipuan melalui bisnis online penipuan.

Berikut 5 jenis bisnis online tersebut:

1. Bisnis Pin Konveksi

modus penipuan bisnis online
Sumber: pexels.com

Bisnis online pin konveksi ini sangat rawan menjadi modus penipuan. Imbasnya dapat merugikan banyak orang.

Biasanya modus penipuan pin konveksi ini menggunakan broadcast message yang berisi Anda bisa mendapatkan suatu kontak atau pin dari supply chain industri konveksi. Seperti pin pemasok bahan-bahan tertentu, pin pabrik jahit dan lain-lain.

Orang harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Nyatanya, semua data yang diberikan itu palsu. Pin yang diberikan rupanya fake account.

Korban dari penipuan pin konveksi ini yaitu berbagai kalangan, mulai dari ibu-ibu hingga pelajar. Penipuan pin konveksi ini sempat heboh pada zaman penggunaan blackberry messenger atau sering dibebut BBM.

2. Bisnis Agen Pulsa

modus penipuan bisnis online
Sumber: unsplash.com

Dalam bisnis ini biasanya orang akan diminta untuk membayar sejumlah uang untuk deposit pulsa. Setelah Anda membayar sejumlah uang, seharusnya Anda mendapat deposit pulsa untuk dijual kembali.

Kenyataannya Anda akan dihadapkan dengan berbagai macam sistem penjualan yang rumit. Pada akhirnya Anda pun akan mengalami kerugian.

3. Bisnis Barang Online Palsu

modus penipuan bisnis online
Sumber: pexels.com

Bagi Anda yang menyukai beli barang secara online, sebaiknya hati-hati dalam melakukan transaksi. Anda harus mencari tahu tentang data penjual dan testimoni/review dari pelanggan. Sebab banyak para pebisnis online yang melakukan modus penipuan.

Banyak kasusnya ketika uang telah dikirim, tapi barang yang diinginkan komsumen tidak sampai di tangan. Atau ada juga barang yang datang tidak sesuai dengan deskripsi yang tertera sebelumnya.

Agar Anda tidak bertanya-tanya “Apakah bisnis agen fashion penipuan?” mengingat maraknya jumlah fashion yang meningkat, cobalah bisnis reseller dropship anti penipu.

Ingin berbisnis yang Aman dan dijamin barangnya 100% original? Yuk segera bergabung menjadi reseller dropship anti penipuan di Evermos. Anda bisa menjual produk kebutuhan sehari hari terlengkap mulai dari fashion, pakaian, hingga perlengkapan ibadah. Semuanya dijamin berkualitas tinggi.

Anda tidak perlu khawatir dan ragu dalam memulai bisnis ini, karena semuanya sudah diatur oleh pihak evermos mulai dari pengemasan hingga pengiriman barang. Pendaftarannya pun gratis. bagi Anda yang ingin bergabung, yuk segera klik saja link yang ada di bawah ini.

Daftar Jadi Reseller Evermos

4. Bisnis Data Supplier

modus penipuan bisnis online
Sumber: unsplash.com

Jenis bisnis ini hampir sama dengan bisnis pin konveksi. Anda harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam sebuah grup media sosial.

Setelah Anda mengikuti grup tersebut, Anda akan mendapatkan kontak-kontak para supplier. Ujung-ujungnya supplier tersebut ternyata tidak valid.

Tentu bisnis ini sangat diiming-imingi keuntungan besar dalam waktu yang singkat. Sudah banyak orang yang menjadi korban penipuan untuk jenis bisnis ini.

5. Bisnis HP Murah

modus penipuan bisnis online
Sumber: unsplash.com

Jangan pernah percaya dengan kalimat penawaran seperti ini “Jual HP murah dengan harga melebihi setengah harga asli!”.

Kalimat tersebut merupakan salah satu trick modus penipuan bisnis online. Anda jangan mudah tergiur dengan penawaran tersebut.

Mengenal Konsumen yang Sering Modus Penipuan di Bisnis Online

Jika tadi telah membahas modus penipuan dari sisi pemilik bisnis atau penjual, kali ini Anda juga harus mengenal modus penipuan dari sisi konsumen.

Anda jangan sampai lengah dengan konsumen Anda yang melakukan modus penipuan. Anda harus teliti agar tidak masuk dalam perangkap si konsumen.

Agar Anda bisa teliti, maka kenali ciri-ciri berikut mengenai konsumen yang suka melakukan modus penipuan di dunia bisnis online.

1. Melakukan Banyak Pembelian Tapi Tidak Melakukan Transaksi

modus penipuan bisnis online
Sumber: pexels.com

Tentu Anda harus lebih aware jika ada konsumen yang melakukan transaksi dalam jumlah besar. Selain Anda perlu mengeluarkan stok banyak, Anda juga harsus lebih teliti jika menerima uang dengan nominal yang tinggi.

Apalagi jika konsumen membeli banyak produk Anda hingga habis. Ada kemungkinan jika ternyata konsumen yang membeli adalah kompetitor Anda.

Jika terjadi hal demikian, tentu Anda akan mengalami kerugian. Modus penipuan seperti itu sudah banyak dilakukan oleh konsumen ke toko-toko online. Maka, Anda harus lebih cermat dan berhati-hati menghadapi para konsumen.

2. Membayar Sebagian dan Menundanya Berlarut-Larut

modus penipuan bisnis online
Sumber: pexels.com

Buatlah sistem pembayaran yang baik jika Anda berbisnis online. Jangan sampai Anda dibuat susah untuk menagih transaksi yang belum dibayarkan  oleh konsumen. Jadi, pastikan dengan jelas transaksi yang dilakukan melalui perjanjian yang super ketat.

Bahkan ada konsumen yang mengaku akan membayar dengan waktu jatuh tempo. Tapi yang terjadi malah menunda dan tidak melanjutkan pembayaran. Jika seperti itu, akan membuat bisnis Anda tidak berjalan dengan stabil.

3. Bilangnya Sudah Transfer, Tapi Setelah Dicek Uang Tidak Masuk 

modus penipuan bisnis online
Sumber: pexels.com

Anda harus berhati-hati jika ada konsumen yang berkata “Sudah saya transfer ya.”

Jangan senang dulu, Anda harus segera mengecek hingga akhir apakah benar uang tersebut sudah masuk atau belum.

Nah, modus penipuan seperti ini sering terjadi pada berbagai toko online. Jika konsumen ngotot bahwa sudah mentransfer uang dan menyiapkan bukti, Anda harus memastikan apakah bukti itu benar/valid ataukah hanya rekayasa.

Ingat, Anda harus lebih cermat dan hati-hati menghadapi konsumen yang seperti ini.

4. Struk Palsu

modus penipuan bisnis online
Sumber: pexels.com

Konsumen bisa melakukan segala cara untuk menipu karena teknologi kini sudah berkembang. Termasuk dengan memalsukan struk pembayaran yang palsu.

Banyak kasusnya seperti konsumen telah mengirimkan dan menunjukkan bahwa sudah melakukan transaksi. Nyatanya, setelah mengecek rekening tidak ada uang yang masuk.

Jika terjadi demikian, Anda bisa mengenali struk palsu caranya dengan melihat detail warna struk. Apakah nampak asli atau hanya rekayasa.

5. Menawar Harga Tidak Masuk Akal

modus penipuan bisnis online
Sumber: pexels.com

Anda harus waspada ketika menemukan konsumen yang menawar dengan harga yang tak masuk akal. Biasanya hal itu terjadi ketika konsumen ingin membeli produk Anda dalam jumlah yang besar.

Konsumen akan meminta jatah potongan harga yang beda dari ketentuan yang telah Anda tetapkan. Terkadang ada konsumen yang hanya mengetes ketika Anda lengah dan akhirnya tidak menghasilkan transaksi.

Sebaiknya Anda selalu mengecek rekening apakah konsumen telah melakukan transaksi atau tidak agar terhindar dari konsumen yang berusaha melakukan penipuan.

Selain itu, Anda bisa mendeteksi penipuan dengan menggunakan machine learning. 

 

Masih Berhubungan Dengan Bisnis Online

 

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Bisa COD (Cash on Delivery)
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Silahkan klik di bawah ini untuk bergabung dan memulai berjualan.

Daftar Jadi Reseller Evermos

Nah, itulah beberapa informasi mengenai ciri-ciri modus penipuan bisnis online. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan jadi reminder untuk Anda.

Anda ingin memulai berbisnis online yang mudah dan terpercaya? Menjadi reseller online bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda.

Sudah ada 50.000+ reseller yang bergabung dan mendapatkan komisi jutaan di Evermos.

Setelah bergabung bersama kami, dijamin Anda akan menjadi seorang reseller online yang handal!

Untuk membaca artikel menarik lainnya, silahkan untuk mengunjungi situs panduan Evermos. 

 

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Panduan Terbaru

×