Daftar Isi

5+ Cara Sukses Memulai Jualan Baju Online, Auto Laris!

jualan baju online

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY ARTIKEL CARA MEMULAI JUALAN BAJU ONLINE

  • Anda akan mengenali lebih dalam mengenai bisnis jualan baju online
  • Mengetahui beragam keuntungan yang Anda dapat dari berjualan baju online
  • Mengetahui cara memulai bisnis jualan baju online dan ragam produknya

Daftar Jadi Reseller Evermos

Di tengah maraknya tren berbelanja online, banyaknya para pengusaha yang mulai jualan baju online untuk mendatangkan penghasilan.

Adanya situasi pandemi Covid-19 membuat bidang perekonomian menjadi tidak stabil sehingga banyak juga karyawan yang akhirnya memutuskan untuk membuka usaha online sendiri ketimbang bergantung pada perusahaan.

Dengan banyaknya keuntungan yang didapat dari bisnis online, tak jarang para pengusaha juga menjadikan aktivitas berjualan baju secara online sebagai sumber penghasilan utama dan siapapun dapat melakukannya termasuk Anda.

Salah satu contoh pengusaha sukses dalam bidang pakaian, yaitu dari akun @rifannyhijab berhasil menekuni bisnis di bidang fashion dengan jualan hijab dan kini jumlah omset per hari dapat tembus hingga 46 ribu alamat dalam sehari!

Hal tersebut dapat menjadi motivasi bagi Anda yang ingin mulai berbisnis karena setiap perjalanan memiliki kisah suksesnya tersendiri sebab itu tidak perlu ragu atau khawatir.

Berbisnis jualan baju online dapat menjadi alternatif bagi Anda terutama yang memiliki ketertarikan dalam bidang busana karena keuntungannya yang cukup menjanjikan dan dapat menjadi bisnis jangka panjang.

Artikel kali ini akan membahas topik mengenai keuntungan bisnis baju online, cara sukses memulai bisnis pakaian, dan jenis baju online yang dapat Anda tawarkan sebagai ide bisnis jualan baju online.

Keuntungan Bisnis Baju Online

Hampir setiap pengguna internet di seluruh dunia menghabiskan waktunya untuk melakukan aktivitas berbelanja secara online melalui internet.

Anda juga mungkin pernah membeli produk fashion seperti baju, setelan seragam, busana muslim, gamis, baju anak-anak dan sebagainya melalui marketplace atau website perusahaan.

Seperti itulah Anda dapat memperoleh produk baju secara online, dan bayangkan berapa banyak keuntungan yang Anda dapatkan apabila memulai bisnis jualan baju online tersebut.

Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan per poin berikut mengenai keuntungan bisnis baju online.

1. Peminatnya Ada Dimana mana

Pakaian merupakan barang yang amat dibutuhkan oleh setiap manusia dalam kelangsungan hidupnya.

Dengan meningkatnya pesat pengguna internet, semakin banyaknya juga orang yang memiliki minat terhadap produk pakaian.

Penjelasan yang lebih sigifikannya adalah kebutuhan jenis pakaian setiap pelanggan mungkin berbeda.

Karena pada dasarnya setiap orang juga memiliki aktivitas dan latar belakang yang berbeda sehingga Anda harus melakukan riset kebutuhan pasar yang manakah kira-kira menjadi pengguna pakaian jenis busana terbanyak.

Berdasarkan hasil data Google Trends, busana jenis muslim menjadi salah satu alasan menjamurnya bisnis pakaian yang perkembangannya stabil dan selalu ada permintaannya.

Anda juga dapat mencoba beberapa produk pakaian yang ingin Anda jual untuk di review oleh beberapa orang sebagai hasil testimoni pembelian.

Jika mereka merasa cocok, maka Anda dapat melanjutkan jualan baju online tersebut.

2. Produk yang Tahan Lama

Berbeda dengan mencoba bisnis makanan yang memiliki batas kadaluarsa, bisnis jualan baju online tentunya memiliki keunggulan dalam ketahanan produk.

Tidak ada baju yang memiliki batas kadaluarsa tersebut, bahkan jika Anda menyimpannya dalam gudang selama bertahun-tahun pun baju tersebut tetap awet dan layak untuk Anda gunakan.

Inilah keuntungan yang dimanfaatkan oleh para pengusaha baju, karena mereka tidak hanya menjual banyaknya baju tetapi juga ada kualitas yang ditawarkan kepada pelanggan dan menjadi nilai lebih.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Bagaimana cara memulai bisnis online pakaian?

Singkatnya, cara memulai bisnis online pakaian adalah dengan mempersiapkan budget terlebih dahulu, mencari supplier baju terpercaya, membuat akun bisnis di media sosial atau website, mendaftar produk di marketplace, menyediakan foto produk yang menarik dan mempelajari pemasaran digital.

Bagaimana cara jualan online tanpa modal?

Cara jualan online tanpa modal adalah dengan bergabung dalam platform khusus untuk berjualan online tanpa perlu repot stok barang di rumah, melakukan pengemasan produk dan pengiriman produk. Anda dapat mendaftar tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk menjadi reseller di Evermos.

Bagaimana cara jualan online agar cepat laku?

Cara jualan online agar cepat laku adalah mengetahui perkembangan kebutuhan pasar, memiliki nilai USP (Unique selling point), membuat toko online, membuat deskripsi produk yang menarik, aktif di media sosial untuk pemasaran, membuat promo dan memahami data konsumen.

Berbisnis jualan baju online kini dapat Anda mudah jalani dengan selalu mengupdate katalog baju yang Anda tawarkan dalam e-commerce dan marketplace apabila stok baju belum tersedia kembali.

3. Mudah dalam Mengemas Produk

Keunggulan lainnya dapat kita temukan dalam urusan pendistribusian pakaian dari penjual baju online kepada konsumen secara langsung.

Mengirimkan produk baju tidak sama dengan mengirimkan barang pecah belah seperti barang gadget dan elektronik misalnya.

Anda dapat mengemas produk baju dengan mudah dan pastikan lakukan pengemasan tidak akan rusak dengan plastik bubble wrap.

Sehingga secara modal Anda lebih irit lagi ketimbang mengemas produk online selain pakaian.

4. Jalani dengan Minim modal atau Tanpa Modal

Anda bisa menjalani bisnis jualan baju online dengan minim modal atau memasok supplier dan menjualkannya sebagai reseller produk atau tanpa modal.

Bagaimana caranya Anda bisnis jualan baju online tanpa modal? Mudah sekali, karena saat ini ada platform dropship Indonesia berbasis syariah dan terpercaya seperti Evermos yang dapat Anda unduh melalui Google Play Store.

Pasalnya, Anda hanya perlu mendaftar sebagai reseller di Evermos kemudian dapat langsung menjual beragam produk baju yang terdapat dalam social commerce berikut.

Keunggulan tersebut dapat Anda rasakan selagi Anda mulai menekuni bisnis jualan baju online.

5. Dapat Berjalan Jangka Panjang

Melihat dari segi peminat, bisnis jualan baju online tidak akan pernah ada matinya, sebab itu Anda dapat menekuni bisnis yang satu ini dalam jangka panjang.

Kemampuan Anda dalam menjalani bisnis jualan baju online apabila berhasil dalam penjualan dapat Anda lakukan berulang sembari terus menerus meningkatkan kualitas.

Jadi, apakah Anda Masih ragu untuk memulai jualan baju online?

Cara Sukses Memulai Jualan Baju Online

Lalu bagaimana cara memulai bisnis jualan baju online tersebut? Tentunya ada beberapa langkah yang mesti Anda ketahui terlebih dahulu sebelum memulai bisnis online dengan menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Berikut cara sukses memulai baju online merangkum dari berbagai sumber.

1. Budgeting

Sebelum memulai usaha, sebaiknya Anda terlebih dahulu mempersiapkan modal atau disebut dengan budgeting.

Budgeting yang akan Anda lakukan nantinya memberi pengaruh pada kuantitas baju, model baju, dan kualitas.

Sesuai pembahasan sebelumnya, Anda juga dapat memulai bisnis jualan baju online berikut dengan tanpa modal atau menjual produk sebagai dropshipper.

Cara tersebut juga terbilang aman, karena sudah tersedia berbagai supplier produk dalam satu platform yang bisa Anda tawarkan kepada pelanggan untuk memilih jenis busana yang mereka inginkan.

Adapun dalam budgeting inilah hal yang mesti Anda pertimbangkan terlebih dahulu.

Produk pakaian Mulai dari jenis baju, model baju, kualitas dan bahan baju
Media Pemasaran Iklan, design katalog, dan sebagainya
Operasional Olshop Kuota internet, gadget, packing, dan pengiriman produk

2. Mencari Supplier Produk Terpercaya

Selanjutnya dalam cara sukses memulai bisnis jualan baju online adalah memiliih produsen atau supplier baju online yang dapat bekerjasama dengan usaha Anda.

Carilah diantara mereka yang menawarkan harga yang bagus dengan kualitas yang baik juga dengan melakukan riset terhadap beberapa industri terlebih dahulu.

Anda bisa mencari supplier atau produsen melalui relasi Anda yang bekerja dalam industri tersebut atau mencarinya melalui jaringan internet.

Pastikan juga Anda melihat secara langsung bagaimana baju tersebut di produksi kemudian bagaimana perawatan dan kualitas barang yang mereka tawarkan untuk bekerjasama dengan Anda.

3. Buat Akun Sosial Media Bisnis atau di Website

Untuk mendatangkan dan mencari pelanggan yang tertarik pada produk yang Anda tawarkan Anda dapat mencarinya dalam berbagai media.

Dalam hal ini gunakanlah media sosial atau membangun sebuah website untuk keberjalanan bisnis jualan baju online Anda.

Anda dapat dengan mudah membuat akun bisnis pada sosial media seperti Instagram, Facebook, Whatsapp Business dan Twitter untuk sarana promosi dan melayani konsumen Anda secara online.

Untuk mengetahui cara pembuatan akun bisnis, Anda dapat menyimak beberapa langkah tersebut.

Instagram Business Whatsapp Business Facebook Business
Buatlah akun instagram terlebih dahulu Login pada akun whatsapp yang ingin Anda jadikan akun whatsapp business Buatlah akun facebook terlebih dahulu
Buka halaman settings atau pengaturan Buka bagian pengaturan bisnis dan tambahkan, buat akun whatsapp Klik https://business.facebook.com setelah login akun
Tentukan kategori bisnis yang Anda inginkan Isikan nama akun bisnis, pengaturan pesan, jenis akun klien atau internal WA Biz API Buat akun terlebih dahulu dan isi bagian nama bisnis
Isilah data kontak dan lokasi bisnis Anda Pilih zona waktu, mata uang, dan metode pembayaran, isi Nomor PO Masukkan nama Anda dan email bisnis Anda
Hubungkan ke Facebook page Cari orang yang ingin Anda tambahkan sebagai admin akun bisnis Tambahkan fans page di akun bisnis facebook Anda dengan Add pages to business manager
Lengkapi data profil akun bisnis Anda Ada akses parsial untuk kelola no telepon dan template Tambahkan Ad Account untuk akun iklan
Isi akun bisnis dengan foto produk, katalog produk, model produk dan lainnya Ada juga akses kontrol penuh untuk mengizinkan kelola akun whatsapp business Klik Create Ad account, dan akun bisnis Anda bisa digunakan untuk beriklan di Facebook

4. Daftar dan Buat Akun di Marketplace

Tahapan selanjutnya dalam memulai bisnis jualan baju online adalah dengan mendaftarkan usaha Anda pada marketplace.

Pasalnya, ada jutaan orang yang menggunakan marketplace untuk mencari produk pakaian untuk mereka peroleh dan beli dengan mudah.

Marketplace juga sudah bekerjasama dengan jasa pengantaran barang atau ekspedisi yang lebih memudahkan Anda untuk mengirimkan barang kepada pelanggan.

Dalam marketplace biasanya sudah terdapat ragam kategori yang dapat Anda cantumkan apabila pengguna sedang mencari kategori jenis baju yang Anda tawarkan.

Jualan jadi lebih hemat tenaga, waktu dan praktis bukan.

Berikut daftar marketplace yang bisa Anda coba untuk mendaftar sebagai penjual produk.

  1. Shopee
  2. Lazada
  3. Bukalapak
  4. JD-ID
  5. Tokopedia
  6. Blibli
  7. Orami
  8. Ralali
  9. Bhinneka

5. Pikat Pelanggan dengan Foto Produk yang Menarik

Meski internet dapat kita sebut sebagai teknologi canggih, namun memiliki keterbatasan yaitu tidak dapat melihat produk yang kita jual secara langsung kepada pelanggan.

Dengan begitu, mereka hanya akan memercayai apa yang kita tampilkan secara visual melalui gambar dan video.

Sebab itu, Anda perlu membuat foto produk yang menarik untuk meningkatkan pengunjung dan pembelian produk Anda dengan menyewa model busana misalnya.

Hindari menggunakan teknik extreme long shot, dan foto close up untuk pengambilan gambar pada produk Anda sebab teknik tersebut kurang tepat untuk Anda gunakan dalam memperkenalkan produk pakaian.

6. Pelajari Pemasaran Digital

Dalam bisnis, pemasaran menjadi alat yang cukup vital untuk mempromosikan produk jualan baju online Anda.

Bisnis online tentu berbeda dengan bisnis yang Anda jalankan dengan langsung tanpa adanya perantara internet.

Anggaplah konsumen yang Anda hadapi merupakan orang yang berpengalaman dan sulit untuk tertarik terhadap produk yang Anda tawarkan.

Maka dari itu, Anda perlu mempelajari teknik marketing digital dalam menggaet konsumen untuk membeli produk Anda melalui kata kata.

Salah satunya ialah teknik copywriting untuk mempromosikan produk Anda, dan menggabungkannya dengan strategi pemasaran lain yaitu diskon atau promo.

Secara alami, orang-orang yang mengunjungi akun bisnis atau website Anda akan membaca hal apa saja yang terdapat di dalamnya, dan buatlah mereka seolah-olah sangat membutuhkan barang tersebut dan ingin membelinya.

Ragam Produk Fashion yang Laris untuk Anda Jualkan

Anda belum dapat memulai bisnis jualan baju online tersebut jika belum membaca artikel berikut sampai tuntas.

Karena ada satu lagi pembahasan mengenai ragam produk fashion yang berpotensi laris manis dipasaran sebagai ide bisnis jualan baju online Anda.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, inilah jenis produk fashion yang bisa Anda tawarkan sebagai ide jualan baju online berikut.

1. Busana Muslim

Produk jualan baju online pertama yang menempati urutan terlaris adalah busana muslim.

Mengingat banyaknya jumlah penduduk yang terdapat di Indonesia merupakan mayoritas muslim menjadikan tingginya angka kebutuhan masyarakat terhadap produk busana muslim.

Busana muslim juga identik dengan produk fashion seperti aneka hijab, kerudung, gamis, dress dan lainnya.

Anda juga dapat memantau terlebih dahulu perkembangan tren yang sedang beredar di pasaran sebab perkembangan pakaian selalu hadir dengan tren.

Misalnya apabila saat ini tren hijab dan baju sedang booming dengan model plisket, maka Anda dapat mencari supplier baju yang memiliki model tersebut dan memasarkannya sebagai produk jualan baju online.

2. Pakaian Atasan

Jenis pakaian selanjutnya dalam jualan baju online adalah pakaian atasan wanita dan pria.

Ada dua ragam atasan pria dan wanita yaitu terdiri dari kemeja wanita yang biasa disebut sebagai blouse atau long shirt.

Ternyata masih ada lagi jenis blouse di dalamnya tergantung dari macam model lengan yakni ada ¾ potong lengan, atau lengan berkerut, lengan balon dan lainnya.

Belum lagi jenis bahan atasan juga dapat mempengaruhi harga jual produk Anda kepada konsumen sesuai selera mereka.

Sementara untuk kaos juga ada beragam jenis model kerah dan bahan seperti katun, spandex, hingga bahan yang mirip seperti sweater sekalipun.

3. Pakaian Bawahan

Bagi Anda yang sering belanja secara online juga tidak asing dengan membeli jenis pakaian satu ini yakni pakaian bawahan.

Bawahan wanita ada begitu banyak jenisnya, mulai dari bentuk celana dan rok dan legging.

Ditambah, ada beragam jenis model celana mulai dari celana jeans, celana hot pants, celana kulot, celana lainnya.

Begitu pula dengan bawahan rok yang memiliki beragam jenis bahan dan model mulai dari flare skirt, maxi skirt, plisket skirt, cotton skirt, span skirt dan lainnya.

Anda dapat menelusuri berbagai informasi tersebut melalui internet yang beredar luas informasinya.

4. Outerwear

Pakaian yang satu ini menjadi item fashion yang dapat melengkapi penampilan seseorang terutama wanita.

Fungsinya juga beragam ada yang sebagai penghangat tubuh seperti jaket dan coat, juga sebagai fashion yang memiliki nilai plus di mata orang lain agar tampil lebih trendy dan percaya diri.

Jenis outerwear yang dapat Anda jual contohnya cardigan, jaket, leather jacket, bomber jacket, jeans jacket, oversized sweater, oversized shirt, fur coat dan sebagainya.

Pastikan produk yang Anda jual memiliki sasaran target pasar terlebih dahulu ya agar tidak mengalami kerugian.

5. Kebaya

The one and only item yang ada di Indonesia dan dapat Anda temukan sebagai warisan kebudayaan di Indonesia yang dapat kita lestarikan kebudayaannya.

Hampir setiap event yang diselenggarakan pada hari penting seperti wisuda, acara pernikahan, pengantin pria dan wanita, reunian dan sebagainya pasti menggunakan kebaya.

Hal ini karena kebaya dapat diandalkan menjadi busana yang bisa kita kenakan saat ada acara formal dan resmi.

Anda dapat memilih jenis bahan terlebih dahulu dan model kebaya yang ingin Anda pasarkan kepada konsumen sesuai budget Anda.

Demikian artikel mengenai “cara memulai bisnis jualan baju online” semoga dapat bermanfaat bagi Anda sekaligus menginspirasi Anda dalam topik jualan online.

Sebarkan juga kepada orang terdekat Anda yang membutuhkannya dengan membagikan link artikel berikut.

Temukan artikel menarik dan informatif lainnya mengenai panduan melalui website Evermos berikut.

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×