Daftar Isi

Cara Menjadi Dropshipper yang Sukses Bagi Pemula

cara menjadi dropshipper

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY ARTIKEL PANDUAN CARA MENJADI DROPSHIPPER

  • Anda akan lebih mengenali bisnis dropship
  • Mengetahui beragam keunggulan menjalani bisnis dropship
  • Anda akan mendapatkan cara sukses jalani bisnis dropship

Daftar Jadi Reseller Evermos

Apakah Anda sedang tertarik untuk mencoba bisnis dropshipp, dan ingin tahu bagaimana caranya menjadi dropshipper yang sukses dan menguntungkan?

Temukan jawabannya dalam artikel berikut dan pastikan Anda membacanya sampai habis.

Maraknya kebiasaan berbelanja online yang dilakukan oleh masyarakat telah menciptakan peluang bisnis yang baru.

Kehadiran bisnis seperti reseller dan dropship telah menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin mencoba bisnis dengan modal yang minim, namun tetap berpotensi penghasilan yang melimpah.

Modal yang minim tidak hanya memberikan kemudahan untuk menjalankannya namun dengan begitu risiko yang di akibatkan usaha tersebut juga sangat minim.

Artikel kali ini akan membahas cara menjadi dropshipper kemudian ide produk apakah yang cocok untuk di tawarkan dalam bisnis dropshipper ini.

Pengertian Bisnis Dropship

Sebelum mengetahui lebih dalam mengenai dropship mari ketahui pengertian mengenai apa itu dropship.

Dropship adalah usaha dengan sistem penjualan produk dari dropshipper bekerja sama dengan supplier produk untuk menyalurkan produknya kepada konsumen.

Seorang dropshipper tidak perlu membeli produk sebagai stok penjualan barang akan tetapi ia akan bekerja sama dengan supplier dalam hal melayani konsumen ketika membeli produk sebagai perantara produk.

Cara kerja dropship adalah menghubungi pihak produsen sebagai supplier produk, melakukan pemasaran kepada calon pembeli dan melakukan transaksi dengan konsumen.

Sementara untuk produsen akan membantu dropshipper untuk melakukan kegiatan operasional melayani konsumen seperti menyediakan stok produk, mengemas produk dan melakukan pengiriman produk.

Keuntungan dan Kemudahan Bisnis Dropship

Agar dapat memahami berapa keuntungan yang di dapatkan dengan menjalani bisnis dropship, berikut Admin menjelaskan apa saja keuntungan dari bisnis dropship.

1. Modal Minim

Bisnis dropship merupakan bisnis digital yang tidak perlu membutuhkan biaya modal besar, karena sistem kerjanya menawarkan produk kepada calon konsumen.

Dropshipper tidak akan merasa keberatan untuk melakukan pemasaran produk sebanyak dan seluas mungkin tanpa perlu membeli barangnya terlebih dahulu.
Jika ada yang tertarik untuk membeli produknya, maka dropshipper akan menghubungi pihak supplier produk untuk mengabarkan bahwa ada yang ingin melakukan transaksi produk.

2. Risiko Kerugian Rendah

Usaha dropship yang tidak mengharuskan dropshipper untuk membeli produk tentunya tidak akan mengalami kerugian sebab jika tidak terjual, tidak ada pula kerugian yang di timbulkan.

Hal ini yang menjadi pertimbangan bagi para pengusaha pemula yang ingin mencoba bisnis sebaiknya berjualan produk apa yang paling banyak peminat dan merupakan kebutuhan bagi konsumen.

3. Sebagai Usaha Sampingan

Bisnis ini juga cocok untuk dilakukan oleh siapa saja bahkan bagi orang yang sudah memiliki pekerjaan tetap sekalipun.

Dengan begitu keuntungan yang akan di hasilkan lebih tinggi karena kita dapat memaksimalkan penghasilan melalui bidang dropship.

Alasannya karena bisnis dropship tidak perlu membutuhkan keterampilan atau spesifikasi khusus untuk menjalankannya.

Tanpa melihat usia, pekerjaan, latar belakang pendidikan, siapa saja bisa mencoba bisnis dropship.

4. Fleksibel Waktu dan Tempat

Tidak perlu memiliki waktu khusus seperti saat bekerja di kantor untuk menjalani usaha dropship.

Dalam bisnis yang akan menentukan waktu untuk Anda bekerja adalah diri Anda sendiri.

Ketika memiliki pekerjaan lain tidak akan perlu khawatir terganggu sebab kita bisa menentukan jamnya sesuai keinginan.

Karena bisnis dropship juga dapat di jalankan secara online, tidak perlu bertatap muka dengan konsumen atau supplier.

Kemudian seorang dropshipper juga dapat mengalihkan tugasnya kepada orang terdekatnya sehingga akan bersama-sama mendapatkan keuntungan.

Bisnis dropship dapat di akses dengan modal hp dan koneksi internet yang stabil.

5. Mudah Mengoperasikan

Cara kerja dropship yang mudah dan menghemat waktu juga tidak akan memberikan beban yang begitu berarti kepada dropshipper.

Dropshipper dapat memfokuskan dirinya kepada penawaran produk kepada calon konsumen dengan menyiapkan katalog yang berisikan informasi dan gambar produk.

Lebih mudah lagi dengan menggunakan platform bisnis dropship seperti Evermos yang terdapat banyak fitur untuk mengoperasikan mengenai penjualan produk.

Bisa memilih produk sesuai kebutuhan masyarakat, kemudahan memiliki toko online sendiri untuk bebas mempromosikan kepada konsumen.

6. Penghasilan Tidak Terbatas

Dropshipper akan mendapatkan penghasilan dari hasil transaksi penjualan produk dari konsumen.

Penghasilan tersebut tidak memiliki batas, sebab memilih usaha bisnis merupakan langkah yang tepat bagi siapa saja yang mau punya penghasilan tak terbatas.

Begitu juga dengan bisnis dropship termasuk bisnis kekinian yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini yaitu berbelanja secara online.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Bagaimana Menjadi dropshipper pemula?

Agar sukses menjalani usaha sebagai dropshipper terutama bilamana masih pemula, Anda bisa menentukan target konsumen terlebih dahulu, kemudian memilih supplier yang jujur, aman dan terpercaya. Anda juga bisa mencoba membeli produk untuk langsung mengetahui kualitas produk yang supplier tawarkan.

Dropship apa yang paling menguntungkan?

Produk yang recommended untuk jalani usaha dropship agar banyak untung adalah produk seperti makanan sehat, produk fashion seperti pakaian wanita & pria, pakaian anak-anak, perlengkapan bayi, perlengkapan rumah tangga, produk kesehatan, dan lain-lainnya.

Apa untungnya jadi dropship?

Menjadi dropshipper mendapatkan banyak keuntungan terutama dalam sistem kerja dropship.
Modal untuk memulainya sedikit, fleksibel dari segi waktu dan tempat, relatif mudah dikerjakan siapa saja, produknya beragam dan menghemat tenaga sebab tidak perlu mengerjakan hal bersifat operasional.

Daftar Jadi Reseller Evermos

Cara Menjadi Dropshipper Sukses Bagi Pemula

Meski relatif mudah dan banyak keuntungannya namun ada beberapa hal yang patut untuk Anda ketahui dalam menjalankan bisnis dropship.

Terutama bagi para pemula yang menjalankannya, bisnis ini tidak dapat di lakukan secara asal-asalan jadi agar bisa mendapatkan banyak untung mari simak cara sukses menjadi dropshipper bagi pemula.

1. Memilih Produk yang Tepat

Strategi pertama sudah pasti merupakan poin mendasar dari bisnis dropship.

Siapa yang akan membeli produk jika produk yang telah kita tawarkan tidak sesuai dengan kebutuhan atau keinginan konsumen?

Maka dari itu, pemilihan produk merupakan langkah awal yang tepat untuk merencakan bisnis dropship.

Untuk mengetahui bagaimana mencari produk yang tepat, tidak perlu terburu-buru memilih produk yang memiliki selisih keuntungan lebih tinggi.

Dropshipper bisa memulainya dengan produk yang memiliki permintaan tinggi misalnya kebutuhan sehari-hari, sembako, pakaian, dan lainnya.

Kemudian carilah tren mengenai produk apa yang sedang banyak di beli oleh para pengguna internet serta pelajari produk tersebut sehingga mahir dalam menawarkannya.

2. Memilih Supplier Terpercaya

Cara menjadi dropshipper yang sukses adalah menawarkan dan menjualkan produk yang sudah tersedia dari supplier terpercaya dan terjamin kualitasnya.

Produk yang dijual memang tidak dapat kita lihat dari dekat, termasuk bagaimana kondisi produk yang akan dijual.

Memilih supplier yang terpercaya merupakan langkah penting sehingga kedua belah pihak antara supplier dan dropshipper dapat berjalan dengan baik.

Sebab itu ketika ingin berbisnis dropship harus dapat menemukan supplier yang terpercaya dan memberikan layanan yang tepat.

Di Evermos sudah tersedia lebih dari 500 brand dan UMKM yang terpercaya sehingga bisa Anda jadikan solusi berbisnis.

3. Miliki Unique Selling Point (USP) Pada Produk

Cara menjadi sukses dalam berbisnis dropship berikutnya adalah dengan menambahkan nilai jual unik atau Unique Selling Point dalam produk.

Hal tersebut juga terlihat menggiurkan bagi para dropshipper karena biasanya tidak dapat menentukan harga jual yang diinginkan sebab pada dasarnya bukan dropshipper yang melayani pemesanan sendiri hingga tuntas.

Namun bukan berarti juga tidak mungkin untuk memberikan nilai jual dari segi lain, ada banyak hal yang bisa dropshipper lakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Berikut beberapa hal yang dapat dropshipper lakukan untuk meningkatkan USPnya mulai dari pelayanan pelanggan, jaminan kualitas, gratis ongkos kirim, memberi bonus produk, diskon pembelian tertentu dan sebagainya.

Masih Berhubungan Dengan Dropship

4. Membangun Brand Awareness

Walaupun pada akhirnya konsep bisnis dropship tidak mengubah sistem untuk mendapatkan keuntungan atau komisi penghasilan dari penjualan produk, namun ada banyak keunggulan yang didapatkan dengan membangun brand bisnis sendiri.

Jika bisnis dropship yang dijalankan menjadi bisnis yang dapat di percaya banyak orang, kemudian ternama dan mendapatkan banyak pelanggan bukankah hal itu akan semakin memberikan keuntungan.

Salah satu caranya adalah dengan membuat akun bisnis di media sosial untuk dapat berinteraksi secara langsung dengan pembeli, melakukan konten marketing, menggunakan konten video hingga bekerja sama dengan influencer.

5. Membuat Website Toko Online untuk Identitas Bisnis

Bagi dropshipper pemula atau yang kini aktif beroperasi akan lebih mudah untuk meningkatkan brand miliknya dengan membuat website toko online sebagai identitas bisnis.

Apalagi kita tahu bahwa bisnis dropship merupakan bisnis digital dimana toko online, blog dan website merupakan tempat yang tepat untuk menghadirkan kepercayaan dan minat dari brand bisnis Anda.

Namun jika mengalami keterbatasan modal untuk membuat website, tidak masalah karena melalui platform Evermos sudah tersedia fitur membuka toko online secara gratis tanpa perlu membayar sepeserpun.

6. Memberikan Layanan Maksimal

Kendati bisnis dropship merupakan bisnis online yang artinya tidak dapat bertemu secara langsung dalam mengatasi berbagai hal yang dirasakan oleh konsumen, memberikan pelayanan secara maksimal dapat meningkatkan kualitas kepercayaan konsumen.

Memang dropshipper tidak dapat memastikan dan mengawasi tugas operasional seperti pengemasan dan pengiriman.

Dropshipper dapat menyediakan layanan lebih pada pasca jual seperti berkonsultasi produk, menginformasikan produk dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang ingin mencari supplier & brand berkualitas, Evermos bisa jadi solusi bagi Anda yang ingin dapat penghasilan tambahan tanpa batas dengan bisnis reseller dan dropshipper.

Demikian artikel mengenai cara menjadi dropshipper yang sukses, semoga informasi ini dapat membantu Anda.

Sebarkan juga dengan membagikan link artikel berikut kepada kerabat, teman-teman, keluarga dan orang terdekat yang membutuhkannya.

Untuk membaca informasi menarik lainnya mengenai panduan, silahkan kunjungi halaman artikel panduan berikut.

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×